Universitas Muhammadiyah Semarang (UNIMUS)

Profile
  

Universitas Muhammadiyah Semarang (UNIMUS)

Universitas Muhammadiyah Semarang merupakan perguruan tinggi swasta yang berlokasi di Jalan Kedungmundu, Tembalang, Semarang. Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Tengah mulai merintis pendirian Universitas Muhammadiyah Semarang sejak tahun 1996. Kemudian proses pendirian tersebut ditindaklanjuti melalui pembentukan Panitia Pendiri Universitas Muhammadiyah. Panitia pendiri dibuat berdasarkan Surat Keputusan Nomor SK.PW/III.B/9,6/001/1997 yang dikeluarkan oleh Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Tengah. Panitia pendiri akhirnya menghasilkan suatu kesepakatan untuk mendirikan Perguruan Tinggi dalam bentuk universitas. Kesepatakan tersebut diperoleh melalui pertemuan-pertemuan yang intensif. Kemudian Mendikbud RI menerbitkan izin operasional Universitas Muhammadiyah Semarang melalui Surat Keputusan Nomor 139/D/O/1999 pada tanggal 4 Agustus 1999.

Melalui surat keputusan izin operasional, Universitas Muhammadiyah Semarang membuka 14 program studi pada awal pendiriannya di tahun 1999. Berikut daftar 14 program studi yang resmi dikelola oleh Universitas Muhammadiyah Semarang.

  1. Program Studi Bahasa Jepang  (D-III),
  2. Program Studi Bahasa Inggris (D-III),
  3. Program Studi Akuntansi (D-III),
  4. Program Studi Administrasi Perusahaan (D-III),
  5. Program Studi Teknik Elektro (D-III),
  6. Program Studi Teknik Mesin (D-III),
  7. Program Studi Kesehatan Masyarakat (S1),
  8. Program Studi Statistika (S1),
  9. Program Studi Teknik Mesin (S1),
  10. Program Studi Teknik Elektro (S1),
  11. Program Studi Teknologi Pangan (S1),
  12. Program Studi Teknoloogi Pertanian (S1),
  13. Program Studi Manajemen (S1), dan
  14. Program Studi Bahasa Inggris  (S1).

Universitas Muhammadiyah Semarang terus melebarkan sayap dengan mendirikan berbagai program studi baru pada tahun 2000-2002. Program studi tersebut di antaranya adalah Program Studi Kesehatan Masyarakat jenjang S1, Program Studi Teknik Mesin jenjang S1, Program Studi Keperawatan jenjang S1. Kemudian Perguruan Tinggi Muhammadiyah di Semarang tergabung dalam Universitas Muhammadiyah Semarang sesuai dengan amanah Sidang Tanwir Pimpinan Wilayah Muhammadiyah di Karanganyar. Bergabungnya kedua Perguruan Tinggi tersebut ditindaklanjuti oleh Pimpinan Wilayah Muhammadiyah melalui penerbitan Surat Keputusan Nomor III.B/1.A/087/2001.

Kemudian di tahun 2002, Akademi Keperawatan, Akademi Analisis Kesehatan, dan Akademi Gizi bergabung secara administratif melalui Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 28/D/O/2005. Hal itu membuat Universitas Muhammadiyah Semarang menambahkan sejumlah program studi baru, yakni Program studi Keperawatan (D-III), Program Studi Analis Kesehatan (D-III), dan Program Studi Gizi (D-III).

Universitas Muhammadiyah Semarang kembali membuka program studi baru pada tahun akademik 2006/2007 melalui Surat Keputusan Izin Operasional Nomor 2294/D/T/2006, yakni Program Studi Kebidanan (D-III). Kemudian Unimus membuka lima program studi baru pada tahun akademik 2008/2009, yakni Program Studi Pendidikan Dokter jenjang S1, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris jenjang S1, Program Studi Pendidikan Matemarika jenjang S1, Program Studi Ilmu Gizi jenjang S1, dan Program Studi Analisis Kesehatan jenjang D-IV.

Universitas Muhammadiyah Semarang kembali mendapatkan kepercayaan dari pemerintah pada tahun 2013 untuk mendirikan beragam program studi baru, seperti Program Studi Pendidikan Kimia jenjang S1 dan Program Studi Kedokteran Gigi jenjang S1. Selain itu, Universitas Muhammadiyah Semarang menambahkan sejumlah program studi di Fakultas Kedokteran, yakni Program Studi Profesi Dokter dan Program Studi Profesi Dokter Gigi. Hal tersebut diputuskan sejalan dengan diberlakukannya Undang-undang Nomor 20 Tahun 2013 mengenai Pendidikan Kedokteran.

Hingga tahun 2014, Universitas Muhammadiyah Semarang resmi mengelola total 22 program studi yang terdiri atas 15 program studi jenjang S1, 1 program studi jenjang D-IV, 4 program studi jenjang D-III, dan 2 program studi profesi.

Makna Lambang Universitas Muhammadiyah Semarang

Lambang Universitas Muhammadiyah Semarang memiliki makna pada setiap komponennya. Makna yang terkandung di dalamya mencerminkan cita-cita luhur dari organisasi pendidikan Unimus. Di tengah lambang memuat Muhammadiyah sebagai induk organisasi Universitas Muhammadiyah Semarang. Sementara di sisi kanan dan kiri termuat padi dan kapas untuk melambangkan kesejahteraan. Kemudian persyarikatan Muhammadiyah dilambangkan melalui 12 sinar yang mengelilingi dua kalimat syahadat.

Visi, Misi, dan Tujuan Universitas Muhammadiyah Semarang

Visi:

Menjadi Universitas yang unggul berkarakter berbasis teknologi dan berwawasan Internasional

Misi:

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi berkualitas internasional yang relevan dengan kebutuhan masyarakat berdasarkan nilai-nilai Islam.
  2. Menyelenggarakan pembelajaran yang unggul, berkarakter, dan berbasis teknologi.
  3. Mengembangkan penelitian dan pengabdian pada masyarakat yang unggul di tingkat internasional dan menopang kemajuan ipteks.
  4. Menghasilkan lulusan yang kompeten, mampu mengisi dan atau menciptakan lapangan kerja.
  5. Mengembangkan suasana akademik berbasis nilai-nilai Islam.
  6. Menciptakan tatakelola yang profesional (akuntabel & transparan) dan islami.
  7. Menjalin kerjasama dengan institusi dan masyarakat untuk pengembangan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.
  8. Mengembangkan usaha mandiri untuk mendukung pengelolaan pendidikan tinggi dan kesejahteraan seluruh civitas akademika.
  9. Mengembangkan dan memanfaatkan teknologi untuk menunjang layanan administrasi, informasi dan komunikasi.

Tujuan:

  1. Peningkatan kuantitas dan kualitas mahasiswa dan menghasilkan lulusan yang beriman, bertaqwa, profesonal, bertanggungjawab dan mandiri.
  2. Peningkatan kualitas sumberdaya manusia melalui pendidikan lanjut dan pelatihan serta pengembangan kemampuan bahasa asing, teknologi informasi dan Al Islam kemuhammadiyahan.
  3. Peningkatan kualitas dan kuantitas penelitian dan publikasi ilmiah bagi sivitas akademika.
  4. Menghasilkan penelitian dan publikasi ilmiah yang bertaraf nasional maupun internasional yang memiliki kontribusi terhadap pendidikan, pengembangan iptek serta pengayaan budaya bangsa.
  5. Peningkatan pelayanan baik internal maupun eksternal untuk kepuasan semua pihak.
  6. Pengembangan pelatihan dan pengabdian kepada masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
  7. Menjadikan organisasi UNIMUS yang mantap dengan mengembangkan sistem manajemen yang transparan, efektif, efisien, kreatif dan produktif dengan pengelola yang berkualitas dan amanah.
  8. Terwujudnya relevansi program, suasana akademik yang kondusif, kualitas, otonomi, akuntabilitas dan akreditasi lembaga melalui evaluasi yang berkelanjutan dengan penjaminan mutu yang mantap.
  9. Kehidupan sivitas akademika dan seluruh pegawai berdasarkan nilai-nilai Islam.
  10. Terwujudnya kerjasama kemitraan yang saling menguntungkan di tingkat regional, nasional maupun internasional.
  11. Menyelenggarakan pembinaan sivitas akademika dan seluruh pegawai dalam kehidupan kampus yang islami.
  12. Menjalin kerjasama dengan pihak lain yang saling menguntungkan.

Akreditasi Universitas Muhammadiyah Semarang (UNIMUS) : B

Secara institusi, Universitas Muhammadiyah Semarang telah terakreditasi “B” berdasarkan Surat Keputusan Nomor 2146/SK/BAN-PT/Akred/PT/IX/2016 dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi. Akreditasi institusi dan program studi dapat dilihat di sini.

Video Profil Universitas Muhammadiyah Semarang (UNIMUS)

Profil Universitas Muhammadiyah Semarang dapat disaksikan melalui tautan video berikut ini:

https://www.youtube.com/watch?v=U43ifZlovLg

Fakultas dan Jurusan di Universitas Muhammadiyah Semarang (UNIMUS)

Biaya Kuliah di Universitas Muhammadiyah Semarang (UNIMUS)

Rincian biaya kuliah di Universitas Muhammadiyah Semarang dapat disimak di sini.

Jurusan Saintek di Universitas Muhammadiyah Semarang (UNIMUS)

Jurusan Soshum di Universitas Muhammadiyah Semarang (UNIMUS)

Fasilitas Universitas Muhammadiyah Semarang (UNIMUS)

Universitas Muhammadiyah Semarang menjadi salah satu perguruan tinggi swasta yang sadar akan pentingnya fasilitas penunjang bagi mahasiswa, baik kegiatan akademik dan non akademik. Fasilitas yang tersedia saat ini adalah wujud cita-cita Unimus pada awal pendiriannya. Ketersediaan berbagai fasilitas penunjang yang lengkap bertujuan untuk melahirkan lulusan-lulusan berkualitas dan berdaya saing tinggi.

1. Ruang Kuliah

Ruang kuliah menjadi sarana utama dalam kegiatan perkuliahan bagi mahasiswa. Setiap ruangan telah disesuaikan dengan jumlah mahasiswa yang ada pada setiap program studi. Beragam jenis ruang kuliah yang tersedia di antaranya adalah ruang kelas biasa, ruang kelas multimedia, dan ruang kelas multimedia eksklusif. Universitas Muhammadiyah Semarang menghadirkan fasilitas ruang kelas multimedia yang dilengkapi dengan perangkat komputer, LCD Proyektor, dan peralatan audio. Kemudian beberapa ruang kelas multimedia telah terkoneksi internet, baik melalui kabel maupun akses hotspot.

2. Laboratorium

Laboratorium Komputer

Universitas Muhammadiyah Semarang menghadirkan laboratorium komputer bernama Wonodri. Laboratorium tersebut memiliki kapasitas berjumlah 100 unit komputer multimedia dengan hard ware terbaru yang telah terhubung dengan jaringan WAN. Sementara laboratorium komputer bernama Kasipah memiliki kapasitas berjumlah 30 unit komputer multimedia dengan hard ware terbaru yang telah terhubung dengan jaringan WAN. Kemudian di Kampus Rusunawa tersedia laboratorium komputer yang memiliki kapasitas sejumlah 55 unit komputer multimedia dengan hard ware terbaru yang telah terhubung dengan jaringan WAN.

Laboratorium Bahasa

Laboratorium bahasa yang tersedia di Universitas Muhammadiyah Semarang, meliputi Laboratorium Bahasa Kampus Kampus Terpadu dan Laboratorium Bahasa Kampus Wonodiri.

Laboratorium Fakultas Kedokteran

Laboratorium yang satu ini disediakan Universitas Muhammadiyah Semarang khusus untuk mahasiswa Fakultas Kedokteran dan Fakultas Kedokteran Gigi. Laboratorium ini terdiri atas ruang Laboratorium Patologi Klinik, Laboratorium Farmakologi, Laboratorium Fisiologi, Laboratorium Parasitologi, Laboratorium Mikrobiologi, Laboratorium Biomedik, Laboratorium Kimia, Laboratorium Dental Simulator, dan Laboratorium Anatomi.

Laboratorium Keterampilan

Laboratorium ini dihadirkan Universitas Muhammadiyah Semarang sebagai gedung keterampilan komunikasi dokter pasien praktik belajar lapangan, keterampilan klinik, dan kedokteran keluarga. Untuk keterampilan komunikasi dokter pasien berada di berbagai Puskesmas Kota Semarang. Kemudian laboratorium keterampilan klinik berada di skill lab dan rumah sakit. Sementara untuk keterampilan kedokteran keluarga berada di Laboratorium Kesehatan Wonolopo Mijen Semarang.

Laboratorium lainnya yang tersedia di Universitas Muhammadiyah Semarang adalah Laboratorium Klinik Gigi Umum, Laboratorium Klinik Gigi Spesialis, Laboratorium Gizi dan Teknologi Pangan, Laboratorium Analisis Zat Gizi, Laboratorium Dietetik dan Kuliner Gizi, Laboratorium Kebugaran Gizi, Laboratorium Pengolahan Pangan Gizi, Laboratorium Kebidanan, Laboratorium Keperawatan, Laboratorium Jiwa dan Ruang Konseling, Laboratorium Bengkel dan Las, Laboratorium Mesin Produksi, Laboratorium Mesin Otomotif dan Laboratorium Elektronika, Laboratorium Elektro dan Mesin Listrik, serta Laboratorium MIPA.

Fasilitas penunjang lainnya yang tersedia di Universitas Muhammadiyah Semarang, meliputi:

  • Rumah Sakit Gigi dan Mulut
  • Perpustakaan
  • Lapangan Tenis
  • Lapangan Voli
  • Wall Climbing
  • Gedung Serba Guna

Beasiswa Universitas Muhammadiyah Semarang (UNIMUS)

Universitas Muhammadiyah Semarang menawarkan beasiswa atau bantuan biaya pendidikan dalam rangka memberikan kesempatan bagi seluruh masyarakat yang kurang mampu secara ekonomi untuk dapat mengenyam pendidikan tinggi. Beasiswa tersebut dialokasikan sebesar 5% dari jumlah keseluruhan mahasiswa baru. Program bantuan biaya pendidikan ini merupakan bentuk tanggung jawab sosial Universitas Muhammadiyah Semarang untuk membantu pemerintah dalam mencerdaskan bangsa, memberantas ketertinggalan pendidikan, dan mengentaskan kemiskinan.

Berikut syarat pendaftaran beasiswa yang ditawarkan Universitas Muhammadiyah Semarang:

  1. Calon pendaftar memiliki prestasi akademik, baik di bidang seni, olahraga, dan/atau aktivis organisasi Muhammadiyah (syarat tersebut dibuktikan melalui fotokopi ijazah, sertifikat maupun piagam penghargaan);
  2. Calon pendaftar melampirkan surat rekomendasi pimpinan Muhammadiyah setempat;
  3. Calon pendaftar melampirkan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari kepala desa atau kelurahan;
  4. Calon pendaftar melampirkan fotokopi Kartu Keluarga;
  5. Calon pendaftar menyertakan pasfoto berukuran 3×4 sebanyak 4 lembar;
  6. Calon pendaftar mengisi formulir pendaftaran.

Proses seleksi yang dilakukan untuk mendapatkan beasiswa yang ditawarkan Universitas Muhammadiyah Semarang sebagai berikut:

  1. Seleksi administratif berdasarkan berkas pendaftaran yang telah dikirimkan;
  2. Seleksi tes potensi akademik;
  3. Seleksi wawancara penjajakan kesiapan calon mahasiswa penerima beasiswa; dan
  4. Pengumuman final calon pendaftar yang diterima.

Berlangganan Gramedia Digital

Baca majalah, buku, dan koran dengan mudah di perangkat Anda di mana saja dan kapan saja. Unduh sekarang di platform iOS dan Android

  • Tersedia 10000++ buku & majalah
  • Koran terbaru
  • Buku Best Seller
  • Buku Pelajaran SD, SMP, SMA
  • Buku SBMPTN
  • Buku Persiapan Ujian
  • Buku Uji Kompetensi
  • Buku Tes Masuk TNI & Polri
  • Berbagai macam kategori buku seperti buku novel, hobi, motivasi, dan lainnya
  • Baca tanpa koneksi internet

Rp. 89.000 / Bulan

Berlangganan Gramedia Digital

Baca majalah, buku, dan koran dengan mudah di perangkat Anda di mana saja dan kapan saja. Unduh sekarang di platform iOS dan Android

  • Tersedia 10000++ buku & majalah
  • Koran terbaru
  • Buku Best Seller
  • Buku Pelajaran SD, SMP, SMA
  • Buku SBMPTN
  • Buku Persiapan Ujian
  • Buku Uji Kompetensi
  • Buku Tes Masuk TNI & Polri
  • Berbagai macam kategori buku seperti buku novel, hobi, motivasi, dan lainnya
  • Baca tanpa koneksi internet

Rp. 89.000 / Bulan

Biaya Hidup Di Semarang

Biaya Hidup / Bulan

Terendah (Rp. 252.000)
Rata-rata (Rp. 637.700)
Tertinggi (Rp.1.100.000)

Sewa Kos

Terendah (Rp. 250.000)
Rata-rata (Rp. 413.500)
Tertinggi (Rp.600.000)

Pertanyaan Umum Yang Sering Ditanyakan

Dimanakah Lokasi Universitas Muhammadiyah Semarang?

Di Jl. Kedungmundu No.18, Kedungmundu, Kec. Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah 50273

Apakah Fakultas Favorit Universitas Muhammadiyah Semarang?

Keperawatan, Gizi, Analis dan Kesehatan

Apakah Ada Biaya Tambahan Selain Biaya Semester ?

Iya, ada

Spesialisasi
  • Teaching skills
Video

Event
Peringatan Milad Muhammadiyan ke-107
12 Desember 2019 Milad atau ulang tahun tak selalu identik dengan pesta mewah yang meriah. Demikian pula dengan peringatan Milad Muhammadiyah ke-107 di Unimus. Memperingati Milad Muhammadiyah ke-107 tahun, Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) menggelar berbagai agenda kegiatan yang memberikan kemaslahatan bagi masyarakat sekitar. “Tak kurang ada 4 kegiatan yang di helat pada Kamis (12/12/2019) di aula RSGM dan Laboratorium Keperawatan NRC Unimus yaitu penganjian akbar, pemeriksaan kesehatan gratis, pembagian sembako gratis dan khitan gratis. Sekitar 150 paket sembako gratis dibagikan kepada masyarakat di sekitar Unimus” terang ketua panitia sekaligus ketua Lembaga Studi Islam dan Kemuhammadiyahan