in

10 Karakter Disney Paling Ikonik Sepanjang Masa, Mana Pilihanmu?

Walt Disney (Coolcaesar/Creative Commons Attribution-Share Alike 4.0 International).

Karakter Disney Terpopuler – Karakter Disney menjadi favorit banyak orang, baik anak-anak maupun orang dewasa. Ini dikarenakan berbagai karakter tersebut banyak memberikan inspirasi untuk kehidupan. Kita bisa mendapatkan pesan bermakna dari setiap tayangan yang disajikan. Tidak hanya dari film, karakter Disney juga dibuat dalam bentuk boneka, video bernyanyi, busana, mainan, dan banyak produk lainnya.

Lantas, siapa kaja karakter Disney paling populer sepanjang masa?

Daftar Karakter Disney Terpopuler

1. Pluto

pluto - karakter disney
Pluto (Walt Disney/Non-free use rationale).

Pluto adalah karakter hewan fiksi Disney yang terkenal. Ia adalah anjing peliharaan Miki Tikus yang sering muncul dalam episode Miki. Ia juga memiliki peran bebas dalam beberapa film pendek Disney tahun 1940-an dan 1950-an. Sosok yang menjadi pengisi suara Pluto adalah Pinto Colvig, Clarence Nash, Jimmy MacDonald, dan Bill Farmer.

2. Gufi

gufi - karakter disney
Pluto (Walt Disney/Non-free use rationale).

Gufi adalah karakter fiksi Disney yang menjadi teman dari Miki Tikus. Ia muncul dalam berbagai macam film kartun Disney, contohnya A Goofy Movie. Ia adalah karakter yang bodoh, tetapi memiliki identitas rahasia sebagai Super Gufi, pembela kebenaran. Ia juga muncul dalam permainan video Kingdom Hearts bersama dengan Donal Bebek dan Sora yang berusaha menyelamatkan raja Miki.

3. Winnie the Pooh

winnie the pooh - karakter disney
Winnie the Pooh (Walt Disney/Non-free use rationale).

Winnie-the-Pooh atau umumnya disingkat menjadi Pooh Bear dan pernah disebut dengan Edward Bear, adalah karakter beruang fiksi yang diciptakan oleh A.A. Milne. Buku pertama mengenai karakter ini adalah Winnie-the-Pooh (1926), lalu diikuti dengan The House at Pooh Corner (1928). Pada 1997, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menetapkan Winnie The Pooh sebagai World’s Ambassador of Friendship.

Kisah Pooh telah diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa. Winnie the Pooh juga diadaptasi oleh Disney. Pooh tinggal di sebuah pohon yang bertuliskan “Mr. Sanderz”. Sahabat terdekat Pooh adalah Piglet si babi kecil. Teman-temannya yang lain adalah Tigger si macan, Rabbit si kelinci, Kanga si kanguru, Eeyore si keledai, dan satu-satunya temannya yang berwujud manusia adalah Robin.

4. Donal Bebek

donal bebek - karakter disney
Donal Bebek (Walt Disney/Non-free use rationale).

Donald Fauntleroy Duck atau Donal Bebek adalah salah satu karakter Disney yang merupakan seekor bebek. Ia sering ditampilkan mengenakan baju pelaut biru atau kelasi tanpa celana. Donal Bebek tampil pertama kali pada 9 Juni 1934 dalam kartun The Wise Little Hen.

Menurut kartun Donald Gets Drafted (1942), nama lengkap Donal Bebek adalah Donal Fauntleroy “Duck” (atau “bebek”) (nama tengahnya merupakan referensi untuk topi pelautnya yang merupakan aksesoris untuk baju Fauntleroy). Situs Disney juga menyatakan bahwa namanya adalah Donal Fauntleroy Bebek dan sebuah episode dalam film Quack Pack juga menyatakan hal yang sama.

