in

Belajar Arti Kehidupan dengan Buku-buku Karya Cak Nun

Photo by Nusantara News

Buku-buku Cak Nun – Tepat pada tanggal 27 Mei 2020, Emha Ainun Nadjib atau yang akrab disapa Cak Nun, merayakan ulang tahunnya yang ke-67 tahun.

Tagar #67TahunCakNun menjadi trending topic di Twitter pada hari itu. Tidak heran, Cak Nun merupakan budayawan dan cendekiawan muslim yang sangat populer di Indonesia.

Bagi pembaca dan yang sering mengikuti pengajiannya, pasti sudah tidak asing lagi membaca tulisan-tulisan dengan sudut pandang yang cukup nyeleneh, kritis, dan selalu berisikan nasihat-nasihat kearifan.

Rekomendasi Buku-buku Cak Nun

Untuk merayakan hari jadinya, berikut Gramedia berikan 6 rekomendasi buku karya Cak Nun untuk kamu baca. Jika Kamu ingin menemukan buku karya Cak Nun lainnya bisa di sini : Buku Cak Nun

1. Slilit Kiai

slilit-sang-kiai_gramedia-digital
Beli e-book-nya di sini

Bingung menjelaskannya ke dalam bahasa Indonesia, slilit adalah ketika kamu habis makan daging. Biasanya, ada serabut kecil sisa daging yang nyelip di sela gigi.

Buku karya Cak Nun yang satu ini memang tidak biasa. Slilit memang sama sekali tidak penting. Tapi gara-gara slilit, ada seorang kiai yang gagal masuk surga. Kiai ini pernah mengambil serpihan bambu untuk dijadikan tusuk gigi demi membersihkan sisa makanan di sela gigi.

Apa benar?

Buku ini merupakan kumpulan esai dari Cak Nun. Ia membahas secara menarik dan ringan permasalahan sederhana yang sering dianggap sepele dan sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari.

2. Markesot Bertutur

Buku karya Cak Nun
Beli bukunya di sini

Dalam kesehariannya, Markesot bersama dengan Markembloh, Markasan, dan Markemon memperbincangkan seabrek problem masyarakat kita.

Dari konflik politik lokal, internasional sampai soal celana. Dari tasawuf hingga filosofi makanan. Tentunya dengan gaya bertutur khas Jawa Timur yang penuh canda dan sindiran.

Cak Nun melalui Markesot mengajak pembacanya merenungi kehidupan secara arif dan menemukan hakikat dari nilai-nilai di baliknya.

3. Indonesia Bagian dari Desa Saya

rekomendasi
Beli e-book-nya di sini

Lewat cerita-cerita pendek khas beliau, pembaca akan menyusuri jejak pemikiran Cak Nun yang luar biasa inovatif.

Cak Nun sudah sangat nasionalis puluhan tahun silam. Salah satunya ketika mendapati fenomena masyarakat saat itu yang suka pamer motor dan televisi. Lalu, ketika isu nasionalisme kembali digali.

Saat demokrasi kini sibuk dipelajari, Cak Nun sudah mendebatnya puluhan tahun yang lalu.

Meski sedikit lebih berat dari buku yang lain, bacaan ini cocok untuk siapa saja yang tertarik untuk belajar tentang fenomena sosial, budaya, agama, hingga kebangsaan di Indonesia.


Baca juga: 5 Buku Favorit Rekomendasi Oprah Winfrey


4. BH (Kumpulan Cerita Pendek)

Buku karya Cak Nun
Beli e-book-nya di sini

Dalam dunia penulisan cerpen, nama Cak Nun memang jarang terdengar. Tidak seperti dalam penulisan esai, teatrikal, atau spiritual.

Namun, Cak Nun justru mampu menyajikan cerpen-cerpen yang segar dan berbeda, tanpa harus kehilangan ciri khas.

Kumpulan cerita pendek BH ini adalah buah kreativitas Cak Nun dalam berbagi persoalan kehidupan manusia. Semua disajikan dengan sangat apik, menggelitik, dan apa adanya.

5. Hidup Itu Harus Pintar Ngegas dan Ngerem

Buku karya Cak Nun
Beli bukunya di sini

Dalam buku karya Cak Nun yang satu ini, mengajak pembaca untuk beragama namun tidak sekadar beragama. Jangan hanya sekadar menjadi Islam KTP saja, jadilah muslim yang rahmatan lil alamin.

Melalui bahasa membumi yang digunakan, membahas kabar langit menjadi lebih mudah dicerna. Buku ini dapat menemani kita untuk beristirahat sejenak dari kerumitan dan menyuguhkan kesederhanaan.

“Karena Islam itu mengendalikan, bukan melampiaskan. Hidup itu harus bisa ngegas dan ngerem.”

6. Lockdown 309 Tahun



rekomendasi
Beli bukunya di sini

Buku ini merupakan karya terbaru Cak Nun di tahun 2020. Cak Nun berbagi kegelisahan serta refleksi atas munculnya pandemi korona yang saat ini telah melanda dunia.

Lockdown 309 Tahun menceritakan banyak hal tentang apa yang terjadi selama masa pandemi dan menyinggung permasalahan terkait di dalamnya.

Hingga akhirnya menjurus pada satu pertanyaan penting untuk direnungi, “Apa pelajaran yang sudah kamu petik dari fenomena yang kelak menjadi bagian dari sejarah ini?”


Baca juga: Buku-Buku Richard Carlson Ini Bikin Permasalahan Hidupmu Jadi Lebih Mudah


Buku karya Cak Nun mana yang menarik perhatianmu? Atau kamu tertarik ingin membacanya lagi?

Selain 6 buku di atas, dapatkan buku-buku terbaik dari Cak Nun lainnya yang dapat kamu temukan di Gramedia Digital dan Gramedia.com!

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien