in

12 Cara Merawat Gitar Akustik dan Gitar Listrik Agar Tetap Awet!

pixabay.com

Cara Merawat Gitar – Hai Grameds, apakah kamu adalah orang yang hobi memainkan alat musik gitar? Atau malah seorang musisi yang mencipta lagu?

Bagi para musisi atau orang-orang yang memiliki hobi bermusik, alat untuk memainkan musik semacam nyawa dan suatu hal yang amat penting. Musik juga bisa melatih otak agar fokus dan tidak mudah lupa. Oleh karenanya, perawatan alat musik bisa dikatakan susah-susah gampang untuk dilakukan.

Terlebih, bagi kalian yang memiliki gitar akustik yang terbuat dari kayu. Penggunaan kayu dinilai punya kelebihan, karena bisa membuat suara gitar menjadi lebih kuat dan lebih baik. Karena kayu sifatnya rentan terhadap perubahan lingkungan, jadi harus pintar pintar dalam menyimpan dan memperlakukannya.

Baiklah, mungkin kebanyakan orang hanya mengerti cara memainkan alat gitar, tanpa memberikan perhatian untuk menjaga dan merawat.

Oleh sebab itu, melalui artikel ini akan berbagi tips merawat gitar, sedangkan bagi kamu yang tidak mempunyai alat musik tersebut dapat dijadikan sebagai bahan pengetahuan. Dalam merawat gitar sebenarnya juga terbilang tidak rumit, asalkan mau dan rajin untuk membersihkannya, maka gitar tersebut akan terlihat seperti baru lagi dan suaranya pun tidak berubah cempreng.

Pada umumnya, gitar yang sering dimainkan oleh musisi adalah gitar akustik dan gitar listrik. Kedua jenis gitar itu biasanya akan selalu ada di setiap pagelaran musik. Nah, pada kesempatan kali ini, kita akan membahas lebih lanjut tentang cara merawat gitar akustik dan gitar listrik.

Namun, sebelum membahas akan hal itu, ada baiknya kita membahas tentang jenis-jenis gitar terlebih dahulu. Jadi, tetap simak artikel ini sampai selesai, Grameds.

Jenis-Jenis Gitar

Jenis-jenis gitar itu sendiri biasanya dikelompokkan menjadi tiga jenis, yaitu gitar akustik, gitar klasik, dan gitar listrik. Berikut ini penjelasan lengkapnya.

1. Gitar folk (atau akustik)

Gitar akustik dengan senar baja. Instrumen ini memungkinkan Anda memainkan banyak gaya musik yang berbeda (rock, pop, jazz, country, heavy metal, dan sebagainya).

2. Gitar klasik

Selain menggunakan sinar baja, gitar akustik ada yang menggunakan senar nilon. Gitar jenis ini sering digunakan untuk musik klasik atau musik flamenco. Mudah dipindahkan dan dapat dimainkan di mana saja tanpa amplifikasi. Suara tali nilon jauh lebih lembut dan lebih hangat dari pada tali baja.

3. Gitar listrik

Ini bukan gitar akustik, sehingga harus terhubung ke amplifier untuk membuatnya cukup keras untuk didengar. Selain itu, dilengkapi dengan string logam, yang ideal untuk gaya musik murni listrik seperti rock, metal atau heavy metal, dan sebagainya.

Cara Merawat Gitar

Tips Memilih Gitar

Gitar yang berkualitas tidak hanya sebatas dipatok dengan harga mahal atau memiliki merek yang terkenal saja. Banyak juga gitar berkualitas yang dipatok dengan harga yang cukup murah. Lalu, gitar yang bagaimana yang memiliki kualitas bagus? Berikut ciri-cirinya!

Desain

Tentunya sebelum Anda memutuskan untuk membeli sebuah gitar Anda harus melihat body dan desain gitar tersebut. Apabila body gitar yang Anda lihat cukup bagus pastinya Anda akan tertarik untuk memilikinya. Bukan hanya itu saja, Anda harus mengamati desain gitar yang sesuai dengan postur tubuh Anda. Desain dan body dengan ukuran yang pas untuk Anda adalah pilihan terbaik agar Anda dapat memainkannya dengan nyaman.

Suara

Jika Anda membelinya dengan langsung datang ke toko alat musik, maka cobalah untuk memeriksa gitar tersebut dengan upaya memetik senar-senar gitarnya. Apakah menghasilkan suara yang indah dan merdu atau terdengar biasa saja bahkan fals.

Selain itu, perhatikan pula intonasi dan getaran saat Anda memetik gitar tersebut. Meskipun sebenarnya desain pada gitar akustik sebagian besar sama, tetapi body serta neck-nya memiliki banyak perbedaan. Hal inilah yang menimbulkan perbedaan suara pada masing-masing gitar akustik saat dipetik atau dimainkan.

Cara Merawat Gitar

Senar Gitar String

Tips memilih senar gitar string yang tepat tergantung dengan jenis gitar yang ingin anda mainkan. Disamping itu, kemudahan dalam memainkannya serta suara yang ingin dihasilkan juga harus menjadi prioritas. Memilih senar gitar yang sesuai dan cocok dengan gaya permainan anda akan membuat cara bermain gitar anda menjadi lebih bagus serta enak didengar.

Terdapat banyak jenis dan tipe senar gitar string, namun anda bisa memilih 3 rekomendasi tipe senar gitar akustik terbaik yakni Akustik 80/20 Bronze dengan NANOWEB Coating, Akustik Phosphor Bronze dengan NANOWEB Coating, dan Akustik 80/20 Bronze dengan POLYWEB Coating. Ketiga tipe string winder tersebut merupakan senar terbaik untuk gitar akustik dan anti karat hingga 12 bulan.

Kualitas Kayu

Kualitas kayu pada gitar akustik dan listrik menjadi faktor penentu mengapa gitar tersebut bisa dikatakan berkualitas. Umumnya, gitar akustik yang bagus akan terbuat dari bahan kayu jati atau kayu mahoni. Biasanya, gitar yang berkualitas tidak terlalu ringan dan tidak terlalu berat, Jika bisa dibilang bobotnya diantara ringan dan berat.

Oleh sebab itu, jika Anda ingin membeli gitar, usahakan untuk mengajak teman anda yang paham mengenai seluk beluk gitar, sehingga Anda tidak tertipu ketika memilih gitar. Hal ini karena zaman sekarang banyak sekali gitar yang dijual dipasaran dengan penampilan merek dan bentuk yang sama namun memiliki kualitas yang buruk.

Cara Merawat Gitar

Tips Merawat Gitar Akustik

Cara Merawat Gitar
pixabay.com

Setelah mengetahui tips memilih gitar, maka kita juga perlu mengetahui cara merawat gitar akustik.

1. Simpanlah di tempat aman

Sebaiknya taruh gitar di tempat yang aman dan terjaga dari kelalaian. Misalnya, jangan taruh gitar secara berdiri dan bersandar di tembok karena bisa saja gitar tersebut jatuh dan lecet. Jangan tempatkan gitar di lantai karena bisa saja gitar kamu terinjak dan patah. Sebaiknya, taruh gitar kamu di tempat yang aman dan terjaga dari kondisi berbahaya. Sebaiknya juga tempatkan gitar di hardcase, sehingga walaupun jatuh tepat aman dan tidak mudah rusak.

2. Perhatikan suhu dan kelembaban udara

Suhu dan kelembaban dapat membuat gitar cepat rusak dan kehilangan “suara”-nya. Kedua hal tersebut dapat membuat gitar menjadi lapuk dan umurnya cepat berkurang. tempatkan gitar di tempat yang suhunya stabil dan terjaga. Sebaiknya, jangan ditaruh di gudang karena biasanya suhu di tempat itu kurang baik. Jauhkan juga dari debu dan kotoran yang dapat membuat gitar menjadi cepat kotor.

3. Bersihkan dengan rutin

Membersihkan gitar merupakan hal yang penting. Selain itu juga harus dilakukan dengan teratur dan berkala. Sebaiknya bersihkan gitar seminggu sekali walaupun gitar tersebut tidak kita gunakan. Kamu bisa menggunakan lap kacamata untuk membersihkan gitar. Tempat yang wajib dibersihkan adalah body dan leher dari gitar. perhatikan juga kepala gitar karena disini biasanya paling mudah karatan.

