in

Buku Tentang Metode Penelitian Berbagai Macam Analisis Terbaik

Buku Tentang Metode Penelitian Berbagai Macam Analisis Terbaik –  Apakah Grameds sedang mencari referensi buku tentang metode penelitian? Tepat sekali, jika Grameds sedang mempersiapkan karya ilmiah, akan menyusun skripsi, disertasi, atau melakukan penelitian lainnya pasti membutuhkan literatur buku tentang metode penelitian.

Perlu Grameds ketahui bahwa metode penelitian akan menyesuaikan dengan kajian keilmuan apa yang akan kita teliti. Namun pada dasarnya metode penelitian dibagi menjadi dua, yakni metode penelitian kualitatif dan kuantitatif yang masing-masing metodenya akan menyesuaikan dengan kajian ilmu tertentu. 

Misalnya metode penelitian sosial akan berbeda dengan metode penelitian hukum, meskipun sama-sama menggunakan metode penelitian kualitatif. Secara umum metode penelitian memiliki prinsip dan ketentuan yang hampir sama dalam beberapa bidang keilmuan, yakni memperoleh hasil penelitian yang paling akurat. Berikut ini daftar rekomendasi buku tentang metode penelitian, mulai dari yang dasar sampai metode penelitian yang lebih spesifik pada kajian ilmu tertentu:

Rekomendasi Buku Tentang Metode Penelitian

Metode Penelitian Dalam Implementasi Ragam Analisis

Buku tentang metode penelitian yang ditulis Umi Narimawati dkk ini adalah salah satu buku yang bisa dijadikan tuntunan untuk melakukan analisis dalam riset kuantitatif. Secara keseluruhan, buku ini lebih fokus pada pembahasan bentuk prosedur-prosedur analisis dalam riset kuantitatif yang sifatnya lebih popular.

Penulis menyusun buku ini bertujuan untuk memberikan para pembacanya, terutama mahasiswa atau para praktisi di bidang penelitian berupa pengetahuan, wawasan, dan pemahaman tentang berbagai jenis alat analisis. 

Dalam buku ini, peneliti bisa memilih alat analisis yang tepat dalam pengolahan data sesuai dengan tujuan penelitian yang akan dilakukan dan bisa memahami teori- teori tentang ragam analisis sehingga bisa menggunakan metode penelitian yang paling tepat. Selain itu, buku ini juga cocok dijadikan sebagai bahan referensi mata kuliah Metode Penelitian sebagai pengantar.

tombol beli buku

Kupas Tuntas Metode Penelitian

Jika Grameds masih merasa kebingungan tentang apa yang harus dilakukan pada tahap penelitian, maka bisa baca buku Kupas Tuntas Metode Penelitian yang ditulis Fairuzul Mumtaz ini.  Buku ini cocok dipelajari untuk peneliti pemula yang sangat wajar mengalami kesulitan saat melakukan penelitian, apalagi penelitian tersebut untuk kali pertamanya atau belum memiliki pengalaman penelitian sebelumnya. Itulah sebabnya seorang peneliti membutuhkan panduan yang cukup komprehensif mulai penelitian hingga praktik teknis penulisan.

Kehadiran buku ini disusun untuk membantu para peneliti, baik pemula maupun profesional dalam mempermudah mendefinisikan, mengonsep, merencanakan, sampai melakukan praktik penulisan laporan penelitian yang tepat.

Tidak hanya untuk kebutuhan ilmiah akademik, buku tentang metode penelitian ini juga dibuat untuk penelitian-penelitian praktis untuk lembaga yang Lebih luas. Buku ini cukup memberikan gambaran kepada pembaca tentang bagaimana menjadikan penelitian abal- abal, melainkan memberikan jawaban atas pertanyaan bagaimana cara membuat penelitian yang lebih berkualitas dan berbobot.

tombol beli buku

Metode Penelitian

Buku Metode Penelitian yang ditulis Nazir berisi pengetahuan tentang metode penelitian yang menjadi perangkat yang penting bagi mahasiswa atau para praktisi yang sedang melakukan penelitian keilmuan tertentu.

Apalagi buku tentang metode penelitian ini belum banyak diterbitkan di Indonesia dengan kualitas yang baik. Dalam buku ini penulis memberanikan diri untuk menyusun buku sederhana tentang metode penelitian yang bisa digunakan sebagai buku teks oleh mahasiswa maupun sebagai buku referensi bagi peneliti- peneliti pemula.

banner-promo-gramedia

Secara keseluruhan isi buku ini adalah materi tentang metode, prosedur, dan teknik penelitian yang biasa dipergunakan untuk penelitian ilmu sosial maupun ilmu natura. Penjelasan-penjelasan dalam buku ini diarahkan untuk memberikan pemahaman tentang teori dan terapan pada mahasiswa dan peneliti pemula dalam memecahkan masalah terkait penelitian, terutama dengan pendekatan ilmiah.

