in

120 Kata-Kata Bijak Singkat Penuh Makna

Ilustrasi (Fandy Aprianto Rohman/Creative Commons Attribution-Share Alike 4.0 International license).

Kata-Kata Bijak Singkat Penuh Makna – Halo Sobat Grameds, pernahkah kalian merasa sedih dan kesepian? Tidak dapat dimungkiri bahwa seseorang pastinya pernah berada di posisi terendah saat dilanda kecemasan, kesedihan, dan kesepian.

Tidak jarang pula banyak orang yang berusaha meluapkan isi hatinya melalui kata-kata bijak yang singkat. Kata-kata bijak yang memiliki makna mendalam menjadi salah satu obat hati yang dapat memotivasi dan menginspirasi siapa saja yang membacanya.

Kata-Kata Bijak Singkat Penuh Makna
Ilustrasi (Fandy Aprianto Rohman/Creative Commons Attribution-Share Alike 4.0 International license).

Kata-kata bijak mengandung makna tersirat, meskipun terkesan singkat. Kumpulan kata-kata bijak juga dapat digunakan sebagai pedoman hidup sehari-hari dalam menghibur diri sendiri.

Jika kalian sedang mencari kumpulan kata-kata bijak singkat penuh makna yang cocok dijadikan caption (takarir) foto atau status untuk menunjukkan isi hati, pakailah kata-kata bijak yang singkat dan padat. Nantinya, kalian akan memperoleh sedikit motivasi melalui pesan positif yang ada di dalamnya.

Namun, untuk kamu yang belum mengetahuinya, tak perlu khawatir, ulasan singkat ini akan memberitahukannya. Yuk, biar tidak penasaran lagi, langsung simak artikelnya sampai selesai.

Kumpulan Kata-Kata Bijak Singkat Penuh Makna

Berikut ini beberapa contoh kata-kata bijak singkat dengan makna mendalam yang diambil dari kutipan berbagai tokoh-tokoh terkenal di dunia.

1. Aku hanya ingin orang lain mengambil langkah mundur, mengambil napas yang dalam, dan benar-benar mengamati sesuatu dengan cara yang berbeda. Namun, mayoritas orang tidak akan pernah melakukannya – Brian Mc.Knight.

2. Aku telah belajar jika ada lebih banyak kekuatan di dalam sebuah pelukan yang kuat dibandingkan dengan seribu kata-kata – Ann Hood.

3. Hidup bukanlah untuk menunggu badai berlalu, tetapi belajar menari di tengah hujan – Henry Ford.

4. Ini adalah agamaku yang sederhana. Tak perlu ada kuil; tak perlu filosofi yang rumit. Otak kita sendiri, hati kita sendiri adalah kuil kita; filosofinya adalah kebaikan – Dalai Lama.

5. Jadilah orang yang kuat, tetapi tidak kasar. Bersikaplah baik, tetapi jangan lemah. Bersikaplah rendah hati, tetapi tidak menjadi pemalu. Percaya dirilah, tetapi tidak sombong – Thomas Robert Malthus.

The Architecture of Love | Di balik Pena

6. Jangan biarkan ambisimu yang besar menghalangi berbagai pencapaian kecil yang jauh lebih bermakna – Bryant H. Mc.Gill

7. Jangan merusak sesuatu yang kau miliki dengan mengharapkan sesuatu yang tidak akan pernah kau miliki; ingatlah jika sesuatu yang kau miliki saat ini pernah menjadi salah satu hal yang kau harapkan – Epicurus.

8. Kau harus membiarkan orang lain untuk pergi. Setiap orang yang ada dalam kehidupanmu ditakdirkan untuk berada dalam perjalanan, tetapi tidak semuanya dimaksudkan untuk tinggal hingga akhir – Vasco da Gama.

9. Kau tidak pernah dilahirkan untuk hidup kalah, tertekan, bersalah, malu, terkutuk, dan tidak layak. Kau dilahirkan untuk menjadi seorang pemenang – Mikhail Sergeyevich Gorbachev.

10. Kebahagiaan berada di dalam. Hal itu tidak ada hubungannya dengan seberapa banyak tepuk tangan yang kau peroleh atau seberapa banyak orang yang menyanjungmu. Kebahagiaan datang saat kau percaya telah melaksanakan sesuatu yang benar-benar berharga – Martin Yan.

11. Keraguan akan membunuh lebih banyak mimpi dibandingkan kegagalan – Francis Bacon.

12. Ketika dirimu tidak memperoleh solusi untuk mengatasi permasalahan, itu mungkin bukanlah masalah yang harus diatasi, melainkan kebenaran yang harus diterima – Mao Zedong.

13. Lakukanlah sesuatu yang harus kau lakukan hingga kau tidak dapat melakukan sesuatu yang kau inginkan – Oprah Winfrey.

14. Lebih baik mempunyai kehidupan yang bermakna dan memberikan perbedaan dibandingkan hanya mempunyai umur yang panjang – Bryant H. Mc.Gill.

15. Orang paling kesepian memiliki kepribadian yang baik hati. Orang paling sedih memiliki senyum paling cerah. Orang paling rusak memiliki kebijaksanaan yang luas. Semua itu karena mereka tidak ingin orang lain menderita seperti mereka – Zarathustra.

16. Orang yang meninggal memperoleh lebih banyak bunga dibandingkan orang yang masih hidup karena penyesalan lebih kuat dibandingkan rasa syukur – Anne Frank.

17. Semakin kau tahu tentang jati diri dan sesuatu yang kau inginkan, semakin sedikit pula kau membiarkan berbagai hal yang membuatmu kesal berlalu – Stephanie Perkins.

18. Seseorang pernah bertanya kepadaku, “Mengapa kau selalu bersikukuh mengambil jalan tersulit?” Aku menjawabnya, “Mengapa kau menganggapku memilih dua jalan?” – John Fitzgerald Kennedy.

19. Sesuatu akan terlihat berkesan jika hal tersebut dapat bermakna dan penuh warna – Joshua Foer.

Tantangan adalah sesuatu yang membuat kehidupan menjadi lebih menarik. Cara mengatasinya membuat hidup lebih bermakna – Joshua Marine.

Kalau bicara tentang hidup, memang tak selamanya sesuai dengan keinginan kita, tetapi kita tetap harus tetap semangat dalam menjalani hidup ini. Untuk Grameds yang sedang mencari buku tentang kata-kata kehidupan, jawabannya ada di dalam buku Ketika Aku Tak Tahu Apa yang Aku Inginkan. 

Kata-Kata Bijak Singkat Penuh Makna

Kata-Kata Bijak Singkat Penuh Makna dari Tokoh Ternama

Temukan juga berbagai contoh Kata-Kata Bijak Singkat Penuh Makna mendalam lainnya yang dapat membangkitkan semangatmu di bawah ini.

21. Akan ada saat-saat di dalam kehidupanmu ketika harus memilih antara dicintai atau dihormati. Selalu memilihlah untuk dihormati. Cinta tanpa rasa hormat akan selalu cepat berlalu. Namun, rasa hormat itu dapat tumbuh menjadi cinta yang nyata dan abadi – Miguel de Cervantes.

22. Bekerjalah untuk suatu tujuan, bukan untuk pujian. Jalanilah hidup untuk berekspresi, bukan untuk mengesankan – J.R.R. Tolkien.

23. Hanya karena jalanku berbeda bukan berarti diriku tersesat. Ketidakberanian menjalani perubahan sering kali menyebabkan tidak adanya suatu kemajuan – Ernest Hemingway.

