in

4 Alat TV Digital yang Berguna untuk Menonton Siaran TV Digital

Sumber: Suara Merdeka

 Alat TV digital – Halo sobat Grameds, Tahukah Anda? Siaran TV analog sudah dimatikan sejak 2 November 2022 di beberapa daerah, salah satunya adalah Jabodetabek. Sebaliknya, orang-orang di daerah yang terkena dampak ASO (Analog Off) hanya dapat menonton program TV digital.

Untuk menonton program TV digital, masyarakat tidak perlu membeli TV digital baru. Perhatikan bahwa Anda dapat menonton program TV digital, jika Anda memiliki perangkat DVB-T2 (Siaran Video Digital – Generasi Kedua Terestrial).

DVB-T2 sendiri adalah penerima sistem siaran dengan sinyal digital. DVB-T2 biasanya terintegrasi langsung (built-in) ke dalam televisi digital. Dengan fitur ini, TV digital bisa langsung digunakan untuk menonton siaran digital.

Selain TV digital, DVB-T2 juga tersedia pada perangkat Set Top Box (STB), juga dikenal sebagai Digital TV Box. STB adalah apa yang dapat digunakan pemirsa untuk menonton program TV digital tanpa membeli TV digital baru.

Biasanya dibutuhkan beberapa perangkat untuk menonton program TV digital tanpa harus membeli TV baru. Lantas alat apa saja yang dibutuhkan untuk menonton program TV digital tanpa harus membeli TV baru?

Sebelum membahas apa saja alat-alat untuk tv digital, alangkah baiknya kita membahas pengertian dan ciri-ciri TV digital terlebih dahulu, agar sobat Grameds lebih paham tentang apa itu tv digital, mari simak penjelasannya!

Definisi TV digital dan Ciri-Cirinya

Alat TV digital
Sumber: Suara.com

Televisi digital adalah program televisi yang telah menggunakan sinyal digital yang juga merupakan sistem kompresi. Dari segi kualitas gambar, TV digital lebih baik dari siaran analog. Perlu diketahui bahwa selama masa transisi, Anda masih dapat menonton program TV analog. Itu Pun kami sarankan untuk mulai mengubah sinyal menjadi siaran digital agar tidak ada masalah dan bisa menyesuaikan dengan ketentuan regulasi yang ada.

Mungkin Anda belum mengetahui fitur-fitur televisi digital. Nah, untuk lebih memahami ciri-ciri televisi digital. Berikut penjelasan lengkapnya.

Cek di Balik Pena : Baby Chaesara

1. Tidak Berbentuk Tabung

Secara fisik televisi digital sangat berbeda dengan televisi tabung. Pada umumnya televisi digital tidak berbentuk tabung dan ukurannya tidak terlalu besar. Dari segi bobot, TV digital tergolong ringan.

Kemudian, dari segi desain, TV digital juga terlihat semakin tipis. Televisi digital umumnya juga menggunakan liquid crystal display atau LCD dan light emitting diode atau LED.

2. Kualitas Gambar Dan Audio Yang Lebih Baik

Ciri ketiga dari televisi digital adalah kualitas gambar dan suara siaran lebih baik dari televisi analog. Pasalnya, televisi digital akan menghadirkan gambar atau kualitas definisi tinggi hingga 4K HD. Selain gambar, kualitas suara yang dihasilkan televisi digital juga lebih baik. Pasalnya, televisi digital dilengkapi teknologi seperti surround sound hingga Dolby Audio.

3. Penggunaan Frekuensi Radio

Pada sistem penyiaran televisi digital yang mendukung receiver DVB T2, ternyata satu kanal frekuensi radio dapat memancarkan 12 siaran standard definition atau STDEV.

Sedangkan untuk televisi analog, keberadaan kanal frekuensi radio hanya dapat digunakan untuk menyalurkan siaran di TV. Tentunya siaran di TV digital juga akan lebih optimal dibandingkan TV analog.

4. Adanya Fitur Pencarian Siaran Digital Atau DTV

Fitur selanjutnya dari televisi digital adalah hadirnya fungsi penyiaran digital yang biasa dikenal dengan DTV. Adanya fitur ini akan membuat perbedaan yang cukup besar antara TV digital dan TV tabung.

Untuk menggunakan fungsi DTV, pengguna TV LED atau LCD membutuhkan dukungan perangkat yang disebut set-top box DVB T2 atau STV.

Tidak jarang televisi digital yang dibeli dilengkapi dengan pemutaran video terestrial digital generasi kedua atau DVB T2.