Jadi buku ini lebih menekankan pada pengertian tentang metode ilmiah serta hubungannya dengan desain dan metodologi untuk memecahkan masalah pada penelitian, yakni jenis- jenis metode penelitian yang lazim atau sering digunakan.

tombol beli buku

Metode Penelitian Kualitatif Dan Mixed Method

 

Buku yang ditulis Seto Mulyadi muncul karena adanya kesadaran bahwa buku tentang Metode Penelitian Kualitatif dan Mixed Method belum banyak diterbitkan, terutama di Indonesia. Arus utama atau layaknya Main Stream penelitian yang dilakukan mahasiswa dan dosen-dosen Fakultas Psikologi masih menggunakan metode kuantitatif pendekatan paradigma positivisme.

Sedangkan masalah-masalah manusia, sosial dan budaya sudah tidak relevan lagi jika  dibahas menggunakan pendekatan pola pikir dalam ilmu-ilmu alam atau eksakta secara positivismenya. 

Bentuk masalah-masalah manusia, sosial dan budaya sebenarnya lebih tepat jika berorientasi dengan cara mencari makna di balik fenomena dan bagaimana bentuk makna tersebut bisa mempengaruhi fenomena-fenomena yang lainnya. Itulah sebabnya lebih tepat jika menggunakan pendekatan paradigma konstruktivisme dibandingkan pendekatan Paradigma Positivisme.

Seorang peneliti atau mahasiswa dari program Doktor ilmu- ilmu sosial, kemanusiaan dan budaya saat ini lebih cenderung menggunakan metode mixed method karena dianggap menjadi metode yang saling melengkapi (mixed method) dari kelemahan yang dimiliki metode ditutup. 

Selain itu metode mixed method dua jenis ini dapat mencapai tujuan, yakni mendapatkan makna di balik fenomena dan menjelaskan bagaimana makna tersebut dapat memengaruhi fenomena atau perilaku manusia bisa dihasilkan menggunakan metode kualitatif.

Sedang apa yang ditemukan menggunakan metode kualitatif adalah bentuk makna di balik fenomena tersebut yang bisa diberlakukan untuk informan yang lebih luas lagi. Itulah sebabnya memerlukan pemanfaatan metode kuantitatif yang mempersyaratkan bentuk responden yang banyak karena metode kuantitatif menegakkan prinsip generalisasi.

tombol beli buku

Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan Penelitian Gabungan

Menurut Muri Yusuf dkk penyelidikan ilmiah perlu ditumbuh kembangkan dengan baik. Buku ini bisa menjawab pertanyaan yang lahir dari fenomena dan masalah yang ada dalam kehidupan sosial, yakni dicarikan cara melalui kajian ilmiah.

Dengan mencari pemecahan masalah melalui karya ilmiah memerlukan keterampilan dan pemahaman secara konseptual yang matang. Leat buku ajar (textbook) ini dapat mempertegas tentang penelitian (research) sebagai bentuk sistem yang terintegratif. 

Artinya ketepatan hasil penelitian bukan hanya ditentukan oleh satu aspek saja, melainkan dipengaruhi oleh berbagai faktor, baik di dalam maupun di luar objek penelitian tersebut. Dengan menyadari kaidah sistematika tersebut, maka Grameds perlu menyajikan kajian dan pembahasan tentang Metode Penelitian ini secara konseptual yang baik.

Buku ini bisa membantu Grameds memahami hal tersebut dengan menunjukkan pembahasan tentang metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan penelitian gabungan. Referensi utama dari buku Metode Penelitian terangkum dalam 17 bab bahasan dan juga dilengkapi dengan ilustrasi dan contoh model penelitian berupa tabel dan diagram, sehingga lebih mudah dipahami oleh pembaca pemula.

Isi materi dalam buku ini adalah tentang metode penelitian manusia, ilmu, dan konsep dasar penelitian, kemudian metode penelitian kuantitatif, metode penelitian kualitatif, dan penelitian gabungan (mixed research). Penyajian materi model Metode Penelitian yang komplit dan konseptual tersebut sangat cocok tidak hanya dijadikan sebagai textbook bagi para mahasiswa, namun juga bahan pelengkap bagi para praktisi.

tombol beli buku

banner-promo-gramedia

Metode Penelitian Sosial: Konsep- Konsep Kunci

Dalam buku metode penelitian sosial yang ditulis Nanang Martono menunjukan bahwa sebelum melakukan penelitian, para peneliti harus memahami terlebih dahulu tentang konsep- konsep yang berkaitan dengan metode penelitian secara mendasar.

