in

Jawaban untuk Pertanyaan Alasan Melamar saat Interview  

Photo by Tima Miroshnichenko from Pexels

Jawaban untuk Pertanyaan Alasan Melamar saat Interview  – Dalam sebuah interview, terdapat beberapa pertanyaan yang seringkali ditanyakan dan jawabannya tergantung pada preferensi seorang kandidat. Namun, terdapat pula beberapa pertanyaan yang memang harus memiliki jawaban yang tepat, dan salah satunya adalah pertanyaan alasan melamar pekerjaan.

Oleh sebab itu, sebagai seorang calon kandidat kamu tidak dapat menjawab asal pertanyaan penting semacam itu dan harus mempertimbangkan jawaban sebaik mungkin dengan matang dan dijawab dengan sejelas mungkin.

Berikut ini beberapa tips dan contoh jawaban yang dapat kamu berikan ketika mendapat pertanyaan serupa seperti itu. Simak informasi berikut.

Jobs Test & Interview Undercover

tombol beli buku

Deskripsi Buku:

Pernah ditolak saat melamar kerja atau berkali-kali melamar tetapi sulit mendapatkan pekerjaan yang diharapkan? Memperoleh pekerjaan memang bukan perkara mudah. Banyak hal yang perlu kamu pertimbangkan, seperti tahapan seleksi kerja yang panjang dan sulit serta persaingan antarpelamar kerja yang tidak sedikit. Kondisi ini akan menyulitkanmu mendapatkan pekerjaan yang diharapkan. Namun, jangan khawatir! Buku ini akan membantumu mendapatkan karier impian. Buku ini membongkar rahasia sukses seleksi penerimaan karyawan baru yang ditulis langsung oleh konsultan karier berpengalaman. Tidak hanya memuat tip sukses mendapatkan pekerjaan, buku ini juga berisi cara membuat surat lamaran kerja dan CV yang benar, menghadapi seleksi tes dan wawancara kerja, negosiasi gaji dan tunjangan kerja, hingga cara menghadapi hari pertama bekerja dan meraih kesuksesan di dunia kerja. Tunggu apa lagi, segera beli buku ini dan raihlah karier impianmu. Bahasa dalam buku ini mudah dicerna dan dimengerti oleh pembaca. Buku ini bisa membantu membuat strategi dalam menyusun surat lamaran kerja yang lebih efektif. Saya merekomendasi bagi pencari kerja pemula untuk membaca buku ini. Munandar Nayaputera Wakil Rektor Universitas Wiraswasta indonesia

Tips Menjawab Pertanyaan Alasan Melamar Pekerjaan

Sebelum membahas berbagai contoh jawaban yang dapat kamu berikan, terdapat beberapa tips yang harus kamu kuasai sebelum masuk ke dalam sesi wawancara dari perusahaan, sebagai berikut.

  • Mencari informasi mengenai profil perusahaan sebanyak dan sebaik mungkin

Tips yang pertama adalah mencari informasi terkait perusahaan sebanyak dan sebaik mungkin. Hal ini menjadi penting karena pada akhirnya kamu ingin bergabung dengan perusahaan tersebut, dengan begitu sangat penting untuk mengetahui segala hal yang penting untuk diketahui.

Seperti halnya perusahaan tersebut bergerak di bidang apa, bagaimana budaya kerja yang ada di dalam perusahaan tersebut, apa yang membedakan perusahaan tersebut dengan para perusahaan pesaingnya, dan sebagainya.

Dengan memiliki informasi yang banyak mengenai perusahaan yang kamu lamar, maka nanti ketika di sesi wawancara, jika ada pertanyaan terkait perusahaan kamu akan dengan mudah dapat menjawab pertanyaan tersebut.

 

  • Menguasai posisi yang dilamar

Tips yang kedua adalah menguasai posisi yang dilamar. Setelah kamu memahami mengenai profil perusahaan yang kamu lamar, kamu juga harus mengetahui pekerjaan dari posisi yang kamu lamar tersebut.

Dengan mengetahui perkiraan detail pekerjaan yang nantinya akan kamu lakukan, kamu dapat membicarakan berbagai hal terkait bidang tersebut, bagaimana koordinasi di perusahaan tersebut terjadi, jenjang karir dari posisi tersebut, dan masih banyak lagi.

 

  • Memahami tujuan serta proyeksi dari karir yang dilamar

Tips yang ketiga adalah memahami tujuan serta proyeksi dari karir yang dilamar. Seperti pembahasan pada poin sebelumnya, kamu pastinya menginginkan karir jangka panjang kan? Oleh sebab itu, sangat penting untuk mengetahui bagaimana jenjang karir dari bidang yang kamu tempuh di masa depan.

Jika diperlukan, kamu juga dapat menjelaskan secara rinci tujuan karir yang kamu inginkan, terutama bagaimana posisi yang kamu lamar nantinya di perusahaan tersebut. Proyeksikan pula bagaimana karir yang kamu jalani kedepannya, seperti halnya bagaimana jenjang karir dari posisi tersebut untuk beberapa tahun ke depan.

 

  • Memberikan jawaban yang spesifik

Tips yang keempat adalah memberikan jawaban yang spesifik. Pada sesi wawancara yang nantinya akan kamu lakukan, sangat penting untuk memberikan jawaban yang meyakinkan serta jelas.

Hal ini sangat penting, karena sebuah perusahaan sangat memperhatikan hal tersebut. Jika bisa, kamu juga bisa memberikan berbagai data pendukung yang jelas untuk mendukung jawaban yang kamu berikan tersebut.

 

  • Menunjukkan semangat positif terhadap posisi yang dilamar

Tips yang kelima adalah menunjukkan semangat atau antusias yang kamu miliki terhadap posisi yang kamu lamar tersebut. Perlihatkan seberapa besar keinginan yang kamu miliki untuk bergabung dengan perusahaan tersebut.

gramedia digital

gramedia digital

Berlangganan Gramedia Digital

Baca SEMUA koleksi buku, novel terbaru, majalah dan koran yang ada di Gramedia Digital SEPUASNYA. Konten dapat diakses melalui 2 perangkat yang berbeda.

Rp. 89.000 / Bulan

gramedia digital

Namun, untuk memperlihatkan semangat atau antusias ini sendiri, kamu juga harus memiliki modal yang cukup seperti pengetahuan seputar perusahaan yang kamu lamar tersebut beserta posisi yang kamu lamar.

  • Mampu menjelaskan kaitan antara posisi yang kamu lamar dengan keterampilan yang kamu miliki

Tips yang keenam adalah mampu menjelaskan kaitan antara posisi yang kamu lamar dengan keterampilan yang kamu miliki. Hal ini dikarenakan, selama proses seleksi keterampilan serta kemampuan yang kamu miliki sangat berpengaruh untuk menjadi bahan pertimbangan.

Agar peluang yang kamu miliki atas posisi tersebut semakin besar, kamu harus dapat menunjukkan berbagai keterampilan serta kemampuan yang kamu miliki. Namun, keterampilan tersebut juga harus sesuai dengan posisi yang dilamar.

Seperti contohnya, ketika kamu melamar menjadi seorang copywriter, kamu dapat menyebutkan berbagai keahlian maupun pengalaman yang berhubungan dengan menulis yang kamu miliki sehingga recruiter dapat memahami sejauh mana kemampuan yang kamu miliki tersebut.

  • Tetap santai dan rileks.

Tips yang ketujuh adalah sebisa mungkin untuk tetap tenang dan rileks dalam menjawab segala pertanyaan yang dilontarkan. Hal ini juga dapat kamu tunjukkan dengan tidak terbata-bata menjawab pertanyaan yang diberikan.

Hal yang harus diperhatikan juga, walaupun santai kamu juga harus tetap menggunakan kata-kata yang sopan saat berbicara. Untuk mengurangi rasa gugup ini, kamu dapat mempersiapkan dan melatih berbagai perusahaan yang kiranya akan ditanyakan, sehingga kamu lebih siap untuk menjalani wawancara.

