in

Macam-macam Warna Hijau

Selama ini mayoritas dari kita mengenal warna hijau hanyalah hijau daun, hijau tua, hijau muda, hijau tosca. Beberapa orang mungkin mengenal jenis-jenis warna hijau lainnya. Namun dalam dunia grafis, warna hijau memiliki banyak jenis. Bahkan ada yang menyebutkan bahwa warna hijau memiliki 37 macam. Apa saja itu? Yuk Grameds, kita dalami barengan tentang warna hijau ini.

Sekilas Tentang Warna Hijau

Apa kesan Anda mengenai warna hijau? Ketenangan? Ramah lingkungan? Kesuburan? Kedekatan dengan alam? Benar, Grameds. Maka tidak heran jika perusahaan-perusahaan yang berkaitan erat dengan alam dan energi, mayoritas memiliki logo berwarna hijau.

Tidak cukup sampai di situ, hijau memiliki banyak filosofi lainnya sehingga warna ini banyak sekali digunakan oleh lembaga-lembaga dan gerakan-gerakan di dunia. Hijau merupakan kombinasi dari warna biru dan kuning, warna hijau memperoleh unsur optimisme dan kejernihan mental dari warna kuning dan biru memberikan memberikan kesan wawasan yang luas dan ketenangan emosi.

Telah lama hijau dijadikan lambang kesuburan dan oleh sebab itu, konon, pada abad ke-15 banyak ditemukan gaun pernikahan yang berwarna hijau. Harapannya adalah para mempelai diberikan kesuburan oleh Tuhan Yang Mahas Kuasa agar dapat memiliki banyak keturunan.

Secara umum, hijau merujuk pada dua pengertian, yaitu alam dan lingkungan serta kekayaan dan keuangan. Bagaimana bisa? Kedua hal tersebut memiliki korelasi yang panjang. Sebagaimana yang kita pahami bahwa hijau identik dengan alam yang ramah, tumbuhan yang tumbuh subur dan berkesinambungan yang dapat menjadi penyebab keaserian lingkungan kita.  Tidak jarang pertumbuhan dan kehidupan alami memiliki pengaruh yang besar dalam kebahagiaan dan kesejahteraan. Sehingga warna hijau seringkali dikaitkan dengan warna uang Amerika Serkat (US Dollar). Karena itu, warna hijau sering dikaitkan dengan kekayaan dan keuangan.

Berikut ini merupakan contoh penggunaan warna hijau beserta maknanya.

1. Militer dan Keamanan.

Warna hijau pada militer dan keamanan menunjukkan keberanian dan keamanan. Sebagaimana yang kita tahu fungsi militer salah satunya adalah menciptakan keamanan di dalam sebuah negara.

2. Bendera Libya

Pada tahun 1977-2011, negara Libya bernama Jamahiriyah Arab Rakyat Sosialis Agung Libya memiliki bendera yang unik. Hal tersebut menjadikan Libya sebagai satu-satunya negara yang hanya menggunakan satu warna saja dalam benderanya. Tidak ada desain, corak warna lain, dan lencana apapun dalam  bendera Libya waktu itu.

Warna hijau tersebut untuk menunjukkan simbolisme Islam yang dijadikan prinsip bernegara negara tersebut. Tidak hanya hijau juga mewakili Revolusi Hijau Gaddafi serta sikap protes terhadap kunjungan Anwar Sadat ke Israel.

3. Kisah mistis

Dalam kisah-kisah Raja Arthur yang melegenda di Eropa bahkan dunia, warna hijau identik dengan kesan mistis.

4. Kehidupan Abadi

Anggapan warna hijau sebagai warna kehidupan abadi dapat Anda temukan di Jepang.

5. Kepercayaan dan Religiusitas

Warna hijau sering juga digunakan sebagai simbol keagamaan karena warna ini dianggap mewakili keberanian, kebangkitan, dan kedamaian. Dalam Islam, warna hijau sering digunakan untuk warna masjid, pakaian, bendera, dan logo lembaga-lembaga keislaman.

Sementara di agama Katolik, warna hijau juga seringkali dikatikan dengan hari Minggu. Kain altar pada kebaktian di hari Minggu pada umumnya juga berwarna hijau. Warna hijau juga mewakili Irlandia-Katolik.

Warna hijau juga identik dengan warna cinta yang berkaitan dengan dewi Romawi, dewi Yunani, Venus, dan Aprhodite. Dalam budaya Aztec, hijau merupakan simbol kerajaan sebab warna hijau adalah warna bulu quetzal yang dipakai oleh kepala suku tersebut.

banner-promo-gramedia

6. Harapan

Di Portugal, Anda akan menemukan bahwa warna hijau bermakna adanya harapan. Hal ini dikarenakan warna hijau memiliki hubungan dengan musim semi.

7. Go Green

Warna hijau menjadi warna dominan dalam gerakan go green yang merupakan sebuah gerakan untuk melindungi lingkungan dan bersikap ramah terhadap lingkungan. Cara yang digunakan adalah dengan mengurangi sampah plastik, mengurangi polusi, pemanfaatn limbah, dan mengembalikan keletarian alam.

8. Green Lifestyle

Sebuah gaya hidup yang membiasakan diri agar setiap kegiatannya tidak merusak alam dan meminimalisir polusi. Gaya hidup ini pada umumnya dilakukan oleh orang-orang yang secara konsisten mengkampanyekan go green. Warna hijau kembali menjadi kiblat bagi kegiatan-kegiatan yang dekat dengan alam.

9. Back to Nature

Perilaku kembali pada alam adalah sebuah upaya agar seluruh aktivitas kembali pada alam sehingga alam tetap lestari. Gerakan ini diwakili oleh warna hijau.

Tidak hanya itu, warna hijau juga memiliki arti secara psikologi dalam kepribadian manusia. Meskipun tidak bisa dijadikan dasar untuk memukul rata atau generalisasi setiap orang yang menyukai warna hijau memiliki sifat dan karakter yang sama, namun orang-orang yang menyukai warna hijau rata-rata memiliki deskripsi diri sebagai berikut:

  1. Menyukai kehidupan yang alami dan nuansa alam yang terbuka dengan udara segar.
  2. Stabil dan seimbang, atau jika belum seimbang, sedang berjuang menuju keseimbangan. Bahkan Anda terkadang merasa cemas dan tidak tenang saat hidup Anda berproses menuju keseimbangan.
  3. Cenderung menggunakan hati, oleh karenanya memiliki kebutuhan yang besar untuk mencintai atau dicintai, dan menyayangi atau disayangi.
  4. Mempunyai standar moral dan sopan santun yang tinggi. Melakukan kebenaran merupakan hal yang penting bagi orang tersebut.
  5. Sulit untuk menggebu-gebu dan berhasrat besar, karena kebutuhan mendasarnya adalah kedamaian dan keseimbangan, bukan tindakan yang penuh semangat.
  6. Memiliki kecenderungan dalam berbisnis karena senang bekerja di bisnis miliknya sendiri. Meskipun demikian, mereka orang-orang yang murah hati.
  7. Mempunyai bawaan mudah cemburu. Oleh karena itu, orang yang menyukai warna hijau tidak jarang yang lebih memilih single sampai menemukan seseorang yang benar-benar tepat dalam hidupnya.
  8. Memiliki empati yang luar biasa. Kemampuan menempatkan diri di posisi orang lain menjadi kelebihannya sehingga mereka dapat memahami orang lain dengan cepat. Tidak hanya itu, mereka memiliki kemampuan mendengarkan dengan baik dan melihat masalah orang lain dengan empati, kejelasan, dan analisa yang adil. Kemampuan ini menjadikan mereka cocok untuk bekerja sebagai psikolog, penasihat, dan pekerja sosial.
  9. Menyukai gaya hidup yang sehat dan karena itu, mereka lebih menyukai meracik makanan secara mandiri dibandingkan membeli secara instan atau siap saji.
  10. Jujur, dapat bekerja secara tim, mencintai perdamaian meskipun harus ditebus dengan harga yang mahal.

 

beli sekarang

Ini adalah e-book Panduan Lengkap: Ilustrasi Desain Grafis Dengan CorelDraw X3

beli sekarang

Ini adalah E-book Rahasia Desain Dan Cetak Peluang Bisnis Desain Grafis.

beli sekarang

Buku “Instagram untuk bisnis, hobi, dan desain grafis” ini mengupas langkah-langkah teknis dan non-teknis mengoptimalkan akun Instagram. Anda akan mengenal bagian penting di dalam Instagram, baik fitur maupun aplikasi pendukung, untuk mengembangkan bisnis, menekuni hobi, maupun membuat desain grafis yang hasilnya nyata bagi para followers.

beli sekarang

Desain grafis itu penting! Tetapi tidak semua orang bisa mendesain. Sampai kemudian, munculah Canva, sebuah aplikasi website dan smartphone gratis yang bisa membantu Anda membuat desain secara cepat, mudah, dan murah. Buku ini dapat membantu Anda membuat desain menarik dalam waktu singkat memakai Canva.

Macam-macam Warna Hijau

Warna hijau memiliki banyak macam. Dalam dunia desain dan konveksi, warna hijau memiliki kode-kode yang membedakan gelap, terang, dan tampilannya. Di bawah ini akan kita bahas bersama apa dan bagaimana saja sih warna hijau selengkapnya.

1. Hijau Biasa atau Green

Hijau biasa adalah jenis warna hijau yang paling populer. Untuk mendapatkan warna hijau biasa ini diperlukan perpaduan yang tepat antara kuning dan biru. Warna hijau biasa memiliki kode hex color #00800 yang dalam RGB terdiri dari 0% merah, 50.2% hijau, dan 0% biru dan dalam CMYK tersusun atas 100% cyan, 0% magenta, 100% kuning, and 49.8% hitam. Warna hijau biasa bisa didapatkan dengan memadukan warna #00ff00 dengan #000100.

2. Hijau Islami atau Islamic Green

banner-promo-gramedia

Hijau Islami adalah hijau khas yang sering digunakan untuk kegiatan ummat Islam di Indonesia maupun di dunia internasional. Warna ini digunakan oleh ummat muslim karena membawa kedamaian. Warna hijau Islami memiliki kode hex color #009000 yang dalam RGB terdiri dari 0% merah, 56.5% hijau, dan 0% biru dan dalam CMYK tersusun atas 100% cyan, 0% magenta, 100% kuning, and 43.5% hitam. Warna hijau jenis ini bisa didapatkan dengan memadukan warna berkode #00ff00 dengan #002100.

3. Hijau Daun atau Leaf Green

Warna hijau ini dapat Anda temukan pada warna daun. Warna hijau daun memiliki kode #5ca904 yang daam RGB terdiri dari paduan 36.1% merah, 66.3% hijau and 1.6% biru. Sementara dalam satuan CMYK, warna hijau daun tersusun atas 45.6% cyan, 0% magenta, 97.6% kuning, dan 33.7% hitam.

4. Hijau Neon atau Neon Green

Warna hijau neon yang berkode #39FF14 saat ini sedang trend di kalangan anak muda. Warnanya yang cerah dan menyala menunjukkan keceriaan dan keenerjikan anak muda. Untuk memadukannya dengan warna lain agar terkesan uber chic, Anda perlu mix and match dengan cermat. Salah satu warna stabilo ini bisa Anda dapatkan dengan memadukan antara  #72ff28 dengan #00ff00. Dalam RGB, warna hijau neon memiliki susunan 22.4% merah, 100% hijau, dan 7.8% biru sementara dalam CMYK, warna hijau neon terdiri dari 77.6% cyan, 0% magenta, 92.2% kuning, dan 0% hitam.

5. Hijau Army atau Army Green

Hijau army adalah warna hijau yang sering digunakan sebagai atribut tentara untuk keperluan militer, terutama untuk Angkatan Darat. Mulai dari seragam, mobil, tank, helicopter, dan lainnya. Dengan kode #4b5320, warna hijau jenis ini tampak hijau kecoklat-coklatan. Untuk memperoleh warna hijau army, Anda perlu menggabungkan warna  #96a640 dengan #000000. Dalam RGB, hijau army tersusun dari 29.4% merah, 32.5% hijau, dan 12.5% biru sementara dalam CMYK warna didapatkan dengan menggabungkan pola 9.6% cyan, 0% magenta, 61.4% kuning, dan 67.5% hitam.

6. Hijau Mint atau Mint Green

Dalam dunia desain grafis, warna hijau mint ini dikenal dengan kode #98ff98. Warna hijau jenis ini mengadopsi warna daun mint. Hijau mint bisa ditemukan dengan memadukan warna #ffffff dengan #31ff31. Komposisi hijau mint dalam RGB terdiri dari 59.6% mirip, 100% hijau, dan 59.6% biru. Dalam CMYK, hijau mint terdiri dari 40.4% cyan, 0% magenta, 40.4% kuning, dan 0% hitam.

7. Hijau Pinus atau Pine Green

Warna hijau yang memiliki kode #01796f ini diadopsi dari hijau pohon pinus. Oleh karena itu, warna hijau jenis ini dinamakan hijau pinus. Jika Anda ingin mendapatkan warna hijau pinus, Anda perlu mengkombinasikan antara warna #02f2de dengan #000000. Sedangkan untuk komposisinya, hijau pinus terdiri dari 0.4% merah, 47.5% hijau and 43.5% biru dalam RGB dan 99.2% cyan, 0% magenta, 8.3% kuning, dan 52.5% hitam.

8. Hijau Zaitun atau Olive Green

Sebagaimana namanya, warna hijau dengan kode #808000 ini diadopsi dari warna buah zaitun. Hijau zaitun didominasi oleh warna kuning dengan komposisi CMYK 0% cyan, 0% magenta, 100% kuning, dan 49.8% hitam. Sementara dalam skala RGB, warna ini terdiri atas 50.2% merah, 50.2% hijau, dan 0% biru. Untuk mendapatkan warna hijau zaitun, Anda perlu mengkombinasikan warna  #ffff00 dengan #010100.

9. Hijau Giok atau Jade Green

banner-promo-gramedia

Terinspirasi dari warna hijau batu giok, warna hijau jenis ini dinamai hijau giok. Dengan kode #00a86b, hijau giok memiliki kombinasi RGB 0% merah, 65.9% hijau, dan 42% biru dan CMYK 100% cyan, 0% magenta, 36.3% kuning, dan 34.1% hitam. Warna hijau jenis ini bisa didapatkan dengan mengkombinasikan warna #00ffd6 dengan #005100.

10. Hijau Botol atau Bottle Green

Warna hijau dengan kode warna #006a4e ini diadopsi dari warna hijau botol sehingga diberi nama hijau botol. Dalam skala RGB, warna hijau botol tersusun dari 0% merah, 41.6% hijau, dan 30.6% biru. Sedangkan dalam skala CMYK, warna hijau satu ini terdiri dari 100% cyan, 0% magenta, 26.4% kuning, dan 58.4% hitam. Warna hijau botol dapat diperoleh dengan menggabungkan warna  #00d49c dengan #000000.

11. Hijau Jeruk Nipis atau Lime Green

Hijau jeruk nipis merupakan hijau yang diadopsi dari jeruk nipis. Warna hijau jeruk nipis memiliki kode warna #32cd32. Warna hijau jenis ini tersusun atas 19.6% merah, 80.4% hijau, dan 19.6% biru RGB dan 75.6% cyan, 0% magenta, 75.6% kuning, dan 19.6% hitam CMYK. Jika ingin mendapatkan warna ini ketika melakukan design grafis, Anda dapat mengkombinasikan warna #64ff64 dengan #009b00. Warna terdekat dengan warna hijau jeruk nipis adalah #33cc33.

12. Hijau Laut atau Sea Green

Warna hijau kali ini diadopsi dari warna hijaunya laut sehingga dinamakan hijau laut. Warna hijau yang memiliki kode #2e8b57 ini tersusun atas 8% merah, 54.5% hijau, dan 34.1% biru RGB dan 66.9% cyan, 0% magenta, 37.4% kuning, dan 45.5% hitam CMYK. Warna hijau laut bisa Anda dapatkan dengan mengkombinasikan antara warna  #5cffae dengan #001700. Warna terdekat dengan hijau jeruk nipis adalah #339966.

13. Hijau Alpukat atau Avocado Green

Seperti namanya, hijau alpukat diadopsi dari warna hijau yang terdapat di buah alpukat. Warna hijau dengan kode #568203 ini terdiri dari 33.7% merah, 51% hijau, dan 1.2% biru RGB dan 33.8% cyan, 0% magenta, 97.7% kuning, dan 49% hitam CMYK. Warna hijau alpukat bisa Anda dapatkan dengan kombinasi warna #acff06 dengan #000500. Warna terdekat dengan warna hijau alpukat adalah #669900.

14. Hijau Pakis atau Fern Gree

Hijau pakis diadopsi dari warna hijau yang dimiliki oleh sayur pakis. Dengan kode warna #4f7942, warna hijau pakis tersusun atas 31% merah, 47.5% hijau, dan 25.9% biru RGB dan 34.7% cyan, 0% magenta, 45.5% kuning, dan 52.5% hitam CMYK. Warna hijau pakis bisa Anda dapatkan dengan mengombinasikan warna #9ef284 dengan #000000. Warna yang terdekat dengan hijau pakis adalah #666633.

Grameds, masih ada banyak jenis warna hijau yang belum sempat kita bahas satu per satu. Untuk lebih jelasnya, di bawah ini akan kita tampilkan macam-macam warna hijau melalui gambar dan kodenya.

Grameds, usai sudah pembahasan kita mengenai macam-macam warna hijau. Gramedia siap jadi yang terdepan untuk menjadi #Sahabattanpabatas buat Anda dengan menyajikan buku-buku terbaik pilihan kami.

Penulis: Nanda Iriawan Ramadhan

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ricky Atthariq