Alat TV digital

Adanya teknologi ini nantinya akan membantu penerimaan sinyal digital untuk akhirnya diubah menjadi bentuk siaran pada televisi digital tanpa menggunakan antena luar seperti pada televisi analog.

5. Adanya Dua Status Penyiaran TV Digital

Pada dasarnya DTV hanya mengenal dua kondisi state yaitu accept (1) dan not accept (0). Kondisi ini dapat dipahami bahwa jika digital transceiver menangkap sinyal maka siaran akan diterima. Sedangkan bila tidak ada sinyal yang diterima, maka gambar dan suara yang dipancarkan tidak akan dapat muncul.

6. Lebih Banyak Fasilitas

Selain mampu menawarkan siaran yang lebih jernih, ternyata televisi digital menawarkan fitur tambahan lainnya. Salah satunya adalah Electronic Program Guide (EPC) yang dapat membantu pemilik TV digital memberikan rating kualitas siaran berdasarkan rating program TV yang ditontonnya.

Alat TV Digital untuk Menonton Siaran

Agar Sobat Grameds lebih nyaman untuk menikmati siaran TV digital, berikut lima alat untuk Tv digital yang harus Anda miliki untuk menonton TV digital:

1. Set Top Box (STB)

Alat TV digital
Sumber: Tribun Techno

Set-top box (STB) wajib dimiliki jika TV Anda belum mampu untuk menyiarkan siaran digital, seperti TV tabung. Jika Anda sudah memiliki TV tabung di rumah atau TV tidak dapat menerima program TV digital, Anda tidak perlu membeli TV baru.

Namun tinggal menambahkan Set top box (STB) dan TV Anda sudah bisa menerima sinyal TV digital. STB hadir dalam banyak variasi merk dan harga. Selain toko elektronik, pembelian STB bisa dengan mudah melalui situs e-commerce terpercaya atau belanja online yang dipercaya.

Tips memilih Set Top Box (STB) TV digital yang bagus

  • Perhatikan sertifikat Kominfo agar dapat digunakan

Hal pertama yang perlu diperhatikan saat memilih set top box TV digital terbaik adalah kepemilikan sertifikat dari Kominfo. Sejatinya, sertifikat Kominfo menjadi jaminan set top box TV digital yang hendak dibeli bisa digunakan.

Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan notasi DVB-T2 atau MODI pada set-top box TV digital untuk memastikan bahwa set-top box dapat digunakan untuk siaran televisi digital.

  • Sesuaikan dengan kebutuhan

Saat ini di pasaran banyak tersedia set-top box TV digital terbaik, dari yang murah hingga yang mahal. Selain itu, berbagai produk tersebut juga menyediakan fitur untuk menghubungkan TV ke internet. Jika Anda tidak memerlukan koneksi internet, sebaiknya beli dekoder TV digital yang tidak memiliki fitur ini.

  • Melakukan Review lebih mendalam

Trik memilih set-top box TV digital terbaik yang terakhir, yang harus Anda perhatikan adalah mempelajari lebih lanjut ulasan produk atau toko. Alangkah baiknya jika Anda bisa mengetahui detail dari setiap TV box digital yang ingin Anda beli.

Jika Anda membelinya melalui online, pastikan untuk membaca semua ulasan pembeli. Ini untuk memastikan bahwa decoder atau set top box yang ingin Anda beli memiliki kualitas yang baik.

Selain itu Anda juga bisa membelinya melalui official store untuk memastikan set top box yang anda beli asli, bagus dan dapat digunakan dengan baik.

Dengan mengecek review dan memperhatikan berbagai faktor sebelum membeli set top box, Anda bisa terhindar dari kerugian akibat ketidaktahuan Anda. Namun, Anda harus memperhatikan spesifikasinya sebelum memutuskan untuk membelinya.

Manfaat menggunakan Set Top Box TV digital terbaik

Setelah mengetahui tips memilih set top box digital terbaik, Anda juga harus mengetahui manfaat menggunakan Set Top Box TV digital. Pasalnya, Anda bisa mendapatkan banyak keuntungan hanya dengan menggunakan TV box digital. Apa manfaat set top box? Berikut beberapa keuntungan yang bisa Anda nikmati saat membeli set top box.

  • Lebih terjangkau daripada membeli TV digital

Keuntungan pertama menggunakan set-top box TV digital adalah lebih terjangkau daripada harus membeli TV digital baru. Saat ini banyak produk TV yang dapat menangkap gelombang digital tanpa harus dilengkapi dengan set-top box.

Namun, untuk membelinya, Anda harus mengeluarkan uang lebih banyak sekitar 1-5 jutaan rupiah. Sementara itu, Anda bisa mendapatkan set-top box TV digital terbaik sekitar ratusan ribu saja dan TV Anda siap menerima siaran digital.

  • Tidak diperlukan parabola khusus

Tidak memerlukan parabola khusus adalah salah satu keuntungan menggunakan set-top box TV digital. Televisi dengan siaran analog memerlukan antena yang dapat menyulitkan pencarian lokasi untuk menghasilkan gambar yang jelas.

Namun dengan menggunakan set top box TV digital, hal tersebut tidak perlu dilakukan lagi. Anda dapat menggunakan antena TV UHF-VHF dengan gambar yang jauh lebih jelas daripada TV analog, atau Anda juga bisa menggunakan antena TV digital untuk penggunaan indoor atau outdoor.

  • Channel yang lebih beragam

Keuntungan menggunakan TV box digital adalah memiliki lebih banyak saluran. Jika TV analog menggunakan antena maka hanya bisa menangkap channel TV lokal dengan gambar yang kurang jelas, berbeda dengan TV digital yang mengeluarkan banyak channel dengan gambar yang jernih. Oleh karena itu, dengan menggunakan set top box TV digital terbaik, Anda dapat menikmati lebih banyak saluran.

  • Dapat membaca format video

Manfaat lain menggunakan set top box TV digital adalah dapat membaca format video. Ini memungkinkan Anda untuk menonton video yang ada di layar TV Anda. Yang harus Anda lakukan adalah menyambungkan drive USB yang berisi video yang ingin Anda tonton ke set-top box TV digital . Kemudian Anda dapat langsung memutar video tersebut dan menontonnya di layar TV.

  • Tidak perlu langganan

Anda mungkin pernah mendengar istilah TV kabel atau satelit yang membuat siaran menjadi lebih jernih dan bervariasi. Namun, keduanya membutuhkan langganan bulanan.

Namun, dengan menggunakan STB, Anda bisa mendapatkan semua ini tanpa harus berlangganan. Anda cukup membeli set top box TV digital terbaik satu kali dan siap digunakan tanpa biaya bulanan.

2. Antena Penangkap Sinyal

Alat TV digital
Sumber: Kompas.com

Alat kedua yang dibutuhkan untuk menonton program TV digital di TV analog adalah antena yang menangkap sinyal. Untuk antena, tidak perlu memenuhi persyaratan spesifikasi khusus untuk menonton acara TV digital di TV analog. Penonton dapat menggunakan antena UHF (frekuensi ultra-tinggi) outdoor atau indoor yang biasa digunakan pada TV analog lama.

Antena ini memiliki efek menerima sinyal digital dan mengirimkannya ke STB untuk ditransmisikan ke televisi analog. Ketiga perangkat di atas harus terhubung untuk menonton program TV digital. Secara umum, diperlukan dua proses untuk menonton program TV digital di TV analog biasa.

Pertama, sambungkan kabel antena ke perangkat STB. Kemudian sambungkan STB dan TV analog lama dengan kabel HDMI atau kabel AV (kabel merah, putih dan kuning). Setelah semuanya terpasang, silahkan mulai memindai sinyal siaran TV digital di TV analog tempat set-top box digital dipasang.

3. Dongle HDMI

Alat TV digital
Sumber: Tribun Techno

Apakah STB Anda tidak berfungsi? Jangan khawatir, Anda dapat mengatasi masalah ini dengan dongle HDMI.

Dongle HDMI adalah alat yang berguna untuk menyambungkan ponsel cerdas Anda ke TV tanpa menggunakan kabel.

Alat TV digital

Dengan alat ini, layar smartphone bisa dinikmati dalam ukuran lebih besar di TV. Oleh karena itu, cocok untuk menikmati berbagai film, serial, dan program rumahan lainnya. Harga dongle HDMI juga terjangkau, sekitar Rp100.000.

4. Aplikasi Cek Sinyal

Alat TV digital
Sumber: Tribun Techno

Alat TV digital selanjutnya yang Anda butuhkan adalah aplikasi uji sinyal siaran digital.

Yang harus Anda lakukan adalah mengunduh aplikasi smartphone bernama Digital TV Signals di Android dan iOS.