Kesalahan Umum Menjawab Pertanyaan Alasan Melamar Pekerjaan

  • Terlalu Umum

Dalam menjawab pertanyaan ini, sangat penting untuk tidak memberikan jawaban yang terlalu umum yang berlaku untuk semua perusahaan yang kamu lamar. Seperti contohnya, kamu memberikan alasan bahwa perusahaan tersebut bagus. Namun, kamu harus dapat memberikan konteks atas kata “bagus” tersebut sehingga akan meninggalkan kesan pada recruiter.

 

  • Terlihat Belum Melakukan Riset

Untuk menjawab pertanyaan ini, seperti yang sudah dibahas di awal, sangat penting untuk melakukan riset tentang perusahaan terlebih dahulu. Dengan begitu, kamu memiliki informasi yang cukup untuk menghubungkan kemampuan yang kamu miliki dengan nilai perusahaan. Seorang recruiter dapat dengan mudah mengetahui apakah kamu sudah mencari informasi tentang perusahaan terlebih dahulu atau belum. Oleh sebab itu, sangat penting untuk mencari berbagai informasi penting terkait perusahaan.

 

  • Tidak Antusias

Walaupun gugup, kamu juga harus tetap memikirkan apa yang ingin kamu lontarkan kepada recruiter agar tidak terkesan angkuh ataupun tidak siap. Hindarilah berbagai jawaban serta gerak gerik yang menunjukkan ketidak antusiasan kamu. Seorang recruiter akan lebih memiliki kandidat yang memiliki rasa antusias yang tinggi dibandingkan dengan seorang kandidat yang memiliki keterampilan tinggi namun rasa antusias yang rendah.

High Impact Interview Questions Second Edition

tombol beli buku

Deskripsi Buku:

Ask the right questions. Hire the best people. Most prospective hires come well prepared. So how do you get past the polished exteriors and rehearsed replies to discover what applicants are actually like? High-Impact Interview Questions shows you how to dig deeper using competency-based behavioral interviewing methods to uncover truly relevant and …

Contoh Jawaban dari Pertanyaan Alasan Melamar Pekerjaan

  • Saya ingin bergabung ke dalam perusahaan ini karena merupakan salah satu leading company dalam bidangnya.

Contoh jawaban pertama yang dapat kamu gunakan adalah, “saya ingin bergabung ke dalam perusahaan ini karena merupakan salah satu leading company dalam bidangnya.”

Dengan kompetitifnya seleksi karyawan, kamu harus dapat memberikan alasan yang baik mengapa kamu melamar pekerjaan di perusahaan tersebut dengan jelas dan tepat. Salah satu alasan yang dapat kamu gunakan adalah perusahaan tersebut memiliki kelebihan ataupun keunggulan dibandingkan dengan perusahaan kompetitor lain di bidangnya.

Dengan memberikan jawaban seperti ini, kamu akan dilihat sebagai calon pekerja yang memiliki nilai antusiasme yang tinggi karena memperhatikan perusahaan yang kamu lamar tersebut.

Kamu juga dapat menambahkan bagaimana pertumbuhan perusahaan yang ada telah berlangsung selama kamu menunggu sesi wawancara yang dilakukan. Pihak perusahaan akan mengapresiasi tanggapan yang kamu berikan tersebut. Namun, satu hal yang harus diperhatikan adalah jawaban ini tidak dapat digunakan kepada semua perusahaan, dan lebih disarankan jika kamu mendaftarkan diri untuk posisi di perusahaan besar.

 

  • Saya ingin berpartisipasi dengan mengambil peran di dalam perusahaan walaupun harus ditugaskan ke daerah lain.

Contoh jawaban kedua yang dapat kamu gunakan adalah, “saya ingin berpartisipasi dengan mengambil peran di dalam perusahaan walaupun harus ditugaskan ke daerah lain.”

Mendapatkan pekerjaan baik yang dekat dengan tempat tinggal memang menjadi impian dari banyak orang, namun seringkali tidak semua berjalan dengan mulus. Baik fresh graduate maupun senior pastinya menginginkan yang terbaik untuk dirinya sendiri.

