in

5 Fakta Ikan Sturgeon, Penghasil Kaviar Terbesar di Dunia

Sumber: ICAL-O FISH

Ikan Sturgeon – Penikmat hidangan kelas atas pasti sudah tidak asing lagi dengan jenis ikan sturgeon yang satu ini. Sturgeon adalah nama umum dari 26 spesies ikan dalam keluarga Acipenseridae, dan juga dikenal sebagai ikan penghasil kaviar. Kaviar dibuat dari telur berbagai ikan sturgeon yang dipanen sebelum pembuahan.

Sturgeon juga masuk kedalam keluarga Acipenser, Huso, Scaphirhynchus dan Pseudoscaphirhynchus. Ikan sturgeon adalah keluarga tertua ikan vertebrata, asli sungai subtropis, iklim sedang dan subarktik, danau dan pantai di seluruh Eurasia dan Amerika Utara.

Mereka memiliki tubuh yang panjang dengan sisik yang sangat sedikit dan berukuran cukup besar. Ukuran sturgeon bervariasi dari 2 hingga 3,5 m dan beberapa spesies dapat mencapai 5,5 m.

Kebanyakan sturgeon adalah anadromous, dan bertelur di sungai sekitar delta sungai dan muara. Meskipun spesies ini seluruhnya air tawar, mereka jarang mencapai laut lepas dan daerah pesisir, telur ikan ini sering dimakan sebagai kaviar.

Beberapa spesies sturgeon dipanen untuk diambil telurnya, yang digunakan untuk membuat kaviar, makanan mewah yang dihargai sebagai subjek hasil penangkaran ikan. Karena mereka tumbuh dan menjadi dewasa dengan sangat lambat, mereka rentan terhadap eksploitasi dan ancaman lainnya, termasuk polusi dan fragmentasi habitat. Sebagian besar spesies dinyatakan rentan atau terancam hampir punah.

Fakta-Fakta Ikan Sturgeon

Ikan Sturgeon
Sumber: Alam Ikan

Memiliki telur dengan harga selangit dan sudah ada selama ratusan juta tahun, berikut 5 fakta ikan sturgeon yang harus kamu ketahui!

1. Habitat Asli Ikan Sturgeon

Kelompok sturgeon tinggal di Eropa dan Amerika Utara. Mereka adalah salah satu ekspor negara Rusia terbesar dengan nilai jual yang sangat baik. Ikan sturgeon bisa dimakan dari daging hingga telur, kaviar sturgeon hanya dijual di restoran mewah, karena harga kaviar sendiri sekitar 14 juta rupiah/kg!

2. Punya Kemiripan dengan Ikan Salmon

Salmon lahir di sungai dan pergi ke laut untuk mencari makanan dan kemudian kembali ke sungai untuk bertelur, hal yang sama berlaku untuk sturgeon. Namun, ini hanya terjadi pada spesies tertentu. Secara umum, spesies sturgeon ini hidup di air tawar dan menghabiskan seluruh hidupnya di danau.

3. Kematangan Seksual yang Membutuhkan Waktu Panjang

Sayangnya, sturgeon membutuhkan waktu lama untuk mencapai kematangan seksual. Ikan ini siap berkembang biak pada umur 6-25 tahun tergantung spesiesnya. Sturgeon adalah ikan berumur panjang yang dapat hidup dari 50 hingga 100 tahun.

4. Tangkapan Sturgeon Terbesar dalam Sejarah

Telah ada selama sekitar 250 juta tahun, sturgeon telah menjadi ikan legendaris. Sejarah pernah mencatat rekor penangkapan sturgeon terbesar, yang terjadi pada tahun 1824 di salah satu habitatnya, Sungai Volga, Rusia, dengan berat 1,5 ton dan panjang 7,2 meter.

