in

Cara Menghormati Orang Tua Sebagai Bentuk Rasa Sayang Anak

Cara menghormati orang tua – Grameds pasti sudah mengetahui dengan baik bahwa para orang tua yang ada di seluruh dunia pasti sudah berusaha dengan sekuat tenaga memberikan yang terbaik untuk buah hatinya. Orang tua pastilah sudah melakukan semua cara dan metode yang terbaik untuk kebahagiaan buah hati mereka. Orang tua tidak tanggung-tanggung untuk mencurahkan segalanya seperti mengorbankan waktu, tenaga, pikiran serta harta mereka.

Terkadang sang buah hati belum memiliki pikiran tentang maksud mengapa orang tua melakukan hal-hal yang mungkin tidak menyenangkan bagi sang buah hati. Hal itu membuat adanya kerenggangan serta ketidakharmonisan dalam hubungan orang tua dengan sang buah hati.

Mau bagaimanapun, sang buat hati haruslah menjaga perilakunya serta tetap menghormati orang tua mereka karena semua hal itu dilakukan untuk kebaikan serta kebahagiaan mereka di masa mendatang. Dari hal tersebut, sang buah hati juga harus memulai untuk mengevaluasi diri mereka mengenai menjaga sikap serta tutur kata mereka terhadap orang tua mereka.

Sang buah hati juga harus bisa melihat semua hal yang sudah diberikan oleh orang tua mereka kepada diri mereka sendiri. Grameds juga pasti sudah tahu betul bukan bahwa menghormati serta memuliakan orang tua sendiri sudah menjadi kewajiban dan keharusan bagi setiap umat beragama.

Tidak ada agama di dunia ini yang tidak memerintahkan pengikutnya untuk tidak menghormati dan menghormati orang tua mereka. Semua agama di dunia pasti memiliki pedoman untuk menghormati dan memuliakan orang tua mereka.

Seperti pada agama Islam, memuliakan serta berbakti kepada orang tua sudah menjadi kewajiban bagi umat muslim. Terlebih lagi untuk ibu yang sudah mengandung, merawat, membesarkan sang buah hati hingga beranjak dewasa. Seorang muslim yang berperilaku buruk kepada orang tua apalagi ibunya hingga membuat orang tua mereka sakit hati akan langsung diberikan azab oleh Allah SWT.

Melihat semua itu, Grameds sebagai buah hati haruslah menghormati orang tua Grameds. Tidak perlu ragu ataupun malu, menghormati orang tua akan dapat membahagiakan hati orang tua. Dengan begitu, orang tua akan merasa senang dan Tuhan akan memberikan bonus pahala kepada kita. Sikap menghormati orang tua dapat diterapkan dengan mengubah beberapa hal kecil, seperti berikut:

1. Mulailah untuk mengubah statement, perasaan, serta pola pikirmu terhadap maksud tindakan yang diberikan orang tua kepadamu meskipun kamu berpikir bahwa itu adalah tindakan dan keputusan yang tidak membuatmu senang.
2. Mulailah untuk mengubah perilaku dan tindakanmu terhadap orang tua, jangan sekali-kali membuat mereka marah, sakit hati, ataupun sedih.
3. Mulailah mendekatkan diri dengan orang tua, dimulai dari memperbaiki komunikasi dengan orang tua.

Beberapa hal kecil tersebut dapat dijabarkan menjadi beberapa cara lain untuk menunjukkan sikap hormat Grameds kepada orang tua Grameds. Berikut ini akan kami sajikan jabaran lain dari cara-cara menghormati orang tua secara lengkap yang dapat Grameds terapkan dalam menghormati kedua orang tuamu.

Cara Menghormati Orang Tua dengan Selalu Bersyukur

Hal pertama yang dapat Grameds lakukan untuk menghormati orang tua Grameds adalah diawali dengan bersyukur. Rasa syukur ini bisa Grameds tunjukan dengan berbagai perilaku yang menggambarkan bahwa Grameds berterima kasih dan selalu menghargai semua yang orang tua berikan kepada Grameds.

Kedua orang tua terutama ibu, tidak hanya mengandung dan melahirkan Grameds saja, kedua orang tua juga berusaha sekuat mereka untuk dapat memenuhi semua kebutuhan serta keinginan dari buah hati mereka dengan selalu merelakan semua waktu serta tenaga mereka. Grameds dapat memberikan rasa hormat kepada kedua orang tua dengan selalu menunjukan bahwa Grameds menghargai semua usaha yang orang tua lakukan untuk Grameds. Hal-hal itu dapat dilakukan seperti berikut.

