in

8 Cara Memainkan Gitar Dengan Benar Untuk Para Pemula

Untuk Anda yang baru saja ingin belajar gitar dan mungkin memiliki kendala tentang bagaimana cara memainkan gitar yang benar. Maka artikel kali ini akan sangat membantu Anda untuk mulai belajar memainkan gitar dengan cara yang tepat.

Tak bisa kita sangkal bahwa memainkan gitar memang membutuhkan teknik supaya suara yang dihasilkan benar-benar serasi dengan dentingan suara alat musik lain. Apabila tidak demikian, maka dapat dipastikan bahwa suara petikan gitar yang dihasilkan tidak akan bisa memberikan kenyamanan bagi siapa saja yang mendengarnya.

Bahkan tidak jarang, kita akan menjadi malas untuk memainkan gitar karena melodi yang dihasilkan tidak sesuai dengan apa yang kita inginkan. Sebenarnya, hal itu bukan hanya terjadi pada alat musik gitar saja, namun setiap alat musik juga memerlukan hal itu. Kita tahu bahwa di dunia musik, alat musik mempunyai caranya sendiri untuk bisa memainkannya. Dengan alasan itulah, kita tidak bisa menyangkal bahwa cara bermain gitar dan alat musik lainnya memang membutuhkan teknik yang berbeda-beda.

Cara Memainkan Gitar Untuk Pemula

Untuk yang Anda yang ingin belajar bermain gitar, baik itu gitar listrik, gitar akustik, ataupun gitar klasik, setidaknya akan ada dua cara sederhana yang dapat dilakukan supaya suara yang dihasilkan sesuai dengan apa yang Anda inginkan.

Cara bermain gitar yang pertama yaitu dengan memetik setiap senar satu per satu dengan memakai ibu jari. Meskipun cara yang satu ini sudah sangat populer atau umum, tapi untuk hasilnya sendiri kurang efektif. Sebab, di dalam praktiknya, semua jari dapat digunakan dan setiap jari tangan dapat menentukan kualitas suara petikan yang akan Anda peroleh.

Cara bermain gitar yang kedua yaitu dengan menggunakan lima jari tangan. Meskipun memakai lima jari, tapi ketika Anda bermain gitar, maka kebanyakan hanya akan menggunakan empat jari saja. Jumlah jari yang dipakai itu sendiri tidak mengikat atau tidak ada aturan khusus, karena memang setiap lagu mempunyai ritme yang berbeda yang mana akan sangat berpengaruh pada beberapa jari yang dipakai untuk memetik gitar disebut.

Sementara itu, ada yang lebih penting untuk diperhatikan selain dua cara bermain gitar yang sudah kita bahas di atas. Salah satunya yaitu ketekunan, latihan yang serius, dan juga konsentrasi. Ketiganya merupakan hal yang sangat penting untuk dimiliki oleh setiap pemain pemula. Kemudian, belajar memainkan gitar juga tidak dapat dilakukan dalam sekejap atau dalam waktu yang singkat saja. Anda perlu rutin latihan secara berulang dan yang lebih penting yaitu jangan terburu-buru ketika sedang belajar memainkan gitar.

Alangkah lebih baik, untuk Anda yang ingin cepat mahir memainkan gitar, maka Anda perlu membuat sebuah jadwal yang dikhususkan untuk belajar memainkan gitar. Misalnya, atur waktu selama dua jam setiap harinya untuk belajar lebih dalam tentang bagaimana cara bermain gitar dengan benar.

kamus chord gitar dan keyboard - cara memainkan gitar

Cara Memainkan Gitar Dengan Benar

Cara bermain gitar yang benar agar cepat mahir yaitu dengan menggunakan kelima jari tangan. Dimana cara tersebut sudah populer digunakan oleh banyak pemula. Banyak juga yang beranggapan bahwa menggunakan lima jari tangan untuk memetik senar gitar sangat efektif dan banyak dilakukan oleh gitaris yang sudah profesional. Namun, untuk Anda yang masih pemula dalam memainkan gitar, berikut ini adalah beberapa langkah sederhana yang bisa Anda lakukan untuk mulai belajar memainkan gitar.

1. Memetik Menggunakan Dua Jari

Letakkan ibu jari dan jari tengah sebagai bass, kemudian jari kelingking sebagai petikan melodi. Setelah itu, lakukan petikan tersebut secara terus-menerus sampai cara tersebut Anda bisa kuasai.

2. Penempatan Jari Tangan

Sebelum mencoba memainkan gitar, usahakan Anda mengetahui pasti dimana jari tangan ditempatkan ketika akan memetik gitar. Apabila Anda salah menempatkan jari, maka dapat dipastikan bahwa Anda tidak dapat memperoleh melodi yang pas dan merdu.

3. Terapkan Chord Gitar

Supaya Anda dapat menciptakan melodi yang enak didengarkan, maka Anda harus mengetahui cara bermain gitar yang baik dan benar. Memahami chord gitar adalah salah satu hal penting yang harus Anda miliki pertama kali. Alangkah lebih baik, Anda mengawalinya dengan menghafalkan beberapa chord dasar gitar seperti C, D, E, F dan lain sebagainya.

