in

Buku Tentang Public Speaking Terbaik

Buku Tentang Public Speaking – Apakah Grameds sedang mencari referensi buku tentang public speaking? Berbicara di depan umum memang jadi skill tertentu yang perlu dikuasai seseorang. Misalnya seorang guru, pemimpin, atau profesi yang berkaitan dengan public speaking seperti host, presenter, pendakwah, dan sebagainya. Cara kita berbicara di depan umum tentu perlu diperhatikan karena selain menimbulkan kesan juga berpengaruh pada pemahaman apa yang kita sampaikan di depan umum.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat melakukan public speaking, misalnya mengontrol rasa grogi atau nervous, penekanan suara, dan sebagainya. Jika Grameds membutuhkan referensi buku tentang public speaking, baik untuk berpidato, dakwah, mengajar, atau berbicara di depan umum lainnya, bisa coba belajar skillnya lewat rekomendasi buku berikut ini:

Rekomendasi Buku Tentang Public Speaking

Public Speaking Seni Berbicara

Buku Public Speaking Seni Berbicara yang ditulis Wahyu Siswanto berisi banyak gambaran tentang hal- hal apa saja yang perlu dipersiapkan sebelum melakukan Public Speaking.  Buku ini menunjukan sebuah upaya seseorang untuk berbicara dengan tujuan mempengaruhi, mengajak, mendidik, mengubah opini, memberikan penjelasan, dan memberikan informasi public dengan baik dan mengesankan. Selain itu buku ini juga membahas tentang persiapan dan skema variasi dalam melakukan public speaking dengan rinci dan lengkap.

tombol beli buku

Lancar Berbicara: Practical Public Speaking With EFT Emotio

Buku tentang public speaking yang ditulis M. Heri Susilo menjelaskan bahwa berbicara adalah bentuk komunikasi untuk menyampaikan pesan atau informasi kepada orang lain. Komunikasi ini menjadi hal yang sangat penting untuk menghadapi tantangan di masa depan.

Bahkan bisa dikatakan bahwa semua aspek kehidupan yang kita jalani ini akan semakin bermakna  untuk sebuah kesuksesan. Namun, faktanya, berbicara di depan umum (public speaking) bukanlah hal yang mudah dilakukan seperti berbicara biasa atau mengobrol dengan beberapa orang.

Ada beberapa tantangan yang perlu Grameds lewati demi kualitas berbicara yang semakin meningkat. Buku ini akan membantu Grameds yang menemukan masalah saat berbicara di depan umum atau berbicara dengan orang baru, seperti sering gemetar, takut, kurang percaya diri, dan grogi.

Masalah tersebut menunjukan kemampuan berbicara Grameds masih belum matang dan seni berbicaranya belum terbentuk dengan sempurna. Grameds bisa menemukan strategi jitu untuk menyempurnakan kemampuan berbicara tersebut di dalam buku ini.

Menggunakan metode Emotional Freedom Techniques atau EFT, Grameds akan dibimbing dengan bahasa yang inspiratif dan lebih lugas sehingga mampu menemukan keberanian dan rasa percaya diri untuk berbicara di segala situasi dan kondisi.

Bahkan Grameds bisa menemukan solusi untuk mengatasi kekurangan dan keadaan yang tidak terduga saat berbicara. Selain itu, dengan metode EFT, akan memunculkan motivasi dalam diri seseorang, sehingga bisa menumbuhkan kapasitas kemampuan berbicara yang akan semakin meningkat.

tombol beli buku

Powerfull Public Speaking

Buku Powerfull Public Speaking yang di Widayanto Bintang terdiri dari tiga bagian utama. Pada tiga bagian tersebut membahas tentang bentuk dan cara individu untuk masuk dalam situasi komunikasi kelompok.

Perlu Grameds ketahui bahwa komunikasi yang baik adalah memiliki kekuatan kepercayaan diri, sistematis, dan bisa memiliki power alias bisa mempengaruhi audience atau lawan bicaranya. Teknik- teknik berbicara yang ditampilkan dalam buku ini sangat sederhana, namun bersifat aplikatif bagi pembaca pemula sekalipun.

Teknik- teknik tersebut dibahas dari praktek langsung, yakni training- training yang pernah dilakukan oleh penulis dan diambil pengalaman penulis selama lima tahun terakhir sebagai seorang trainer. Kelebihan isi buku ini adalah menampilkan teknik yang mudah diterapkan dalam sesi public speaking atau dalam sebuah profesi yang membutuhkannya.

tombol beli buku

Cepat Dan Mudah Lancar Public Speaking

Aba Mehmed Agha menulis buku yang berisi tentang Public speaking atau berbicara di depan public yang sekarang sudah menjadi satu keahlian yang harus dimiliki oleh setiap orang. Public speaking sudah jadi kebutuhan, seperti kadang dituntut untuk berbicara di hadapan orang banyak, entah saat presentasi, rapat, di sebuah acara pesta, menjadi pembawa acara, dan lain- lain. Jika Grameds tidak mengetahui bagaimana cara public speaking yang baik dan benar, apa saja persiapannya maka akan menimbulkan masalah.

Tersusun secara sistematis dan jelas, buku ini memberikan penjelasan tentang public speaking yang perlu Grameds ketahui secara mendasar. Buku ini juga disertai dengan tips and trik untuk mengatasi hambatan yang mungkin saja terjadi saat melakukan public speaking, seperti rasa takut saat berbicara di depan umum.

Materi yang ada dalam buku Cepat Dan Mudah Lancar Public Speaking adalah Sejarah public speaking, Teori public speaking, Fungsi public speaking, Teknik menyusun dan menyampaikan pidato, Teknik memperkuat pesan pidato, Strategi berbahasa dan perilaku dalam berpidato, Mengatasi ketakutan public speaking, dan Pidato dalam situasi dan kesempatan khusus.

tombol beli buku

Jangan Minta Maaf: Publick Speaking And Communication Skills

Menurut Donny Perdana de Keizer kemampuan berbicara di depan umum atau public speaking perlu dimiliki oleh setiap orang, meskipun mereka mungkin saja bekerja di luar profesi yang membutuhkan kemampuan berbicara tersebut.

Kemampuan ini dapat membuat seseorang bisa menyampaikan ide yang terkurung di dalam pikiran nya dan dapat mempresentasikan pemikiran tersebut secara lisan yang luar biasa. Sebagian orang mungkin mampu berkomunikasi secara tulisan saja, namun konsep secara oral tidak bisa dituangkan secara baik.

Hal tersebutlah yang menunjukan bahwa nilai komunikasi makin terasa dalam public speaking, seperti pemilihan kata yang tepat, cara penyampaian yang powerful, dan intonasi yang pas karena biasanya publik akan terlebih dulu menilai cara penyampaian dibanding isi pesan atau informasi yang dibawakan. Hal – hal tentu tidak mudah dilakukan dan perlu dipelajari untuk menguasai teknik public speaking yang baik, maka buku ini menjelaskan secara mendetail tentang hal tersebut.

Buku ini kan membantu Grameds mengetahui latar kondisi lingkungan atau acara di mana akan berbicara, keefektifan kata yang digunakan, sikap yang diambil ketika melakukan kesalahan, sampai ekspresi yang tepat saat menyampaikan kepada audiens atau lawan bicara. Intinya, sebelum Grameds menyampaikan sesuatu di depan umum, buku ini akan mengajarkan bagaimana seseorang terlebih dulu “menjual dirinya” agar lawan bicara tertarik dan bisa menyampaikan informasi berjalan lancar. Dengan kemampuan public speaking yang mumpuni akan berdampak pada kesuksesan hidup di masa depan.

tombol beli buku

Public Speaking For Success

Buku Public Speaking yang ditulis Haryanto Kandani dkk membahas tentang seni berbicara di depan umum yang bisa dikuasai oleh semua orang dengan kalangan dan latar belakang manapun. Apa pun kondisi yang sedang Grameds hadapi tidak perlu pesimis terlebih dahulu.

Lawan rasa grogi ataupun takut yang berlebihan tersebut yang justru akan membuat kita sangat terganggu dan tidak percaya diri tampil di depan umum. Jika Grameds masih merasa sulit untuk berani berbicara di depan umum maka Grameds bisa mempelajari buku ini.