1. Menyampaikan ucapan atau rasa syukur kepada orang tua secara personal. Ungkapkan semua rasa syukur itu dengan mengucapkan terima kasih kepada orang tua. Katakan bahwa Grameds merasa sangat beruntung memiliki orang tua seperti mereka. Sejatinya semua yang dilakukan orang tua selalu demi kebaikan kita.  Katakan Grameds sangat menyukai semua keputusan dan pemberian yang diberikan orang tua kepada kita.

2. Mulai melakukan semua hal kecil yang bermakna. Grameds bisa melakukan hal-hal sederhana yang sekiranya dapat membantu orang tua, seperti membersihkan dan membenahi dapur, membantu orang tua dengan membuang sampah tanpa harus dimintai bantuan. Dengan beberapa perilaku tersebut, orang tua akan merasa senang dan melihat semua kerja keras Grameds serta menghargai kerja tersebut.

3. Memuji dan mengapresiasi semua hal-hal yang dilakukan orang tua dengan kalimat dan tindakan yang baik. Grameds juga bisa menyusun kalimat-kalimat yang menunjukkan bahwa Grameds mengapresiasi serta menghargai semua pemberian orang tua yang diberikan kepada Grameds.

Grameds bisa mengatakan hal-hal yang sangat sepele seperti saat ibu memasakkan makanan untuk Grameds, lalu Grameds mengatakan untuk memuji bahwa makanan itu enak. Ketika Grameds diberikan hadiah oleh orang tua, Grameds dapat mengatakan bahwa Grameds sangat menyukai hadiah tersebut dan masih banyak lagi.

banner-promo-gramedia

tombol beli buku

Memahami Semua Pendapat Orang Tua Meskipun Berbeda dengan Pendapat Kita

Sikap menghargai perbedaan pendapat ini merupakan sebuah keterampilan yang harus dimiliki untuk dapat menjalani kehidupan, baik di rumah maupun lingkungan pekerjaan. Sebagai seorang anak, Grameds paling tidaknya harus dapat memahami sudut pandang orang tua. Ingat, hal ini bukan berarti Grameds harus mengganti keyakinan dan pendapat Grameds.

Dalam perdebatan akan terjadi sebuah keharmonisan apabila Grameds dapat mengerti maksud serta mampu menerima semuanya dari sudut pandang orang tua kita. Grameds juga harus menanamkan paham bahwa orang tua lahir di zaman yang berbeda dengan kita dan tentunya tidak semua orang tua juga dapat mengikuti perkembangan zaman yang ada.

Menghormati Semua Keputusan yang Dibuat Orang Tua

Semua kebijakan atau keputusan yang diambil oleh orang tua merupakan kebijakan yang mutlak. Mengapa? Tahu tidak tahu, kedua orang tua kita sudah pernah mengalami semua hal di kehidupan mereka, dari yang pasti sampai yang tidak pasti.

Adanya sebuah kebijakan dari orang tua merupakan bentuk dari keputusan yang dibuat berdasarkan pengalaman yang telah orang tua Grameds alami. Dengan adanya fakta tersebut, kita harus dengan bijak memahami bahwa semua keputusan itu berdasarkan pengalaman mereka dan sangat pantas untuk dihargai.

Mengingat Seberapa Besar Kasih Sayang yang Diberikan Orang Tua

Seperti kata pepatah bahwa kasih sayang orang tua abadi sepanjang masa dan tidak terukur seberapa besarnya. Menjadi orang tua berarti mereka sanggup untuk mengandung, melahirkan, merawat, membesarkan, mendidik, membimbing, membantu buah hati mengatasi kesulitan yang mereka hadapi, mengabdikan diri untuk buah hati mereka, serta senantiasa memberikan cinta dan kasih sayang kepada anak-anak mereka tanpa syarat apapun.

Grameds harus dapat merenungkan dan memikirkan semua cinta dan dukungan yang diberikan oleh kedua orang tua Grameds. Hal itu dapat membantu untuk menciptakan rasa hormat dan kasih untuk Grameds.

Mentaati dan Melaksanakan Semua Aturan yang Dibuat Oleh Orang Tua

Grameds yang notabenene  sebagai anak dari kedua orang tua, mungkin ada kalanya akan merasa tidak setuju dan tidak menyukai salah satu aturan dan kebijakan yang diberikan oleh kedua orang tua.

Ada satu hal yang perlu  diingat dan ditanamkan dalam diri, bahwa semua aturan dan kebijakan itu dibuat bukan karena mengasal atau mengarang. Namun kebijakan serta aturan tersebut dibuat berdasarkan semua pertimbangan yang sudah dipertimbangkan oleh kedua orang tua Grameds.

Seperti yang Grameds tahu bahwa aturan sendiri memiliki peran dan tempatnya masing-masing dalam kehidupan manusia. Apabila terdapat salah satu atau lebih aturan yang dilanggar oleh manusia, maka manusia akan mendapatkan konsekuensinya dan terkadang konsekuensi tersebut tak hanya berakibat pada diri sendiri namun juga dapat berdampak pada orang lain.

Jadi dengan memahami serta menerima semua aturan dari orang tua itu menandakan bahwa Grameds menghormati dan menghargai segala keputusan dan pertimbangan yang mereka buat.

Menunjukkan Sikap Sopan Kepada Kedua Orang Tua

Mengenai sopan santun atau yang juga bisa disebut dengan tata krama, tak melulu soal bagaimana posisi garpu yang benar saat diadakan pesta makan. Tata krama ini memiliki artian yang lebih luas daripada itu, adanya tata krama atau sopan santun dalam diri seseorang membuatnya lebih mudah dalam memahami isi hati dan perasaan orang lain.

Oleh karena itu, Grameds sebagai buah hati dari kedua orang tua haruslah menumbuhkan kesadaran untuk selalu bersikap sopan santun dan tunjukan tata krama kepada kedua orang tua.

Memiliki Waktu untuk Bersama dengan Kedua Orang Tua

Ketika Grameds sudah beranjak dewasa, tepatnya pada rentang usia remaja, sebagian besar Grameds tentu sudah memiliki aktivitas serta dunianya masing-masing. Hal itu menyebabkan sebagian besar buah hati yang sudah remaja akan mengalami kekurangan waktu untuk dihabiskan bersama keluarga terutama orang tua. Sebenarnya ini tidak menjadi masalah bagi kedua orang tua, karena mereka secara otomatis bisa mengerti dengan keadaan pertumbuhan buah hati mereka.

Meskipun begitu, coba Grameds pikirkan akan sebahagia apakah kedua orang tua Grameds jika bisa menghabiskan waktu luangnya bersama sang buah hati? Grameds dapat memberikan rasa hormat melalui hal tersebut, yaitu cobalah untuk meluangkan waktu agar dapat berkumpul dan menghabiskan hari dengan orang tua dan keluarga.

Memberikan Segala Kasih Sayang Kepada Kedua Orang Tua

Seperti pada bahasan sebelumnya bahwa Grameds tentu akan mengalami masa pertumbuhan dan mulai beranjak dewasa. Adanya proses pendewasaan tersebut tentu akan secara otomatis mengurangi intensitas Grameds dalam memberikan bentuk kasih sayang kepada kedua orang tua Grameds, seperti memberikan pelukan dan ciuman kepada kedua orang tua.

Tenang, hal itu dapat dilakukan dengan cara lain, yaitu cobalah untuk menunjukkan bahwa Grameds sangat menghormati orang tua, mengakui hal tersebut, serta mengakui jika kedua orang tua sudah membesarkanmu dengan kasih saying mereka.

tombol beli buku

banner-promo-gramedia

Tidak Pernah Menentang dan Menolak Ucapan Orang Tua

Jangan sekali-kali Grameds melakukan hal-hal yang dapat membuat orang tua sakit hati, seperti menentang mereka, membentak mereka, memaki mereka, berbicara kasar kepada mereka, meremehkan mereka, dan masih banyak lagi.

Itu semua adalah sikap-sikap yang sangat tidak baik, dan mungkin membuat Grameds menerima dosa dari Tuhan. Semua perilaku itu dapat memicu adanya permasalah serta konflik dengan kedua orang tua. Grameds harus mulai untuk melatih emosi dan mengendalikan berbagai reaksi buruk yang kemungkinan kalian keluarkan saat sedang diberi nasehat oleh kedua orang tua.

Jika Grameds melakukan kesalahan, segeralah meminta maaf kepada orang tua. Jangan sekali-kali merasa malu untuk meminta maaf dan segeralah menyadari kesalahan  kepada kedua orang tua.

Cara Menghormati Orang Tua dengan Selalu Menjaga Bahasa Tubuh

Dalam menjalin komunikasi dengan orang tua tentu akan lebih banyak menggunakan komunikasi verbal. Dalam menggunakan komunikasi berbicara secara langsung ini, ada beberapa hal yang harus Grameds perhatikan sebelum melontarkan kata-kata kepada orang tua.

Grameds haruslah menjaga intonasi. Tak hanya itu saja, gerakan atau Bahasa tubuh juga sangat mempengaruhi hal ini. Grameds harus dengan pandai tidak menunjukan Bahasa tubuh yang aneh dan tunjukan Bahasa tubuh yang menunjukan bahwa Grameds menghormati orang tua.

Cara Menghormati Orang Tua dengan Selalu Mengajak Orang Tua Berdiskusi

Mulailah untuk membuka diri kepada kedua orang tua dengan mengajak kedua orang tua berdiskusi mengenai keseharian Grameds. Cobalah untuk mulai menceritakannya dari semua aktivitas yang Grameds lakukan. Ceritakanlah hal-hal yang membuatmu bahagia dalam keseharianmu, Grameds juga bisa menceritakan mengenai segala kekhawatiran dan kegelisahan yang Grameds miliki kepada orang tua.

Dengan begitu, orang tua akan merasa sangat bahagia karena mengetahui bahwa buah hati mereka masih membutuhkan mereka dan masih menganggap mereka sebagai kedua orang tuanya.

Orang tua juga akan mengetahui bahwa buah hari mereka masih mempercayai dan mengharapkan adanya masukan dari mereka. Apabila Grameds menerima pendapat yang orangtua berikan, orang tua akan merasa bahwa pendapat mereka masih dihargai dan mereka bisa dijadikan andalan untuk Grameds.

Tidak Pernah Membahas Masa Lalu

Ketika Grameds sedang berdiskusi dan lama-kelamaan menjadi sebuah perdebatan yang panas, ingat! Jangan sekali-kali  tersulut emosi dan mengambil tindakan impulsive untuk membahas hal-hal yang dapat menyulut emosi orang tua.

Jangan sekali-kali mengungkin atau membahas masa lalu yang sekiranya kelam untuk Grameds dan malah menjadikan alasan Grameds untuk marah. Cobalah untuk memfokuskan diri pada subjek apa yang kalian diskusikan dan cobalah untuk mencari cara agar dapat mengatasi suatu permasalahan tersebut.

Setelah mengetahui beberapa cara menghormati orang tua, tentu Grameds harus menerapkannya, ya! Jangan cuman dibaca aja, tapi juga harus diterapkan dalam kehidupan Grameds sehari-hari.

tombol beli buku

Tips Menghormati Orang Tua

Nah, gak cuman cara-caranya aja nih. Kami juga akan memberikan beberapa tips yang mungkin bisa menyempurnakan cara-cara menghormati orang tua yang kami berikan.

banner-promo-gramedia

1 Tunjukan rasa hormat dan menghargai kepada orang tua meskipun Grameds tidak dekat dengan kedua orang tua.

2. Cobalah untuk memberikan hadiah kepada orang tua, dapat berupa camilan atau hadiah kecil-kecilan meski tidak di hari yang spesial.

3. Menanamkan paham bahwa orang tua juga manusia biasa yang tidak sempurna dan juga dapat membuat kesalahan.

4. Selalu ingat bahwa Grameds masih memiliki kedua orang tua yang senantiasa menyayangi Grameds hingga kapanpun. Dengan begitu, perlakukan kedua orang tua dengan semua perlakuan spesial yang dapat Grameds berikan kepada kedua orang tua Grameds.

5. Tip ini untuk Grameds dan kedua orang tua bahwa ingat, tetaplah hidup sampai kapanpun. Jangan sekali-kali memiliki keinginan untuk mengakhiri hidup Grameds sekalipun berada pada situasi yang sulit. Grameds bisa menunjukan rasa hormat dan menghargai kedua orang tua dengan menghargai semua usaha mereka dalam membesarkan Grameds dan mempertahankan hidup Grameds.

Nah, itulah beberapa cara serta tips yang harus Grameds terapkan dalam menghormati dan menghargai orang tua. Sejatinya, menghormati orang tua bukanlah hal yang harus dibuat menjadi sebuah tutorial, karena menghormati serta berbakti kepada kedua orang tua adalah sebuah kewajiban dan datangnya dari diri sendiri, ikhlas tanpa paksaan.

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Lely Azizah