in

Desain Pembatas Ruangan Kayu HPL bergaya Minimalis Modern

Desain Pembatas Ruangan Kayu HPL bergaya Minimalis Modern – Dalam kehidupan sehari-hari, setiap orang tidak bisa terlepas dari sebuah ruangan, baik itu ruangan kerja, ruangan untuk tidur, ruangan dapur, dan lain-lain. Setiap ruangan yang kita gunakan sudah memiliki fungsinya masing-masing. Namun, terkadang ada beberapa ruangan yang memiliki fungsi lebih dari satu.

Selain itu, setiap ruangan yang kita gunakan ada yang berukuran besar, sedang, dan kecil tergantung dari lahan yang tersedia. Ruangan yang besar biasanya akan mudah untuk didekorasi atau diberikan interior pembatas ruangan. Ruangan yang besar bisa diubah menjadi lebih minimalis dan modern, sehingga akan betah tinggal berlama-lama di ruangan itu.

Untuk mengubah ruangan menjadi lebih minimalis dan modern dapat dilakukan dengan cara memberikan pembatas antara ruangan yang satu dengan ruangan lainnya. Setiap pembatas ruangan harus didesain sebagus dan semenarik mungkin. Grameds, belum ketemu desain pembatas ruangan yang cocok?

Jangan khawatir, artikel ini akan memberikan beberapa contoh desain pembatas ruangan yang minimalis dan modern. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa membaca artikel ini sampai selesai, Gramdes.

Pengertian Pembatas Ruangan

Pembatas ruangan adalah suatu produk interior yang berfungsi untuk membatasi atau memisahkan ruangan yang satu dengan ruangan lainnya. Meskipun berfungsi untuk membatasi antar ruangan bukan berarti kita tidak bisa melihat ruangan lainnya.

Dalam hal ini, ruangan yang diberi pembatas bisa berupa ruangan di dalam rumah, di rumah sakit, di mall, di toko, di apartemen, restoran, dan lain-lain.

Pembatas ruangan bisa diletakkan sesuai keinginan dan kebutuhan dari ruangan itu sendiri. Khusus pembatas ruangan yang berada di dalam rumah bisa dilakukan oleh ahlinya atau sendiri tergantung keinginan kita dan biaya yang kita miliki.

Saat ini, interior pembatas ruangan sudah banyak ditemukan di toko-toko online atau toko-toko interior terdekat. Setiap interior pembatas ruangan harus disesuaikan dengan keadaan atau tata letak dari setiap ruangan yang ada. Jika tidak disesuaikan dengan baik, maka ruangan yang diberikan pembatas terlihat tidak bagus dan tidak menarik.

Pada umumnya, interior pembatas ruangan sangat beragam, mulai dari warna, desain, dan ukuran-ukuran yang berbeda-beda. Oleh sebab itu, supaya bisa mendapatkan interior pembatas ruangan yang diinginkan, sebaiknya kita membuat gambaran atau catatan tentang ruangan yang ingin diberi pembatas dan tentunya memperhatikan harga interior pembatas yang terjangkau.

Ciri-Ciri Pembatas Ruangan

1. Membatasi Sebagian Ruangan

Pembatas ruangan yang sering kita temui biasanya hanya menutup atau membatasi sebagian ruangan saja. Ukuran setiap pembatas ruangan disesuaikan dengan ruangan yang ada agar terlihat minimalis dan modern.

Selain itu, ukuran tinggi dari pembatas ruangan berbeda-beda, ada yang sangat tinggi, tinggi, sedang, dan pendek. Meskipun ukuran tingginya bermacam-macam, tetapi sisi samping dari pembatas ruangan biasanya tidak tertutupi semua.

2. Ada Banyak Sekali Desain 

Desain pembatas ruangan sangat banyak, mulai dari pilihan warna, bentuk, hingga ukurannya. Banyaknya desain pada pembatas ruangan, maka semakin banyak desain pembatas ruangan yang bisa kamu pilih.

Biasanya pembatas ruangan diberikan tempat untuk vas bunga, rak buku, sliding glass, gantungan lukisan atau sejenisnya, kisi-kisi kayu, dan masih banyak lagi. Dibentuknya pembatas ruangan dengan tambahan aksesori akan membuat pembatas ruangan terlihat lebih modern.

3. Sifatnya Permanen dan Semi Permanen

Pada umumnya pembatas ruangan bersifat tetap karena sulit untuk dipindahkan. Hal ini dikarenakan ukurannya yang cukup berat dan lebih besar dari interior ruangan lainnya. Selain itu, ada beberapa pembatas ruangan yang memang tidak dipatenkan karena pemilik ruangan suka mengganti posisi pembatas ruangan.

Jenis-Jenis Pembatas Ruangan

1. Pembatas Antara Ruang Tidur dengan Ruang Kerja

Desain pembatas ruangan minimalis
homedit.com

Ruangan kerja dan ruangan tidur memang sebaiknya dipisah karena bisa meningkatkan konsentrasi ketika bekerja dan badan bisa beristirahat dengan maksimal. Oleh sebab itu, jangan pernah ragu untuk memisahkan kedua ruangan ini.

Cara mengubah ruangan ini sangat mudah karena tidak diperlukan membangun pembatas dinding yang berat. Pembatas ruangan tidur dan ruangan kerja bisa dibuat dengan bahan kayu yang diberi finishing.

Selain itu, pembatas ruangan seperti gambar di atas termasuk semi permanen atau bisa dibuat menjadi ruangan baru.Dengan pembatas ruangan tersebut, maka ruangan kerja dan ruangan tidur menjadi terpisah.

Jika kamu merasa tidak ada waktu untuk mengerjakan pembatas ruangan tersebut, sebaiknya segera memanggil ahlinya. Semakin cepat pembatas ruangan itu jadi, maka semakin cepat juga kamu bisa fokus untuk kerja dan beristirahat untuk tidur.

2. Pembatas Antara Ruang Tamu dengan Ruang TV

Desain pembatas ruangan minimalis
home-designing.com

Pembatas ruang yang berupa dinding yang tidak penuh ini terlihat minimalis dan modern karena bentuknya sangat unik dan khas. Pembatas ini termasuk ke dalam jenis permanen atau tidak bisa dipindahkan. Meskipun permanen, tetapi pembatas ruangan seperti ini bisa diletakkan aksesoris, seperti lukisan dinding, foto keluarga, dan lain-lain.

Berdasarkan gambar di atas, ruang tamu berada di sebelah kanan dan ruang menonton tv ada di sebelah kiri. Sekilas memang terlihat biasa, tetapi jika dilihat lebih teliti lagi di bagian sisi kiri dan kanan pembatas terdapat celah kecil yang berfungsi untuk anggota keluarga lewat.

Bukan hanya celah di bagian sisi kiri dan kanan saja, pembatas ruangan di atas juga membuat suatu ruang di bagian kanan yang dapat digunakan untuk meletakkan benda-benda, seperti HP, minuman, makanan, dan lain-lain.

gramedia digital

gramedia digital

Berlangganan Gramedia Digital

Baca SEMUA koleksi buku, novel terbaru, majalah dan koran yang ada di Gramedia Digital SEPUASNYA. Konten dapat diakses melalui 2 perangkat yang berbeda.

Rp. 89.000 / Bulan

gramedia digital

3. Pembatas Ruangan Berbentuk Dinding dan Tanaman Hias

Desain pembatas ruangan minimalis
dyfanewyork.com

Kamu suka dengan tanaman hias atau rerumputan? Kamu bisa mengadaptasi atau mempraktikkan pembatas ruangan seperti gambar di atas. Pembatas ruangan dengan desain dinding yang diberikan tempat untuk menanam tanaman hias akan mempercantik ruangan dan membuat udara ruangan menjadi segar.

Pembatas ruangan ini bisa dibilang pembatas ruangan yang permanen karena tidak bisa dipindahkan. Tanaman-tanaman yang bisa diletakkan di ruangan ini, sebaiknya tanaman yang bisa berkembang dengan suhu ruang. Tanaman yang semakin subur akan menghasilkan ruangan yang semakin indah.

Pembatas ruangan ini merupakan pembatas ruangan dengan konsep green house. Jika kamu berniat membuat pembatas ruangan seperti gambar di atas, sebaiknya disesuaikan dengan kondisi ruangan yang kamu miliki.

4. Pembatas Ruangan Kantor Modern

Desain pembatas ruangan minimalis
architecturaldigest.com

Suasana kantor yang menyenangkan dan bisa membuat nyaman menjadi idaman bagi setiap karyawan. Untuk membuat suasana kantor yang menyenangkan dan nyaman bisa dilakukan dengan cara mendesain ruangan semenarik mungkin termasuk pembatas ruangan yang ada di kantor.

Desain kantor yang menarik dan modern akan meningkatkan semangat kerja para karyawan. Bahkan, para karyawan bisa betah untuk menghabiskan waktu di kantor. Selain itu, desain pembatas ruangan yang menarik bisa memberikan pengalaman bagi setiap orang terutama yang bekerja di kantor tersebut.

Contoh pembatas ruangan di kantor bisa dilihat seperti gambar di atas. Lebih bagus lagi, jika beberapa bulan sekali desain pembatas ruangan diganti supaya karyawan tidak merasa bosan. Jadi apakah kantor kamu pembatas ruangannya menarik?