Konsep tersebut perlu dipahami dengan tepat agar peneliti tidak salah memilih dan menerapkan konsep metode dalam proses penelitian yang dilakukannya. Dalam buku ini menjelaskan lebih dari 250 konsep metode penelitian sosial, termasuk konsep- konsep dalam statistika yang lebih rumit. 

Materi tersebut dijelaskan secara definitive dan setiap konsepnya juga diuraikan secara lebih mendalam dengan menjelaskan beragam topic dan isu atau permasalahan utama ada dalam praktik penelitian sosial.

Grameds akan menemukan penjelasan di setiap akhir uraian dengan beberapa konsep yang berhubungan dengan konsep yang dibahas dengan jelas. Buku ini cocok dibaca para mahasiswa, tenaga pendidik, atau dan siapa saja yang tertarik mempelajari metode penelitian sosial sebagai referensi yang ringan namun tetap lengkap dan berkualitas.

tombol beli buku

Metode Penelitian Manajemen Dan Bisnis

Buku Metode Penelitian Manajemen Dan Bisnis yang disusun Saban Echdar bertujuan untuk membantu para mahasiswa atau para peneliti lainnya dalam penyusunan skripsi, tesis, dan disertasi yang berkualitas, terutama dalam bidang kajian manajemen dan bisnis. Tujuan penulis menyusun buku Metode Penelitian ini adalah untuk menjadi salah satu rujukan atau referensi dalam perkuliahan Metode Penelitian Bisnis, baik bagi mahasiswa sarjana (S1) atau pascasarjana (S2 dan S3).

Buku ini dapat membantu Grameds menghasilkan proposal penelitian, bahkan dapat menghasilkan draf final dari skripsi tesis, dan disertasi dengan kualitas yang baik. Secara menyeluruh, buku ini focus membahas tentang proses penelitian dengan paradigma penelitian kuantitatif dalam ilmu manajemen dan bisnis. Itulah sebabnya buku ini cocok jadi rujukan untuk para dosen atau peneliti dalam melaksanakan penelitian- penelitiannya.

tombol beli buku

Metode Penelitian Kesehatan

Buku yang ditulis Suryanto Suryokusumo terdiri atas dua bagian, yakni Metodologi Penelitian Kesehatan dan pada bagian kedua menjelaskan Metode Ilmiah untuk Panduan penulisan Skripsi, Tesis, dan Disertasi.

Rincinya materi pada bagian pertama ada sembilan bab, yakni Metode Ilmiah, Metodologi Penelitian Kesehatan, Keterkaitan Judul dengan Bab-bab Penelitian, Desain dalam Penelitian Kesehatan, Sampel Penelitian Kesehatan, Pengumpulan Data Kualitatif dan Kuantitatif, Pengolahan dan Analisis Data Kualitatif dan Kuantitatif, Validitas, Reliabilitas dan Objektivitas dalam Penelitian, dan Pembahasan Sebab Akibat.

Yang unik dari buku ini adalah beberapa materi yang ada pada Bab tiga bagian satu, yakni adanya keterkaitan judul dengan bab-bab Penelitian. Perlu Grameds catat bahwa setiap universitas, fakultas, sekolah tinggi, bahkan program studi memiliki bentuk format tersendiri dalam penulisan skripsi, tesis dan disertasi, jadi mungkin saja bisa berbeda dengan yang dibahas dalam bab tiga bagian satu ini.  tersebut. Hal tersebut bisa menjadi kekurangan dari mempelajari buku ini, sehingga pembaca baik sebagai pembimbing, penguji atau mahasiswa yang dibimbing serta peneliti dapat memahami tujuan dan memanfaatkan keterkaitan penelitian yang akan dilakukan terlebih dahulu.