Buku ini menunjukan bahwa public speaking bisa dipelajari dan dilakukan oleh siapa saja. Dalam buku ini Gramed akan menemukan jawaban dari pertanyaan berikut ini: apakah public speaking hanya dapat dilakukan oleh sebagian orang saja?

Apakah berbicara di depan umum perlu memiliki pengetahuan yang luas ataukah berpenampilan menarik? Buku ini memang khusus ditulis untuk para pembaca yang ingin mempelajari Public Speaking, dari A sampai Z, alias sangat lengkap dan jelas.

tombol beli buku

Public Speaking For Transformational Leadership

Menurut Ricky Arnold Nggili saat ini banyak para pemimpin yang menggunakan kemampuan public speakingnya sebagai kekuatan untuk mempengaruhi banyak orang . Hal tersebut tentu terlepas dari apa yang diucapkan, baik kebenaran atau tidak, fiksi atau nonfiksi, asumsi atau opini kosong, maka mereka akan tetap memberikan pengaruhnya lewat public speaking tersebut. Buku ini akan menampilkan bentuk integritas antara kualitas diri seorang public speaker, tujuan yang ingin dicapai lewat berbicara, dan konten dalam pesan yang disampaikan.

Sesuai dengan judulnya, buku ini memang lebih focus membicarakan tentang public speaking seorang leader atau pemimpin transformasional, yakni mereka yang mampu mempertanggungjawabkan kualitas integritas kepemimpinan dalam dirinya dengan kualitas kompetensinya melalui public speaking.

Seorang pemimpin perlu berbicara dan berjalan sesuai dengan karakter serta tujuan keberadaannya. Karakter dan tujuan tersebut adalah sebuah garis lurus yang saling mendukung untuk menciptakan perubahan dalam aktivitas pekerjaan.

Dalam buku ini Grameds akan menemukan penjelasan tentang kemampuan public speaking yang bisa menjelaskan visi yang akan dicapai, tindakan yang direncanakan, dan bentuk pengaruh yang bisa jadi inspirasi yang kuat. Keterampilan public speaking ini bisa menempatkan seseorang yang biasa-biasa saja bisa menjadi orang yang luar biasa. Buku ini membahas dengan jelas cara mengembangkan dan membentuk karakteristik pemimpin transformasional yang memiliki public speaking yang baik.

tombol beli buku

Public Speaking Mastery In Action

Ongky Hojanto mengungkapkan bahwa menjadi public speaker andal memerlukan latihan terus-menerus dan juga diimbangi dengan evaluasi secara berkala untuk meningkat keefektifan berbicara di depan umum. Bentuk praktik public speaking yang baik akan menemukan celah- celah kegagalan dan membentuk keberhasilan yang akhirnya bisa mengasah kemampuan kita dalam berbicara. Buku ini Public Speaking Mastery In Action berisi rangkuman pembelajaran Ongky Hojanto selama karirnya dalam bidang training dan public speaking.

Buku tentang public speaking ini tidak hanya membahas menghindari ketakutan tampil, namun juga mempelajari teknik- teknik berbicara, seperti cara menjawab pertanyaan audiens, menghindari lupa akan topik pembicaraan, menutup acara, sampai referensi belajar dari cara pidato para tokoh yang keren seperti Obama dan Soekarno. 64 artikel ringkas yang ada dalam buku ini adalah bentuk jalan pintas yang bisa Grameds lakukan jika ingin segera jago dalam hal public speaking.

tombol beli buku

My Public Speaking

Buku My Public Speaking adalah buku yang ditulis Hilbram Dunar berdasarkan pengalamannya selama dua belas tahun saat menjadi seorang public speaker. Bermula dari penyiar di MS Tri FM, karier Hilbram pun melejit dan berhasil membawanya menjadi seorang penyiar di sejumlah radio ternama di Indonesia, seperti Hard Rock FM, Cosmopolitan FM, dan Motion FM. Selain itu Hilbram juga menjadi host di program yang tayang di SCTV, Global TV, RCTI, Trans TV, TVRI, TV One, O Channel, dan Metro TV.