5. Populasi Saat Ini Semakin Terancam Punah

Kaviar yang dicari semua orang menjadikan penangkapan ikan sturgeon sebagai tambang emas sejati yang diperdebatkan banyak orang. Akibatnya, populasi mereka semakin anjlok. Banyak oknum yang tidak bertanggung jawab menangkap ikan sturgeon tepat sebelum mereka bertelur dan menghambat regenerasinya.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Karakteristik Fisik Ikan Sturgeon

Ikan Sturgeon
Sumber: Republik Eusoialis Tawon

Bersama dengan anggota ordo Chondrostei lainnya, sturgeon memiliki tulang rawan, dan sedikit ciri vertebrata, serta ditutupi dengan lapisan tulang yang disebut scute, bukan sisik.

Mereka juga memiliki 4 “jenggot” yang muncul di mulutnya tanpa gigi, mereka sering bergerak di sepanjang dasar sungai untuk mendeteksi keberadaan mangsa. Sturgeon dapat dikenali dari tubuhnya yang panjang, paruh yang rata, scute yang unik dan kumisnya.

Mereka hidup di daerah bentik, mengaduk-aduk dasar perairan dengan mulutnya dan menggunakan antenanya untuk mendeteksi keberadaan kerang, krustasea, dan ikan kecil yang menjadi mangsanya.

Mereka tidak memiliki gigi dan tidak bisa mengunyah mangsanya. Tetapi spesies yang lebih besar mampu melahap mangsa yang sangat besar, bahkan salmon dan bayi anjing laut.

Di antara spesies sturgeon terbesar adalah jenis beluga (Huso huso) dari Laut Kaspia, yang dikatakan tumbuh hingga 5,5 m dengan massa 2000 kg, sedangkan kaluga (Huso dauricus) dari Sungai Amur memiliki panjang dan massa yang sama 1000 kg.

Mereka dianggap sebagai ikan yang paling lama hidup, dengan beberapa mencapai kematangan seksual pada usia 20 tahun dan hidup hingga 100 tahun. Kombinasi tingkat pertumbuhan dan reproduksi yang lambat ditambah dengan sturgeon betina dewasa bertelur yang tinggi membuat sturgeon sangat rentan terhadap penangkapan ikan berlebihan.

Jenis-Jenis Ikan Sturgeon

Jenis- jenis ikan sturgeon sangat populer di dunia perikanan. Saat ini, ada 17 jenis ikan sturgeon yang sudah diketahui. Berikut jenis-jenis ikan sturgeon yang paling populer:

1. Ikan Sturgeon Beluga

Ikan Sturgeon
Sumber: Liputan6.com

Ikan sturgeon adalah salah satu ikan air tawar tertua di dunia. Siklus hidupnya bisa selama 100 tahun. Panjangnya bisa mencapai 5 m dan memiliki berat 2 ton. Bentuk tubuh ikan ini mirip dengan torpedo, ditutupi pelat baja tulang yang tersusun dalam 5 baris, abu-abu tua di atas dan putih di bawah.

Dari bagian bawah moncong terdapat kumis dan mulut berbentuk bulan sabit. betina lebih besar dari jantan. Beluga adalah predator yang terutama memakan ikan teri, ikan gobi, herring, vobla, dan lain-lain. Betina bertelur setiap 2-4 tahun di musim semi.

2. Ikan Sturgeon Rusia

Sumber: Greeners.co

Ikan ini berbentuk gelendong dengan moncong yang pendek tumpul. Antenanya terletak di ujung mulut. Biasanya ikan ini berwarna abu-abu tua di bagian atas, sisi abu-abu kecoklatan, dan perutnya yang berwarna putih.

Sturgeon Rusia bisa mencapai panjang maksimal 3 m dan beratnya bisa mencapai 115 kg. Dalam hal ini, siklus ikan sturgeon Rusia bisa hidup mencapai 50 tahun. Di alam liar, sturgeon Rusia bisa membentuk hidrida dengan starlet, beluga, tongkol, dan sturgeon. Ini sangat jarang, tetapi hibrida serupa dapat ditemukan. Habitat ikan: Azov, Kaspia, dan Laut Hitam.

3. Ikan Sturgeon Siberia

Ikan Sturgeon
Sumber: Kidadl

Tubuh ikan ditutupi banyak titik tumpu dan lempeng bertulang, mulutnya bisa ditarik. Ikan ini tidak memiliki gigi. Ada 4 antena di depan mulut. Habitat sturgeon Siberia: Cekungan Yenisei, Ob, Lena dan Kolyma.

