in

Kenali 10+ Ciri-ciri Orang Hamil dari Raut Wajah dan Perubahannya

Tahukah ciri-ciri orang hamil bisa kita kenali hanya dari raut wajahnya saja? Perubahan hormonal selama masa kehamilan akan memungkinkan kita bisa mengamati ciri-ciri orang hamil dari raut wajah yang bisa saja terjadi. Selama trimester pertama pada masa kehamilan, akan terjadi perubahan hormonal yang cukup signifikan yang dapat menyebabkan beberapa gejala. Beberapa gejala tersebut akan muncul bahkan di minggu-minggu pertama waktu hamil, yang juga akan tergambar dari raut wajah.

Namun, Anda tidak perlu berkecil hati, karena bagaimanapun efek perubahan selama masa kehamilan ini tetap cantik, selama si kecil yang ada di dalam perut tumbuh dengan sehat. Di dalam artikel ini, kita akan membahas lebih lanjut mengenai ciri-ciri orang hamil dari raut wajah.

Ciri-ciri Orang Hamil dari Raut Wajah

ciri-ciri orang hamil dari raut wajah

Terdapat banyak sekali ciri-ciri orang hamil dari raut wajah. Walaupun ada banyak sekali cirinya, namun Anda tidak perlu khawatir karena perubahan tersebut tidak akan membahayakan tubuh serta janin yang ada di dalam kandungan. Karena kondisi itu normal terjadi pada masa kehamilan. Untuk mengetahui ciri-ciri orang hamil dari raut wajah, berikut adalah beberapa diantaranya.

1. Melasma

Melasma merupakan kelainan kulit dimana melanosit aau sel penghasil warna yang ada di kulit Anda menghasilkan pigmen ekstra karena beberapa faktor, termasuk juga kehamilan. Dalam proses kehamilan, kondisi tersebut seringkali disebut dengan chloasma atau topeng kehamilan. Sebagaimana diikuti dari laman kesehatan Healthline, hiperpigmentasi kulit selama masa kehamilan sangat umum terjadi. Mungkin Anda akan melihat puting atau areola, ketika, dan juga alat kelamin Anda menjadi lebih gelap. Selain itu, Anda juga mungkin akan melihat garis linea nigra memanjang dari area kemaluan hingga ke atas perut, atau penggelapan kulit di seluruh tubuh.

Perubahan hormon tersebut, terutama kondisi kelebihan estrogen dan progesteron merupakan penyebab utama munculnya melasma selama masa kehamilan. Chloasma juga isa diperburuk dengan adanya ketidakseimbangan hormon yang mungkin saja sudah ada, bahkan sebelum masa kehamilan.

2. Flek Hitam atau Freckles

Flek hitam juga biasanya akan muncul pada masa awal kehamilan. Untuk penyebabnya sendiri hampir sama dengan melasma yakni adanya ketidakseimbangan hormon. Selain itu, flek hitam yang muncul di wajah selama masa kehamilan juga bisa diperparah dengan adanya paparan sinar matahari secara langsung, penggunaan produk ataupun perawatan kulit tertentu, dan juga genetika. Oleh sebab itu, ibu hamil sangat disarankan untuk berhati-hati dalam menggunakan produk perawatan kulit.

hamil tanpa galau - ciri-ciri orang hamil dari raut wajah

3. Jerawat

Salah satu ciri-ciri orang hamil dari raut wajah selanjutnya yaitu munculnya jerawat. Jerawat di awal masa kehamilan banyak terjadi pada ibu hamil. Bahkan di beberapa perempuan yang memiliki kulit yang sensitif akan semakin parah pada masa kehamilan. Menurut American College of Obstetricians and Gynecologist menyarankan hal-hal berikut ini untuk mengelola jerawat yang timbul selama masa kehamilan, antara lain:

a. Rajin mencuci muka dua kali sehari dengan menggunakan pembersih yang ringan dan air hangat.
b. Menahan diri untuk tidak meremas luka jerawat agar menghindari kemungkinan jaringan parut.
c. Memilih kosmetik yang bebas minyak.
d. Konsultasi dengan dokter profesional yang khusus perawatan kesehatan sebelum menggunakan produk apa saja untuk memastikan bahwa produk tersebut aman untuk dipakai selama masa kehamilan.

4. Kulit Wajah Kering

Ciri-ciri orang hamil lainnya yang muncul pada raut wajah yakni kulit kering. Biasanya, ibu hamil akan mendapati kulit kering pada masa kehamilan saat mereka mengalami dehidrasi. Tubuh Anda memerlukan lebih banyak cairan selama masa kehamilan dan jumlah yang diperlukan akan akan terus meningkat seiring dengan pertumbuhan bayi yang ada di dalam kandungan. Tak hanya itu saja, kemungkinan muntah dan juga diare selama masa kehamilan juga bisa menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi.

5. Bibir Kering

Untuk Anda yang mengalami morning sickness yang cukup parah akan sangat mungkin kekurangan cairan dan juga bisa menyebabkan bibir serta kulit kering. Supaya tubuh tetap terhidrasi dengan baik, maka konsumsilah makanan yang mengandung banyak air seperti misalnya mentimun, semangka, dan juga bayam.

6. Rambut Rontok

Pada masa kehamilan juga bisa membuat hormon Anda menjadi tidak terkendali. Fluktuasi atau naik turunnya hormon tersebut bisa mengacaukan siklus pertumbuhan rambut Anda dan menyebabkan kerontokan pada rambut kepala.

7. Hidung Bengkak

Pembengkakan yang terjadi pada masa kehamilan juga dapat terjadi pada area tubuh lainnya, termasuk juga bagian hidung. Hidung mungkin saja akan terasa seperti bengkak atau tersumbat karena pembuluh darah kecil yang ada di sinus mulai membesar dengan adanya peningkatan volume darah dan juga cairan. Hal tersebut dapat menyebabkan rasa tersumbat ataupun hidung berdarah. Selain bagian hidung, mungkin Anda juga akan mengalami pembengkakan pada area gusi, bibir, dan juga mata. Hal itu dipengaruhi oleh retensi air terkait kehamilan dan juga peningkatan volume darah.

buku pintar ibu hamil - ciri-ciri orang hamil dari raut wajah

buku pintar ibu hamil - ciri-ciri orang hamil dari raut wajah

8. Mata Sembab dan Muka Pucat

Ciri-ciri orang hamil dari raut wajah berikutnya adalah mata sembab dan juga muka yang pucat. Tanda-tanda tersebut disebabkan karena ibu hamil kurang tidur dan juga istirahat. Apabila perubahan pada wajah ini diikuti dengan adanya tanda lain yang tak kunjung mereda, misalnya saja badan Anda terasa semakin lemas dan juga muntah yang berlebihan hingga dehidrasi. Maka segeralah periksakan diri ke dokter kandungan untuk memperoleh penanganan lebih lanjut.

9. Pembuluh Darah di Area Wajah Mulai Terlihat Jelas

Ciri-ciri orang hamil dari raut wajah selanjutnya adalah pembuluh darah yang ada di area wajah akan terlihat lebih jelas. Kapiler atau pembuluh darah akan mulai terlihat, khususnya di area pipi dan sekitarnya. Kondisi tersebut terjadi karena adanya tekanan pada pembuluh darah. Tak hanya itu saja, penyebab lain dari adanya kapiler yang terlihat sangat jelas yaitu karena peningkatan hormon estrogen pada masa kehamilan.

10. Kulit Wajah Menjadi Lebih Sensitif

Kondisi kulit wajah yang lebih sensitif juga termasuk ke dalam ciri-ciri orang hamil dari raut wajah. Anda dapat merasakan kulit wajah menjadi lebih sensitif, terlebih ketika masa awal kehamilan. Kondisi kulit yang seperti ini dikarenakan adanya perubahan hormon pada tubuh dan juga kondisi kulit yang tertarik akibat tubuh yang semakin membengkak selama masa kehamilan.

11. Kulit Wajah Terlebih Lebih Cerah

Apabila ciri-ciri orang hamil dari raut wajah yang sudah disebutkan di atas cenderung ke arah yang negatif, berbeda dengan ciri yang satu ini yang cenderung lebih positif karena selama masa kehamilan, kulit wajah Anda akan terlihat lebih cerah. Beberapa perempuan yang hamil justru ada yang kulitnya berubah menjadi lebih berkilau. Kulit wajah yang terlihat cerah ini disebabkan karena adanya peningkatan produksi darah pada tubuh yakni sebesar 50 persen lebih selama masa kehamilan. Sementara untuk wajah yang terlihat lebih berkilau disebabkan karena adanya produksi kelenjar minyak yang berlebihan.

12. Wajah Terlebih Agak Bengkak

Sebenarnya, salah satu ciri-ciri orang hamil dari raut wajah ini bisa dilihat secara keseluruhan dari bentuk wajah yang semakin membengkak. Hal tersebut sangat wajar terjadi karena berat badan selama masa kehamilan akan terus bertambah. Bagian wajah yang mungkin akan membesar adalah bagian pipi, hidung, dan juga bibir. Pada bagian hidung yang membengkak juga dapat disebabkan karena adanya peningkatan sirkulasi darah yang ada di selaput lendir. Sehingga membuat hidung menjadi lebih besar. Nantinya setelah melahirkan, kondisi wajah Anda yang agak membengkak tadi berangsur akan menghilang dengan sendirinya.

13. Mata Terlihat Lebih Sembab

Tak semua orang hamil mempunyai ciri-ciri seperti ini. Mata terlihat menjadi lebih sembab hanya bisa dialami oleh sebagian ibu hamil. Kondisi yang satu ini terjadi karena adanya pembengkakan pada pembuluh darah di wajah. Kebanyakan perempuan hamil akan mengalami hal ini di trimester pertama pada masa kehamilan. Selain itu, mata yang terlihat lebih sembab juga dapat disebabkan oleh rasa lelah yang berlebihan pada masa kehamilan.

14. Warna Mata Berubah

Selain mata terlihat lebih sembab, warna mata juga ternyata dapat berubah selama masa kehamilan. Warna mata ini umumnya akan terlihat lebih gelap dan juga pucat. Hal tersebut terjadi karena hormon yang mempengaruhi ketebalan dan juga kelengkungan pada kornea mata.

15. Bulu Mata dan Alis Rontok

Ciri-ciri orang hamil dari raut wajah berikutnya dapat dilihat dari rontoknya bulu mata dan juga alis. Memang tidak semua ibu hamil akan mengalami hal tersebut. Rontoknya bulu mata dan juga alis dapat disebabkan karena tubuh kekurangan protein dan juga vitamin. Kondisi tersebut terjadi karena gangguan tiroid yang tidak stabil.

Demikian penjelasan mengenai berbagai macam ciri-ciri orang hamil dari raut wajahnya. Dengan adanya informasi di atas, Anda dapat mengenai masa kehamilan hanya dari raut wajah saja.



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Lely Azizah