Beli Buku di Gramedia

5. Pembatas Ruangan Apartemen Bergaya Minimalis Modern

Desain pembatas ruangan minimalis
dhoumm.com

Dengan apartemen yang luas akan sangat mudah untuk membuat ruangan baru dengan cara membagi beberapa ruangan yang ada. Untuk membuat pembatas ruangan pada apartemen yang luas tidak begitu susah karena masih banyak ruang yang kosong.

Pembatas ruangan apartemen luas, banyak sekali desainnya. Supaya tidak bingung ketika memilih desain pembatas ruangan, maka kamu bisa melihat desainnya seperti gambar di atas. Jika dilihat, pembatas ruangan pada gambar di atas dibuat dengan bentuk atau model dinding dengan finishing yang menarik.

Pembatas ruangan seperti itu sangat dapat bermanfaat untuk memberikan kenyamanan pada pemilik apartemen karena suara bising yang terdengar dari ruang berkumpul berkurang.

6. Pembatas Ruangan dengan Desain Kotak-Kotak

Desain pembatas ruangan minimalis
home-designing.com

Jika kamu bosan dengan desain pembatas ruangan yang hampir seluruh bagian tertutup, maka pembatas ruangang seperti gambar di atas bisa menjadi pilihan. Pembatas ruangan dengan model kotak-kotak ini akan mempercantik ruangan.

Ruang yang semakin cantik akan meningkatkan rasa nyaman bagi pemiliknya. Pada bagian tengah kotak terdapat seperti alas untuk meletakkan aksesoris yang dapat mempercantik ruangan, seperti vas bunga, foto, dan lain-lain. Supaya ruangan menjadi lebih menarik bisa diberikan hiasan lampu yang unik.

7. Pembatas Ruangan dengan Material Bambu

Desain pembatas ruangan minimalis
home-designing.com

Pembatas ruangan dengan bahan material bambu akan membuat ruangan yang ada di rumah bernuansa alami. Selain itu, celah-celah kecil pada pembatas ruangan dengan material bambu dapat bermanfaat untuk menjaga sirkulasi udara.

Jika kamu ingin membuat pembatasan ruangan dengan material bambu bisa melihat contoh desain gambar di atas. Pembatas ruangan seperti gambar di atas menggunakan model sliding atau digeser, sehingga ruangan akan terlihat lebih unik.

8. Pembatas Ruang Tamu Bergaya Minimalis

Desain pembatas ruangan minimalis
miragestudio7.com

Ruang tamu yang berbatasan langsung dengan ruang lainnya, sebaiknya diberikan pembatas karena akan mempercantik ruangan tamu. Ruang tamu yang cantik akan membuat tamu ingin berlama-lama di ruang tamu tersebut.

Pembatas ruang tamu dengan ruang lainnya bisa dibuat seperti gambar di atas yang menggunakan bahan material kayu. Desain dari pembatas ruangan di atas sangat minimalis, sehingga ruang tamu terlihat lebih lebar. Selain itu, desain kayunya dibuat celah dan diberikan tempat atau kabinet kecil yang berfungsi untuk tempat aksesoris ruangan.

Beli Buku di Gramedia

9. Pembatas Ruangan Minimalis dengan Material Kayu

Desain pembatas ruangan minimalis
pinterest.com

Setiap ruangan yang diberi pembatas akan memperindah suatu ruangan. Akan tetapi, harus dengan catatan bahwa pembatas ruangan yang digunakan menggunakan desain yang menarik. Pembatas ruangan dengan desain menarik merupakan salah satu bentuk seni interior ruangan.

Pada umumnya, pembatas ruangan terbuat dengan bentuk dinding, tetapi tidak jarang terbuat dari bahan material kayu. Seperti gambar di atas pembatas ruangan dibuat dari bahan material kayu.

Material kayu sengaja tidak dipasang dengan menyisakan sedikit celah supaya sirkulasi udara berjalan dengan lancar. Selain itu, kayu-kayu itu disusun persegi yang di mana setiap persegi memiliki pola kayu yang berbeda, sehingga pembatas ruangan ini bisa mempercantik suatu ruangan.

10. Pembatas Ruangan Dengan Model Sliding

Desain pembatas ruangan minimalis
architecturaldigest.com

Pembatas ruangan memang sangat beragam desainnya dan harus disesuaikan dengan kondisi ruangan. Ruangan yang besar, bisa menggunakan pembatas ruangan dengan model sliding. Pembatas ruangan dengan model ini tidak akan memakan banyak tempat, sehingga ruangan akan terlihat sangat luas.

Ruangan yang terlihat sangat luas sangat cocok untuk dijadikan tempat untuk berkumpul. Selain cocok untuk tempat berkumpul, ruangan dengan pembatas sliding dapat dijadikan sebagai tempat bermain anak-anak secara bebas.

