in

32 Manfaat Rebusan Daun Sirih untuk Kesehatan Tubuh-Mu!

Sumber: Tokopedia

Manfaat rebusan daun sirih – Daun sirih telah lama dikenal sebagai ramuan obat herbal yang memiliki banyak manfaat. Ada dua jenis daun sirih yang dikenal oleh masyarakat yaitu daun sirih hijau dan daun sirih merah.

Kedua jenis daun sirih ini memiliki khasiat yang menyehatkan. Daun sirih diketahui mengandung minyak atsiri, antioksidan, flavonoid, fenol, tanin, yodium, bahkan vitamin C.

Tanaman ini juga mudah dibudidayakan dan tumbuh dengan cara merambat. Tanaman yang dikenal dengan sebutan nama Famili Piperaceae ini diketahui mampu beradaptasi dari lingkungan pesisir hingga dataran pegunungan yang tinggi di atas 3.000 meter.

Mengutip portal Indonesia, daun sirih berasal dari wilayah Sabah Sarawak dan telah lama menyebar ke Asia Tenggara, China, India, Afrika Timur bahkan kepulauan Pasifik Barat. Daun sirih diperkirakan memiliki antara 1.000 dan 2.000 spesies, dan di Pulau Jawa telah ditemukan 23 spesies.

Beberapa penelitian mengklaim bahwa tanaman ini memiliki sifat antiseptik, anti inflamasi, antijamur, dan antioksidan. Simak beberapa manfaat rebusan daun sirih untuk kesehatan tubuh di bawah ini.

Manfaat Rebusan Daun Sirih untuk Kesehatan Mulut

Manfaat Rebusan Daun Sirih
Sumber: Dream.co.id

Rebusan daun sirih bila diminum memiliki banyak manfaat. Komposisi nutrisi pada daun sirih juga sangat kaya. Sebut saja protein, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, flavonoid, asam nikotinat, tanin, fenol, saponin, minyak atsiri, polifenol, natrium dan yodium.

Selain itu, manfaat berkumur dengan rebusan air perasan daun sirih juga diketahui sangat baik dalam membantu menjaga kesehatan mulut.

1. Mengurangi Bau Mulut

Masalah bau mulut tampaknya sepelekan. Ancaman kesehatannya tidak begitu fatal dan tidak mengancam nyawa. Namun diakui juga, bau mulut justru bisa menurunkan rasa percaya diri. Tidak jarang bau mulut membuat orang takut untuk berkomunikasi dengan orang lain.

Salah satu kegunaan daun sirih yang paling banyak diterapkan adalah untuk mengurangi bau mulut. Kandungan minyak esensial yang terkandung di dalamnya mampu mengurangi bau mulut. Aromanya juga menyegarkan.

2. Mengurangi Bakteri di Mulut

Minyak atsiri yang terkandung dalam daun sirih memiliki sifat antibakteri. Kandungan ini memiliki kemampuan untuk membunuh bakteri di dalam mulut. Diperkaya dengan fenolik dan fitokimia, daun sirih bahkan lebih efektif membunuh bakteri dan mencegahnya tumbuh lebih jauh.

Untuk mengurangi bakteri di mulut, Anda bisa berkumur dengan air rebusan daun sirih. Namun, jika Anda mencari cara yang lebih nyaman, ada juga pasta gigi yang diperkaya dengan ekstrak daun sirih.

3. Meredakan Sakit Gigi

Ada yang mengatakan bahwa sakit hati selalu lebih baik daripada sakit gigi. Pandangan ini muncul karena sakit gigi sebenarnya bisa sangat menyakitkan. Suara keras dengan sedikit guncangan dapat melukai gigi Anda. Padahal sakit gigi seringkali membutuhkan waktu lama untuk sembuh total.

Dapat meredakan sakit gigi dengan cara mengunyah daun sirih. Kandungan antibakterinya mampu membunuh bakteri yang hidup pada gigi berlubang. Sakit gigi akan mereda tapi pasti.

