in

Rekomendasi 10 Buku Cerita Islami untuk Anak Terbaik

Sumber: Tokopedia

Buku cerita islami – Halo Sobat Grameds, Tahukah anda? Bagi anak-anak, buku bisa menjadi jendela sekaligus cermin. Jendela baginya untuk melihat dunia, cermin untuk memahami dirinya dengan lebih baik. Makanya memilih buku yang bagus untuk anak itu penting banget, Grameds.

Buku cerita islami untuk anak sering dipilih oleh para orang tua untuk mengenalkan ajaran islam kepada anak. Anda dapat membacakan cerita di dalamnya untuk anak anda sebelum tidur. Banyak penulis di Indonesia yang menerbitkan cerita-cerita bagus untuk anak-anak muslim di Indonesia. Namun, sebaiknya pilihlah buku yang sesuai dengan usia dan kebutuhan anak anda.

Pada artikel kali ini kami akan memberikan rekomendasi buku cerita islami untuk anak yang ada di Gramedia.com. Kami juga akan membagikan cara memilih buku cerita islami untuk buah hati anda agar anda mendapatkan produk yang paling terbaik. Yuk, Sobat Grameds, di simak penjelasannya.

Rekomendasi Buku Cerita Islami untuk Anak

Buku cerita islami
Sumber: Suara.com

Nah, Gramedia.com sebagai penyedia buku-buku berkualitas dan original memiliki rekomendasi buku cerita islami untuk anak, diantaranya sebagai berikut:

1. Buku Cerita dan Aktivitas Anak Muslim (Bonus Stiker Mewarnai BIP)

Buku cerita islami

Rekomendasi buku cerita islami pertama adalah buku “Cerita dan Aktivitas Anak Muslim”. Buku ini bercerita tentang seorang anak yang bernama Hanif. Ia adalah anak yang sholeh karena memiliki akhlak yang baik dan rajin beribadah sesuai dengan ajaran Rasulullah SAW.

Melalui keseharian Hanif dalam beribadah, anak-anak secara tidak langsung akan diajak mengamalkan apa yang diajarkan Rasulullah SAW. Ini juga mencakup doa harian dan berbagai kegiatan menyenangkan yang paling disukai anak-anak.

Salah tujuan dalam pembuatan buku ini adalah agar setiap pembaca khususnya yaitu anak-anak bertujuan untuk mengamalkan kandungan Al Quran saat setelah membaca buku ini.

Selain itu, diharapkan anak-anak akan berpikir bahwa dengan buku ini akan lebih mudah untuk mempelajari Al-Qur’an dan tertarik untuk mengikuti sifat teladan Rasulullah SAW. Pemahaman tentang hadits Nabi juga sangat terbantu dengan mempelajari Al-Qur’an.

Salah satu sifat yang harus ditanamkan pada anak adalah sopan santun. Pengenalan kepada anak-anak tentang adat, amalan dan keyakinan Islam harus dilakukan sejak dini, karena dengan begitu apa yang kita ajarkan dapat tertanam kuat di hati mereka.

Pada usia ini, anak-anak seperti lembaran kertas kosong tetapi sangat mudah dibentuk. Jika Anda mengajarkan kebaikan, anak akan mudah mengingatnya. Mulailah dengan mengajarkan kebiasaan sederhana, seperti berjabat tangan, duduk dengan benar, dan meminta izin. Tidak mudah mengajarkan kesantunan kepada anak sejak dini, baik terhadap diri sendiri maupun lingkungan sekitar.

Jadi beradaptasi dengan dunia modern dan canggih tidaklah salah. Hal itu bukan kesalahan. Namun, dengan kecanggihan dan modernitas zaman, ada baiknya kita juga tidak melupakan manfaat yang bisa kita ambil darinya untuk menggunakannya dengan benar dan tepat.

2. Buku 50 Cerita Islami Terbaik untuk Anak

Buku cerita islami selanjutnya sangat cocok untuk mengenalkan cerita-cerita islam pada anak. Buku ini disesuaikan dengan usia anak dan isi cerita yang disampaikan. Membacakan buku untuk anak merupakan salah satu langkah penting untuk meningkatkan aktivitas membaca yang akan berdampak positif dan bermanfaat di masa depan.

Selain itu, buku anak berisi cerita dan memiliki banyak makna yang dikandungnya sehingga anak memiliki wawasan yang cukup luas. Pada umumnya buku anak menggunakan bahasa yang sederhana dan ilustrasi yang menarik. Dengan adanya ilustrasi di dalam buku, anak akan lebih berimajinasi dan mengembangkan sikap kreatif.

Salah satu buku anak berjudul 50 Cerita Islami Terbaik untuk Anak karya Muhammad Yasir menjadi pilihan yang tepat untuk diberikan dan dibaca kepada anak-anak karena memiliki cerita yang unik dan menarik. Buku ini membantu anak-anak memasuki usia remaja mempelajari berbagai genre cerita Islami yang bisa dipelajari. Berisi cerita dengan topik moralitas, iman dan karakter positif untuk anak-anak.

Di akhir setiap cerita terdapat pelajaran yang terkandung dalam cerita yang disampaikan agar anak dan orang tua mudah mengingat setiap cerita. Buku ini juga dilengkapi ilustrasi dan warna-warna cerah agar anak-anak tetap penasaran saat membaca.

3. Buku Cerita-Cerita Islami Pengantar Tidur

Buku cerita islami

Buku yang ketiga, berisi kisah-kisah dari Al-Qur’an yang memberikan pesan kebajikan dan akhlak mulia. Beberapa kisahnya antara lain buah kesabaran, akibat cemburu, ingkar janji berujung bencana, dan lain-lain.

Dengan tampilan warna, desain sampul yang cantik, dan isinya, buku ini akan membuat anak Anda merasa nyaman saat membaca. Pemilihan warna yang menenangkan juga mempengaruhi kenyamanan anak saat membaca.

Selain itu, cerita-cerita dalam buku ini memberikan pelajaran penting bagi anak-anak tentang akhlak mulia. Untuk memberikan pemahaman yang lebih jelas bagi anak-anak, juga disajikan hikmah atau pelajaran yang dapat dipetik dari setiap cerita.

Buku ini akan memupuk karakter dan akhlak mulia pada diri anak anda atau membawa kebaikan bagi masyarakat Indonesia. Sebab, dalam buku ini banyak terdapat kisah-kisah Islami yang membentuk kepribadian anak yang terinspirasi dari kisah para nabi dan rasul.

Kisah-kisah tersebut ada dalam Al-Quran dan Hadits, sehingga layak dibaca oleh anak-anak atau orang tua sebagai referensi narasi.

4. Buku Cerita Islami dan Aktivitas PAUD: Kisah Bangsa yang Menjadi Kera

Buku yang keempat ini adalah buku edukasi untuk anak karangan Novi Kurnia diterbitkan oleh Bhuana Ilmu populer tahun 2019. Buku cerita islami ini dikhususkan untuk anak PAUD.

PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) menurut undang-undang no. 20 tahun 2003 berlaku untuk anak usia 1 sampai dengan 6 tahun. Berdasarkan pemahaman tersebut, buku ini ditujukan untuk anak-anak yang saat ini berada di taman kanak-kanak, tempat penitipan anak, kelompok bermain, dan PAUD sejenis.

Tidak hanya disajikan sebagai buku cerita biasa, buku ini juga dilengkapi dengan berbagai kegiatan pembelajaran prasekolah yang dirancang untuk membantu perkembangan otak anak anda.

Kegiatan tersebut meliputi mewarnai, menghitung dan mencocokkan gambar. Media pembelajaran yang menarik dan tidak membosankan ini juga bermanfaat untuk mengajarkan ilmu agama Islam kepada anak sejak dini.

Sesuai dengan judulnya, Kisah Bangsa Menjadi Kera, kisah-kisah dalam buku ini diambil dari kisah bangsa-bangsa dalam Al Quran. Ceritanya dibuat sederhana agar mudah dipelajari oleh anak-anak.

5. Buku Kumpulan Kisah Islami Penuh Hikmah

Buku cerita islami

Rekomendasi buku yang kelima ini memiliki Cerita yang positif, menarik dan berbobot sangat penting untuk pembentukan kepribadian anak. Maka alangkah baiknya jika anak diajak membaca cerita-cerita islami yang tentunya membawa banyak hal positif.

Buku ini berisi kisah-kisah Islami berdasarkan hadits dan Alquran. Kisah-kisahnya sarat dengan hikmat, layak menjadi pelajaran dan teladan bagi anak-anak. Melalui kisah-kisah dalam buku ini, para orang tua dapat mengajarkan akhlak dan budi pekerti yang baik untuk membimbing anaknya menjadi seorang muslim yang taat dan bertakwa.

6. Seri Pengetahuan Anak Muslim: Kumpulan Dongeng Islami Terbaik

Anak-anak tentu senang ketika sebuah cerita dibacakan untuk mereka. Membacakan cerita dan mendongeng kepada anak Anda adalah kegiatan bonding yang menyenangkan. Yang dimaksud dengan mendongeng adalah mencoba berkomunikasi langsung dengan anak. Ini juga merupakan cara mendidik bukan dengan memaksakan tetapi mendidik dengan cara yang merangsang.

Selain itu, dengan membacakan cerita untuk anak, secara tidak langsung kita memberikan kosa kata yang lebih luas, sehingga anak dapat mengembangkan dan menjaga kemampuan bahasanya. Selain itu, membacakan cerita juga dapat memberdayakan anak untuk berpikir kreatif.

Buku ini merupakan salah satu buku yang dapat digunakan untuk membacakan cerita pada anak. Buku ini berisi kumpulan dongeng terbaik untuk anak yang sangat inspiratif, mendidik dan menghibur.

Melalui buku ini, anak-anak akan dikenalkan dengan konsep-konsep keislaman. Selain itu, buku ini juga dapat dijadikan sebagai salah satu bentuk penanaman kecintaan anak terhadap nilai-nilai Islam.

Dengan cerita ramah anak, nilai-nilai Islami lebih mudah tersampaikan. Melalui buku ini juga diharapkan dapat membentuk dan mengembangkan kepribadian yang baik pada diri anak. Terdiri dari 15 dongeng yang juga dilengkapi dengan pesan-pesan keteladanan dan hikmah di akhir cerita.

Gaya bahasa yang lembut, sederhana, dan alur cerita yang halus akan membantu anak-anak dengan mudah memahami isi cerita dan menjadikan buku ini lebih istimewa.

7. Buku 50 Kisah Islami Penuh Hikmah dan Teladan

Buku cerita islami

Salah satu buku cerita anak yang berisi cerita islami adalah buku “50 Kisah Islami Penuh Hikmah dan Teladan”. Buku ini berisi 50 kisah Islami dari hadits dan Quran. Kisah-kisahnya sarat hikmah dan patut dijadikan pelajaran sekaligus teladan bagi anak-anak.

Melalui kisah-kisah dalam buku ini, orang tua dapat mengajarkan akhlak dan budi pekerti yang baik untuk membantu anaknya menjadi muslim yang taat dan taat.

Kisah-kisah dalam buku ini adalah:

  • Ketika Ibrahim menghancurkan berhala
  • Tangisan Abu Bakar
  • Bilal, muadzin setia
  • Keyakinan Suraqah bin Malik
  • Sumber surgawi bagi Utsman bin Affan
  • Ali bin Abi Thalib di ranjang Nabi
  • Khadijah binti Khuwailid, penguasa surga
  • Saat Rasulullah meminta untuk dipukul
  • Abu Hurairah yang mencintai ibunya
  • dan masih banyak banyak lagi

Buku ini dilengkapi dengan ilustrasi yang seru dan penuh warna (FULL COLOR).