Namun, seiring berjalannya waktu, sebuah perusahaan yang berkembang akan memiliki kebutuhan yang meningkat pula. Dengan meningkatnya kebutuhan tersebut, pihak perusahaan membuka cabang di berbagai tempat yang jaraknya jauh dari lingkungan rumah kamu.

Oleh sebab itu, saat ini banyak perusahaan yang mencari calon karyawan yang fleksibel serta mau dan bersedia untuk ditempatkan di berbagai lokasi yang tempatnya jauh dari rumahnya.

Menurut Robert Half sendiri, dengan menyampaikan ketersediaan kamu untuk melakukan tugas di luar daerah pada sesi wawancara sebagai alasan melamar pekerjaan dapat menjadi salah satu cara yang paling jitu agar diterima di perusahaan tersebut.

 

  • Perusahaan serta posisi yang saya lamar ini dapat memberikan ruang untuk saya berkarya secara signifikan.

Contoh jawaban ketiga yang dapat kamu gunakan adalah, “perusahaan serta posisi yang saya lamar ini dapat memberikan ruang untuk saya berkarya secara signifikan.”

Dengan menjawab pertanyaan melamar pekerjaan dengan pernyataan ini, kamu juga menunjukkan seberapa besar keinginan kamu untuk berkontribusi kepada perusahaan tersebut.

Melalui posisi yang kamu lamar, kamu dapat memberikan kontribusi dengan bentuk inovasi yang menarik karena perusahaan yang kamu lamar tersebut memberikan ruang bagi karyawannya untuk menghasilkan karya.

Sebuah perusahaan seringkali mengedepankan kandidat yang mampu berpikir kreatif serta inovatif, hal ini dikarenakan pada era modern saat ini, sebuah bisnis dapat berkembang berkat bantuan dari ide-ide inovatif yang dihasilkan oleh pemikiran kreatif tersebut.

 

  • Bidang ini merupakan lapangan kerja yang menantang serta saya juga merasa terdorong untuk mencapai target yang ditetapkan.

Contoh jawaban keempat yang dapat kamu gunakan adalah, “bidang ini merupakan lapangan kerja yang menantang serta saya juga merasa terdorong untuk mencapai target yang ditetapkan.”

Dengan menjawab pertanyaan dengan jawaban ini, kamu menyatakan bahwa kamu adalah karyawan yang antusias dan mau untuk menerima tugas yang berada di luar zona nyaman kamu dan terus menantang diri.

Sebagai sebuah perusahaan yang sedang mengalami perkembangan, seringkali terdapat beberapa hal yang harus terus menerus mengalami penyesuaian di dalamnya. Dengan kamu memberikan jawaban tersebut, perusahaan akan lebih mengedepankan kamu karena mau untuk terus menantang diri di luar zona nyaman yang ada.

 

  • Saya ingin memiliki karir di dalam bidang ini karena sesuai dengan keahlian dan kemampuan yang saya miliki.

Contoh jawaban kelima yang dapat kamu gunakan adalah, “saya ingin memiliki karir di dalam bidang ini karena sesuai dengan keahlian dan kemampuan yang saya miliki.”

Dengan mengatakan hal ini, kamu dapat meyakinkan recruiter tersebut, bahwa kamulah kandidat yang paling tepat untuk posisi tersebut karena sesuai dengan keahlian serta pengalaman kerja yang kamu miliki.

Kamu juga dapat melanjutkan dengan menjelaskan berbagai kemampuan atau skills yang kamu miliki dalam menunjang pekerjaan yang ada di posisi tersebut. Hal ini dapat berupa kemampuan yang kamu dapatkan selama masa perkuliahan maupun praktik kerja magang yang kamu lakukan.

Untuk lebih meyakinkan recruiter yang ada, kamu juga dapat membawa hasil konkret berupa dokumen ataupun bukti lainnya yang menunjukkan hasil dari pengalaman kerja kamu sebelumnya tersebut.

 

  • Perusahaan ini sedang mengalami perkembangan pesat dan saya ingin menjadi bagian di dalam perkembangan tersebut.

Contoh jawaban keenam yang dapat kamu gunakan adalah, “perusahaan ini sedang mengalami perkembangan pesat dan saya ingin menjadi bagian di dalam perkembangan tersebut.”