4. Kendurkan senar jika tidak dipakai

Kendurkan senar gitar jika gitar punya kamu tidak dimainkan dalam waktu yang lama. Senar yang terlalu kencang akan membuat leher gitar tertarik dan bisa bengkok. Sebaiknya, memakai pelindung leher gitar supaya lebih kuat dan tahan terhadap tarikan senar.

5. Pakai senar yang baik

Pilihlah senar yang bagus dan baik kualitasnya. Dengan senar yang baik akan membuat leher gitar lebih nyaman dan tahan lama. Senar yang jelek selain dapat menyebabkan leher gitar rusak juga dapat melukai tangan kita sendiri saat bermain.

Cara Merawat Gitar

6. Bersihkan fingerboard

Fingerboard merupakan salah satu bagian yang tersembunyi dalam gitar, bagian ini akan sangat gampang kotor seperti terkena minyak, bahkan karat. Karena letaknya di bawah senar, mungkin untuk membersihkannya akan memerlukan effort lebih. Namun jangan khawatir, kalian dapat mencoba membersihkan fingerboard menggunakan cairan pembersih gitar (guitar polish) atau dengan minyak lemon.

7. Pastikan tangan kering saat menggunakan gitar

Sebelum kalian menggunakan gitar akustik, usahakan kondisi tangan bersih dan kering. Lap tangan menggunakan tisu, lap kering maupun kain microfiber. Tujuannya adalah agar tangan tetap kering adalah agar saat memetik senar tangan tidak licin dan senar gitar tetap bersih. Selain itu, minyak bekas makanan juga dapat membuat senar kotor dan menjadi berat saat dipetik.

8. Lakukan pengecekan tuning peg

Tak jarang tuning peg yang ada pada gitar sedikit kendur dan akan menyebabkan suara senar kurang enak untuk didengar. Karena fungsi dari tuning peg itu sendiri adalah untuk menyetem nada gitar, maka agar dapat mengatur ketepatan tuning peg, kalian dapat mengencangkannya bila dirasa posisinya cukup goyang dari kepala gitar. Atur sesuai feeling, jangan terlalu kencang dan jangan terlalu longgar.

Nah, setelah mengetahui cara merawat gitar akustik, maka pada pembahasan selanjutnya, kita akan membahas tentang cara merawat gitar listrik. Jadi, tetap simak artikel ini sampai selesai, Grameds.

Cara Merawat Gitar Listrik

Cara Merawat Gitar
pixabay.com

Selain membahas tentang cara merawat gitar akustik, artikel ini juga akan membahas tentang cara merawat gitar listrik. Berikut ini adalah cara merawat gitar listrik yang perlu kamu ketahui.

1. Bersihkan secara rutin

Hal yang pertama kali perlu dilakukan dalam melakukan perawatan gitar listrik adalah dengan membersihkannya secara rutin. Pemilik gitar listrik harus memperhatikan kebersihan dari gitarnya, seperti debu yang menempel atau keringat yang masih menempel.

Kamu bisa membersihkan gitar listrik dengan menggunakan lap lembut yang sudah dibasahi. Bahkan, akan lebih baik lagi apabila menggunakan cairan pembersih khusus, sehingga kebersihan gitar benar-benar terjaga.

2. Membersihkan bagian logam

Pada gitar listrik terdapat bagian logam yang memang harus diperhatikan kebersihannya karena bisa mempengaruhi dari suara gitar itu sendiri. Adapun bagian logam yang perlu diperhatikan, seperti baut, putaran turning, dryer, dan sebagainya.

Untuk membersihkannya, kamu bisa melakukannya dengan lap yang sudah diberikan minyak goreng. Selain itu, akan lebih baik lagi apabila kamu membersihkannya dengan cairan khusus anti karat.

3. Memerhatikan tempat penyimpanan

Sudah menjadi hal umum kalau tempat penyimpanan gitar memang harus diperhatikan. Alangkah baiknya, gitar listrik disimpan di tempat yang tidak terkena cahaya matahari secara langsung. Dengan begitu, lapisan dari gitar listrik tidak mudah terkelupas.

4. Memperhatikan pemasangan senar

Pemasangan senar bisa dibilang perlu diperhatikan karena pemasangan senar yang kurang tepat bisa membuat suara gitar menjadi kurang bagus. Jadi, sebaiknya jangan memasang senar gitar terlalu kencang. Selain itu, apabila senar gitar terlihat kusut, sebaiknya diluruskan terlebih dahulu.

