in

Mengenal Macam-Macam Warna Putih & Hexcodenya

Pernahkah kamu membayangkan apa jadinya jika di dunia ini hanya ada berbagai macam warna? Pastinya kita akan bosan karena hanya bisa melihat satu warna saja. Biasanya setiap warna akan memiliki kekhasannya sendiri, mulai dari makna, fungsi, hingga dari jenis-jenis warna itu sendiri.

Warna yang ada di dunia ini biasanya dibedakan menjadi dua bagian yaitu warna cerah dan warna gelap. Warna cerah dan warna gelap ini bisa digunakan untuk membuat baju, mendekorasi ruangan, dan lain-lain. Oleh karenaitu, penggunaan warna cerah dan warna gelap harus ditentukan oleh kebutuhan dan kesukaan warna dari setiap orang.

Setiap warna utama pasti akan memiliki warna turunan, sehingga menghasilkan berbagai macam warna. Banyaknya turunan pada berbagai macam warna utama akan membuat dunia ini terasa lebih menarik dan lebih indah. Salah satu warna yang memiliki berbagai macam warna turunan adalah warna putih.

Warna putih memiliki banyak sekali warna turunan, ingin tahu warna turunan yang ada di warna putih? Grameds, artikel ini akan membahas macam-macam warna putih. Jadi, selamat membaca.

Pengertian Warna Putih

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) warna putih adalah warna dasar yang menyerupai warna kapas. Selain itu, dalam KBBI, warna putih dapat diartikan sebagai kesucian, kemurnian, dan tidak ternoda. Dengan demikian, warna putih sering dikaitkan dengan suatu hal yang berhubungan dengan segala macam kebaikan.

Warna putih yang identik dengan warna kapas menggambarkan tentang kebersihan yang terlihat di klinik, laboratorium, dan rumah sakit. Selain menggambarkan kebersihan, warna putih pada setiap pusat kesehatan dapat diartikan sebagai kesehatan dan keselamatan menjadi prioritas utama.

Warna putih ini termasuk ke bagian warna cerah yang ada di dunia ini. Meskipun warna putih ini tergolong ke dalam warna cerah, tetapi tidak semua orang menyukai warna putih. Beberapa orang ketika melihat warna putih merasa kesepian dan beberapa orang lainnya ketika melihat warna putih menemukan inspirasi dan lebih ceria.

Suka atau tidaknya seseorang pada warna putih bisa disebabkan oleh banyak faktor.  Meskipun warna putih sering dikaitkan dengan suatu hal yang baik, tetapi tidak semua orang yang tidak menyukai warna putih merupakan orang yang berperilaku buruk.

Fungsi Warna Putih

Warna putih dalam kehidupan sehari-hari memiliki beberapa fungsi. Di bawah ini akan dijelaskan fungsi-fungsi dari warna putih.

1. Background Foto

Sudah bukan hal asing lagi kalau hampir setiap foto orang atau produk menggunakan background berwarna putih. Warna putih yang dijadikan sebagai background akan mempercantik objek yang difoto. Objek foto yang terlihat bagus akan disukai oleh banyak orang. Misalnya foto dari suatu produk yang menarik akan memunculkan rasa penasaran pembeli untuk membeli produk tersebut.

2. Simbol Dari Kebersihan

Warna putih berfungsi sebagai simbol dari kebersihan terutama di pusat-pusat kesehatan, seperti rumah sakit, klinik, dan laboratorium. Maka dari itu, ketika masuk ke dalam pusat kesehatan, kita akan selalu melihat warna putih di setiap ruangannya. Dengan kebersihan pusat kesehatan yang selalu dijaga, maka pasien akan merasa senang dan nyaman ketika datang.

3. Sebagai Warna Ruangan

Dalam dunia arsitektur, warna putih sering digunakan untuk mewarnai sebuah ruangan. Penggunaan warna putih pada sebuah ruangan akan membuat ruang itu menjadi lebih terang ketika terkena cahaya. Selain itu, suatu ruangan yang diberi warna putih akan memberikan kesan bahwa ruangan tersebut sangat luas dan ruangan tidak seperti ketinggalan zaman. Hal yang terpenting dalam penggunaan warna putih pada sebuah ruangan adalah perlengkapan atau furniture akan cocok jika dimasukkan ke dalam ruangan tersebut.

4. Warna Lukisan 

Bagi sebagian orang yang sangat senang dengan dunia melukis biasanya akan selalu menggunakan warna putih dalam setiap lukisannya. Orang yang senang melukis biasanya memakai warna putih untuk warna campuran dengan warna lain supaya menghasilkan warna baru dan menarik, seperti warna pastel.

Banyaknya warna-warna yang menarik pada sebuah lukisan akan menjadikan lukisan tersebut terlihat sangat indah. Lukisan yang semakin indah akan banyak orang yang menyukainya, sehingga harga jual dari lukisan itu menjadi bertambah.

banner-promo-gramedia

5. Warna Kecantikan atau Keindahan

Warna putih sering digunakan sebagai warna yang menghadirkan kecantikan atau keindahan. Oleh sebab itu, warna putih ini sering digunakan di acara pernikahan yang di mana penganting perempuan akan terlihat lebih cantik dengan pakaian berwarna putih. Meskipun warna putih sering dijadikan sebagai simbol kecantikan atau keindahan pada pernikahan bukan berarti warna lainnya tidak cocok untuk dijadikan sebagai warna pakaian atau dekorasi pernikahan.

6. Warna Makanan Sehat

Warna putih dapat berfungsi sebagai simbol dari makanan sehat, seperti susu. Susu yang memiliki warna putih yang cukup baik, maka bisa dikatakan bahwa susu itu layak untuk dikonsumsi. Oleh sebab itu Grameds ketika ingin membeli pastikan dulu apakah warna putihnya sudah cukup baik atau belum. Hal ini penting untuk dilakukan supaya susu yang dikonsumsi dapat menyehatkan badan bukan memberikan risiko penyakit.

Makna Warna Putih

Rasanya sudah banyak sekali yang mengenal warna putih dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan, bendera kita Indonesia memiliki warna putih, setiap seragam sekolah mulai dari SD, SMP hingga SMA warnanya putih juga, dan buku tulis yang kita gunakan warna dasarnya warna putih.

Maka dari itu, warna putih bukanlah warna yang asing dalam kehidupan kita sehari-hari. Meskipun warna putih sering kita lihat dalam kehidupan sehari-hari, tetapi tidak semua orang mengetahui tentang arti dari warna putih.

Dalam ilmu psikologi warna, warna putih adalah warna awal yang sangat bersih dan masih kosong. Selain itu, warna putih bisa dikatakan sebagai warna yang sangat utuh yang memiliki kepolosan. Oleh sebab itu, warna putih sangat cocok untuk menggambarkan masa mudah seseorang karena masa-masa muda akan dipenuhi dengan kepolosan.

Makna warna putih dalam budaya barat biasanya dimaknai sebagai suatu hal yang sangat suci, seperti pernikahan, malaikat, dan lain lain. Dengan kata lain, masyarakat barat pada umumnya percaya jika warna putih merupakan warna yang identik dengan kemurnian dan kedamaian.

Sementara itu, dalam budaya timur, warna putih biasanya dimaknai dengan suatu hal yang berkaitan dengan kesedihan dan kematian, Maka dari itu, hampir sebagian besar orang timur ketika sedang ada di acara pemakan umumnya akan mengenakan pakaian dengan warna putih.

Warna putih ini bisa dibilang sebagai warna yang memiliki keseimbangan dari berbagai macam warna yang ada. Hal ini dikarenakan warna putih mewakili aspek positif dan aspek negatif yang ada di setiap warna.

Makna positif yang ada pada warna putih biasanya selalu dikaitkan dengan kesegaran, kesejukan, kesederhanaan, dan kebersihan. Sementara itu, makna negatif warna putih berupa terisolasi, hampa, dan dingin.

Karakter Penyuka Warna Putih

Karakteristik seseorang yang menyukai warna putih terbagi menjadi dua, yaitu karakter positif dan karakter negatif.

1. Karakter positif

  1. Suka dengan kebersihan
  2. Selalu ingin tampil dengan sederhana
  3. Selalu berusaha untuk tampil rapi pada berbagai acara
  4. Mandiri dalam menyelesaikan suatu masalah
  5. Terbuka pada orang-orang disekitarnya
  6. Rasa tulus yang dimiliki cukup tinggia
  7. Memiliki karakter yang utuh, seperti bijaksana, optimis, dan teratur

2. Karakter negatif

  1. Sering merasakan kesepian atau kehampaan
  2. Cenderung menjadi individu yang membosankan
  3. Kurang berpikir imajinatif
  4. Sering merasa kalau dirinya dijauhi oleh orang-orang
  5. Sering melakukan hal yang sama secara berulang-ulang atau monoton
  6. Cenderung menjadi individu yang rewel

Macam-Macam dan Kode-Kode Warna Putih

1. Pure White

Macam-macam warna putih

Warna putih yang pertama adalah pure white atau warna dasar dari warna putih. Warna dasar putih ini bisa menghasilkan banyak warna putih lainnya. Disebut pure white karena tingkat kecerahan pada warna ini sangat tepat atau tidak kurang dan tidak lebih. Kode dari warna putih ini adalah #ffffff.

2. Putih Susu

Macam-macam warna putih

Warna putih yang kedua yang masuk ke dalam macam-macam warna putih adalah putih susu. Warna putih susu ini sekilas memang hampir mirip dengan warna putih biasa. Meskipun terlihat dengan putih biasa, tetapi jika kamu lihat lebih teliti lagi warna putih susu memiliki kecenderungan lebih pekat daripada warna putih biasa. Kode warna dari warna putih jenis putih susu adalah #fdfff5.

3. Putih Gading

Macam-macam warna putih

Warna putih ketiga yang termasuk ke dalam jenis warna putih adalah warna putih gading. Warna putih jenis ini biasa dikenal dengan sebutan lain yaitu putih ivory. Warna putih gading ini bukanlah warna putih biasa. Hal ini dikarenakan warna putih gading sudah sedikit mengalami pencampuran warna. Meskipun bukan warna putih biasa, tetapi warna ini tetap termasuk ke dalam jenis warna putih. Koder yang biasa digunakan pada warna putih gading adalah #fffff0

4. Putih Karton

Macam-macam warna putih

Warna putih ini biasa ditemukan pada suatu barang yang terbuat dari bahan karton. Oleh sebab itu, warna putih ini dikenal sebagai putih karton. Warna putih ini perlu kamu ketahui agar dapat membedakan antara warna putih satu dengan warna putih lainnya. Warna putih karton memiliki kecenderungan berwarna lebih suram daripada warna putih susu atau warna putih biasa. Kode dari warna putih karton adalah #f7f7f7.

banner-promo-gramedia

5. Putih Awan

Macam-macam warna putih

Jenis warna putih selanjutnya berkaitan dengan kondisi langit dan warna putih tersebut adalah putih awan. Putih awan ini bisa kamu lihat ketika langit sedang cerah. Warna putih awan merupakan hasil dari warna putih lainnya, sehingga warna putih ini termasuk ke dalam jenis warna putih. Warna ini memiliki kode warna yang biasa digunakan yaitu #f2f2ed.

6. Putih Marshmallow

Macam-macam warna putih

Permen manis putih yang teksturnya sangat kenyal sering dikenal dengan nama permen marshmallow. Warnanya yang putih pada permen ini termasuk ke dalam salah jenis warna putih. Warna putih marshmallow yang khas menjadikan warna putih ini berbeda dengan warna putih lainnya. Warna putih ini memiliki kode warna yaitu #f0eee4.

7. Putih Kertas

Macam-macam warna putih

Sudah menjadi hal umum jika setiap warna kertas yang ada di kehidupan sehari-hari biasanya berwarna putih. Oleh sebab itu, warna putih kertas ini menjadi salah satu jenis warna putih yang ada. Warna putih kertas cenderung lebih gelap dibandingkan dengan warna putih susu. Kode warna untuk warna putih kertas adalah #f7fcfe.

8. Putih Mutiara

Macam-macam warna putih

Siapa yang tak kenal dengan benda berharga yang satu ini yaitu mutiara. Mutiara ini biasa menjadi barang yang berharga karena untuk mendapatkannya sangat susah. Sudah bukan hal asing lagi jika mutiara mengandung warna putih, sehingga warna putih mutiara termasuk ke dalam jenis warna putih. Kode yang biasa digunakan untuk mengetahui warna putih mutiara adalah  #f3f2ed.

9. Putih Salju 

Macam-macam warna putih

Sudah bukan hal asing lagi jika salju memiliki warna putih. Warna putih pada salju termasuk ke dalam jenis warna putih. Meskipun di Indonesia tidak ada musim salju, tetapi kita bisa melihat musim salju dan warna salju melalui internet. Jika dibandingkan dengan warna putih biasa, warna putih salju cenderung lebih lembut. Kode warna yang dimiliki oleh putih salju adalah #fffafa.

tombol beli buku

10. Putih Angsa

Macam-macam warna putih

Angsa memiliki bulu putih yang sangat bersih, sehingga hewan ini terlihat sangat indah terutama ketika sayapnya dikepakkan. Warna putih angsa ini sangat khas dibandingkan dengan warna putih lainnya. Maka dari itu, warna putih yang ada pada bulu angsa bisa dikatakan sebagai jenis warna putih. Warna putih jenis ini mempunyai kode warna yaitu #fcfcfc.

11. Putih Kapas

banner-promo-gramedia

Macam-macam warna putih

Kapas merupakan salah satu bahan utama dalam pembuatan kasur dan pakaian. Kapas mempunyai warna putih yang cukup khas bila dibandingkan dengan warna putih lainnya. Warna putih khas inilah yang menjadikan warna putih ini menjadi salah satu jenis warna putih. Kode yang digunakan untuk menandai kalau ini adalah warna putih kapas adalah #f2f7fd.

12. Putih Kucing

Macam-macam warna putih

Warna putih biasanya muncul dari berbagai macam kondisi alam dan tumbuhan, ternyata warna putih juga bisa berasal dari kucing. Kucing yang berwarna putih biasanya bulunya akan terlihat sangat bersih, sehingga kucing itu akan terlihat indah. Oleh sebab itu, warna putih kucing termasuk ke dalam jenis warna putih. Warna putih kucing dapat ditandai dengan kode warna yaitu #fffaf0

tombol beli buku

13. Putih Beruang Kutub

Macam-macam warna putih

Jenis warna putih yang ada pada bulu hewan bukan hanya angsa dan kucing saja, tetapi juga terapat pada beruang kutub. Beruang kutub memiliki warna putih yang berbeda dengan warna putih lainnya. Oleh sebab itu, warna putih beruang kutub bisa dikategorikan sebagai salah satu jenis warna putih. Kode warna yang ada di warna putih beruang kutub adalah #fffaf0.

14. Putih Kapur

Macam-macam warna putih

Saat ini, penggunaan kapur sudah sangat jarang, sehingga tidak semua orang mengetahui warna kapur. Terlebih lagi warna kapur ada yang warna-warni. Sebelum munculnya kapur warna-warni, kapur memiliki warna putih. Warna putih ini berasal dari batu kapur yang berwarna putih. Warna putih pada kapur menjadikan warna ini dikategorikan ke dalam jenis warna putih. Koder warna putih kapur adalah #f6f4f1.

15. Putih Rumah Salju 

Macam-macam warna putih

Warna putih selanjutnya adalah warna putih yang berasal dari rumah salju. Rumah salju merupakan rumah yang berasal dari suku Eskimo. Warna putih rumah salju mempunyai kode #fdfcfa.

Kesimpulan

Seperti hal yang tidak bisa ditolak lagi jika warna putih akan selalu hadir dalam kehidupan sehari-hari. Warna putih yang ada di dalam kehidupan sehari-hari biasanya identik dengan simbol kebersihan, kesucian, dan kemurnian. Selain itu, warna putih bisa memantulkan cahaya, sehingga warna ini sangat cocok untuk mewarnai suatu ruangan. Demikian penjelasan tentang macam-macam warna putih semoga bisa bermanfaat.

tombol beli buku

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Restu