Aplikasi ini dapat digunakan untuk menguji sinyal antena TV di masing-masing lokasi di seluruh Indonesia. Anda dapat melihat apakah sinyal TV digital di wilayah Anda lemah, sinyal TV Anda buruk, atau sinyal TV Anda hilang. Sehingga Anda dapat menyesuaikan dengan kebutuhan Anda, seperti menambahkan penguat sinyal, dll.

4 Rekomendasi Set Top Box Terbaik

1. Matrix Apple DVB-T2

Apple Matrix DVB T2, pabrikan yang sudah sangat terkenal sebagai pemasok penerima set top box, menempati posisi pertama untuk set-top box televisi digital. Untuk memenuhi permintaan pasar akan set-top box TV digital, Matrix dalam hal ini meluncurkan produk Matrix Apple DVB T2 yang harganya cukup terjangkau.

Meski harganya relatif murah, banyak pihak yang memberikan review positif terhadap produk set top box digital terbaik ini karena menggunakan antena UHF sehingga memiliki penerimaan sinyal yang lebih baik dibandingkan produk lainnya.

Oleh karena itu, tentu tidak mengherankan jika gambar yang dihasilkan matrix Apple DVB T2 tampak lebih jernih dan baik. Selain itu, set top box digital ini juga dilengkapi dengan 2 output HDMI dan RCA dan gratis setiap bulannya

2. STB Tanaka DVB-T2

Tanaka adalah merek berikutnya dari penyedia set-top box TV digital Matrix yang sama-sama terkenal. Salah satu produk set top box terbaru adalah STB Tanaka DVB T2 yang baru dirilis pada tahun 2021.

Set top box TV digital ini telah mendapatkan sertifikasi KOMINFO untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Seperti set-top box TV digital lainnya, STB Tanaka DVB T2 menggunakan antena UHF, dilengkapi sistem peringatan dini dan juga kompatibel dengan WiFi. Untuk konektornya sendiri, set-top box tv digital terbaik ini juga dilengkapi dengan fungsi USB, HDMI, Jack Antena, dan RCA.

3. Polytron DVB-T2 PDV 600T2

Tidak kalah dengan dua merk sebelumnya, Polytron sebagai produsen elektronik tentu tidak ketinggalan di bidang set-top box TV digital. Salah satu produk anyar yang bisa menjadi alternatif bagi Anda yang sedang mencari rekomendasi STB digital terbaik adalah Polytron DVB-T2 PDV 600T2.

Soal kualitas, Polytron DVB-T2 PDV 600T2 sebagai penerima siaran televisi digital tentu tidak perlu diragukan lagi. Dilengkapi dengan fungsi Early Warning System (EWS), set top box TV digital terbaik ini bisa menjadi pengingat saat bencana akan datang.

Selain itu, Polytron PDV 600T2 memiliki fungsi EPG atau panduan siaran, dapat memutar media dalam Full HD (1080p), fungsi perekaman program favorit (PVR) dan fitur pergeseran waktu memungkinkan Anda untuk mengubah waktu siaran.

4. Visat U1 DVB-T2

Meskipun Anda jarang mendengar tentang set top box TV digital ini, Visat U1 pasti harus dicoba. Belum lagi jika mengingat beragam fitur set-top box TV digital, namun harganya tetap terjangkau oleh banyak orang.

Visat U1 mendukung DVB-T2, MPEG-2 dan MPEG-4, dan dilengkapi dengan fungsi PVR yang memungkinkan Anda merekam acara TV favorit saat Anda tidak dapat menonton secara langsung.

Tak hanya itu, set-top box TV digital terbaik ini juga sudah mendukung resolusi Full HD dan memiliki kapasitas penyimpanan hingga ribuan saluran TV dan program radio.

Penutup

Demikian ulasan mengenai  4 alat untuk tv digital lengkap dengan penjelasannya. Buat Grameds yang mau mencari referensi tentang televisi lainnya, kamu bisa mengunjungi Gramedia.com untuk mendapatkan buku-buku terkait.

Sebagai #SahabatTanpaBatas, Gramedia selalu memberikan produk terbaik, agar kamu memiliki informasi terbaik dan terbaru untuk kamu. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Ziaggi Fadhil Zahran

Baca juga:

Pengertian TV Analog Hingga Perbedaannya dengan TV Digital

Kenali Cara Berpindah dari TV Analog ke TV Digital dengan Mudah!

Cara Menyambungkan HP ke TV Untuk Android dan Ios

Cara Mengganti Password Wifi IndiHome dengan Cepat dan Mudah

Review Novel IPA & IPS Best Seller yang Dijadikan Serial TV