in

Film Adaptasi yang Sukses Tembus Satu Juta Penonton Sepanjang 2019

Sumber foto header: Unsplash.com

Film Indonesia apa saja yang sudah kamu saksikan selama 2019 lalu? Dari banyaknya judul film lokal yang ditayangkan di bioskop, beberapa di antaranya merupakan film adaptasi dari buku.

Tahukah kamu, jika film-film adaptasi tersebut berhasil masuk menjadi film-film dengan jumlah penonton terbanyak loh!

Apa saja ya, film adaptasi yang terbilang sukses tayang dan mengumpulkan lebih dari satu juta penonton?

Berikut daftar lengkapnya.

Dilan 1991

Daftar
Beli e-book Dilan 1991 di sini

Film adaptasi ini tayang pada 28 Februari 2019 lalu. Dibintangi oleh Iqbaal Ramadhan sebagai Dilan dan Vanesha Prescilla sebagai Milea, film ini merupakan sekuel Dilan 1990, yang juga merupakan film adaptasi novel.

Novelnya merupakan karya Pidi Baiq, dan berjudul Dilan Bagian Kedua: Dia adalah Dilanku Tahun 1991. Ceritanya masih tenyang kisah cinta remaja, Dilan dan Milea dengan latar belakang tahun 1991.

Menurut data situs filmIndonesia.or.id, sepanjang 2019 ini Dilan berhasil menjadi film dengan jumlah penonyon terbanyak, yaitu lebih dari 5.2 juta penonton.

Danur 3: Sunyaruri

Daftar
Danur 3: Sunyaruri karya Risa Saraswati

Danur 3: Sunyaruri merupakan sekuel ketiga dari film Danur. Seperti dua film sebelumnya, film kali ini pun hasil adaptasi novel yang berjudul Sunyaruri dari Risa Saraswati. Ceritanya masih tentang Risa, yang diperankan oleh Prilly Latuconsina, dengan kelima sahabat hantunya.

Di film ini Risa diceritakan memutuskan menutup mata batinnya sehingga tak lagi bisa menlihat dunia hantu. Namun hal buruk terjadi setelahnya. Film ini berhasil mengumpulkan lebih dari 2.4 juta penonton selama masa tayangnya.

My Stupid Boss 2

Daftar
My Stupid Boss 2

Masih dibintangi Reza Rahadian dan Bunga Citra Lestari, film sekuel ini masih melanjutkan kisah Boss Man yang ajaib dan nasib para karyawannya yang harus banyak-banyak bersabar.

Film arahan Upi Avianto ini merupakan adaptasi dari novel karya Chaos@work. Untuk sekuel kedua ini, film tersebut berhasil mengumpulkan lebih dari 1.8 juta penonton selama penayangannya di bioskop.

Imperfect: Karier, Cinta & Timbangan

Daftar
Beli e-book Imperfect karya Meira Anastasia di sini

Meski baru mulai tayang 19 Desember 2019 lalu, ternyata film arahan sutradara Ernest Prakasa ini sudah tembus satu juta penonton.

Lebih tepatnya, film ini sudah berhasil tembus satu juta penonton di hari kedelapan penayangannya. Hingga kini, jumlah penonton masih terus bertambah.

Film ini merupakan adaptasi buku karya Meira Anastasia yang berjudul Imperfect. Secara garis besar buku ini berisi tentang proses menerima kekurangan diri sendiri dan lewat filmnya digambarkan dengan kondisi yang dialami Rara (Jessica Mila) yang ditakdirkan memiliki tubuh gemuk dan ia mendapat perlakuan diskriminatif dari lingkungan sekitarnya.

Bumi Manusia

Daftar
Bumi Manusia karya Pramoedya Ananta Toer

Lebih dari 1.3 juta penonton menyaksikan film yang diadaptasi dari karya legendaris ini. Diangkat dari novel berjudul sama karya sastrawan Pramoedya Ananta Toer, film ini bercerita tentang sosok Minke, pria pribumi yang saat itu bersekolah di HBS.

Ia dikenal revolusioner dan pandai menulis. Cerita berkembang pada perkenalannya dengan Annelies Mellema, putri dari Nyai Ontosoroh.

Film ini diperankan oleh Iqbaal Ramadhan sebagai sosok Minke, Annelies Mellema diperankan oleh Mawar de Jongh, dan Sha Ine Febriyanti sebagai Nyai Ontosoroh. Film ini disutradarai oleh Hanung Bramantyo.


Selain film di atas, adakah film adaptasi lainnya yang juga sukses tembus satu juta penonton?

Kira-kira, pada 2020 mendatang, apakah film-film adaptasi masih akan mendulang sukses seperti di 2019 lalu? Mari sama-sama menantikan film-film adaptasi buku tayang di sepanjang 2020.


 

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

banner-promo-gramedia

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Nanda Hadiyanti