24. Harapan merupakan satu-satunya hal yang lebih kuat dibandingkan ketakutan – Oscar Wilde.

25. Hidup itu seperti piano. Tombol putih menunjukkan kebahagiaan, sedangkan tombol hitam menunjukkan kesedihan. Namun, ketika dirimu menjalani perjalanan hidup, ingatlah jika tuts hitam juga menghasilkan musik – Wolfgang Amadeus Mozart.

26. Jika kau mencintai seseorang, katakanlah kepadanya karena hati sering kali patah oleh kata-kata yang tidak dapat terucapkan – Fyodor Dostoevsky.

27. Kau harus berjuang melalui beberapa hari buruk untuk memperoleh hari-hari terbaik yang ada di dalam hidupmu – Mark Twain.

28. Kau harus mendengar dan mengikuti hatimu atau ia akan menemukan sejuta cara untuk mengingatkanmu jika sesuatu yang hilang – Jonathan Winters.

29. Keberanian terbaik adalah mengetahui sesuatu yang tidak perlu ditakuti – Charles Dickens.

30. Keheningan yang bermakna selalu lebih baik dibandingkan kata-kata yang tidak berarti apa pun – Johann Wolfgang von Goethe.

31. Kelilingilah dirimu dengan para pemimpi maupun pemikir, tetapi hal yang terpenting adalah kelilingilah dirimu dengan orang-orang yang melihat kelebihanmu, bahkan saat dirimu tidak dapat melihatnya sendiri – Jane Austen.

32. Mempunyai hati yang lemah lembut di dunia yang kejam merupakan suatu keberanian, bukan kelemahan – Victor Hugo.

Menyakiti seseorang dapat semudah seperti halnya melemparkan batu ke laut. Namun, apakah kau tahu seberapa dalam batu itu dapat masuk ke lautan? – William Faulkner.

33. Mereka berucap, “Sebelum mengawali perang, sebaiknya dirimu tahu sesuatu yang sedang diperjuangkan” – Georgy Zhukov.

34. Salah satu rahasia kebahagiaan adalah tidak pernah mengharapkan apa pun dari siapa pun – Martha Argerich.

35. Semakin sedikit dirimu merespons orang-orang negatif, akan semakin damai juga kehidupanmu – Blaise Pascal.

36. Sisi lain dari ketakutan adalah kebebasan – James Joyce.

37. Terkadang, sesuatu yang paling kau takuti merupakan hal yang dapat membebaskanmu – Leo Tolstoy.

38. Tidur tidak akan membantumu jika jiwamu yang sebenarnya lelah – Ko Un.

39. Ujian karakter yang sebenarnya bukanlah saat dirimu berada di hari-hari terbaikmu, tetapi saat dirimu bertindak di hari-hari terburukmu – George Orwell.

Rasanya kurang puas, kalau membaca kata-kata motivasi hanya dari artikel saja. Biar tidak penasaran lagi dengan kata-kata motivasi kehidupan, Grameds dapat membaca buku Kata-Kata Motivasi Dosis TinggiBuku ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai referensi agar semakin percaya diri.

Kata-Kata Bijak Singkat Penuh Makna

41. Hati mempunyai nalarnya sendiri, sedangkan nalar tidak mempunyai hati – Arthur Conan Doyle.

42. Cinta merupakan perbuatan. Sementara itu, kata-kata dan tulisan indah merupakan omong kosong – Tere Liye.

43. Seseorang yang benar-benar hebat merupakan orang yang membuat tiap orang merasa hebat – G.K. Chesterton.

44. Aku tidak takut badai karena telah belajar berlayar dengan kapalku – Louisa May Alcott.

45. Cara terbaik untuk menyiapkan kehidupan adalah memulai hidup – Elbert Hubbard.

46. Cinta itu seperti halnya angin. Kita tidak dapat melihatnya, tetapi dapat merasakannya – Nicholas Sparks.

47. Kebahagiaan kita tergantung kepada diri kita sendiri – Aristoteles.

48. Kebahagiaan dari hidupmu tergantung dari kualitas pikiranmu – Marcus Aurelius.

49. Kebahagiaan dirasakan oleh orang-orang yang dapat merasa puas kepada dirinya sendiri – Agatha Christie.

50. Kedamaian hilang karena kita lupa jika sebenarnya memiliki satu sama lain – Bunda Maria Teresa Bojaxhiu.

51. Orang yang hebat tidak dilahirkan begitu saja, tetapi mereka tumbuh menjadi lebih hebat – Mario Puzo.

52. Dia yang mengetahui semua jawaban belum pernah memperoleh pertanyaan – Confucius.

53. Tindakan merupakan kunci dasar untuk memperoleh semua kesuksesan – Pablo Picasso.

54. Bekerja keraslah dengan diam. Kesuksesan adalah suaramu – Frank Ocean.

55. Setiap ada kefokusan, di situlah akan ada energi yang akan mengalir – Tony Robbins.

56. Cinta itu seperti suatu peperangan. Mudah untuk memulainya, tetapi sangat sulit untuk menyudahinya – H.L. Mencken.

57. Jika seseorang mengambil tanggung jawab tanpa paksaan, itulah cinta – Radhanath Swami.

58. Hidup merupakan suatu perjalanan yang dapat dijadikan pengalaman, bukan sekadar masalah yang harus diselesaikan – C.S. Lewis.

59. Lakukanlah sesuatu hari ini yang akan membuatmu berterima kasih kepada orang lain di masa depan nanti – Sean Patrick.

60. Kesempatan emas yang kau cari ada di dalam dirimu sendiri – Orison Sweet Marden.

Kata-Kata Bijak Motivasi

Kata-kata bijak di bawah ini juga dapat memberikan pelajaran hidup, menghargai diri sendiri, dan merasa lebih banyak bersyukur tentang kehidupan sekarang dan yang akan datang.

61. Bagi dunia yang besar ini, kau mungkin hanya manusia biasa. Namun, bagi seseorang yang mencintaimu, kau lebih berharga dibandingkan bumi ini.

62. Bersyukurlah dan berbahagialah dengan segala sesuatu yang kamu miliki sekarang selagi berusaha untuk memperoleh sesuatu yang kau inginkan.

63. Bertahanlah selama kamu masih dapat bernapas, jangan keluar dari proses perjuangan. Tolong jangan menyerah, kau tidak akan pernah sendirian, kita bersama-sama.

64. Dengan bekerja keras kau akan mengalahkan banyak orang-orang berbakat.

65. Gagal itu biasa, tetapi kegagalan yang sesungguhnya adalah saat kita menyerah dan berhenti untuk mencoba.

66. Gagal itu saat dirimu hanya diam saja dan menyerah dengan keadaan. Tidak usah ragu untuk selalu memulai hal yang baru.

67. Gagal merupakan masalah yang kecil, tetapi putus asa merupakan masalah yang besar.

68. Hari ini bukanlah hari untuk menyerah, tetapi hari untuk tetap semangat menggapai seluruh cita-cita dan tujuan.

69. Hidup bukanlah tentang menemukan dirimu sendiri. Hidup adalah tentang menciptakan diri sendiri.

70. Hidup hanya sekali. Jadi, jangan habiskan dengan sesuatu yang sia-sia dan jangan menunggu tua untuk melakukan hal-hal positif yang ingin kau capai.

71. Hidup itu menyedihkan jika kau hanya fokus kepada kesedihanmu. Namun, hidup sangat menggairahkan jika kau fokus kepada aliran semangat kehidupan.

72. Jadilah pribadi yang baik agar kau mudah dimaafkan.

73. Jangan bosan menjadi orang yang baik dan terus berbuat baiklah kepada sesama.

74. Jangan menyerah ketika doa-doamu belum terjawab. Jika kau dapat bersabar, Tuhan akan memberikan sesuatu lebih dari apa yang kamu inginkan.