Karakter Donal dengan suara khasnya merupakan hasil kerja dari pengisi suaranya, yaitu Clarence “Ducky” Nash. Karyanya inilah yang berhasil mengangkat Donal Bebek hingga tertanam dalam benak para pemirsanya sebagai karakter dengan ciri khas yang unik.

Sifat Donal Bebek yang paling terkenal adalah sifatnya yang mudah marah. Dia juga sering dipecat dan berganti-ganti pekerjaan, tetapi itu menunjukan bahwa dia lebih terampil dari karakter Disney lain karena dapat bekerja hampir di segala bidang.

Hari ulang tahun Donal diakui jatuh pada 9 Juni 1934, hari saat ia muncul pertama kali. Namun, dalam film The Three Caballeros, ulang tahunnya disebutkan jatuh pada Jumat ke-13, bahkan menurut kartun Donald’s Happy Birthday, ulang tahun Donal jatuh pada 13 Maret 1934. Suara Donal yang terkenal disuarai oleh Nash, tetapi dia mengisi suara Donal hanya sampai tahun 1985. Sejak tahun 1985, suara Donal diisi oleh Tony Anselmo yang telah dilatih oleh Nash sendiri.

The Architecture of Love | Di balik Pena

5. Desi Bebek

desi bebek - karakter disney
Desi Bebek (Walt Disney/Non-free use rationale).

Desi Bebek adalah karakter fiksi Disney yang dibuat sebagai pasangan dan pacar dari Donal Bebek. Ia muncul pertama kali dalam kartun Don Donald pada 1937 dengan nama Donna Bebek. Namun, nama Desi atau Daisy diberikan dalam kartun Mr. Duck Steps Out pada 1940.

Desi juga cerewet dan mudah marah seperti Donal, tetapi ia lebih bisa mengontrolnya dan lebih sabar daripada pacarnya. Selain itu, ia juga memperhatikan penampilan Donal. Desi juga merupakan bibi dari Titi, Tita, dan Tati. Ia menjadi teman baik dari Mini Tikus dalam beberapa kemunculannya. Selain Donal, Untung Angsa juga menyukai Desi, sehingga Donal sering kali bertengkar dengan Untung.

6. Snow White

snow white - karakter disney
Snow White saat muncul dalam Snow White and the Seven Dwarfs (1937) (Walt Disney/Non-free use rationale).

Snow White adalah tokoh fiksi dan tokoh utama dari film animasi pertama Walt Disney berjudul Snow White and the Seven Dwarfs pada 1937. Ia juga dianggap sebagai anggota pertama dari kelompok Disney Princess yang paling pendek.

Snow White berasal dari dongeng terkenal dari Eropa, versi yang paling terkenal adalah koleksi Grimm Bersaudara. Karaker ini dalam bahasa Indonesia dikenal dengan nama Putih Salju. Pengisi suaranya adalah Adriana Caselotti di Snow White and the Seven Dwarfs, sedangkan untuk versi bahasa Indonesia diisi oleh Apriliana Suci Ariesta.

Snow White pernah memakai dua gaun di film orisinilnya. Pertama, baju pelayan berwarna cokelat dengan lengan berwarna putih dan rok yang sobek-sobek dengan tambalan-tambalan kain, serta bandonya berwarna biru tua. Kedua, baju atasan berwarna biru dengan kerah putih dan lengan biru muda dengan hiasan warna merah berbentuk tetesan air yang besar. Roknya berwarna kuning (pernak-pernik) atau krim (film). Bandonya berwarna merah, sedangkan sepatu yang dipakainya berwarna cokelat muda dengan pita kuning.

Snow White mempunyai “bibir semerah mawar, rambut sehitam eboni, dan kulit seputih salju”, seperti yang dikatakan cermin ajaib milik Ratu Jahat. Umurnya adalah 14 tahun, meskipun tidak pernah disebutkan.

Snow White ditampilkan sangat baik hati, polos, dan ceria. Ia tidak pernah marah, bahkan kepada Ratu Jahat. Ia dikenal dekat dengan binatang-binatang, ramah, rajin, dan agak pemalu. Kegemarannya adalah menyanyi dan memasak. Ia peduli kepada orang tuanya, walaupun ternyata jahat.

Snow White bisa membuat orang-orang menyukainya, seperti Grumpy yang tidak tahan untuk tidak menyukainya. Ia merupakan Disney Princess yang paling lembut dan manis, serta satu-satunya karakter yang digambarkan pernah berdoa.

7. Cinderella

cinderella - karakter disney
Cinderella saat muncul dalam Cinderella (1950) (Walt Disney/Non-free use rationale).

Cinderella adalah karakter fiksi yang muncul di film animasi ke-12 Walt Disney Productions berjudul Cinderella (1950). Ia dalam film aslinya disuarakan oleh penyanyi dan aktris Amerika Serikat bernama Ilene Woods. Untuk sekuel dan penampilan film dan televisi berikutnya, Woods digantikan oleh aktris Amerika lainnya yang bernama Jennifer Hale dan Tami Tappan.

Cinderella adalah seorang wanita muda yang cantik, tinggi, ramping, dan memiliki struktur wajah yang lembut. Kulitnya berwarna putih dengan bibir merah muda dan sepasang mata biru yang berpendar. Rambutnya berwarna pirang agak jingga dengan panjang sebahu dan memiliki poni lembut.

Cinderella sering memakai pakaian pembantu yang terdiri atas atasan berwarna cokelat tua dengan lengan 3/4 berwarna biru kehijau-hijauan, sedangkan roknya berwarna cokelat muda. Untuk melengkapi penampilannya, ia memakai sehelai celemek putih dengan sedikit robekan di satu sisi celemek tersebut dan sepasang selop hitam. Rambutnya terkadang diikat dengan pita rambut biru tua atau dibiarkan terurai.

Sebelum dihancurkan oleh saudara-saudara tirinya, ia memakai sehelai gaun pesta berwarna merah muda dan putih dengan hiasan pita-pita berwarna merah muda terang yang dilengkapi dengan seuntai kalung manik-manik berwarna hijau laut dan bando putih sewaktu pergi ke pesta dansa.

Saat diubah oleh Ibu Peri, gaunnya yang sobek berubah menjadi gaun pesta berwarna biru keperakan dengan dua hiasan berbentuk lingkaran di bagian pinggang gaun tersebut. Bagian lengannya terlihat agak sedikit menggembung. Sebagai pelengkap, ia memakai choker hitam di lehernya, sepasang sarung tangan panjang berwarna putih, bando biru di rambutnya yang ditata menjadi konde, dan sepasang sepatu kaca dengan hiasan berbentuk hati di atasnya.

Cinderella selalu terlihat cantik karena ia tidak pernah membiarkan kesedihan atau kemarahan menguasai dirinya. Ia selalu baik hati kepada siapa pun, tetapi tidak naif atau kekanak-kanakan. Ia sangat dewasa dan bisa melalui berbagai rintangan sekalipun tanpa bantuan sihir. Ia juga memiliki sedikit sisi sarkastis (terlihat di komentar-komentarnya terhadap keluarga tirinya, tetapi ia selalu menyimpannya sendiri).

Cinderella juga sangat kalem dan sabar. Cintanya terhadap Sang Pangeran sangat kuat, tetapi mencari atau menikahi pangeran bukanlah prioritas hidupnya yang utama (sebelum bertemu Sang Pangeran). Cinderella menginginkan kehidupan yang lebih baik dan kabur dari hidupnya yang menderita akibat perlakuan dari keluarga tirinya.