5. Memperhatikan perawatan senar

Selain harus memperhatikan pemasangan senar, pemilik gitar listrik juga harus memperhatikan perawatan senar. Jika kamu tidak berniat untuk memainkan gitar listrik dalam waktu yang lama, sebaiknya senar gitar dilepas terlebih dahulu.

Perbedaan Gitar Akustik dan Gitar Listrik

Supaya kamu lebih mudah dalam memahami gitar akustik dan gitar listrik, maka kamu perlu mengetahui perbedaan dari kedua jenis gitar tersebut.

1. Cara Memainkannya

Perbedaan pertama dari kedua gitar tersebut adalah gitar akustik bisa dimainkan tanpa menggunakan listrik, sehingga gitar jenis ini sering dibawa ketika seseorang pergi untuk berlibur. Sementara itu, gitar listrik bisa dibilang seperti namanya, yaitu harus dimainkan dengan aliran listrik. Jika tidak ada aliran listrik, maka suara dari gitar tidak bisa keluar.

2. Harus menggunakan amplifier untuk menghasilkan suara yang khas

Perbedaan kedua dari kedua gitar tersebut adalah alat bantunya. Gitar akustik tidak memerlukan alat bantu untuk menghasilkan suara gitar yang merdu. Sedangkan pada gitar listrik untuk menghasilkan suara yang khas atau memunculkan efek, maka harus dimainkan menggunakan amplifier. Biasanya, amplifier ini diletakkan di bawah dan dimainkan dengan kaki.

3. Gitarnya yang cukup berat

Jika dibandingkan dengan gitar akustik, gitar listrik memiliki ukuran yang lebih berat. Hal ini karena gitar listrik biasanya terbuat dari kayu mahoni.

4. Harganya yang relatif mahal

Perbedaan terakhir dari gitar listrik dan gitar akustik adalah harganya. Gitar listrik harganya yang relatif mahal jika dibandingkan dengan gitar akustik. Hal ini bukan tanpa alasan karena komponen dari gitar listrik sangatlah banyak.

Dari perbedaan kedua jenis gitar tersebut, kamu lebih suka untuk memiliki gitar akustik atau gitar listrik?

Cara Merawat Gitar

Penutup

Sebagai tambahan bagi sobat Grameds yang ingin dan tertarik membeli gitar setelah membaca artikel ini, sobat harus mengetahui apa yang harus dipilih bukanlah hal yang mudah. Sering terjadi bahwa Anda perlu mengubah model gitar setelahnya, tetapi pembelian pertama ini memiliki nilai sentimental yang bertahan lama.

Jujur, tanyakan cukup banyak pemain gitar dan mereka akan mengatakan bahwa alat musik favorit mereka adalah yang utama. Sebelum memilih gitar, Anda harus mengidentifikasi gaya musik yang ingin Anda mainkan, seperti rock, flamenco, pop, blues, reggae, dan sebagainya. Menurut gaya musiknya, Anda akan tertarik pada jenis gitar tertentu.

Selanjutnya, perlu memperhatikan saran dan tutorial gitar atau bahkan jika Anda ingin membeli gitar di toko online, sebaiknya pergi ke toko musik dahulu dan coba model atau jenis yang Anda minati, mintalah saran dari penjual, dan baca artikel dan panduan di internet atau di majalah khusus.

Itulah beberapa ciri-ciri beserta tips merawat gitar akustik dan juga gitar listrik. Setelah mengetahui cara merawat gitar akustik, sobat Grameds juga dapat mencari informasi lebih terkait dengan gitar akustik atau gitar listrik, dengan membaca buku yang tersedia di gramedia.com.

Sebagai #SahabatTanpaBatas kami selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Mochamad Aris Yusuf

BACA JUGA:

  1. Kunci Dasar Gitar Lengkap dengan Gambar dan Panduannya
  2. 10 Lagu Chord Gitar Paling Mudah Dimainkan
  3. 7 Chord Gitar Lagu dari D’Masiv yang Paling Mudah Dimainkan
  4. Rekomendasi Buku Belajar Gitar Terbaru Best Seller 
  5. 5 Chord Lagu Barat Paling Mudah, Bisa Dipelajari! 
  6. 11 Chord Lagu Peterpan Paling Mudah 


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda