Buku Pijat (Refleksi, Perineum, Saraf) Best Seller

Jelajahi Best Seller Buku Pijat (Refleksi, Perineum, Saraf) yang disusun berdasarkan penjualan terbanyak

buku pijat refleksi dan terapi alternatif

Pijat Refleksi & 6 Terapi Alternatif Lainnya Gratis Poster

buku pijet perineum

Pijat Perineum Mengurangi Ruptur Perineum untuk Kalangan Umum, Ibu Hamil, dan Mahasiswa Kesehatan

buku sehat pijat getar saraf

MEMBENTUK ANAK SEHAT DAN CERDAS DENGAN PIJAT GETAR SARAF

buku sehat dari kaki tangan

Sehat Dari Kaki & Tangan Dengan Pijat Refleksi

buku pijat refleksi untuk wanita

Buku Pijat Refleksi Untuk Wanita

buku mahir pijak refleksi secepat kilat

Mahir Pijat Refleksi Secepat Kilat

pijat refleksi pijatan tepat tubuh sehat

Pijat Refleksi Pijatan Tepat Tubuh Sehat

titik ajaib pijat refleksi dan aneka ramuan tradisional

Titik-Titik Ajaib Pijat Refleksi & Aneka Ramuan Jamu Tradisional

gramedia digital

Berlangganan Gramedia Digital

Baca majalah, buku, dan koran dengan mudah di perangkat Anda di mana saja dan kapan saja. Unduh sekarang di platform iOS dan Android

  • Tersedia 10000++ buku & majalah
  • Koran terbaru
  • Buku Best Seller
  • Berbagai macam kategori buku  seperti buku anak, novel,religi, memasak, dan lainnya
  • Baca tanpa koneksi internet

Rp. 89.000 / Bulan

gramedia digital

Berlangganan Gramedia Digital

Baca majalah, buku, dan koran dengan mudah di perangkat Anda di mana saja dan kapan saja. Unduh sekarang di platform iOS dan Android

  • Tersedia 10000++ buku & majalah
  • Koran terbaru
  • Buku Best Seller
  • Berbagai macam kategori buku  seperti buku anak, novel,religi, memasak, dan lainnya
  • Baca tanpa koneksi internet

Rp. 89.000 / Bulan

I am text block. Click edit button to change this text. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

gramedia best seller

Tetang Best Seller Buku Pijat (Refleksi, Perineum, Saraf)

Jelajahi Best Seller Buku Pijat (Refleksi, Perineum, Saraf) dari Gramedia. Buku disusun berdasarkan penjualan terbanyak.

Selengkapnya

    SEJARAH TENTANG PIJAT

    Pijat, pijit, atau urut merupakan suatu metode penyembuhan atau terapi kesehatan yang dilakukan secara tradisional dengan cara memberikan tekanan-tekanan kepada tubuh, baik secara menetap, berpindah tempat, terstruktur maupun tidak terstruktur serta memberikan getaran, gerakan, tekanan, baik dilakukan dengan menggunakan alat pemijat maupun secara manual.

    Umumnya pijat menggunakan jemari, tangan, lengan, sikut, kaki, atau alat pemijat. Pijat itu sendiri dapat memberikan rasa nyaman, relaksasi, dan kebugaran. Pada sebagian kasus yang terjadi, pijat digunakan sebagai tindakan medis terapi penyembuhan seperti kasus keseleo, kram otot, terkilir, dan lain-lain. Tidak hanya itu, pijat juga dapat dikategorikan sebagai kegiatan rekreasional dan terapi kesehatan.

    Kebanyakan orang melakukan pijat dengan menggunakan minyak pelumas yang seperti membaluri anggota tubuh dengan minyak kayu putih, lotion pelembab kulit, balsam hangat, minyak pijat aroma terapi, minyak angin atau dengan parem kocok. Biasanya minyak pelumas ini digunakan untuk memberikan sensasi hangat dan efek licin. Secara spesifik, pijat telah berkembang sebagai kebudayaan sebagian besar di dunia. Dan penyembuhan yang menggunakan metode tradisional kini telah diterima di dunia Barat. Pijat juga dikenal dengan nama massage dalam bahasa inggris. 

     

    MANFAAT PIJAT REFLEKSI UNTUK KESEHATAN

    Pijat merupakan salah satu metode yang digunakan untuk menghilangkan rasa pegal, capek, serta nyeri pada tubuh. Ada banyak macam-macam jenis pijat. Namun yang paling dikenal dalam masyarakat adalah pijat refleksi dan pijat urut.

    Lalu apakah perbedaan dari kedua pijat tersebut?

    Pijat refleksi adalah pijat yang menggunakan metode pengobatan tradisional yang berasal dari China. Perbedaannya terlihat dari metode yang digunakan. Umumnya pijat refleksi hanya memfokuskan pada titik tertentu seperti telinga, tangan, dan kaki.

    Titik tersebut diyakini berhubungan erat dengan saraf-saraf dalam organ tubuh. Terapis yang menekan titik-titik tersebut akan memberikan dampak pengaruh pada organ-organ tubuh. Dan tentu saja pijat refleksi ini tidak dapat dilakukan secara sembarangan. Hanya terapis berpengalaman dan bersertifikat yang dapat melakukannya. Jika terapi refleksi ini dilakukan dengan sembarangan, maka dapat menimbulkan dampak yang sangat buruk.

    Beberapa orang menyukai pijat refleksi karena diyakini sebagai metode aman untuk mengobati beberapa penyakit tanpa harus meminum obat-obatan yang sebagian besar menggunakan bahan kimia.

    Cara melakukan pijat refleksi ini sangat sederhana. Cukup dengan menggunakan jari-jari tangan, jika perlu bisa menggunakan alat bantu pijat untuk menekan titik-titik syaraf pada kaki dan tangan. Ternyata dibalik pijat refleksi ini mempunyai beragam manfaat untuk kesehatan, lho. Beberapa manfaat pijat refleksi bagi kesehatan yang bisa anda simak berikut ini.

    1. Melancarkan peredaran darah

    Tahukah anda? Telapak kaki rupanya memiliki syaraf yang berhubungan langsung dengan jantung dan pembuluh darah. Ketika terapis melakukan pemijatan di bagian titik titik pada telapak kaki, secara langsung akan berpengaruh pada fungsi jantung dan pembuluh darah. Pijat refleksi di yakini oleh masyarakat dapat meningkatkan kesehatan jantung serta membuka simpul-simpul saraf sehingga dapat membantu melancarkan peredaran darah.

     

    1. Meringankan sembelit

    Sembelit adalah kondisi dimana seseorang mengalami susah buang air besar dalam kurun waktu yang lama. Sembelit terjadi dikarenakan pola makan yang kurang sehat atau stress yang terlalu berlebihan. Pada kasus sembelit, normalnya bisa sembuh dengan sendirinya.

    Walaupun begitu, penyakit sembelit tidak bisa diabaikan dan dibiarkan begitu saja. Sembelit yang melewati batas normalnya dapat dikategorikan sebagai tanda-tanda penyakit yang serius.

    Pengobatan pada sembelit dapat dilakukan secara alami, yaitu dengan menggunakan terapi dan mengganti pola makan anda ke makanan yang lebih sehat. Salah satu terapi yang bisa anda gunakan adalah pijat refleksi. Manfaat pijat refleksi yang bisa anda dapatkan salah satunya adalah mengurangi rasa stress sehingga perasaan anda menjadi tenang dan lebih nyaman dan juga mengobati penyakit seperti sembelit.

     

    1. Membantu mengurangi sakit kepala

    Pijat refleksi dapat membantu mengurangi sakit kepala yang diakibatkan oleh stress dan rasa cemas. Tak hanya itu, pijat refleksi juga dapat membantu mengurangi rasa nyeri pada kepala. Jika anda rutin melakukannya, hasilnya akan terlihat dalam waktu 3 bulan saja. Hal ini merupakan tindakan yang baik tanpa harus meminum obat-obatan.

    Sejumlah penelitian yang mengobservasi mengatakan sebanyak 23% pasien tidak mengalami sakit kepala lagi dan sedikitinya 11% pasien tidak meminum obat-obatan lagi saat rutin melakukan pijat refleksi.

     

    1. Sebagai metode pendamping kemoterapi

    Seperti yang diketahui, kemoterapi adalah metode pengobatan bagi penderita kanker dengan menggunakan bahan kimia. Pada beberapa kasus, kemoterapi dapat menyebabkan efek samping yang diterima oleh penderita seperti mual, nyeri, muntah, dan lain-lain. Oleh karena itu, pijat refleksi dapat dimanfaatkan sebagai metode terapi pendamping untuk mengurangi rasa nyeri yang disebabkan oleh kemoterapi. Manfaat lainnya adalah dapat mencegah gangguan pencernaan, mencegah kelelahan, meningkatkan nafsu makan, dan juga membantu menjaga suasana hati. Pengobatan kanker pada pijat refleksi ini diyakini dapat meningkatkan kualitas hidup pada penderita kanker.

     

    1. Sebagai metode penyembuhan pasien stroke

    Stroke adalah penyakit yang diakibatkan kekurangan pasokan darah ke bagian otak. Hal tersebut umumnya disebabkan oleh penyumbatan atau adanya pembuluh darah yang pecah. Dampak buruknya, sel-sel otak akan mati karena kekurangan oksigen dan nutrisi yang terkandung di dalam darah. Kondisi ini bisa mempengaruhi fungsi tubuh yang dikendalikan oleh bagian otak.

    Biasanya penderita stroke tidak dapat dapat ,menggerakan anggota tubuh baik secara sebagian maupun keseluruhan. Penanganan yang dilakukan pada penderita stroke menggunakan terapi fisik yang salah satunya seperti pijat refleksi. Pijat refleksi bermanfaat sebagai metode pendamping untuk terapi pengobatan medis. Tekanan yang dilakukan ketika pemijatan berlangsung pada kaki atau tangan dapat menimbulkan efek positif dan mambantu meningkatkan kemampuan gerak pada penderita stroke.

     

    1. Membantu mengurangi rasa cemas dan kelelahan

    Kegiatan sehari-hari yang sangat padat dapat membuat orang-orang merasa jenuh. Tuntutan pekerjaan serta tekanan orang sekitar dapat menimbulkan rasa stress. Selanjutnya, hidup akan selalu dihantui oleh rasa cemas dan gelisah. Efek samping lain yang terjadi mengakibatkan turunnya produktivitas dalam pekerjaan.

    Hal tersebut lebih condong membutuhkan relaksasi yang dapat menimbulkan kembali rasa tenang dan nyaman. Adapun terapi yang bisa anda lakukan dengan melakukan pijat refleksi. Pijat refleksi yang diberikan dapat membantu mengurangi rasa lelah, gelisah, cemas dan meningkatkan kualitas tidur seseorang.

    Sebagian penelitian membuktikan bahwa pijat refleksi merupakan langkah yang cukup efektif untuk membantu mengurangi gangguan psikologis yang dialami pada banyak orang. Selain itu, pijat refleksi terbukti dapat mengurangi kelelahan yang dialami pada ibu hamil semasa kehamilan.

     

    Meskipun ada banyak sekali manfaat dan kegunaan dari terapi pijat refleksi ini, anda tidak hanya mengandalkan upaya ini saja tetapi juga menjaga kesehatan seperti beristirahat yang cukup dan menjaga pola makan yang sehat.