Cerita Cinderella berdasarkan film animasi Disney tahun 1950 telah diberikan beberapa penyesuaian. Cinderella dan Sang Pangeran dalam versi ini digambarkan telah bertemu sebelum pesta dansa istana. Pada saat itu, Sang Pangeran mengungkapkan bahwa ia hanyalah seorang pegawai istana biasa. Ibu peri memiliki peran yang lebih besar dalam film ini daripada film sebelumnya, karena ia awalnya menyamar sebagai pengemis tua yang mengawasi Cinderella sebelum akhirnya mengungkapkan bahwa dirinya adalah makhluk ajaib.

8. Ariel

Ariel dalam The Little Mermaid (1989) (Walt Disney/Non-free use rationale).

Ariel adalah tokoh fiksi dan tokoh utama dari film animasi Disney ke-28 berjudul The Little Mermaid (1989). Ia juga tampil di serial televisi dan sekuel-sekuelnya yang langsung dirilis di video, yaitu The Little Mermaid II: Return to the Sea dan The Little Mermaid: Ariel’s Beginning. Sosok yang selalu menjadi pengisi suara Ariel adalah Jodi Benson dan Sierra Boggess.

Ariel adalah karakter Disney Princess keempat. Ia digambarkan sebagai duyung berekor hijau dan memakai bra berbentuk kerang berwarna ungu. Saat pertama kali menjadi manusia, ia memakai baju buatan Scuttle dari terpal berwarna gading diikat tali. Dia selanjutnya diberikan gaun merah muda di istana Eric.

Anting putihnya digambarkan panjang, sedangkan baju tidurnya berwarna merah muda. Ketika berjalan-jalan di kota bersama Eric, Ariel memakai baju biru muda dengan pita sangat besar di rambutnya. Ketika diubah menjadi manusia lagi oleh Triton, gaunnya berwarna biru keunguan tanpa lengan dan berkilau-kilau. Rok bagian belakangnya lebih panjang dari bagian depannya.

Saat menikah, gaunnya berwarna putih dengan lengan balon. Terdapat garis hijau muda di bagian pinggang, dada, dan ujung lengan panjangnya. Ia juga memakai mahkota emas gemerlap dengan kerudung putih panjang.

Ariel pertama kali tampil dalam The Little Mermaid (1989) sebagai putri duyung berusia 16 tahun yang sangat tertarik kepada dunia manusia. Kegemarannya adalah mengoleksi barang-barang manusia dari kapal karam bersama sahabat baiknya yang bernama Flounder.

Raja Triton (ayahnya) menganggap jika dunia manusia berbahaya karena duyung bisa ditangkap oleh kail mereka. Oleh karena itu, dia marah saat mengetahui Ariel ke permukaan laut lagi untuk bertanya-tanya soal barang manusia kepada burung camar temannya yang bernama Scuttle.

Ariel mempunyai suara yang indah, tetapi dia malas berlatih, seperti yang diikatakan oleh seekor kepiting bernama Sebastian. Suatu saat, Ariel menyelamatkan pangeran manusia bernama Eric yang tenggelam di laut. Dia lantas menyanyikan lagu saat Eric pingsan sebelum kembali ke laut. Ariel jatuh cinta kepada Eric, sebaliknya Eric juga jatuh cinta kepada gadis yang menyelamatkannya itu.

9. Miki Tikus

Miki Tikus (Walt Disney/Non-free use rationale).

Miki Tikus atau (Inggris: Mickey Mouse) adalah tokoh fiksi kartun berbentuk seekor tikus yang menjadi ikon bagi Perusahaan Walt Disney. Ia diciptakan oleh Ub Iwerks pada 1920-an. Miki Tikus berkembang dari sekadar tokoh animasi menjadi salah satu simbol yang terkenal di dunia. Suara Miki awalnya diisi oleh Walt Disney sendiri.

Miki dibuat sebagai pengganti Oswald Si Kelinci Keberuntungan yang dibuat oleh Walt Disney dan Ub Iwerks untuk Charles Mintz dari Universal Studio. Namun, mereka dipecat saat meminta anggaran yang lebih tinggi untuk Oswald yang populer. Sejak saat itu, Oswald kemudian digambar oleh orang lain.

