Best Seller Buku Belajar Jquery Mudah

Jelajahi Best Seller Buku Belajar Jquery Mudah dari Gramedia yang disusun berdasarkan penjualan terbanyak

Membuat Website Cantik dan Menarik dengan JQuery

Membuat Website Cantik dan Menarik dengan JQuery

3 in 1: Javascript, jQuery, dan jQuery Mobile

3 in 1: Javascript, jQuery, dan jQuery Mobile

Buku Sakti Pemrogaman Web: HTML, CSS, PHP, MYSQL & Javascript

Buku Sakti Pemrogaman Web: HTML, CSS, PHP, MYSQL & Javascript

Aplikasi Internet Menggunakan HTML, CSS, dan JavaScript

Aplikasi Internet Menggunakan HTML, CSS, dan JavaScript

Berlangganan Gramedia Digital

Baca majalah, buku, dan koran dengan mudah di perangkat Anda di mana saja dan kapan saja. Unduh sekarang di platform iOS dan Android

  • Tersedia 10000++ buku & majalah
  • Koran terbaru
  • Buku Best Seller
  • Berbagai macam kategori buku  seperti buku anak, novel,religi, memasak, dan lainnya
  • Baca tanpa koneksi internet

Rp. 89.000 / Bulan

Berlangganan Gramedia Digital

Baca majalah, buku, dan koran dengan mudah di perangkat Anda di mana saja dan kapan saja. Unduh sekarang di platform iOS dan Android

  • Tersedia 10000++ buku & majalah
  • Koran terbaru
  • Buku Best Seller
  • Berbagai macam kategori buku  seperti buku anak, novel,religi, memasak, dan lainnya
  • Baca tanpa koneksi internet

Rp. 89.000 / Bulan

I am text block. Click edit button to change this text. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

Tetang Best Seller Buku Belajar Jquery Mudah

Jelajahi Best Seller Buku Belajar Jquery Mudah dari Gramedia. Buku disusun berdasarkan penjualan terbanyak.

Selengkapnya

    Pengertian JQuery dan Fungsinya Yang Penting Diketahui Oleh Pemula 

    JavaScripts adalah bahasa pemrograman yang menjadi bagian penting dan mendasar dalam membuat website. Namun, menggunakan JavaScript bukanlah perkara mudah karena mempunyai sintaks yang rumit dan kompleks. JavaScripts terdiri dari berbagai frameworks, tools dan libraries. Untuk mempermudah mengaplikasikan JavaScripts ke website, para pemula bisa memanfaatkan JQuery. Lantas, apa itu pengertian JQuery dan fungsinya? Simak di artikel berikut. 

    JQuery adalah sebuah tools sederhana yang lebih mudah dipelajari dibandingkan JavaScripts. Kendati demikian, fitur dan kecanggihannya mampu membantu seorang website developer menciptakan situs yang optimal. Mulai dari segi fungsionalitas sampai desain lebih menarik.

    Bagi Anda yang penasaran dengan pengertian JQuery dan fungsinya, mari disimak pembahasan selengkapnya dibawah.

    Pengertian JQuery Secara Umum

    JQuery adalah salah satu library JavaScripts yang hadir dengan penuh kesederhanaan. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahasa pemrograman ini diciptakan untuk mempermudah para developer dalam menerapkan JavaScripts ke website. 

    JQuery didukung oleh API yang bersifat multiplatform dan mudah untuk digunakan. Sehingga, Ia mampu menjaga konsistensi sebuah script supaya bisa dijalankan di beberapa jenis browser sekaligus. 

    JQuery merupakan solusi untuk mengatasi permasalahan inkonsistensi sebuah scripts. Pasalnya, dahulu script yang fungsinya dapat berjalan di Modzila belum tentu bisa diaplikasikan di Google Chrome dan begitupun sebaliknya. Namun kehadiran JQuery menjawab permasalahan tersebut

    Berkat kesederhanaan dan sifatnya yang lintas platform, JQuery cepat populer dan menjadi favorit developer di seluruh dunia. Jika Anda sedang belajar JavaScripts, pasti sering mendengar istilah JQuery. Bisa dibilang ini adalah bagian yang sangat penting buat dipelajari, supaya Anda bisa segera menggunakan JavaScripts.

    Dengan bantuan JQuery, proses pembuatan website bisa lebih cepat. Bahkan untuk seorang developer website pemula sekalipun, mereka tidak akan kesulitan dan membutuhkan waktu relatif singkat untuk mengembangkan sebuah website.

    JQuery pertama kali ditemukan pada tahun 2006 oleh John Resig. JQuery merupakan bagian dari JavaScripts dan bersifat komplementer, bahasa pemrograman ini tidak bisa berdiri sendiri. Ada berbagai macam hal yang bisa Anda lakukan dengan bantuan JQuery. 

    Meski pengetahuan Anda tentang bahasa pemrograman masih minim, JQuery akan membantu Anda menciptakan berbagai macam animasi dan efek menarik di website dengan metode yang simpel dan praktis. 

    Bukan hanya itu, semisal Anda merasa kesulitan mengatur kode dengan CSS. Maka cukup menambahkan plugin tertentu di JQuery, sehingga lebih mudah mengatur kode dengan baik dan benar. 

    Pengertian JQuery sebenarnya bisa disimpulkan sebagai sebuah tools yang ringkas namun memiliki fitur kompleks dan canggih. Secara sederhana, JQuery berguna untuk mengedit pemrosesan di HTML menjadi lebih mudah. 

    Seperti pembuatan animasi dan menerapkan efek di website, manipulasi dokumen, membuat event dan lain-lain. 

    JQuery menjadi bahasa pemrograman yang sangat dianjurkan untuk dipelajari oleh para pemula. Sebab, menulis kode bukan perkara mudah dan tergolong rumit. Terlebih lagi harus menambah beberapa string kode dan mengaktifkannya. 

    Disinilah JQuery mengambil perannya sebagai bahasa pemrograman yang ringkas dan sederhana. Ia akan meng-compress beberapa line kode menjadi sebuah fungsi, sehingga developer tidak perlu menulis ulang seluruh baris kode untuk menyelesaikan sebuah task.

    Ada dua cara mengaktifkan JQuery di website, yaitu melalui JQuery download (offline) dan JQuery CDN (online). 

    Pengertian JQuery Mobile 

    Dalam dunia pengkodingan, dikenal juga istilah JQuery Mobile. Pengertian JQuery Mobile adalah sebuah web framework yang secara khusus dioptimalkan untuk perangkat layar sentuh. Pengembangan JQuery Mobile bertujuan untuk menciptakan framework yang kompatibel di berbagai tablet dan smartphone.

    JQuery Mobile didesain untuk memudahkan developer dalam menciptakan sebuah aplikasi web mobile yang berfitur canggih dan mempunyai UI menarik, sekaligus mendukung di berbagai perangkat. Semua itu bisa dilakukan tanpa perlu memusingkan pengkodean yang rumit. 

    Mengetahui pengertian JQuery tentu masih belum cukup, Anda juga perlu mempelajari fitur dan fungsi JQuery dalam dunia pengkodingan. 

    Fitur-Fitur JQuery 

    JQuery berhasil menjadi bahasa pemrograman yang populer dan digunakan oleh mayoritas developer website karena kemampuannya yang lintas platform. Ketika Anda menuliskan fungsi tertentu, maka secara otomatis berjalan dan memperbaiki error di setiap browser. Baik itu Safari, iOS, Firefox, Google Chrome, MS-Edge, Android dan IE. 

    Kehadiran JQuery juga membuat penggunaan AJAX semakin mudah dan praktis. 

    Secara umum, AJAX diawali dengan kode tersisa dan menerapkan sistem kerja asinkron. Itu berarti, kode AJAX bisa berkomunikasi dengan server dan otomatis memperbaharui konten tanpa perlu load halaman terlebih dahulu. 

    Namun sayang, penggunaan AJAX tidak selalu mulus dan lancar. Hal ini dikarenakan masing-masing browser mempunyai cara yang berbeda dalam mengaktifkan API AJAX. 

    Sehingga, developer perlu mengatur kode sedemikian rupa agar sesuai dan bisa berjalan di seluruh browser. Membuat dan mengatur kode secara manual tentu membutuhkan waktu lama dan sangat ribet. 

    Nah, JQuery hadir sebagai solusi. Ia bertanggung jawab terhadap  penyesuaian kode dan berbagai hal teknis lain sehingga AJAX bisa berjalan di semua web browser.

    Fitur JQuery lain yang tidak kalah menarik adalah manipulasi Document Object Model (DOM). Ini menawarkan berbagai pilihan penulisan kode yang sederhana. Anda bisa menggunakannya untuk menghapus dan menambah elemen DOM di HTML dengan mudah, sekaligus membungkus baris.

    Dari segi desain, JQuery memungkinkan Anda membuat animasi untuk website yang lebih mudah dari biasanya. Semua elemen dibungkus menggunakan beberapa baris kode dan Anda hanya perlu menambah variabel. 

    Secara singkat, fitur-fitur unggulan yang ditawarkan oleh JQuery antara lain sebagai berikut: 

    Manipulasi CSS

    Manyeleksi elemen-elemen DOM memanfaatkan selector engine (Sizzle)

    AJAX

    Efek dan Animasi

    Penguraian JSON

    HTML Event Methods

    Cross Browser

    CSS3 Compliant

    Memungkinkan penambahan plugin

    Kelebihan JQuery

    Setelah mengetahui pengertian JQuery dan fitur-fitur yang dimilikinya, sekarang kita coba ulik apa saja kelebihannya. 

    JQuery berbeda dari JavaScripts yang kompleks, bahasa pemrograman ini sederhana dan mudah dipahami oleh semua orang

    JQuery bisa menyesuaikan dan berinteraksi dengan berbagai bahasa pemrograman lain

    Support berbagai jenis plugin tambahan

    Menjadikan pengembangan framework lebih sederhana

    Membantu developer membuat animasi dasar dengan mudah dan cepat

    Mengatasi kompatibilitas antar browser yang disebabkan oleh script berbeda-beda

    Kekurangan JQuery

    Dibalik keunggulan yang dimiliki, JQuery tentu mempunyai beberapa kekurangan sebagainana bahasa pemrograman lain. Yaitu:

    Sebagai salah satu software open source, JQuery terkadang muncul masalah

    Seiring dengan banyaknya JQuery baru, membuat beberapa versi sebelumnya tidak kompatibel

    Fitur leightwight interface pada JQuery mungkin berpotensi menimbulkan masalah di masa depan.

    Kesimpulan Tentang Bahasa Pemrograman JQuery

    JQuery adalah bahasa pemrograman sederhana dan library JavaScript paling banyak digunakan oleh developer. Kehadiran JQuery memungkinkan sebuah script berjalan di semua browser, sekaligus membuat proses pengembangan website lebih cepat dan efisien. 

    Menurut data yang ada, 60% dari 10.000 website paling sering dikunjungi di dunia menggunakan JQuery. 

    Itu tadi adalah sedikit pembahasan tentang pengertian JQuery dan fungsinya. Semoga bermanfaat untuk Anda yang sedang belajar.