Secara keseluruhan, buku ini membahas tentang kualifikasi atau kompetensi yang ingin dicapai untuk masing- masing gelar kesarjanaan dengan berpedoman pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia(KKNI), yakni Level enam bagi Kualifikasi S1 (Sarjana) yang menghasilkan Skripsi, Level delapan untuk S2 (Magister) yang menghasilkan Tesis, dan Level sembilan untuk S3 (Doktor) yang menghasilkan Disertasi.

banner-promo-gramedia

Contoh materi yang dijelaskan dan dibahas dalam buku ini adalah penerapan metodologi yang tertulis pada bagian satu dalam buku ini. Dari kelengkapan materi tersebut membuat buku ini tidak hanya bisa untuk mempelajari metodologi penelitian, namun juga bisa dijadikan pedoman penulisan skripsi, tesis, dan disertasi.

tombol beli buku

Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Parktis

Buku Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktis yang ditulis Imam Gunawan membahas tentang bentuk paradigma dan implementasi prinsip- prinsipnya dalam penelitian, studi kasus, dan bentuk grounded theory approach.

Perlu Grameds ketahui bahwa paradigma adalah suatu perspektif penelitian, yang digunakan seorang peneliti dalam melakukan cara bagaimana melihat realita, mempelajari fenomena, dan menginterpretasikan temuan dalam penelitiannya tersebut. Dalam hal ini, salah satu bentuk penelitian kualitatif adalah penelitian dengan studi kasus. Pada penelitian studi kasus lebih fokus dan memusatkan diri secara intensif tentang suatu objek tertentu. 

Sedangkan grounded Theory Approach adalah salah satu metode penelitian kualitatif yang dilakukan secara prosedural yang lebih sistematis. Penelitian kualitatif juga memposisikan manusia sebagai instrumen utama dalam penelitiannya.

Contohnya pada permasalahan yang dibahas dalam buku ini yang bisa dikaitkan dan disesuaikan dengan analogi dalam ilmu- ilmu lainnya. Berdasarkan tingkat praktisnya, buku ini cocok digunakan sebagai referensi atau buku panduan dan buku acuan saat melakukan penelitian kualitatif, terutama bagi peneliti pemula karena buku ini mudah dipahami dan dipelajari.

tombol beli buku

Metode Penelitian Kuantitatif: Analisis Isi Dan Analisis Data Sekunder Edisi Revisi 2

Menurut Nanang Martono dalam melakukan penelitian tidak harus turun ke lapangan atau berkunjung lokasi penelitian tertentu. Dalam praktiknya, penelitian lapangan selalu membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Apalagi jika seorang peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif, maka harus menggandakan bentuk kuesioner dan biaya akomodasi yang tidak sedikit. Ditambah lagi jika responden dalam penelitian yang dibutuhkan sangat banyak.

Jika Grameds mengalami masalah atau kendala demikian, muku ini dapat memberikan cara alternatif untuk mahasiswa atau para peneliti lainnya yang tertarik untuk mendalami metode penelitian kuantitatif dengan data sekunder.

Masih banyak mahasiswa atau peneliti yang beranggapan bahwa metode penelitian kuantitatif sulit untuk dilakukan. Anggapan tersebut muncul karena metode kuantitatif dianggap lebih sulit karena harus menggunakan bentuk statistic dan lebih mahal karena harus menggunakan kuesioner lebih banyak dan lama karena responden yang dibutuhkan sangat banyak.

Buku ini akan membantu menjawab permasalah tersebut dengan membahas Analisis isi (AI) dan analisis data sekunder (ADS) sebagai sebuah solusi untuk ketakutan yang muncul dari metode kuantitatif. Menggunakan metode analisis isi atau analisis data sekunder membuat mahasiswa bisa terbebas dari masalah waktu penelitian yang lama dan pengeluaran biaya penelitian yang relatif mahal. AI dan ADS menjadi metode penelitian yang relatif lebih mudah karena tidak membutuhkan manusia sebagai objek penelitiannya. 

Dalam praktiknya, AI dan ADS menggunakan objek yang sifatnya tidak hidup, yakni memanfaatkan sumber data yang sudah ada dan peneliti tinggal mengolah data tersebut. Dalam hal ini peneliti dapat memanfaatkan sumber data seperti majalah, koran, acara TV, buku-buku, syair lagu, cerita film sebagai objek penelitiannya. Objek yang diperoleh dari sumber tersebut relatif lebih mudah diperoleh dan tidak rumit, dibandingkan dengan dengan objek yang selalu bergerak, berpindah tempat dan cepat berubah.

tombol beli buku

Nah, itulah daftar rekomendasi buku tentang metode penelitian dari berbagai macam analisis yang banyak dilakukan oleh mahasiswa atau para praktisi penelitian. Apakah ada buku yang ingin Grameds baca? Untuk memperoleh buku tentang metode penelitian lainnya yang lebih spesifik dari kajian ilmu tertentu, Grameds bisa kunjungi koleksi buku Gramedia di www.gramedia.com. Selamat Belajar. #SahabatTanpabatas.

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Lala Nilawanti