4. Mencegah Gusi Bengkak

Meski tidak seperti sakit gigi, gusi bengkak bisa sangat mengganggu. Rasa sakitnya terkadang tidak kalah dengan rasa sakit akibat sakit gigi. Jika Anda menyikat gigi dan ada darah yang keluar, biasanya karena gusi Anda yang bengkak.

Manfaat Rebusan Daun Sirih

Gusi bengkak biasanya disebabkan oleh bakteri. Jika bakteri terbunuh, pembengkakan gusi bisa terselesaikan. Kandungan antibakteri dalam daun sirih membantu membunuh bakteri lebih optimal. Nah, manfaat tersebut juga bisa Anda dapatkan dengan pasta gigi yang mengandung daun sirih.

5. Mencegah Plak Gigi

Kandungan minyak atsiri pada daun sirih dapat mencegah pertumbuhan Streptococcus mutans, Lactobacillus caesal dan Actinomycetes kiatus yang menyebabkan plak gigi. Kandungan ini juga terdapat pada buah pinang, sehingga dengan mengkonsumsi daun ini, Anda dapat terhindar dari resiko pembentukan plak di mulut.

Manfaat Rebusan Daun Sirih untuk Kesehatan Mata

Sumber: Diadona

Rebusan daun sirih sering digunakan untuk mengobati sakit mata. Tapi apakah itu benar? Berikut beberapa manfaat rebusan daun sirih untuk kesehatan mata yang harus Anda ketahui.

6. Mengatasi Peradangan Konjungtiva Mata

Menurut penelitian dari American Journal of Clinical and Experimental Immunology, rebusan daun sirih dapat digunakan untuk pasien yang menderita konjungtiva atau peradangan pada mata. Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa sifat antibakteri daun sirih dapat membunuh bakteri penyebab gangguan tersebut.

7. Membersihkan Mata

Berdasarkan informasi Jurnal Fitofarmaka 2015, daun sirih sering digunakan dalam pengobatan tradisional terutama untuk membersihkan mata. Menggunakan rebusan atau ekstrak daun sirih juga dinilai lebih aman karena mengandung senyawa alami. Senyawa alami yang terdapat pada daun sirih seperti minyak atsiri adalah fenol, kardinin, kariofilen, terpeme, terpinen, logam eter, menthin dan seskuiterpen.

8. Mengatasi Mata Gatal dan Merah

Mengutip dari litbang.pertanian.go.id, daun sirih juga bisa digunakan untuk mengobati mata gatal dan merah. Caranya, rebus 6 lembar daun sirih lalu dinginkan, bisa langsung digunakan untuk cuci mata. Jika mata merah dan gatal tidak juga hilang, segera temui dokter spesialis mata.

Manfaat Rebusan Daun Sirih Hijau untuk Kesehatan Wajah

Senyawa aktif di dalamnya juga dapat menjaga kesehatan wajah. Beberapa masalah kulit wajah bisa diatasi dengan menggunakan bahan alami ini. Menurut Sehatq.com, daun sirih memiliki beberapa manfaat untuk wajah. Berikut penjelasannya.

9. Mengatasi Masalah Jerawat

Masalah jerawat sebenarnya merupakan masalah yang sering dikeluhkan. Penyebab jerawat tentu beragam, mulai dari produksi sebum yang berlebihan hingga infeksi bakteri. Cara mengobati jerawat yang ada di wajah adalah dengan menggunakan rebusan daun sirih karena daun sirih mengandung tanin, flavonoid dan saponin dengan sifat antibakteri.

10. Mengobati Luka Ringan di Area Wajah

Cedera akibat goresan sering terjadi pada area wajah, penyebabnya tentu sangat beragam, karena goresan yang tidak disengaja atau penyebab lainnya. Goresan yang tidak segera ditangani dapat menyebabkan infeksi karena bakteri mudah menembus lapisan kulit melalui luka tersebut.

Untuk menyembuhkan luka, Anda bisa menggunakan rebusan daun sirih hijau. Hal tersebut dikarenakan daun sirih hijau mengandung flavonoid, alkaloid, saponin, polifenol dan minyak atsiri dengan sifat antibakteri.

11. Mengobati Alergi

Alergi gatal-gatal juga bisa dirasakan di wajah. Tentu kondisi ini sangat mengganggu siapapun yang mengalaminya. Untuk mengurangi alergi ini, Anda bisa menggunakan campuran daun sirih dengan bubuk kunyit, lalu oleskan seperti memakai masker wajah. Senyawa aktif pada daun sirih dan kunyit juga disebut dapat meredakan alergi gatal pada wajah.

Manfaat Rebusan Daun Sirih Merah

Manfaat Rebusan Daun Sirih
Sumber: AtmaGO

Ada beberapa manfaat rebusan daun sirih merah untuk kesehatan dan pencegahan penyakit. Apa saja manfaatnya?

12. Menyembuhkan Luka

Sirih merah mengandung saponin dengan sifat antiseptik. Senyawa ini berperan penting dalam penyembuhan luka. Selain saponin, daun sirih merah juga mengandung tanin yang berkhasiat membentuk kolagen untuk membantu luka lebih cepat sembuh.

13. Mencegah Infeksi Bakteri

Manfaat rebusan daun sirih selanjutnya adalah mencegah infeksi bakteri. Kandungan fenol dan flavonoid pada daun sirih merah memiliki kemampuan untuk mencegah resiko infeksi. Bahkan daunnya memiliki kemampuan untuk menghambat pertumbuhan bakteri Staphylococcus.

14. Obat Rematik

Rheumatoid arthritis atau biasa yang disebut rematik adalah penyakit sendi yang umum terjadi pada beberapa orang. Penyakit ini merupakan penyakit autoimun. Orang dengan radang sendi akan sering bergantung pada obat kemoterapi untuk menghilangkan rasa sakit. Penggunaan obat kimia secara terus menerus tentu saja tidak baik dan dapat menimbulkan gangguan kesehatan di kemudian hari.

Menyadari hal tersebut, banyak penderita rematik mulai mencari pengobatan herbal. Salah satunya menggunakan rebusan daun sirih merah. Flavonoid dan fenol dalam buah pinang memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat mengurangi rasa sakit akibat peradangan pada penderita rematik.

15. Obat Diabetes

Diabetes juga bisa diobati dengan obat tradisional seperti menggunakan daun sirih. Kandungan alkaloid, flavonoid dan tanin pada daun sirih merah dipercaya memiliki efek menurunkan kadar gula dalam tubuh. Bahkan, penelitian menunjukkan bahwa daun sirih dapat menurunkan kadar gula darah sebesar 10% hingga 38%.

Sedangkan menurut informasi dari situs hellosehat.com, daun sirih kaya akan antioksidan yang juga dapat menurunkan gula darah. Antioksidan yang ada di dalamnya dapat mengurangi stres yang menyebabkan ketidakseimbangan insulin.

Manfaat Rebusan Daun Sirih

Jika hormon insulin seimbang, kadar gula darah juga bisa lebih stabil dan diabetes bisa dicegah. Meski begitu, Anda tetap perlu mengimbanginya dengan gaya hidup sehat seperti menjaga pola makan teratur dan berolahraga.

16. Menangkal Radikal Bebas

Radikal bebas merupakan salah satu penyebab penyakit berbahaya karena dapat merusak sel-sel dalam tubuh. Beberapa flavonoid, tanin, polifenol, dan alkaloid dalam rebusan daun sirih bagus untuk melawan radikal bebas karena bersifat antioksidan. Hasilnya, penyakit seperti penyakit jantung, kanker, dan penyakit Alzheimer juga bisa dicegah.

17. Menjaga Kesehatan Jantung

Di Sehatq.com dijelaskan bahwa manfaat rebusan daun sirih juga dapat mendukung kesehatan jantung. Tanaman ini memiliki kemampuan untuk mencegah tekanan darah tinggi dan menjaga irama jantung yang teratur. Dengan begitu, kesehatan jantung bisa terlindungi dari risiko gangguan kesehatan.

18. Pengobatan Diare

Manfaat daun sirih selanjutnya yang diberikan dari situs Sehatq.com adalah untuk mengobati diare. Tanaman herbal ini memang mampu membunuh bakteri, terutama bakteri E. coli penyebab diare. Ini karena rebusan daun sirih mengandung sterol yang bekerja melawan kuman jahat di dalam tubuh.

19. Menyembuhkan Sakit Tenggorokan

Berdasarkan penjelasan drg. Callista Argentina dari KlikDokter.com, daun sirih mengandung antioksidan alami dan berfungsi sebagai antibakteri. Apalagi kandungan minyak atsiri pada daun sirih sangat baik untuk kesehatan mulut.

Sifat antibakteri daun sirih memungkinkan untuk menghambat pertumbuhan dan perkembangan bakteri dan mengurangi produksi asam. Daun herbal ini juga dikatakan dapat meredakan banyak masalah kesehatan mulut lainnya termasuk radang tenggorokan karena mengandung vitamin B, vitamin C dan alkaloid yang berfungsi sebagai anti inflamasi.

Manfaat Rebusan Daun Sirih untuk Penyakit Lainnya

Manfaat Rebusan Daun Sirih
Sumber: Priangan Timur News

20. Membantu Menurunkan Kolesterol Jahat dalam Tubuh

Kandungan eugenol pada rebusan daun sirih menghambat sintesis kolesterol di hati dan penyerapan usus. Ini membantu katabolisme kolesterol low-density lipoprotein (LDL), sehingga mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

21. Membantu Mencegah Serangan Asma

Sifat antihistamin dan anti-inflamasi pada rebusan daun sirih tidak mengganggu aliran udara melalui bronkus. Alhasil, kemungkinan serangan asma bisa dikurangi.

22. Membantu Mengatasi Depresi

Senyawa fenol aromatik dalam rebusan daun sirih dianggap sebagai stimulan katekolamin. Hormon ini membantu mengatasi gejala depresi.

23. Membantu Mengurangi Kerontokan Rambut

Vitamin C dalam daun sirih membantu mengurangi kerontokan rambut, merangsang pertumbuhan rambut dan mencegah rambut beruban.

24. Membantu Mencegah Malaria

Rebusan daun sirih di pedesaan Malaysia digunakan sebagai antimalaria. Kandungan flavonoid pada daun sirih dikenal sebagai komponen anti parasit yang dapat melawan penyakit malaria.

25. Membantu Mencegah Kanker

Daun sirih mengandung senyawa fenolik yang memiliki sifat antioksidan, antimutagenik, antiproliferatif, dan antibakteri. Selain itu, daun sirih banyak mengandung fitokimia yang memiliki manfaat anti kanker.

Daun sirih merupakan sumber antioksidan yang baik untuk menetralisir radikal bebas dan melawan stres oksidatif. Ini adalah zat yang membantu menghambat pertumbuhan sel kanker dan penyebarannya ke berbagai organ di dalam tubuh.

26. Membantu Menyembuhkan Batuk

Rebusan daun sirih membantu meredakan sesak dada, batuk dan pilek karena memiliki sifat antibiotik. Senyawa dalam daun sirih tidak lagi membantu mengurangi peradangan akibat batuk.

27. Membantu Menurunkan Berat Badan

Daun sirih membantu dalam proses penurunan berat badan dengan cara meningkatkan metabolisme tubuh. Hal ini menyebabkan tubuh mengurangi lemak tubuh.

28. Membantu Mencegah Sakit pada Lambung

Manfaat rebusan daun sirih selanjutnya adalah untuk mengatasi masalah lambung. Mengutip dari hellosehat.com, daun sirih ternyata bisa meningkatkan produksi lendir yang berfungsi menjaga kesehatan organ pencernaan.

Lendir ini  juga dapat mencegah luka pada usus dan lambung. Selain itu, daun sirih memiliki kemampuan meredakan gejala GERD dan berperan dalam menetralkan pH tinggi di lambung.

