in

52 Rekomendasi Nama Bayi Laki-Laki Islami Beserta Artinya!

pixabay.com

Nama Bayi Laki-Laki Islami – Memiliki buah hati adalah impian semua pasangan suami istri, dan merupakan sebuah rezeki dari Allah yang tiada bandingannya. Anak yang shaleh bisa menjadi jalan pahala bagi kedua orang tuanya, selama mendidiknya dengan benar sedari kecil hingga dewasa, sehingga dapat membawa orang tuanya ke Surga.

Salah satu kewajiban orang tua kepada anak ialah dengan memberikan nama yang terbaik untuk sang buah hati. Nama yang diberikan merupakan bukti dari tanda cinta dan kasih sayang orang tua kepada anak, serta bentuk doa dan pengaruh besar dari nama yang diberikan.

Pemberian nama baik pada anak diharapkan dapat memberikan dampak dan pengaruh yang baik pula dalam kehidupannya. Jika nama yang diberikan mempunyai arti yang baik, maka diharapkan sang anak juga menjadi baik. Begitu pula sebaliknya, jika memberikan nama yang buruk kepada anak, dikhawatirkan berdampak dan berpengaruh buruk pula terhadap kehidupan sang anak.

Tuntunan Pemberian Nama Anak Dalam Agama Islam

Bayi baru lahir memang harus diberi nama, namun sebelum memilih nama bayi untuk anak, sebaiknya para orang tua perhatikan dulu tuntutan atau cara pemberian nama anak yang sesuai dengan sunnah, antara lain.

1. Waktu Pemberian Nama

Ada pendapat yang mengatakan bahwa pemberian nama anak dapat dilakukan dari bayi tersebut lahir sampai hari ketiga. Akan tetapi, waktu yang baik memberikan nama kepada anak adalah tepat di hari ia dilahirkan. Hal ini sesuai hadist yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari, yang berbunyi:

“Anak laki-laki ku lahir, lalu aku membawanya kepada Baginda Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam, Beliau lalu memberinya nama Ibrahim, dan Beliau menyuapinya dengan kunyahan kurma, dan mendoakannya dengan keberkahan, kemudian Beliau menyerahkannya kepadaku” [HR. Bukhari No. 5467, 6198 dan Muslim No. 2145].

Walaupun waktu pemberian nama anak yang baik adalah tepat di hari kelahirannya, tetapi ada hadist lain yang membolehkan memberi nama anak di hari ketujuh kelahirannya. Diriwayatkan dari Samurah bin Jundub, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam berkata “Setiap anak tergadaikan dengan aqiqahnya, disembelihkan untuknya pada hari ketujuhnya, dicukur rambutnya dan diberi nama”.

[HR. Abu Daud No. 2838, An Nasai No. 4220, Ibnu Majah No. 3165, Ahmad 5/12. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih].

2. Memberi Nama Dengan Arti Yang Baik

Tuntunan pemberian nama pada anak juga harus mengandung arti yang baik, sebagai bentuk doa dan harapan untuk kehidupan sang anak, maka memberi nama anak harusnya mempunyai arti yang baik pula. Sesuai dengan Sabda Rasulullah shallallahu alaihi wasallam, yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari:

“Sesungguhnya nama yang paling dibenci oleh Allah adalah seseorang yang bernama Malakul Amlak (raja diraja)”.

Dari hadist diatas menunjukkan bahwa memberi nama anak harus mempunyai arti, tujuan, serta makna yang baik.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Selain itu, disunnahkan jangan memberi nama yang panjang, namun menggunakan nama yang sedikit dan mudah diucap maupun diingat.

Ayah dan bunda bisa memberi nama anak dengan mencari inspirasi nama yang baik, seperti mengambil dari nama-nama Nabi dan Rasul, atau Asmaul Husna, serta nama-nama yang mempunyai arti kebaikan lainnya melalui buku Inspirasi Nama Nama Bayi Islami.

Nama Bayi Laki-Laki Islami

3. Tidak Memberi Nama yang Dibenci Allah

Memberi nama pada anak disunnahkan dari kata-kata yang mengandung arti dan makna yang baik, Allah melarang kita memberikan nama-nama anak dengan sesuatu yang dibenci Allah.

Pemberian nama yang dibenci oleh Allah seperti memberi nama anak dengan nama berhala, nama pada dewa dewi, dan nama-nama yang mengandung makna buruk, sebab nama juga merupakan suatu doa.