Ikan maksimum mencapai panjang 3 m, berat 200 kg dan dapat hidup hingga 60 tahun. Pemijahan terjadi pada pertengahan musim panas. Sturgeon memakan makhluk yang hidup di dasar sungai seperti moluska, amphipoda dan larva chironomid.

4. Sturgeon Bintang

Sumber: Istock

Ikan sturgeon bintang hidup di cekungan Azov, Chernoy dan Ryba. Sturgeon bintang ini hidup di musim dingin dan musim semi. Tubuh sturgeon bintang yang memanjang ditandai dengan adanya hidung panjang, dahi cembung, antena sempit dan halus, serta bibir bawah yang kurang berkembang.

Dari samping dan atas, tubuh ikan ditutupi lapisan sisik yang rapat. Bagian belakang dan samping berwarna biru tua, perut berwarna putih. Sturgeon bintang jarang mencapai panjang lebih dari 5 m dan berat 50 kg.

5. Sterlet

Ikan Sturgeon
Sumber: Wikipedia

Stralet adalah salah satu spesies sturgeon terkecil, tumbuh hingga 1,25 m dan berat hingga 16 kg. Ia memiliki antena panjang dan sempit yang mencapai mulut, menyentuh sisik di samping, dan bibir bawah bercabang.

Selain pelat tubuh yang biasa digunakan untuk sturgeon, sturgeon juga memiliki sisik yang saling mengunci di punggungnya. Tergantung pada habitatnya, ikan dapat memiliki warna yang berbeda, tetapi sebagian besar punggungnya berwarna coklat keabu-abuan dan perutnya berwarna putih kekuningan.

.Sirip semuanya berwarna abu-abu. Selain itu, sterletnya tumpul dan runcing. Ikan ini ditemukan secara eksklusif di Siberia utara.

Gaya Hidup Ikan Sturgeon 

Ikan sturgeon ini memiliki ciri khas tersendiri. Tandanya terletak di bagian ekor, tulang sisik dan deretan sisik tidak saling berdekatan. Sinar sirip ekor membungkus ujung sirip ekor. Ikan memiliki kilau tertentu.

Sebagian besar anggota keluarga sturgeon, yang mencapai ukuran sangat besar, hidup di iklim sedang di utara. Di sinilah pemancing menangkap spesimen rekor mereka, yang tetap menjadi trofi terpenting selama bertahun-tahun. Bagian utama sturgeon adalah bentuk ikan tidak bersisik, yang pada musim semi mulai naik ke sungai dari laut.

Dalam kasus seperti itu, ikan biasanya melewati musim dingin hingga musim pemijahan berikutnya. Beberapa spesies ikan air tawar yang hidup di danau atau sungai: danau, tumbuh di sungai  sebagai spesies anadromous.

Sturgeon ini tersebar di seluruh Eurasia, serta di perairan Amerika Utara. Habitat paling luas milik spesies sturgeon ada di Amerika atau Atlantik:ditemukan di daerah Eropa dan Amerika.

Tetapi diyakini bahwa di sungai-sungai Eropa, individu-individu dari spesies ini berenang secara kebetulan. Namun menurut beberapa sumber, ikan ini biasa ditemukan di Eropa atau Amerika, karena di sanalah mereka tinggal.

Perwakilan ichthyofauna mencoba untuk tetap dekat dengan ruang bawah tanah. Ikan sturgeon adalah jenis ikan karnivora. Ikan ini memakan cacing, moluska dan ikan kecil yang dimakan. Ikan akuarium dari keluarga sturgeon juga bisa menyerang ikan, jadi pasangan akuarium harus dipilih dengan sangat hati-hati. Ikan kecil pasti akan menjadi mangsa dan ikan yang terlalu besar akan menjadi pesaing dalam rantai makanan.