Oleh karena itu, meminum rebusan buah sirih dapat mengurangi gejala maag, mengatasi asam lambung yang meningkat, dan mengurangi kembung pada perut. Daun sirih ini juga dapat meredakan gejala asidosis lambung dan bermanfaat untuk mengatasi masalah kesehatan saluran cerna seperti sembelit dan diare.

Manfaat Rebusan Daun Sirih bagi Wanita

Manfaat Rebusan Daun Sirih
Sumber: Viva

Sejauh ini, daun sirih selalu dikaitkan dengan kesehatan wanita. Menurut World Health Organization atau WHO (2016), masalah kesehatan reproduksi wanita menyumbang 33% dari semua penyakit yang menyerang wanita. Angka ini tentu sangat tinggi. Untuk menjaga kesehatan wanita, manfaat daun sirih memainkan beberapa peran penting. Honestdocs.id menyebutkan manfaat daun sirih bagi wanita sebagai berikut:

29. Menghilangkan Aroma Kurang Sedap pada Area Intim

Antioksidan, eugenol, dan chavicol yang ada dalam daun sirih bekerja membunuh bakteri inflamasi penyebab bau tak sedap. Cara pemakaiannya, Anda bisa merebus daun sirih kemudian ambil air rebusannya untuk diminum.

30. Mengurangi Keputihan

Keputihan adalah masalah kesehatan wanita lain yang sering dihadapi wanita. Daun sirih konon bisa menyembuhkan gangguan kesehatan ini. Mengatasi masalah ini bisa dilakukan dengan mencampurkan air rebusan daun sirih dan bahan alami lainnya seperti kunyit atau rempah-rempah lainnya yang sudah direkomendasikan.

31. Meredakan Nyeri Haid

Nyeri saat menstruasi merupakan hal yang wajar dialami oleh wanita, namun jika nyeri tersebut mengganggu aktivitas maka perlu dilakukan langkah-langkah untuk mengurangi nyeri tersebut. Menggunakan daun sirih dengan kunyit dapat meredakan nyeri saat haid. Selain kunyit, menambahkan mahkota dan umbu dewa dengan rebusan daun sirih juga bisa digunakan sebagai obat kram menstruasi.

32. Menghilangkan Gatal-gatal pada Area Kemaluan

Gatal juga hadir di area intim wanita. Gatal-gatal ini bisa diredakan dengan menggunakan rebusan air perasan daun sirih untuk membersihkan area intim atau bisa juga dengan meminumnya secara langsung.

Dyah Novita menyatakan pada klikdokter.com bahwa penggunaan daun sirih sebaiknya tidak dilakukan terus menerus meskipun daunnya mengandung antiseptik. Hal ini karena daun sirih dapat menyebabkan perubahan pH pada area reproduksi wanita. Oleh karena itu, penggunaan daun sirih harus dilakukan secara wajar. Jika gangguan kesehatan tidak kunjung hilang, sebaiknya konsultasikan langsung ke dokter.

Penutup

Demikian ulasan mengenai 32 manfaat rebusan daun sirih untuk kesehatan tubuh. Buat Grameds yang ingin lebih tahu tentang manfaat rebusan daun sirih lainnya kamu bisa mengunjungi Gramedia.com untuk mendapatkan buku-buku terkait.

Sebagai #SahabatTanpaBatas, Gramedia selalu memberikan produk terbaik, agar kamu memiliki informasi terbaik dan terbaru untuk kamu. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Ziaggi Fadhil Zahran

Baca juga:

10 Manfaat Daun Sirih Bagi Kesehatan

12 Manfaat Sirih Cina Bagi Kesehatan Tubuh dan Kandungan-Nya!

Ragam Manfaat Daun Suji bagi Tubuh dan Cara Penggunaannya

20 Manfaat Daun Ciplukan, Mampu Menurunkan Kadar Kolesterol!

15 Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan Tubuh



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by ziaggi