8. Buku Kumpulan Cerita Islami: Pengantar Tidur Anak

Buku selanjutnya adalah buku yang berisi cerita anak islami dan bijak yang sangat cocok untuk dongeng pengantar tidur anak anda. Lebih dari sekedar pengantar tidur, cerita islami juga dijadikan sebagai cara yang paling efektif untuk mengenalkan nilai-nilai islami kepada anak anda sedini mungkin.

Buku ini berisi kisah:

  • Cinta Abdurrahman Bin Auf
  • Jangan Ada Air Mata, Fatimah
  • Keteguhan Hati Bilal Bin Rabah,
  • Kisah Bulan Yang Terbelah
  • Rezeki Untuk Seekor Semut
  • Kisah Si Sopak
  • Si Botak, Dan Si Buta
  • Mutiara Dari Bara Api
  • Terompah Bilal Bin Rabah Di Surga
  • Surga Bagi Yang Bersedekah Di Jalan Allah
  • Azab Untuk Abu Lahab
  • Hidayah Untuk Usaid Bin Hudhair
  • Abu Hanifah Dan Tetangganya
  • Al Balkhi Dan Seekor Burung Yang Pincang
  • Cinta kasih Seorang Ibu, Pahala Dari Sesuap Nasi
  • Dan masih banyak yang lainnya

9. Buku 99 Kisah Islami Terbaik Penuh Hikmah & Teladan

Buku cerita islami

Ada banyak cerita yang bisa dibacakan untuk anak anda sebelum tidur. Dalam serial Islami, kisah yang paling utama untuk diceritakan adalah kisah Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam, para sahabat Nabi dan mukmin lainnya.

Nabi Muhammad SAW adalah nabi terakhir dan teladan yang cemerlang bagi seluruh umatnya. Dalam kisah Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam dari lahir sampai meninggal, anda dapat membaca dengan baik dengan menceritakan kisah anda kepada anak-anak untuk menarik perhatian mereka.

Buku ini terdiri dari 99 kisah Islami yang ditulis dengan gaya yang sederhana dan sangat mudah dipahami. Ada cerita tentang sebutir kurma penghalang dosa, ketulusan dua sahabat, batu di tengah jalan, rahasia sebatang emas, dan lainnya. Setiap cerita disertai dengan pelajaran atau pesan moral.

Dilengkapi pula dengan ilustrasi yang menarik dan penuh warna. Insyaallah anak anda pasti suka. Berikan buku ini kepada putra dan putri anda, lalu nikmati ceritanya bersama mereka. Selamat memiliki anak yang sholeh dan sholehah!

10. Buku 365 Kisah Islami

Buku yang terakhir adalah buku yang berjudul “365 Kisah Islami” karya Kak Thifa. Buku ini berisi 365 cerita islami yang layak dibaca anak-anak. Semua kisah dimulai dari kisah nabi Adam yang pertama di dunia, hingga kisah nabi Muhammad, para sahabatnya, ilmuwan Islam, dan seterusnya. Tentu saja, kisah-kisah dalam buku ini sarat dengan pesan-pesan keteladanan dan moral.

Meskipun terdapat 365 cerita, setiap cerita ditulis pendek dan sederhana agar anak tidak bosan saat membaca. Buku cerita 365 ini juga dikemas dengan ilustrasi yang menyenangkan dan penuh warna. Mau tahu tokoh-tokoh muslim yang bisa dijadikan panutan dan dijadikan renungan? Yuk, baca buku ini sekarang! Semoga anak-anak tumbuh menjadi generasi muslim yang berkepribadian mulia.

Tips Memilih Buku Cerita Islami untuk Anak 

Buku cerita islami

Memilih buku untuk anak memang sulit. Namun, diantara sekian banyak pilihan buku anak, Anda tidak akan bingung jika mengetahui caranya. Sebelum membaca rekomendasi produk, pikirkan dulu cara memilih buku cerita Islami terbaik untuk anak di bawah ini!

Pilih buku berdasarkan apa yang ingin Anda ajarkan kepada anak Anda

Ajaran Islam sangat luas dan mencakup banyak hal. Untuk balita dan anak-anak, Anda dapat mengajari mereka dasar-dasarnya. Seperti membaca kitab suci, berdoa, memberi sedekah dan berbuat baik kepada orang lain setiap hari.

Karena itu, sesuaikan materi dalam buku dengan apa yang ingin Anda ajarkan kepada anak Anda. Misalnya, untuk mengajarkan si kecil cara shalat, pilihlah buku kecil bergambar gerakan shalat. Secara bertahap ganti dengan buku cerita lain jika anak sudah paham atau merasa bosan. Diselingi dengan topik lain agar anak senang membaca cerita anak islami.

Pastikan konten dan gambar buku sesuai dengan usia anak

Kemampuan anak dalam memahami teks dan gambar terus berkembang seiring bertambahnya usia. Oleh karena itu, Anda perlu memilih buku bacaan yang tepat.

Pada umumnya buku dongeng anak muslim bergambar untuk balita berbentuk hardcover. Kotaknya terbuat dari kertas tebal sehingga buku tidak mudah robek. Fitur khusus lainnya adalah kontennya sebagian besar berupa ilustrasi dengan sedikit teks.

Ukuran huruf dalam teks cenderung besar. Untuk anak di atas 5 tahun, Anda bisa memilih buku cerita dengan tema yang lebih beragam. Misalnya buku cerita anak tentang sejarah Islam atau cerita dari Al Quran.

Perhatikan detail spesifikasi buku

Sebelum membeli buku cerita anak, sebaiknya perhatikan spesifikasi buku secara detail meliputi jumlah halaman, ukuran dan format buku. Untuk balita, Anda dapat memilih buku dengan sedikit halaman untuk dibaca atau dibawa oleh anak Anda yang ringan.

Anda juga harus memperhatikan ukuran buku agar nyaman untuk membacanya. Buku cerita anak harus lebih tinggi dari buku dewasa tetapi lebih tipis.

Selain itu, Anda juga harus mempertimbangkan format buku yaitu hardcover dan paperback sebelum membeli. Buku hardcover biasanya lebih mahal daripada buku paperback. Dengan memperhatikan detail spesifikasi sebuah buku, Anda bisa memperkirakan apakah buku tersebut layak untuk dibeli.

Cek originalitas buku untuk mendapat kualitas terbaik

Buku adalah salah satu produk industri yang paling banyak dibajak. Oleh karena itu, Anda harus jeli dan memilih buku dengan cermat untuk menghindari buku bajakan. Jangan tergiur dengan harga murah, karena buku bajakan sering dijual dengan harga seperempat dari harga buku aslinya.

Dengan harga yang jauh lebih murah tentunya kualitasnya juga sangat berbeda. Buku yang dicetak secara ilegal menggunakan kertas berkualitas buruk, dan teksnya kabur seperti fotokopi.

Jika Anda menemukan buku dengan harga sangat murah di internet, baca deskripsinya dengan cermat atau mengobrol dengan penjual untuk memastikan keasliannya. Begitu juga jika Anda mencari buku cerita islami anak dalam format portable document (PDF). Pastikan Anda membelinya secara legal, seperti melalui Google Books.

Penutup

Demikian ulasan rekomendasi buku cerita islami untuk anak. Buat Grameds yang ingin lebih tahu tentang buku cerita islami lainnya kamu bisa mengunjungi Gramedia.com untuk mendapatkan buku-buku terkait.

Sebagai #SahabatTanpaBatas, Gramedia selalu memberikan produk terbaik, agar kamu memiliki informasi terbaik dan terbaru untuk kamu. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Ziaggi Fadhil Zahran

Rekomendasi buku anak lainnya:

Rekomendasi Buku Mewarnai untuk Anak yang Cocok Mendukung Tumbuh Kembangnya

101 Pantun Jarjit dan Rekomendasi Buku Anak yang Menghibur

Rekomendasi Buku Belajar Menulis dan Cara Mengajarkannya kepada Anak

Rekomendasi Buku Mewarnai Anak Dari Gramedia

Rekomendasi Buku Edukasi Anak Best Seller



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by ziaggi