Memberi nama yang buruk juga dapat menimbulkan perselisihan dan bahan olok-olokan bagi sang anak, sehingga ia tidak nyaman dengan namanya itu.

Jadi, walaupun ayah dan bunda mungkin bermaksud memberi nama sang buah hati dengan nama yang unik, keren dan modern, tapi tetap harus mengetahui maknanya. Jika masih bingung untuk memberikan nama si buah hati, maka ayah dan bunda bisa mencari tahunya melalui buku Nama-Nama Bayi Unik dan Bermakna.

Nama Bayi Laki-Laki Islami

Nama Bayi Laki-Laki Islami dan Artinya

Di zaman modern seperti sekarang ini, banyak sekali orang tua memberikan nama-nama yang unik dan keren kepada buah hatinya. Ya, semua orang tua berhak memberikan nama yang terbaik untuk anaknya.

Buat para orang tua yang sedang mencari nama bayi laki-laki dan bingung memilih nama untuk si kecil, mungkin beberapa nama bayi laki-laki Islami dan artinya di bawah ini bisa menjadi inspirasi ayah dan bunda.

  1. Azam, artinya terkuat, terhebat, singa
  2. Abizar, artinya tambang emas, yang menyebarkan
  3. Ammar, artinya yang berumur panjang
  4. Baim, artinya penguasa yang baik
  5. Bilal, artinya terpilih
  6. Chafik, artinya seseorang yang penuh simpati
  7. Chairil, artinya kebaikan
  8. Daffa, artinya pertahanan diri kuat
  9. Daaris, artinya pembaca, pelajar
  10. Dzaki, artinya cerdas
  11. Ezaz, artinya karunia dari Allah
  12. Eimam, artinya pemimpin
  13. Fathan, artinya kemenangan, cerdas, bijaksana
  14. Fatih, artinya penakluk, pemimpin
  15. Gafar, artinya suka memaafkan
  16. Gibran, artinya yang terpandai
  17. Hanan, artinya lemah lembut, penuh kasih sayang
  18. Hariz, artinya yang kokoh, yang kuat
  19. Insan, artinya manusia
  20. Iqbal, artinya kejayaan
  21. Jafin, artinya yang mengawal
  22. Jiyaad, artinya yang terbaik
  23. Khaisan, artinya yang bijak
  24. Kazim, artinya penyabar
  25. Latif, artinya baik hati, lembut
  26. Lutfi, artinya baik dan ramah
  27. Marwan, artinya bermartabat
  28. Muammar, artinya panjang umur
  29. Naafi, artinya yang memberi manfaat
  30. Nizar, artinya yang memerintah
  31. Omair, artinya cerdas
  32. Oman, artinya pelindung tinggi, anak pertama laki-laki
  33. Pahlevi, artinya baik, berani, taat beragama, dermawan
  34. Pradana, artinya Paling untung
  35. Qasim, artinya pembagi, yang lurus, rupawan
  36. Qayyim, artinya berharga, lurus, benar
  37. Rafa, artinya makmur, kaya
  38. Rafka, artinya bersifat adil
  39. Sa’id, artinya gembira, senang
  40. Syafid, artinya penyayang
  41. Tariq, artinya penakluk
  42. Tahir, artinya yang bersih dan murni
  43. Uzzam, artinya singa
  44. Uzayr, artinya berharga
  45. Vicky, artinya tujuan, akal
  46. Virendra, artinya laki-laki yang mulia dan pemberani
  47. Wajif, artinya yang tekun, gigih
  48. Waiz, artinya penasihat
  49. Yahya, artinya kebahagiaan, kehidupan
  50. Yarif, artinya orang yang berilmu
  51. Zhian, artinya kuat, bersemangat, bertenaga
  52. Zafran, artinya kejayaan

Itulah beberapa nama bayi laki-laki Islami beserta artinya, para orang tua juga bisa merangkai kata-kata sendiri untuk mendapatkan nama bayi Islami yang keren dan tetap bermakna melalui buku Merangkai Nama Bayi Islami.

Nama Bayi Laki-Laki Islami

Cara Mendidik Anak Laki-Laki dan Perempuan dalam Islam

Nama Bayi Laki-Laki Islami
pixabay.com

Cara mendidik anak laki-laki dan anak perempuan dalam Islam pada dasarnya sama, yaitu mengajarkan dan menanamkan kebaikan, serta nilai-nilai Islam sejak dini agar menjadi anak shaleh dan shalehah.

Tentunya, sudah menjadi kewajiban semua orang tua untuk mendidik anak-anaknya sebaik mungkin, serta harus dibekali ilmu agama.

Namun, ada sedikit perbedaan cara mendidik anak laki-laki dengan anak perempuan dalam Islam yang harus bunda tahu.

Sebagai keluarga muslim, tentunya mendidik anak laki-laki dan anak perempuan juga harus sesuai yang diajarkan oleh Rasulullah shallallahu alaihi wasallam, serta meneladani sifat-sifat dan akhlak Beliau.

Rasulullah shallallahu alaihi wasallam mengajarkan kepada kita bahwa mendidik anak harus dengan rasa kasih sayang dan penuh kesabaran, tetapi tetap tegas dalam perkara agama.

Berikut ini beberapa cara mendidik anak laki-laki dan anak perempuan dalam pandangan Islam.

1. Menanamkan Tauhid dan Akidah

Cara mendidik anak laki-laki yang paling utama adalah menanamkan Tauhid dan Akidah yang lurus. Sebab ini merupakan pondasi utama yang harus diajarkan sejak dini, agar anak mempunyai keimanan yang teguh. Ajari si buah hati untuk mengucap dua kalimat syahadat, diriwayatkan dari Ibnu Abbas, Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda :

“Bukalah lidah anak-anak kalian pertama kali dengan kalimat “La Ilaha-illallah”. Dan saat mereka hendak meninggal dunia maka bacakanlah, “La Ilaha-illallah”.

“Sesungguhnya barangsiapa awal dan akhir pembicaraannya “La Ilaha-illallah”, kemudian ia hidup selama seribu tahun, maka dosa apa pun, tidak akan ditanyakan kepadanya” [sya’bul Iman].

Dengan bekal ilmu tauhid dan akidah yang lurus, diharapkan anak laki-laki dapat memimpin keluarganya kelak.

2. Ajarkan Ilmu Agama

Menanamkan ilmu agama pada anak juga sebagai bekal menjalani kehidupannya kelak, maka harus diterapkan sedini mungkin.

Mulailah mendidik anak-anak dengan hal-hal yang sederhana, seperti mengajarkan doa-doa harian, membaca doa sebelum melakukan aktivitas, mengenalkan anak pada rukun iman dan rukun Islam, ajari anak membaca Al-Quran, dan mengenalkan sosok Nabi dan Rasul agar meneladani sifat dan akhlaknya dalam kehidupan sehari-hari.

3. Mengajarkan Cara Shalat

Shalat adalah salah satu rukun Islam yang kedua, dan wajib untuk ditunaikan oleh umat Islam.

Maka kita sebagai orang tua wajib mengajarkan anak-anak kita bagaimana caranya shalat dengan benar sejak dini.

Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda:

“Perintahlah anak-anak kalian untuk shalat ketika mereka berusia tujuh tahun dan pukullah mereka jika enggan melakukannya pada usia sepuluh tahun, dan pisahkanlah tempat tidur mereka”. [HR. Ahmad].

4. Mengajarkan Puasa

Selain shalat, orang tua juga harus mengajari anak bagaimana cara berpuasa, sebab puasa juga merupakan rukun Islam yang wajib untuk tunaikan kelak setelah anak laki-laki itu baligh.

Diriwayatkan dari Ar-Rubayyi ‘bintu Mu’awwidz, salah satu perempuan shalehah sahabat Rasulullah, Ia berkata : “Kami menyuruh puasa anak-anak kami. Kami buatkan untuk mereka mainan dari perca. Jika mereka menangis karena lapar, kami berikan mainan itu kepadanya hingga tiba waktu berbuka” [HR. Al-Bukhari dan Muslim].

5. Bertanggung Jawab & Mandiri

Selain hal yang wajib, para orang tua juga harus mengajari anak supaya bertanggung jawab dan mandiri.

Sebab, nantinya anak laki-laki akan membangun sebuah keluarga sendiri, dan harus menafkahi keluarganya itu dengan penuh tanggung jawab, serta laki-laki harus bekerja, jadi harus mempunyai sifat kemandirian.

Begitu juga, anak perempuan harus bertanggung jawab dan mandiri agar bisa menjadi perempuan yang berbakti kepada keluarganya.

6. Berbakti Kepada Orang Tua

Kita juga harus mengajari anak tentang pentingnya akhlak yang mulia dan berbakti kepada orang tua.

Sebab, anak laki-laki dan anak perempuan, kelak tetap mempunyai tanggung jawab untuk mengurus keluarganya dan berbakti kepada kedua orang tuanya sampai kapanpun.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda : “Sesungguhnya aku diutus hanya untuk menyempurnakan kemuliaan akhlak”.

7. Mengajari Membaca Al-Quran

Selanjutnya, orang tua harus mengajari anak-anak membaca Al-Quran.

Dengan membaca dan memahami isi Al-Quran, maka akan membuat anak kelak menjadi anak yang Sholeh.

Serta dapat membersihkan hati dari segala jenis penyakit hati, serta menjaga diri dan hatinya sampai kelak ia mendapatkan jodoh, membaca Al-Quran juga membuat hati dan pikiran menjadi lebih tenang, dan menjauhkan dari perkara-perkara yang buruk.

8. Belajar Bersyukur dan Bersabar

Ajari anak bagaimana cara bersabar dan bersyukur. Agar kelak, dalam menjalani kehidupan sehari-hari, anak senantiasa bersyukur dengan apa yang ada pada dirinya dan bersabar atas segala cobaan yang dihadapinya kelak.

9. Mengajarkan Anak Kasih Sayang & Saling Menjaga

Mengajarkan anak untuk selalu menjaga dan menyayangi, akan membuat anak mempunyai hati yang lembut, tulus dan penuh kasih sayang.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda “Barangsiapa tidak menyayangi, maka tidak disayangi”. Maka tanamkanlah rasa kasih sayang sejak dini.

10. Jangan Terlalu Mengekang Anak

Banyak orang tua yang terlalu mengekang anak dan terlalu over protektif, sehingga membuat anak tidak bebas mengekspresikan apa yang ia sukai.

Sering kali, orang tua yang banyak mengekang anaknya, malah akan menjadikan anak yang nakal dan susah diatur.

Dampingi ketika anak bermain, selama masih hal yang positif maka sah-sah saja, dan biarkan anak menikmati masa kecilnya.

11. Jangan Melakukan Kekerasan Fisik

Mendidik anak tidak boleh menggunakan kekerasan, apalagi kekerasan fisik.

Anak laki-laki dan anak perempuan yang mendapatkan kekerasan fisik malah akan menjadikan ia tumbuh menjadi laki-laki dan perempuan yang kasar dan tidak punya perasaan.

Alangkah baiknya, gunakan kelembutan dan kasih sayang seperti yang diajarkan oleh Rasulullah shallallahu alaihi wasallam.

Allah Subhanahu Wa ta’ala berfirman “Dan sungguh pada diri Rasulullah terdapat teladan yang baik bagi kalian, (yaitu) orang yang mengharapkan pertemuan dengan Allah dan mengingat Allah dengan banyak”.

12. Ajari Anak Mengendalikan Emosinya

Ajarkan anak laki-laki untuk dapat mengolah emosinya dengan baik. Seperti halnya anak perempuan yang suka menangis, sebenarnya anak laki-laki pun memiliki hati yang lembut dan butuh perhatian.

Jika sang anak sedang sedih atau marah, maka tanyakan apa yang ia rasakan, biarkan dia bercerita, dan dengarkan dengan penuh perhatian.

Agar anak belajar, bahwa marah tidak menyelesaikan masalah dan belajar bersabar dan dapat mengeluarkan apa yang dirasakannya.

Nah, itulah beberapa cara mendidik anak laki-laki dan anak perempuan yang harus ayah dan bunda terapkan. Semoga anak ayah dan bunda menjadi anak yang shaleh dan shalehah.

Ya, demikianlah ulasan tentang nama bayi laki-laki islami yang mungkin bisa menginspirasi ayah dan bunda. Jadi, apakah ayah dan bunda sudah menemukan kombinasi nama bayi laki-laki Islami yang diinginkan?

Jika ingin mencari buku tentang nama-nama bayi dan buku tentang parenting, maka kamu bisa mendapatkannya di gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Veronika Novi

BACA JUGA:

  1. Rekomendasi Buku Nama-Nama Anak Best Seller 
  2. 300+ Nama Anak Perempuan A-Z yang Bagus dan Tidak Pasaran
  3. Nama Bayi Perempuan Unik dan Artinya
  4. 99 Inspirasi Nama Anak Laki-Laki Modern dan Tips Memilihnya
  5. 300+ Referensi Nama Anak Laki-Laki Keren Masa Kini 


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Cantika

Saya Yufi Cantika Sukma Ilahiah dan biasa dipanggil dengan nama Yufi. Saya senang menulis karena dengan menulis wawasan saya bertambah. Saya suka dengan tema agama Islam dan seputar nama anak.

Kontak media sosial Twitter saya Yufi Cantika