Jawaban ini dapat kamu gunakan biasanya pada sebuah perusahaan yang baru saja menerima dana. Dengan memberikan jawaban tersebut, kamu mengakui bahwa perusahaan tersebut sedang berkembang dan kamu ingin menjadi bagian yang ada di dalam perkembangan tersebut.

Dengan memberikan pernyataan ini, seorang recruiter juga dapat melihat kamu sebagai calon kandidat yang memiliki keinginan untuk bekerja keras serta beradaptasi di dalam dunia kerja yang sifatnya lebih kompetitif.

English For Job Seekers: Panduan Lengkap Bahasa Inggris Untuk Pelamar Kerja

tombol beli buku

Deskripsi Buku:

SECARA RUNUT BUKU INI AKAN MEMANDU PEMBACA UNTUK MENJAWAB CERDIK 50 PERTANYAAN TES WAWANCARA BAHASA INGGRIS, MENGUASAI TRIK DAN TIPS MENGERJAKAN TOEFL, MENULISKAN SURAT LAMARAN BERBAHASA INGGRIS YANG MEMIKAT DAN MENYUSUN CV DALAM BAHASA INGGRIS YANG MENARIK.

  • Visi dan misi yang dimiliki perusahaan selaras dengan value atau nilai yang saya miliki.

Contoh jawaban ketujuh yang dapat kamu gunakan adalah, “visi dan misi yang dimiliki perusahaan selaras dengan value atau nilai yang saya miliki.”

Dengan memberikan jawaban ini, sebelumnya kamu harus mengetahui terlebih dahulu mengenai visi dan misi yang dimiliki perusahaan tersebut. Selain itu, kamu juga harus memahami apa yang dimaksud di dalamnya.

Menurut Novo Resume, alasan melamar pekerjaan yang dapat membuat calon kandidat diterima adalah bagaimana visi serta misi yang dimiliki perusahaan selaras dengan tujuan karir yang dimiliki kandidat tersebut.

Dengan membahas mengenai visi dan misi perusahaan, seorang recruiter juga akan mendapatkan gambaran tentang kamu bahwa kamu adalah orang yang teliti serta mau mencari informasi dengan melakukan riset yang mendalam.

  • Menurut rekan saya, perusahaan ini memiliki reputasi yang baik di dunia kerja.

Contoh jawaban kedelapan yang dapat kamu gunakan, “menurut rekan saya, perusahaan ini memiliki reputasi yang baik di dunia kerja.”

Dengan memberikan jawaban ini, kamu juga dapat menambahkan dengan menjelaskan bagaimana hasil networking yang kamu lakukan dimanfaatkan dengan baik. Hal ini dikarenakan, melalui rekan yang kamu miliki, kamu menjadi yakin akan reputasi cemerlang yang dimiliki perusahaan tersebut.

Selain itu, seorang recruiter juga dapat melihat bahwa kamu adalah orang yang mau untuk mencari informasi terlebih dahulu dengan mencari reputasi calon tempat kerjanya nanti.

Untuk lebih meyakinkan, kamu juga dapat memberikan bukti atau contoh konkrit terkait reputasi positif dan profesional yang dimiliki perusahaan. Data-data ini sendiri bisa kamu dapatkan melalui situs maupun portal berita yang berkaitan dengan kinerja dari perusahaan tersebut.

Nah, itulah beberapa tips dan contoh jawaban yang paling tepat yang bisa Grameds gunakan ketika diberikan pertanyaan serupa dalam sesi wawancara posisi pekerjaan. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, penting untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya terkait perusahaan terkait, sehingga kamu bisa menghadapi segala pertanyaan yang akan ditanyakan oleh recruiter.

Selain itu, kamu juga harus dapat menunjukkan minat serta bakat yang kamu miliki atas posisi yang kamu lamar tersebut. Gramedia juga menyediakan berbagai buku terkait sesi wawancara kerja yang dapat membantumu untuk mempersiapkan diri sebelum mengejar pekerjaan impian kamu!

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Chelsea