Ikan Sturgeon

Jadi sturgeon adalah ikan yang sangat berharga yang harus dilestarikan, karena saat ini ia berada di ambang kepunahan. Daging yang bergizi, lezat, empuk, hampir tanpa tulang layak disajikan sebagai makanan mewah. Bagaimana dengan kaviar hitam, dari segi nilai gizi jauh lebih unggul dari kaviar merah.

Spesies Sturgeon terutama hidup di air laut asin dan berenang untuk bertelur di air tawar. Perwakilan starlet diberkahi dengan ukuran terkecil, dengan tinggi rata-rata dari 30 cm hingga 1 m dan berat dari setengah kg hingga 4 kg. Perwakilan spesies terbesar adalah beluga, yang beratnya mencapai 2 ton dan panjang 9 m.

Saat ini, penangkapan ikan sturgeon adalah penangkapan ikan terbesar di dunia. Selain dagingnya, spesies ini juga dihargai karena kaviarnya. Selama pemijahan, penangkapan ikan sturgeon sangat dilarang. Tapi perburuan ikan ada di mana-mana, meskipun beberapa orang secara aktif menentangnya.

Masa Pubertas Ikan Sturgeon

Keluarga sturgeon, yang daftarnya mencakup sekitar 2 lusin varietas, sebagian besar diwakili oleh centenarian. Tahapan pemijahan individu memanifestasikan dirinya dalam berbagai cara tergantung pada habitat dan jenis ikan.

Pada titik ini, Anda dapat mengamati bagaimana perairan dangkal di beberapa sungai air tawar dipenuhi dengan sturgeon yang representatif. Setelah bertelur, individu yang menghasilkan kaviar melakukan perjalanan di sepanjang sungai ke laut, bertambah besar dan berkembang.

Tahun berikutnya mereka kembali bertelur. Pertumbuhan sturgeon, serta pematangannya, sangat lambat. Beberapa spesies belum siap berkembang biak sampai mereka berumur 20 tahun.

Pada wanita, pubertas terjadi antara usia 8 dan 21 tahun, pada pria dari usia 5 hingga 18 tahun. Namun dalam hal berat, sturgeon adalah penghuni tank yang tumbuh paling cepat. Sturgeon Dnieper dan Don mencapai pubertas paling cepat, dan penduduk Volga lebih lama.

Mengenal Kaviar atau Telur Ikan Sturgeon

Ikan Sturgeon
Sumber: Kompas Health

Kaviar adalah makanan yang terbuat dari telur ikan jenis tertentu, biasanya diproduksi oleh ikan sturgeon, yang telah diolah dan digarami. Makanan ini dipasarkan sebagai makanan mewah dan sering digunakan sebagai pelengkap makanan lain.

Sebagian besar kaviar hitam berasal dari sturgeon laut Kaspia di Azerbaijan, Iran, Rusia, dan Kazakhstan. Varietas kaviar yang paling mahal adalah varietas Beluga, Ossetra dan Sevruga.

Kaviar dianggap sebagai makanan mewah dan digunakan sebagai hiasan atau taburan di atasnya. Sejak 2012, kaviar telah dijual seharga $2.500/pon, atau $3.000 hingga $5.000/kg. Industri kaviar terkadang mengganggu kelangsungan hidup spesies ikan penghasil telur, sehingga perdagangan kaviar umumnya dilarang.

Kaviar sangat rapuh dan harus tetap dingin sebelum dikonsumsi. Kaviar yang dipasteurisasi memiliki tekstur yang sedikit berbeda. Kaviar jenis ini tidak rapuh dan tidak boleh didinginkan sebelum dibuka.

Kaviar padat termasuk dari telur-telur busuk atau rapuh dan bisa berupa gabungan dari beberapa telur ikan yang berbeda. Kaviar jenis ini diperlakukan secara khusus, diasinkan, serta dipadatkan.

Meskipun satu sendok makan kaviar memenuhi kebutuhan vitamin B-12 harian orang dewasa, kaviar juga tinggi kolesterol dan garam. Satu sendok makan kaviar (16g) mengandung:

  • Kalori: 42(g)
  • Lemak (g):2.86
  • Karbohidrat (g):0,64
  • Serat (g):0
  • Protein (g):3.94
  • Natrium (mg):240
  • Kolesterol (mg):94

Laut Kaspia adalah tempat sturgeon dapat menghasilkan kaviar terbesar di dunia. Berdasarkan data yang ada, di Laut Kaspia ikan ini mampu menghasilkan lebih dari 90% kaviar dunia. Meskipun Laut Kaspia merupakan danau terbesar di dunia, ia mengandung 12 garam per mil dan berada 26 km di bawah permukaan laut, sehingga masih disebut laut.

Sayangnya, penangkapan ikan sturgeon banyak yang ilegal, penangkapan ikan berlebihan, pembangunan bendungan di sungai di Laut Kaspia, perubahan faktor lingkungan termasuk polusi atau kerusakan tempat pemijahan akibat erosi dan pengerukan pasir, dan bebatuan dari dasar sungai, adalah alasan utama populasi ikan mulai menurun di Laut Kaspia.

Sturgeon dapat menghasilkan hingga 60-80 kg kaviar. Memang ikan ini beratnya mencapai 800 kg. Ikan ini hanya hidup di air laut dan akan bergerak ke hulu saat bertelur. Saat ini, kaviar terbaik diproduksi di Iran dan Rusia.

Ada empat jenis kaviar di dunia. Beluga adalah kaviar termahal dan terbaik di dunia, terutama dari Rusia. Telur ini dihasilkan dari ikan sturgeon yang beratnya mencapai 800 kg. Beluga adalah sejenis kaviar yang bentuknya seperti kaviar berwarna hitam keabu-abuan. Sevruga adalah kaviar yang sedikit lebih murah yang biasanya diimpor dari Iran.

Kaviar ini diperoleh dari ikan yang lebih kecil dengan berat antara 60 hingga 100 kg. Ini lebih kecil dan lebih hitam dari beluga. Lalu ada Osetra caviar atau dikenal juga dengan Gold Caviar karena warnanya yang agak kuning. Kaviar yang terakhir adalah kaviar berwarna putih. Kaviar ini termasuk langka karena berasal dari spesies albino yang sudah langka. Kaviar kuning dan kaviar putih adalah menu yang paling sering disajikan di bawah Raja Iran.

Mengumpulkan telur sturgeon cukup mudah. Setelah menangkap ikan, orang membelah perut ikan dan membuang telurnya. Rebus telur dalam air dengan sedikit garam. Setelah matang, telur dimasukkan ke dalam kotak yang sudah disterilkan untuk membunuh bakteri. Kaviar yang disajikan harus dikonsumsi saat masih segar.

Kaviar juga termasuk dalam menu masakan mahal tersebut, karena terbuat dari jenis ikan langka. Di Eropa, kaviar disajikan dalam berbagai bentuk menu, seperti telur orak-arik, pancake, atau lainnya. Vodka adalah minuman yang sempurna untuk mengisi ulang kaviar.

Penutup

Demikian ulasan mengenai informasi tentang ikan sturgeon. Buat Grameds yang ingin lebih tahu tentang informasi tentang ikan sturgeon lainnya kamu bisa mengunjungi Gramedia.com untuk mendapatkan buku-buku terkait.

Sebagai #SahabatTanpaBatas, Gramedia selalu memberikan produk terbaik, agar kamu memiliki informasi terbaik dan terbaru untuk kamu. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Ziaggi Fadhil Zahran

BACA JUGA:

10 Fakta Unik Ikan Araipama, Ikan Predator dari Sungai Amazon

Mengenal Jenis-Jenis dan Makanan Ikan Channa

Ikan Red Devil Adalah Ikan yang Ganas, Berikut Fakta Uniknya!

Ikan Arwana: Asal-Usul, Jenis, dan Cara Merawatnya

11 Jenis Ikan Cupang Termahal dan Cara Merawatnya yang Tepat!



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Novi Veronika

Saya semakin mencintai dunia menulis ini karena membuat saya semakin bisa mengembangkan ide dan kreativitas, serta menyalurkan hobi saya ini. Selain hal umum, saya juga menyukai tulisan tentang pendidikan dan juga administrasi perkantoran.