in

5 Buku tentang Pandemi Virus

Photo header by Lucrezia Carnelos on Unsplash

Pada akhir tahun 2019, dunia dikejutkan dengan kemunculan virus baru dari kota Wuhan, Tiongkok yaitu COVID-19 atau virus korona, yang sampai saat ini sudah menyebar hampir ke seluruh dunia.

Virus ini membuat kehidupan dunia mengalami perubahan besar, terutama dari segi ekonomi dan kehidupan sosial.

Ternyata sebelum pandemi korona menyebar ke seluruh dunia, telah ada beberapa kasus serupa mulai dari penyebaran skala kecil hingga skala besar seperti Ebola dan Zika.

Banyak juga buku, baik itu buku fiksi dan nonfiksi, yang bercerita tentang pandemi virus yang menyerang dunia. Lalu, buku-buku apa saja yang berkaitan dengan pandemi virus?

5 Buku tentang Pandemi Virus

Untuk menemani hari-harimu selama #dirumahaja, yuk simak 5 rekomendasi buku yang membahas tentang pandemi virus ini!

1. The Virus

buku
The Virus karya Stanley Johnson

Dalam kondisi pandemi virus seperti saat ini, apakah kamu tertarik dan berani untuk merasakan sensasi #dirumahaja yang berbeda dengan membaca novel yang berjudul The Virus?

Novel thriller fiksi ini menceritakan seorang siswa berusia 19 tahun yang bernama Diane Verusio, yang kembali ke New York dari Brussels dan berakhir dalam isolasi di Rumah Sakit Presbiterian, Columbia.

Menjelang ajalnya, ia hanya mengucapkan kata-kata, “green monkey” sebelum dia meninggal.

Lowell Kaplan dari CDC dikirim dari Atlanta untuk melacak identitas asal dan penularan penyakit misterius ini.

Setelah Dr. Kaplan berbicara dengan dokter keluarga Diane, Dr. Isaac Rueben, malah ia yang menjadi sakit.

Kaplan berada di misi yang berat untuk menghentikan penyebaran virus mematikan ini dan upayanya membawanya ke Jerman dan ke Afrika.

Meskipun novel The Virus adalah fiksi, namun kesan menyeramkannya tetap terasa nyata karena mirip dengan kondisi yang saat ini sedang terjadi. Ngeri!

2. Kiat Mengalahkan Demam Berdarah & Virus Zika

buku
Kiat Mengalahkan Demam Berdarah & Virus Zika

Apakah kamu tahu bahwa penyebab dari virus Zika dan demam berdarah berasal dari jenis yang sama lho, yaitu gigitan nyamuk Aedes aegypti.

Kedua penyakit ini pernah menyebar pesat dan membuat banyak orang terjangkit di beberapa negara, terutama di negara tropis dan subtropis.

Apalagi virus Zika, yang pernah mencapai tahap mengkhawatirkan saat terjadi di Amerika Tengah dan Selatan pada tahun 2015.

Gejala yang ditimbulkan oleh virus Zika dan demam berdarah secara umum hampir sama, salah satunya adalah demam tinggi. Jika tidak cermat dan waspada, dapat membahayakan nyawa.

Penting untukmu mengetahui dan memahami gejala dari kedua penyakit ini, salah satu caranya adalah dengan membaca buku ini.

Agar kamu dapat melakukan tindakan preventif untuk pencegahan, serta segera mencari penanganan ke rumah sakit terdekat jika mengalaminya.


Baca juga: Tingkatkan Produktivitas WFH dengan 5 Buku Ini


3. Virus Mematikan Ebola

buku
Virus Mematikan Ebola 

Ebola adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh virus dari genus Ebolavirus, familia filoviridae yang awalnya ditemukan pada hewan, seperti monyet, simpanse, dan primata lainnya.

Penyakit ini pertama kali ditemukan di Afrika pada 1976. Virus Ebola sendiri awalnya hidup pada tubuh hewan, kemudian menjangkiti manusia melalui darah hewan yang sudah terkontaminasi virus.

Jika tidak segera ditangani, Ebola dapat berakibat fatal. Virus ini bisa menular melalui kontak dan transfusi cairan tubuh, seperti darah, keringat, air liur, air mani, atau cairan tubuh yang lainnya.

Ebola termasuk penyakit yang paling mematikan, karena hanya beberapa minggu saja, pasien yang terinfeksi dapat meninggal dunia.

Hal ini membuat Badan Kesehatan Dunia (WHO) mendeklarasikan wabah Ebola sebagai darurat kesehatan internasional pada 8 Agustus 2014.

Tak perlu panik, jika kamu ingin tahu lebih banyak mengenai virus Ebola, cara pencegahan, dan bagaimana menghadapinya, baca buku ini ya!

4. 2019-Ncov : Jangan Takut Virus Corona



buku
2019-nCOV: Jangan Takut Virus Corona

Severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2) yang lebih dikenal dengan nama virus korona adalah jenis baru dari coronavirus yang menular ke manusia dan bisa menyerang siapa saja.

Virus ini pertama kali ditemukan di kota Wuhan, Tiongkok, pada akhir tahun 2019. Penyebarannya sangat cepat dan telah menyebar ke seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Dalam upaya untuk mencegah serta menghambat penyebaran virus korona, beberapa negara di luar negeri menerapkan kebijakan lockdown. Di Indonesia sendiri, diberlakukan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Saat ini, dunia telah bersiap dengan kondisi terburuk. Kita wajib waspada dan tetap menjaga kesehatan.

Kenali karakteristik, gejala, dan cara mengatasinya untuk pencegahan yang maksimal dengan membaca buku 2019-nCOV.

Buku karya kolaborasi Baharuddin dan Fathimah Andi Rumpa ini berisi banyak informasi penting tentang COVID-19.

Selain itu, buku ini juga memiliki bahasa yang mudah dipahami disertai sumber rujukan yang tepercaya.

5. Antipanik! Buku Panduan Virus Corona

buku
Antipanik! Buku Panduan Virus Corona

Coronavirus atau virus korona merupakan keluarga besar virus yang menyebabkan infeksi saluran pernapasan atas ringan hingga sedang, seperti penyakit flu.

Namun, beberapa jenis virus korona juga dapat menimbulkan penyakit yang lebih serius. Selain penyakit flu, seperti SARS-COV (yang menyebabkan sindrom pernapasan akut), MERS-COV (sindrom pernapasan Timur Tengah), dan yang terbaru adalah COVID-19 atau dikenal juga dengan Novel coronavirus.

Pada 11 Maret 2020, WHO secara resmi menyatakan COVID-19 sebagai pandemi. Pandemi adalah wabah atau penyakit yang berjangkit secara bersamaan dengan penyebaran secara global di seluruh dunia.

Seluruh warga dunia diimbau untuk meningkatkan kewaspadaannya dalam mencegah maupun menangani pandemi ini dengan berbagai cara, yang tentunya dapat kamu baca selengkapnya dalam buku Antipanik! Buku Panduan Virus Corona.




Baca juga: Mitos & Fakta COVID-19 yang Perlu Kamu Tahu


Dengan membaca buku-buku tentang pandemi virus di atas, kamu bisa lebih berhati-hati dan berjaga-jaga jika berhadapan dengan suatu pandemi virus.

Terutama yang berhubungan dengan virus korona yang saat ini sedang melanda dunia dan juga negara kita.

Stay safe and stay healthy, Readers!


 

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien