in

25 Metode Cepat Hafal Alquran dengan Mudah dan Efektif!

Sumber: Rizky Barokah

Metode cepat hafal alquran – Salah satu amalan terbaik yang ingin dicapai oleh semua umat Islam adalah menghafal Al-Qur’an. Banyak keutamaan yang akan didapat jika seseorang bisa menjadi penghafal Al-Qur’an.

Keutamaan yang didapat jika menjadi penghafal Al-Qur’an antara lain akan mendapat derajat yang tinggi di surga. Menghafal Al Qur’an bisa memberikan orang tua mahkota di surga, tidak ada siksaan dan lainnya.

Namun, menghafal Al Quran bukanlah tugas yang mudah. Menghafal surat pun terkadang membutuhkan waktu yang banyak dan hanya bertahan sebentar untuk menghafalnya di luar kepala.

Jika kita tidak pandai menggunakan waktu kita, maka metode menghafal Al-Qur’an apapun yang kita gunakan akan menjadi angan-angan. Tapi ini tidak berarti bahwa menghafal Al-Qur’an menjadi hal yang tidak mungkin untuk dilakukan.

Cara menghafal Al Quran dengan cepat tidak hanya harus diketahui oleh orang dewasa, tetapi juga harus diberitahukan kepada remaja bahkan anak-anak.

Memang, kebiasaan sejak kecil yang perlu dilakukan agar hafalan terjaga hingga dewasa dan sepanjang hidup kita. Mengutip Jurnal Pendidikan Islam Universitas Islam Asy Syafi’iyyah, menghafal Al-Qur’an mudah dilakukan jika ada persiapan.

Hal ini dapat dilakukan dengan meningkatkan kecerdasan spiritual berupa memperbanyak ibadah, akhlak yang baik serta tolong menolong.

Keutamaan Menghafal Al-Qur’an

Jika dilakukan dengan ikhlas, akan banyak manfaat bagi penghafal Al Quran. Salah satunya adalah ciri orang yang berilmu. Allah SWT berfirman:

Metode cepat hafal alquran

 

 

 

Artinya:

“Al-Quran itu sesungguhnya adalah ayat-ayat yang benar, yang ada di dada orang-orang yang berilmu.” (QS Al-Ankabut:49)

Dalam hadits lain dari Abdullah bin ‘Amr, Nabi SAW bersabda: “Dikatakan kepada orang yang akan membaca (menghafal) Al Quran nanti: ‘Bacalah dan naiklah serta tartillah sebagaimana engkau di dunia mentartilnya.

The Architecture of Love | Di balik Pena

“Karena tempatmu adalah di akhir kalimat yang kamu baca (dengan hati)” (HR Abu Daud dan Tirmidzi). Ada manfaat yang akan diberikan tidak hanya untuk anak-anak, tetapi juga untuk orang tua mereka. Penjelasan ini juga berdasarkan hadits dari Abu Hurairah, bahwa Nabi SAW bersabda:

Yang artinya: “Al-Qur’an akan datang pada hari kiamat, lalu dia berkata: ‘Ya Allah, berikan dia perhiasan.’ Lalu Allah berikan seorang hafiz Al-Qur’an mahkota kemuliaan. Al-Qur’an meminta lagi, `Ya Allah, tambahkan untuknya.”

Lalu dia diberi pakaian perhiasan kemuliaan. Kemudian dia minta lagi: ‘Ya Allah, ridhoi dia.’ Allah-pun meridhoi nya. Lalu dikatakan kepada hafiz Quran: ‘Bacalah dan naiklah, akan ditambahkan untukmu pahala dari setiap ayat yang engkau baca’,” (HR Tirmidzi).

Metode Cepat Menghafal Al-Qur’an

Metode cepat hafal alquran
Sumber: Orami

Ada banyak metode cepat untuk menghafal Al Quran. Berikut metode cepat dan mudah untuk menghafal Al-Qur’an yang dilansir dari berbagai sumber:

1. Perjelas Niat

Sebelum Anda mulai menghafal Al-Qur’an, niat adalah hal yang paling penting. Niat yang baik merupakan salah satu syarat untuk menghafal Al Quran. Niat menghafal Al Quran untuk ibadah dan ingin mendapatkan pahala yang terbaik dari Allah.

Jangan biarkan niat buruk dan hindari jatuh ke dalam riya’. Dengan niat yang lurus dan hati yang ikhlas karena Allah, rasa lelah, malas dan perasaan susah tidak akan menjadi halangan untuk menghafal Al Quran.

2. Meneguhkan Keyakinan

Tanamkan dalam diri bahwa menghafal Al Quran itu mudah, maka akan terasa mudah. Namun, jika kita menanamkan pemikiran bahwa menghafal Al-Qur’an itu sulit, maka akan sulit. Sehingga selalu ada motivasi untuk mengembangkan keyakinan bahwa metode menghafal Al Quran yang kita gunakan sangatlah mudah.

3. Melaksanakan Sholat Hajat

Setelah jelas menentukan niat, cara mudah menghafal Al-Qur’an selanjutnya adalah dengan melaksanakan shalat hajat. Mintalah kepada Allah untuk memudahkan Anda menghafal Al-Qur’an. Karena pemilik Al-Qur’an adalah Allah, maka kita mohon kepada pemiliknya untuk menikmati kemudahan tersebut.

4. Memperbaiki Bacaan

Sebelum mulai menghafal Al Quran, sangat penting untuk memeriksa kualitas bacaan yang kita miliki. Luangkan waktu untuk memperbaiki bacaan Al-Quran Anda agar hafalan menjadi lebih sempurna dan pahala yang Anda dapatkan berlipat ganda.

Hal ini juga harus dilakukan untuk menghindari salah baca dan kesalahan. Menghafal Al Quran memiliki banyak manfaat, namun harus dilakukan dengan cara yang baik dan benar.

4. Meminta Doa kepada Orang Tua dan Guru

Meminta doa dan restu dari orang tua dan guru merupakan hal penting lainnya sebelum menghafal Al Quran. Ridho dari orang tua dan guru yang kami yakini akan memudahkan proses hafalan. Dukungan dari orang tua dan guru juga akan menambah optimisme dan semangat dalam menghafal Al Quran.

6. Mengakrabkan Diri dengan Al Qur’an

Mengakrabkan diri dengan Al Quran merupakan salah satu cara paling ampuh untuk menghafal Al Quran dengan mudah dan cepat. Waktu interaktif Quran yang diperpanjang. Pertama, jangan memikirkan cara menghafal Al-Qur’an yang sulit, tapi pikirkan bagaimana memulai membaca 5 juz sehari atau harus menghafal 1 ayat sehari.

7. Menggunakan Metode Menghafal Alquran Paling Mudah

Sebenarnya ada banyak metode atau cara untuk menghafal Al Quran. Tetapi Anda harus memilih cara termudah untuk menghafal Al-Qur’an. Setiap orang kemungkinan besar memiliki metode mengingat yang berbeda. Itu tergantung pada cara mana yang paling nyaman bagi setiap orang.

Metode cepat hafal alquran

Mempelajari referensi dan belajar menghafal dari orang lain juga dapat membantu menentukan metode apa yang cocok untuk kita.

8. Menggunakan Satu Jenis Mushaf Al Qur’an

Untuk lebih mudah menghafal Al-Quran, pastikan Anda selalu menggunakan partitur Al-Quran yang sama. Menggunakan mushaf yang sama akan memudahkan kita mengingat letak ayat-ayat yang sudah kita hafal. Analogi menghafal Al Quran sebenarnya mirip dengan menyimpan gambar dalam memori. Sedangkan bentuk mushaf akan mempengaruhi struktur ingatan kita di memori otak.

9. Sering Melakukan Murojaah (Mengulangi Bacaan)

Semakin sering kita mengulangi sebuah ayat, semakin mudah untuk mengingatnya. Jangan terburu-buru menambah hafalan tanpa mengulang ayat sebelumnya berulang-ulang. Hal ini untuk mengurangi risiko demensia.

Sebaiknya mengulang muroja’ah sesering mungkin agar ayat-ayat yang telah kita hafalkan tetap tersimpan dalam ingatan kita dalam waktu yang lama.

10. Pasang Target Menghafal Al Qur’an

Sebelum menghafal Al Quran, alangkah baiknya kita tentukan tujuan dan jadwal hafalan kita. Ketika kita memiliki tujuan yang jelas dalam pikiran, lebih mudah untuk mendorong diri kita sendiri untuk terus menghafal.

Terkadang dalam proses menghafal Al-Qur’an kita sering menemui kendala, seperti hafalan menjadi sulit dipahami atau malas menambah hafalan. Kalau sudah begini, biasanya semangat kita akan berkurang. Sehingga kita merasa Al Quran itu sulit untuk dihafal. Oleh karena itu, memiliki tujuan akan sangat membantu dalam melatih kemampuan mengingat kita.

11. Menyetorkan Hafalan kepada Guru yang Kompeten.

Untuk menghindari salah membaca, disarankan untuk membiarkan orang lain mendengarkan kalimat atau halaman yang dihafal. Hal ini agar orang tersebut bisa mengoreksi atau membenarkan jika bacaan kita salah.

Metode cepat hafal alquran

Selain itu, dengan mempercayakan ingatan kita kepada orang lain, akan menambah semangat kita untuk bisa menghafal dengan tekun dan sempurna.

12. Banyak Mendengarkan Murotal

Salah satu cara termudah untuk menghafal Al Quran adalah dengan rutin mendengarkan murotal. Biasanya lebih mudah untuk mengingat sebuah ayat ketika dibacakan dengan irama yang merdu dan didengar berulang-ulang. Semakin sering kita mendengarkan murotal, semakin cepat kita menghafal ayat-ayatnya.

13. Membuat Jadwal Hafalan

Selain menetapkan tujuan, penting juga untuk menetapkan jadwal rutin menghafal Al-Qur’an agar kita bisa disiplin dalam proses menghafal. Cobalah untuk menyisihkan waktu tertentu untuk menghafal Al-Qur’an setiap hari.

Banyak kali dianjurkan untuk menghafal Al-Qur’an, termasuk di sepertiga malam terakhir, di tengah sore dan di pagi hari setelah sholat subuh.

14. Berteman dengan Orang Sholeh

Selain disiplin diri, hal lain yang menjadi penting saat kita menghafal Al-Qur’an adalah berteman dengan orang-orang sholeh. Perbanyaklah interaksi dan silaturahmi dengan orang-orang yang juga penghafal Al Quran atau yang bisa mendukung keinginan kita untuk menghafal Al Quran. Jangan sampai proses hafalan kita terhenti karena kita disibukkan dengan lingkungan yang tidak mendukung proses hafalan Al Quran kita.

15. Bersabar Atas Ujian Saat Menghafal

Menghafal Al Quran membutuhkan banyak perjuangan dan pengorbanan. Ketika kita memiliki niat dan komitmen untuk menghafal, kita harus siap mencurahkan semua tenaga dan waktu yang kita miliki untuk banyak menghafal Al-Qur’an.

Kesabaran adalah kunci dari segala kesulitan yang dihadapi dalam proses menghafal. Dengan bersabar, kita akan lebih mudah menghafal Al Quran.

16. Istiqomah

Sebagai seorang penghafal Al Quran harus memiliki prinsip yang teguh untuk selalu menjaga hafalannya meski dalam segala situasi dan kondisi. Karena tidak ada kesuksesan yang bisa diraih kecuali dilandasi oleh konsistensi yang kuat, demikian pula hafalan yang kuat tidak bisa dicapai kecuali jika Anda mengulang hafalan itu terus menerus.

Oleh karena itu, untuk menjaga hafalan Al Quran seseorang harus konsisten dengan murajaah dan manajemen waktu yang telah ditetapkan.

17. Menjauhi Maksiat

Cara menghafal Al Quran selanjutnya adalah dengan menjauhi maksiat. Imam Syafi’i pernah mengeluh kepada gurunya tentang kesulitan mengingat. Sang guru kemudian memberikan nasehat kepada Imam Syafi’i agar menjauhi maksiat.

Perilaku yang tidak bermoral dapat mengotori cahaya ilmu. Selama ilmu itu terang, Allah tidak akan memberi terang kepada orang yang berbuat jahat.

Cara Menghafal Al-Quran dengan Cepat Pakai Metode 3T+1M

Selain beberapa cara di atas, untuk hafalan cepat, Anda bisa menggunakan metode 3T+IM untuk menghafal Al Quran, yaitu talqin, Tafahhum, tikrar dan muroja’ah.

1. Talqin dan Tasmi’

Cara menghafal Al-Qur’an dengan metode ini yang pertama adalah Talqin. Talqin berarti guru yang membacakan Al-Qur’an, diikuti oleh murid-muridnya.

Namun jika Sobat Grameds tidak memiliki guru yang bisa membacakannya untuk Anda, cobalah mendengarkan Al Quran dalam bentuk kaset. Merupakan salah satu alternatif dalam proses menghafal Al-Quran.

Namun, opsi ini bukan pengganti jika guru membacanya langsung. Karena jika melakukan kesalahan saat mengikuti bacaan, guru bisa langsung memperbaikinya.

Metode cepat hafal alquran

Selain itu ada tasmi’, yaitu siswa membacakan Alquran kepada guru. Jadi kalau ada kesalahan bisa langsung diperbaiki.

2. Tafahhum

Cara menghafal Al-Qur’an dengan metode ini adalah tafahum, yaitu memahami makna membaca Al-Qur’an. Dengan memahami maknanya, akan mempercepat proses menghafal. Selain itu juga menambah pemahaman dan pengetahuan tentang makna yang terkandung dalam Al Quran.

3. Tikrar

Cara menghafal Al Quran dengan metode ini selanjutnya adalah dengan tikrar atau mengulang bacaan hingga hafal.

Metodenya adalah sebagai berikut:

  • Baca ayat pertama 10-20 kali sampai Anda hafal.
  • Baca ayat kedua 10-20 kali sampai Anda hafal.
  • Baca ayat pertama dan kedua 10-20 kali sampai hafal.
  • Lalu baca ayat ketiga 10-20 kali sampai hafal.
  • Kemudian baca kalimat pertama, kedua dan ketiga sebanyak 10-20 kali sampai hafal, begitu seterusnya

4. Muroja’ah

Cara menghafal Al Quran yang tidak boleh dilewatkan adalah muroj’ah atau pengulangan bacaan yang sudah dihafal. Semakin sering Anda mengulang ingatan, semakin kuat ingatan itu tertanam di otak, sehingga tidak mudah lupa.

Dengan muroj’ah, kemampuan menghafal akan semakin kuat dan membekas di benak penghafal Al-Quran. Meski sudah hafal 30 juz, mereka yang hafal Al-Qur’an tetap harus muroja’ah agar hafalannya tidak hilang.

Metode Cepat Menghafal Al-Quran untuk Anak

Memiliki anak penghafal Al-Qur’an atau hafidz Al-Qur’an tentu menjadi kebanggaan tersendiri. Pelajari metode cepat menghafal Al-Quran yang dapat dilakukan orang tua untuk buah hatinya yang dilansir dari berbagai sumber ini. Ayo simak metodenya!

1. Selalu Didengarkan Al Quran

Hal ini dimaksudkan agar ayat-ayat Alquran familiar untuk didengarkan. Tidak hanya dari aplikasi suara, anak-anak akan lebih baik mendengar ayat-ayat ini dari mulut orang tua mereka. Sama seperti saat anak berbicara, anak lebih mudah menyerap hal-hal yang berulang-ulang di sekitarnya. Jadi, dengarkan bacaan ayat Alquran di rumah agar anak terbiasa.

2. Perdengarkan Sejak Usia Dini

Bayi dalam kandungan juga memiliki kemampuan untuk mendengarkan lingkungannya.

Dengan rutin mendengarkan lantunan ayat Alquran sejak dalam kandungan, bayi akan lebih mudah mengingat setiap ayatnya. Cara cepat menghafal Al Quran untuk anak bisa dilakukan dengan cara:

Bayi (0-2 tahun):

Baca Al Quran dari Al-Fatihah, lakukan 4 kali sehari (pagi, siang, sore dan malam), satu huruf diulang 3 kali setiap kali. Setelah hari ke-5, ganti huruf An-Naas dengan cara yang sama, ulangi huruf lainnya sebanyak 2 kali setiap kali.

Lebih dari 2 tahun:

Metodenya sama dengan mengajar bayi. Jika pengucapannya buruk, tingkatkan waktu menghafal, dari 5 hari menjadi 7 hari.

Lebih dari 4 tahun:

Mulailah menetapkan fokus dan waktu untuk hafalan yang serius. Ajarkan muraja’ah atau ulangi sendiri, ajari diri menghafal, tetap semangat agar semangat selalu terjaga. Waktu menghafal 3-4 kali sehari.

3. Gunakan Cara yang Unik

Penggunaan metode tunggal mungkin sesuai dengan kepribadian anak. Misalnya, jika anak cukup aktif, orang tua bisa menempelkan potongan Alquran di dinding. Jadi, saat bepergian, anak-anak tetap bisa menghafal Al Quran tanpa merasa tertekan.

4. Bijaklah dalam Mengajarkan Al Quran

Orang tua dapat memberikan penghargaan atas kerja keras anaknya dalam menghafal Al Quran. Semoga mereka semakin termotivasi untuk terus menambah hafalannya. Namun saat anak malas menghafal, jangan memarahinya tapi beri mereka kasih sayang dan semangat yang tulus.

Penutup

Demikian ulasan mengenai metode cepat hafal Al-Quran dengan mudah dan efektif untuk semua kalangan usia. Buat Grameds yang ingin lebih tahu tentang metode cepat Al-Quran lainnya kamu bisa mengunjungi Gramedia.com untuk mendapatkan buku-buku terkait.

Sebagai #SahabatTanpaBatas, Gramedia selalu memberikan produk terbaik, agar kamu memiliki informasi terbaik dan terbaru untuk kamu. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Ziaggi Fadhil Zahran

BACA JUGA:

300 Referensi Nama Anak Perempuan dan Laki-Laki dari Al-Quran

Dosa Besar Istri Terhadap Suami Menurut Ajaran Agama Islam dengan Dalilnya

Kumpulan Doa Penangkal Santet dan Ilmu Hitam Lainnya Paling Ampuh!

Doa Pembuka dan Doa Penutup Acara Singkat yang Perlu Kamu Tahu

10 Cara Meminta Maaf Saat Lebaran & Manfaat Saling Memaafkan



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Yufi

Saya biasa dipanggil dengan nama Yufi. Saya senang menulis karena dengan menulis wawasan saya bertambah. Tema yang saya sukai adalah tema agama Islam dan juga quotes.

Kontak media sosial Instagram saya Yufi Cantika