4. Setelan Sebelum Memainkan Gitar

Langkah pertama yang harus Anda pahami sebelum memainkan gitar adalah mengetahui nama-nama senar, mulai dari atas hingga yang paling bawah. Urutannya sendiri yaitu E, A, D, G, B, dan terakhir E. Setelah mengetahui hal tersebut, langkah berikutnya yang perlu dipahami adalah atur tuner (yakni putaran yang ada di kepala gitar) sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika Anda menginginkan nada yang tinggi, maka kencangkan senar gitarnya. Namun jika Anda menginginkan nada yang rendah, maka putar tunernya hingga senar sedikit mengendur dengan benar.

Kencang atau kendurnya senar gitar akan sangat berpengaruh pada nada yang dihasilkan. Tepat atau tidaknya nada yang dihasilkan dapat Anda ketahui sendiri bila sudah terbiasa mendengarkannya. Untuk awalan, Anda dapat meminta bantuan teman ataupun orang yang sudah mahir memainkan gitar untuk mengajarkan bagaimana cara tuning yang tepat. Usahakan Anda hanya minta bantuan sekali saja. Hal ini bertujuan agar Anda tidak ketergantungan dengan bantuan teman dan mulai belajar untuk tuning sendiri.

belajar chord gitar - cara memainkan gitar

belajar chord gitar - cara memainkan gitar

5. Belajar Melodi

Untuk para pemula yang sedang berlatih mengenai cara memainkan gitar petikan untuk pemula, tahap yang satu ini adalah bagian yang paling sulit untuk dilakukan. Pada tahap ini, Anda akan mulai belajar melodi dan membaca not. Berikut ini adalah tiga langkah cara memainkan gitar petikan untuk para pemula, antara lain:

a. Ketahui melodi gitar dengan cara membaca tabulasi. Tabulasi sendiri merupakan proses menempatkan sebuah data ke dalam bentuk tabel yang berisi not-not untuk mempermudah Anda dalam belajar melodi.
b. Pahami scale, dimana ini merupakan cara mencari melodi yang ada di dalam lagu. Jika Anda sudah memahami tentang scale, maka Anda akan lebih mudah untuk menebak melodi yang ada di dalam sebuah lagu. Scale yang paling umum dan cukup mudah dipahami yaitu pentatonic scale.
c. Jika Anda sudah mengenai tabulasi dan juga scale, maka tahap terakhir yang perlu Anda pahami terkait cara memainkan gitar yaitu belajar berimprovisasi. Cara bermain gitar petikan ini memerlukan feeling yang bagus, insting, dan juga pendengaran yang kuat. Anda dapat melatihnya dengan mendengarkan lagu, lalu susun nada yang sesuai dengan alur yang ada di dalam satu melodi.

Tahapan yang satu ini memang cenderung lebih sulit. Proses yang paling penting dalam memainkan gitar untuk pemula di bagian melodi adalah skill, feeling, dan juga improvisasi dalam menghubungkan not demi not. Jadi, jika Anda sudah menguasai hal tersebut, maka Anda sudah bisa menciptakan harmoni yang indah.

6. Rutin Bermain Gitar

Dengan rutin menekan senar pada fret ataupun logam tegak lurus yang ada di leher gitar merupakan salah satu cara memainkan gitar petikan untuk para pemula. Pastikan bahwa Anda hanya merasakan getaran pada jari yang menekan senar saja. Kemudian setelah itu Anda bisa memulai memainkan kunci dasar. Pilih yang paling mudah sulu, misalnya dengan berlatih menggunakan kunci A, tapi jangan asal genjreng ya. Usahakan Anda bisa menghasilkan nada yang jernih dan merdu. Jika cara tersebut berhasil, dimana Anda bisa memainkan satu kunci dengan jernih, maka Anda bisa beralih untuk memainkan kunci yang lain.

Ulangi cara tersebut secara rutin untuk memainkan kunci-kunci yang lain. Jika Anda sudah bisa semua kunci, jangan langsung terburu-buru untuk memainkan sebuah lagu. Cobalah untuk berlatih lagi selama beberapa waktu agar semakin hafal dimana letak kuncinya dan jari Anda semakin lihai dalam memetik gitarnya.

7. Belajar Dengan Lagu yang Mudah

Supaya tidak merasa bosan saat sedang mempraktikkan cara memainkan gitar, Anda bisa memilih satu lagu dengan kunci yang mudah atau dengan menggunakan kunci dasar. Apabila Anda sudah menguasai satu lagi, selanjutnya Anda akan lebih mudah dalam memahami cara memainkan gitar yang benar. Belajar lagu pertama dalam proses belajar memainkan gitar merupakan momen yang paling penting untuk para pemula. Akan sangat menyenangkan untuk bisa bermain gitar dengan lagu yang Anda suka dan memotivasi Anda untuk terus belajar.

8. Berlatih Intonasi dan Irama

Di tahap yang satu ini, Anda harus menggunakan perasaan Anda. Hal itu bertujuan untuk mengetahui intonasi dan juga irama petikan gitar dengan tepat. Memang tahapan ini perlu banyak belajar dan menggunakan perasaan. Oleh karena itu, cobalah untuk bermain menggunakan lagu yang lambat terlebih dulu. Andalkan petikan yang sama dan juga berulang. Kemudian, Anda juga bisa mencobanya sampai lancar dan baru pindah ke lagu lain jika lagu tersebut sudah Anda kuasai. Dari situlah perasaan Anda akan diuji dalam memainkan sebuah lagu menggunakan petikan gitar.

Demikian penjelasan mengenai beberapa cara memainkan gitar untuk para pemula yang bisa Anda terapkan. Jangan pernah bosan untuk terus belajar agar Anda cepat mahir memainkan gitar. Selamat mencoba.



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Lely Azizah