75. Jangan sampai lehermu terpotong hanya karena ulah dari lidahmu.

76. Jangan takut jalanmu terkesan lambat, takutlah saat dirimu hanya berdiam diri saja.

77. Jangan pernah menunggu untuk mengawali, tidak akan pernah ada waktu untuk hal itu.

78. Jika berpikir dengan sikap percaya diri, seseorang dapat melaksanakan hal-hal yang menakjubkan.

79. Jika kapalmu tidak lekas datang, berenanglah.

80. Jika salah “perbaikilah”, jika gagal “cobalah lagi”. Namun, jika kau menyerah, semuanya akan selesai.

81. Kau tidak akan pernah dapat merencanakan masa depan di masa lalu.

82. Kau tidak pernah terlalu tua untuk memutuskan tujuan lain atau untuk memimpikan impian yang baru.

83. Kebahagiaan ada jika dirimu mau menjemputnya.

84. Kebahagiaan sejati itu muncul dari dalam hati yang selalu bersyukur, hati yang ikhlas, dan hati yang selalu mengingat Tuhan.

85. Kemarahan sering kali berakhir dengan penyesalan karena kita mendahulukan amarah daripada akal sehat dan hati nurani.

86. Kesalahan terburuk adalah saat dirimu tidak percaya dengan kemampuanmu sendiri. Jangan menyerah!

87. Ketika berjuang menggapai sesuatu, janganlah terbebani dengan seberapa jauh lagi yang harus dilewati, tetapi lihatlah seberapa jauh yang telah kau tempuh.

88. Masa depan merupakan milik seseorang yang memercayai keindahan impiannya.

89. Menyerah itu seperti halnya jatuh bebas di tebing yang tinggi dan berharap ada tangan yang mau menangkapmu.

90. Mimpi merupakan ilustrasi dari buku yang ditulis oleh jiwamu.

91. Perbaikilah dirimu sebelum orang lain yang memberikanmu ucapan maaf.

92. Sahabat merupakan seseorang yang dapat berkata benar atau jujur kepadamu, bukan yang hanya membenarkan setiap perbuatanmu, meskipun dirimu salah.

93. Selalu tanamkanlah di dalam pikiranmu jika dirimu harus terus berjalan tanpa berhenti.

94. Sesedih apa pun masa lalumu, kau tetap dapat memulainya lagi.

95. Tekunilah salah satu bidang dan kau akan menjadi orang hebat.

96. Terkadang, kesempatan baik itu tidak datang untuk kedua kalinya. Pilihan yang ada hanya saat ini atau tidak selamanya.

97. Terkadang, kita lebih menghargai orang lain dibandingkan orang tua sendiri, padahal bukti cinta orang tua telah diberikan sejak kita masih berada dalam kandungan.

98. Tidak penting jika kau harus berjalan lambat, yang penting langkahmu tidak pernah berhenti.

99. Tuhan selalu mengganti harapan kita dengan sesuatu yang jauh lebih baik.

100. Ubahlah hidupmu hari ini. Janganlah kau tunda untuk mempertaruhkan masa depan! Lakukanlah sekarang tanpa menundanya!

Biar Grameds semakin memahami isi dari suatu kata yang penuh motivasi, sehingga hidup yang dijalani jadi lebih semangat, kalian dapat membaca buku Bukan Sekadar Kata. Buku ini ditujukan untuk membantu pembacanya menemukan sisi positif dari setiap pengalaman hidup yang dijalani.

101. Bekerjalah seperti dirimu tidak membutuhkan uang, cintailah seperti dirimu tidak akan pernah disakiti, dan berdansalah seperti tidak ada orang lain yang melihatmu.

102. Berbaik hatilah kepada semua orang, termasuk kepada orang-orang yang pernah menyakiti dirimu.

103. Cantik bukan hanya sekadar fisik saja, tetapi juga kecantikan jiwa, hati, dan pikiran.

104. Hidup yang bermakna bukan dinilai dari seberapa lama kita menjalani hidup di dunia ini, tetapi dari berbagai hal positif yang kita jalani selama hidup.

105. Jangan pernah berhenti karena terpuruk karena itulah awal dari kehancuranmu.

106. Janganlah berhenti untuk mengejar cita-cita dan harapanmu saat lelah, tetapi berhentilah saat dirimu telah mendapatkannya.

107. Jauhilah sikap dengki karena dapat memakan berbagai amal kebaikan, seperti halnya api yang membakar kayu.

108. Jika kau tidak dapat menjadi yang terbaik, jadilah yang berbeda. Orang yang baik tidak akan dirugikan oleh Tuhan. Jika itu terjadi, mungkin hanya ujian dari Tuhan atas kesabarannya.

109. Kau tak akan pernah mengetahui rasanya memanen buah-buahan yang manis jika tak pernah mulai merawatnya dengan sabar.

110. Kelemahan terbesar seseorang adalah saat dirinya menyerah, sedangkan kehebatan terbesarnya adalah saat dirinya mencoba lebih dari satu kali.

111. Kita tidak dapat mengulang waktu dan memulai awal yang baru, tetapi kita dapat berusaha sebaik mungkin untuk memperoleh akhir seperti yang kita harapkan.

112. Kita tidak pernah mengetahui hasil pekerjaan kita sebelum mencobanya. Terkadang, hidup tidak memberikan sesuatu yang kita inginkan, bukan karena kita tidak pantas mendapatkannya, tetapi karena kita pantas mendapatkan lebih dari itu.

113. Orang yang pintar akan selalu kalah oleh orang yang tidak akan pernah menyerah.

114. Orang yang tersesat adalah orang yang terus-menerus mengikuti arus keramaian.

115. Pemandangan indah datang setelah pendakian yang sangat melelahkan.

116. Selalu lakukan hal terbaik dan biarkan saja Tuhan yang menyelesaikan kelanjutannya.

117. Sikap merupakan tindakan yang sederhana, tetapi dapat membuat suatu perbedaan yang besar.

118. Suatu langkah kecil merupakan awal jalan yang lebih panjang.

119. Teman-temanmu merupakan gambaran masa depanmu nanti.

120. Terkadang seseorang benar-benar tidak berubah. Hanya saja, mungkin ada sisi lain yang ada di dalam dirinya yang baru kita tahu.


Itulah artikel terkait “Kumpulan Kata-Kata Bijak Singkat Penuh Makna” yang dapat kalian gunakan sebagai referensi dan menginspirasi kalian. Bagikan juga tulisan ini di akun media sosial supaya teman-teman kalian juga bisa mendapatkan manfaat yang sama.

Untuk mendapatkan lebih banyak informasi, Grameds juga bisa membaca buku yang tersedia di Gramedia.com. Sebagai #SahabatTanpaBatas kami selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan dan pengetahuan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca. Semoga bermanfaat!

Live Tertarik untuk mendapatkan rekomendasi produk ini?
  • Tertarik
    73% 520 / 704
  • Belum
    18% 129 / 704
  • Masukkan keranjang
    7% 55 / 704

Penulis: Fandy Aprianto Rohman

BACA JUGA:

buku quotes

200 Quotes Pembingkai Mimpi

Quotes for muslim

Quotes for Muslim

kumpulan quotes dari komik

Kumpulan Quotes dari Komik @SI_BEDIL

super leadership quotes

Super Leadership Quotes



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Fandy Aprianto Rohman

Dunia sastra selalu berkembang dan mengikuti perkembangan teknologi. Saat ini, sastra mampu hidup di dunia apa pun, bahkan mampu masuk ke dunia industri kreatif, sehingga sastra dapat lebih bersifat kekinian.