Walt harus mencari karakter baru dan ide tentang Miki Tikus untuk kesinambungan perusahaan Nama karakter tersebut sebelum dinamai Miki adalah Mortimer, tetapi istrinya yang bernama Lillian Disney kurang menyukainya. Sekarang, nama Mortimer Tikus dipakai untuk karakter musuh Miki yang memperebutkan Mini Tikus.

Miki dan Mini Tikus muncul untuk pertama kali dalam Pesawat Gila yang dirilis pada 15 Mei 1928. Namun, Perusahaan Walt Disney kemudian merayakan “hari lahir” Miki Tikus pada 18 November 1928, yaitu tanggal rilis animasi Steamboat Willie, film animasi Miki Tikus yang pertama kali menggunakan suara.

Miki Tikus mencapai kejayaannya dimulai dari tahun 1930-an sampai 1950-an. Namun, pada awal tahun 1950-an posisi kejayaannya lambat laun tergeser oleh Tom dan Jerry yang mempunyai rating dan penggemar lebih tinggi dari Miki Tikus dan Silly Symphonies. Pada 1955, kejayaan Miki Tikus benar-benar tergeser oleh rekannya yang sama-sama berada di Walt Disney, yaitu Donal Bebek juga mempunyai penggemar lebih banyak dari Miki.

10. Mini Tikus

Mini Tikus (Walt Disney/Non-free use rationale).

Mini Tikus adalah salah satu tokoh film kartun dan komik Disney yang juga berbentuk seekor tikus. Mini Tikus dalam bahasa Inggris dikenal juga sebagai Minerva Mouse. Nama ini pertama kali diperkenalkan oleh Merrill De Maris dan Floyd Gottfredson dalam komik strip berjudul The Gleam (dipublikasikan pada 19 Januari 1942–2 Mei 1942).

Komik strip Mr. Slicker and the Egg Robbers (dipublikasikan pada 22 September 1930–26 Desember 1930) memperkenalkan ayah Mini, yaitu Marcus Tikus dan ibunya yang anonim yang bekerja sebagai petani. Cerita tersebut juga memperkenalkan kakek dan neneknya, yaitu Marshall Tikus dan Matilda Tikus.

Mini Tikus berhubungan erat dengan pamannya yang bernama Mortimer Tikus dan kedua keponakannya, yaitu Millie Tikus dan Melody Tikus. Mini dalam banyak cerita bersahabat sangat akrab dengan Desi Bebek dan Klarabela. Ia digambarkan sebagai karakter yang romantis dan senang bersolek, tetapi agak judes.

Rekomendasi Buku Terkait Disney

1. Disney Princess Beginnings: Ariel Makes Waves (Bertualang dalam Gelombang)

2. Disney Princess: Snow White dan Misteri Kastil

3. Disney Princess Beginnings: Pertunjukan Istimewa Cinderella

Dongeng Animasi 3D: Petualangan Maya si Lebah

Dongeng Animasi 3D: Petualangan Maya si Lebah

Dongeng Anak Hebat : Kumpulan Kisah Pembentuk Karakter

Dongeng Anak Hebat : Kumpulan Kisah Pembentuk Karakter

Kumpulan Dongeng Aneh Bin Ajaib

Kumpulan Dongeng Aneh Bin Ajaib

Dongeng Tujuh Menit - 7 Kisah Pengantar Tidur

Dongeng Tujuh Menit - 7 Kisah Pengantar Tidur



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ratih

Menekuni dunia SEO writing selama 6 tahun dengan minat terhadap dunia parenting, kuliner, dan gaya hidup. Berlatarbelakang pendidikan Ilmu Komunikasi, saya mendapatkan insight terkait berbagai jenis penulisan serta diperkaya dengan teknik SEO agar bisa mengembangkan tulisan ke arah digital.