Pembatas ruangan dengan model sliding seperti gambar di atas menggunakan material kayu yang sudah diberikan finishing, sehingga terlihat sangat natural dan menyatu dengan konsep yang ada di ruangan tersebut.

11. Pembatas Ruangan Model Sliding dengan Gaya Modern

Desain pembatas ruangan minimalis
pinterest.com

Bosan-bosan dengan pembatas ruangan yang itu-itu saja? Kamu bisa membuat ruangan agar terlihat lega atau luas dengan cara membuat pembatas ruangan dengan model sliding. Akan tetapi, supaya pembatas ruangan menjadi lebih menarik, kamu bisa membuatnya dengan gaya yang lebih modern seperti gambar di atas.

Bukan hanya lebih modern, tetapi ruangan yang satu dengan ruangan yang lainnya terlihat sangat luas. Ruangan yang luas bisa digunakan untuk acara  kumpul keluarga besar dan pesta ulang tahun.

Berdasarkan gambar di atas, pembatas ruangan terbuat dengan material kayu yang dipadukan dengan material alumunium, sehingga menghasilkan suatu keindahan pada ruangan. Jadi, jangan pernah ragu untuk membuat pembatas ruangan dengan model sliding.

Beli Buku di Gramedia

12. Pembatas Ruangan Model Sliding Elegan

Desain pembatas ruangan minimalis
pinterest.com

Setelah tadi menjelaskan tentang pembatas ruangan dengan model sliding berbahan material kayu, kini yang akan dibahas adalah pembatas ruangan dengan model sliding berbahan material kaca. Material dari kaca ini bisa membuat seseorang dapat melihat ruangan lainnya tanpa harus membuka pembatas ruangan.

Pembatas ruangan seperti gambar di atas terlihat sangat elegan, sehingga banyak orang yang akan menyukainya. Bukan hanya terlihat sangat elegan, tetapi terlihat sangat mewah.

13. Pembatas Ruangan dengan Rak Buku

Desain pembatas ruangan minimalis
architecturaldigest.com

Kamu suka membaca buku, tetapi bingung untuk menyimpannya? Jangan khawatir, kamu bisa membuat rak buku yang sekaligus bisa dijadikan sebagai pembatas ruangan. Pembatas ruangan dengan konsep rak buku ini bisa menyimpan banyak buku.

Jika kamu ingin membuat pembatas ruangan dengan konsep rak buku, maka bisa melihat contohnya seperti gambar di atas. Rak buku ini akan memudahkan kamu untuk mendapatkan buku yang ingin dibaca. Kemudian, buku itu bisa dibaca sambil bersantai di kursi yang nyaman.

14. Pembatas Ruangan Desain Rak Buku Minimalis

Desain pembatas ruangan minimalis
doors4uk.co.uk

Pembatas ruangan dengan model rak buku memang selalu membuat ruangan terlihat lebih unik dan keren apalagi jika pembatas ruangan itu terbuat dari kayu. Seperti gambar di atas yang di mana menggabungkan kabinet dengan ukuran kecil dengan kotak-kotak kosong. Jadi, kamu bisa memilih untuk menyimpan buku di dalam kabinet atau di luar kabinet.

Selain untuk meletakkan buku, pembatas ruangan ini bisa diletakkan berbagai macam aksesoris lainnya, seperti vas bunga, foto, dan lain-lain. Banyaknya varian aksesoris selain buku akan memperindah pembatas ruangan buku tersebut.

15. Pembatas Ruangan Desain Rak Buku Modern

pinterest.com

Jika kamu ingin membuat pembatas ruangan dengan konsep rak buku, tetapi dengan model yang minimalis dan modern, kamu bisa melihat contohnya seperti gambar di atas. Pembatas ruangan rak buku dengan bentuk zigzag bisa dibilang pembatas ruangan yang modern karena bentuknya sangat unik.

Bagian kanan dan kirinya dibentuk dengan zigzag, sedangkan bagian tengah dibentuk kotak biasa dengan kabiner kaca yang khas. Perpaduan bentuk zigzag dan kotak biasa menjadikan pembatas ruangan rak buku sangat unik dan modern.

Pembatas ruangan seperti gambar di atas akan membuat suatu ruangan terkesan sangat artistik. Di samping bentuknya artistik, rak buku ini dapat menyimpan banyak buku, sehingga kamu bisa memperlihatkan buku bacaan terhadap orang lain yang datang.

Kesimpulan

Ruangan akan terlihat sangat indah dan menarik jika diberikan pembatas ruang yang sesuai. Selain itu, pembatas ruangan akan memudahkan kita untuk membedakan setiap fungsi dari setiap ruangan. Jadi, jangan pernah ragu untuk membuat pembatas ruangan supaya diri sendiri dan orang lain betah untuk menghabiskan waktu dan menghilangkan rasa bosan di ruangan itu.

Beli Buku di Gramedia

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Nandy