Buku ini memberikan kiat jitu agar Grameds bisa memiliki kemampuan public speaking yang tepat. Jadi apa pun jenis acaranya, seperti mengawal seminar, menjual suatu produk, atau menginformasikan berita, Grameds bisa tampil maksimal dengan penggunaan teknik- teknik yang benar. Ada beragam tips yang dikemukakan Hilbram dalam buku ini yang bisa Grameds pelajari untuk melatih kreativitas, mengatur grogi, dan mengenali audience dengan tepat.

Selain kemampuan berbicara, buku My Public Speaking juga membahas tentang cara bertanya, menjawab, hingga penggunaan bahasa tubuh yang meyakinkan lawan bicara. Lebih menariknya lagi Hilbram juga berbagi teknik menjadi pembawa acara televisi, penyiar radio dan master of ceremonies dan bab ekstra tentang Berkarier di Dunia Hiburan.

tombol beli buku

Cara Sukses Public Speaking

Buku yang ditulis Arisatya Yogaswara membahas tentang Berbicara di depan publik yang merupakan kebutuhan setiap manusia, baik dalam keadaan suka maupun tidak suka. Cepat atau lambat, seseorang akan mengahadapi situasi di mana ia dipaksa untuk berbicara di depan umum. Seperti yang kita ketahui bahwa berbicara di depan umum tidak bisa dianggap remeh. Dalam praktiknya, public speaking sangat berpengaruh untuk keberlangsungan karir dan kesuksesan.

Sayangnya, tidak semua orang memiliki kemampuan dan keberanian untuk berbicara di depan umum, bahkan berdasarkan survei tahun 2016, hampir sepertiga orang di Amerika Serikat sepakat bahwa public speaking lebih mengerikan daripada kematian. Grameds tidak perlu khawatir karena ada buku Cara Sukses Public Speaking ini yang disusun oleh penulis berpengalaman bertahun-tahun dalam bicara di depan umum.

Buku ini memberikan penjelasan tentang bagaimana cara berbicara dengan baik di depan orang banyak dalam kondisi apapun.  Selain itu, buku ini juga dilengkapi dengan dua bonus bab yang akan membantu Grameds menjadi pembicara yang handal.

tombol beli buku

Buku Pintar Bahasa Tubuh dan Public Speaking Untuk Guru

Jika Grameds adalah seorang guru yang baru menjalankan profesinya di dunia pendidikan maka cocok membaca buku ini sebagai referensi melatih public speaking dalam mengajar. Buku yang ditulis Damayanti ini menyuguhkan pembelajaran untuk guru agar menjadi idola bagi siswanya. Lewat pembelajaran bahasa tubuh atau body language dan public speaking, buku ini mengantarkan seorang guru menjadi seseorang yang ditunggu dan diharapkan oleh para siswa untuk mengajar.

Kemampuan bahasa tubuh (body language) dan public speaking yang baik akan sangat mempengaruhi keefektifan jalannya pembelajaran bagi siswa. Jadi public speaking memang sangat perlu dikuasai oleh seorang guru untuk menjalankan tugasnya sebagai tenaga pengajar. Bahkan siswa kan cenderung terpengaruh dengan cara mengajar guru di depan kelas untuk hasil dan ketertarikan dalam belajar.

Buku ini adalah pemaparan mendetail tentang apa itu body language dan public speaking. Dalam buku ini Grameds juga akan menemukan jawaban dari pertanyaan apa saja yang harus dikuasai, bagaimana cara menguasai, bagaimana cara mengorganisir materi, kriteria seperti apa agar menjadi public speaker andal, dan lain- lain. Buku ini juga berisi tips menjadi guru idola dengan mengamati dan memahami bahasa tubuh siswa dan juga menjadi seorang yang memukau dengan memahami public speaking.

tombol beli buku

Nah, itulah daftar rekomendasi buku tentang public speaking yang bisa Grameds baca untuk meningkatkan skill berbicara di depan umum. Apakah ada buku yang tertarik untuk Grameds baca? Selain membaca buku, Grameds juga perlu memperhatikan secara langsung teori atau materi yang ada di dalam buku tersebut. Grameds juga bisa memperoleh referensi buku tentang public speaking lainnya di www.gramedia.com. Selamat belajar. #SahabatTanpabatas

Written by Lala Nilawanti