Jurusan Kedokteran Gigi

Jurusan Kedokteran Gigi

Kategori Kesehatan

Jurusan-Kedokteran-Gigi-02-626x430

Jurusan Kedokteran Gigi

Kategori Kesehatan

Daftar Isi

Apa Itu Jurusan Kedokteran Gigi

Jurusan Kedokteran Gigi merupakan ilmu yang mempelajari perawatan kesehatan di daerah gusi dan gigi. Peran kedokteran gigi sangatlah penting, bukan hanya menjaga kesehatan mulut, tapi juga menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Dokter gigi perlu menguasai ilmu kedokteran dasar sama seperti yang dipelajari calon dokter (dokter umum) di fakultas kedokteran (FK).

Sebab Ilmu Kedokteran Gigi sangat berkaitan dengan syaraf yang ada di leher dan kepala pasien (tahukah kamu infeksi lanjutan pada gusi bisa menyebabkan gusi meradang, membentuk kantong nanah, dan membentuk plak lebih banyak. Kuman-kuman dari kantong nanah ini bahkan bisa menyebar ke seluruh tubuh melalui pembuluh darah dan menjadi sumber berbagai penyakit kronis) Oleh karenanya, kebersihan dan kesehatan gigi dan gusi tidak boleh diabaikan. Selain itu cakupan kedokteran gigi juga meliputi aspek estetika atau keindahan pada gigi, gusi, dan mulut.

Pendidikan Jurusan Kedokteran Gigi terbagi atas 2 tahap yaitu pendidikan akademik dan pendidikan profesi. Pendidikan akademik lamanya 8 semester (4 tahun), sedang pendidikan profesi 4 semester (2 tahun). Total kuliah dokter gigi selama 12 semester atau 6 tahun. Setelah itu harus mengikuti ujian kompetensi yang diselenggarakan secara nasional di bawah supervisi Kementerian Ristek dan Pendidikan Tinggi.

Uji kompetensi secara nasional merupakan ujian khusus bagi lulusan Fakultas Kedokteran dan Fakultas Kedokteran Gigi. Setelah menempuh pendidikan dokter gigi selama 6 tahun, kamu masih harus mengikuti internsip selama 1 tahun. Internsip merupakan kegiatan pemahiran dan pemandirian. Internsip dilaksanakan di puskesmas dan Rumah Sakit Umum Daerah. Dalam rangka pemerataan, internsip ini biasanya dilaksanakan di daerah-daerah terpencil, Grameds.

Kenapa Jurusan Kedokteran Gigi

Kedokteran gigi merupakan pekerjaan yang mulia sebab kamu akan membantu pelayanan kesehatan, yang berarti membantu menangani kesehatan mulut serta memberikan edukasi caranya menjaga kesehatan pada pasien. Selain itu dimasa depan orang-orang akan mulai memperhitungkan pelayanan kesehatan gigi sebagai kebutuhan primer, dengan peningkatan usia penduduk juga membantu mereka memperbaiki dan mempertahankan kesehatan mulut, kualitas hidup hingga penampilannya.

Jurusan Kedokteran Gigi memiliki cakupan yang cukup luas. Semakin mendalami sub ilmu kedokteran gigi, kamu akan menemukan lebih banyak ilmu menarik lainnya yang dapat kamu pilih sebagai spesialis, apalagi spesialis lanjutan dokter gigi masih sangat kurang jumlahnya di Indonesia. Selain itu dokter gigi juga merupakan pekerjaan dengan penghasilan yang cukup tinggi di sebagian besar negara dunia lho, sebab tidak terbatas hanya berkarir dengan melakukan penanganan langsung pada pasien, tetapi juga berkecimpung dalam pelayanan rumah sakit dan layanan kesehatan masyarakat.  Terakhir dengan menjadi dokter gigi, hidupmu akan mejadi lebih seimbang, sebab pekerjaan ini memberikanmu fleksibilitas waktu untuk mengatur keseimbangan antara kehidupan pribadi dan pekerjaaan.

dokter gigi

Keahlian Jurusan Kedokteran Gigi

✓ Detail, teliti, tekun

✓ Kemampuan berpikir sistematis

✓ Kemampuan problem solving

✓ Kemampuan melakukan analisis

✓ Kemampuan komunikasi

✓ Kemampuan melakukan observasi

dokter gigi

Kebutuhan Lulusan Jurusan Kedokteran Gigi di Dunia Kerja

  • Lulusan Jurusan Kedokteran Gigi dipersiapkan menjadi seorang dokter gigi yang handal. Dokter gigi ini bisa bergabung sebagai tenaga medis di rumah sakit baik pemerintah, swasta, maupun klinik, dan puskesmas
  • Jika tidak ingin terjun ke dunia klinis, kamu bisa mengembangkan potensimu ke bidang lain, seperti akademis, lembaga penelitian, manajemen rumah sakit, dan lainnya.
  • Selain menjadi dokter gigi, Kamu juga dapat menjadi seorang peneliti. Profesi ini sangat cocok untukmu yang senang melakukan eksperimen.
  • Pilihan karir lainnya adalah menjadi dosen atau membuka dental care sendiri Grameds.
  • Pilihan profesi lainnya sebagai prothodontik yang menangani rekonstruksi gigi ortodontik. Periodontik atau ahli struktur gigi meneliti secara khusus gigi dan unsur pembentuknya.
  • Kedokteran gigi anak tentunya bertugas menangani tumbuh kembang gigi anak – anak. Serta patologi mulut yang berfokus pada penanganan ragam penyakit yang menyerang jaringan lunak dan keras pada rongga mulut serta rahang.

Perkuliahan & Mata Kuliah Jurusan Kedokteran Gigi

Proses perkuliahan Jurusan Kedokteran Gigi berlangsung dalam bentuk teori yang membahas lmu kedokteran gigi dasar, konservasi gigi, endodontik, periodonsia, ilmu kedokteran gigi anak, ilmu kesehatan gigi mulut , ilmu biologi oral, radiologi dan lain-lain, juga tentu saja kegiatan praktik. Kamu akan dihujani dengan banyaknya skill dan praktikum yang beragam jenisnya. Wajar, sebab dokter gigi erat kaitannya dengan keterampilan tangan Grameds. Kamu akan belajar caranya mencetak gigi, memasang kawat gigi, atau cabut gigi, dan lain-lain.

Untuk peminatan, kedokteran Gigi memiliki beberapa spesialisasi jurusan. Hal ini disebabkan banyaknya cabang ilmu dan konsentrasi di bidang ini. Berikut beberapa diantaranya Dentistry Oral health Dental Health Science Dental Prosthetics Dental Technology Dental Surgery Orthodontics Oral implant Oral medicine and oral pathology Pediatric Dentistry Periodontics Prosthodontics Special Care Dentistry dan lainnya.

Mata Kuliah Jurusan Kedokteran Gigi

Berikut ini adalah mata kuliah yang akan kamu pelajari di Jurusan Kedokteran Gigi, Grameds:

  1. Biomedik
  2. Ilmu Kedokteran Dasar
  3. Ilmu Kedokteran Gigi Dasar
  4. Tumbuh Kembang
  5. Karies Gigi
  6. Penyakit/ Kelainan Jaringan Keras Gigi
  7. Penyakit/ Kelainan Pulpa dan Periapeks
  8. Penyakit/ Kelainan Jaringan Penyangga Gigi
  9. Gangguan /Kelainan Tumbuh Kembang dan Oklusi
  10. Skills Lab Pemeriksaan Tanda-Tanda Vital
  11. Skills Lab Material Kedokteran Gigi dan Anatomi Gigi
  12. Skills Lab Restorasi (dengan prinsip intervensi minimal) dan RKG
  13. Skills Lab Perawatan Saluran Akar
  14. Restorasi Pasca Endo dan RKG
  15. Skills Lab Penatalaksanaan Penyakit/Kelainan Jaringan Penyangga Gigi
  16. Skills Lab Tracing Sefalometri Lateral dan Interpretasi Radiografik
  17. Rehabilitasi Sistem Stomatognatik
  18. Penyakit/Kelainan Jaringan Lunak Mulut dan Kelainan Oromaksilofasial
  19. Skills Lab Alat Ortho Lepas dan Gigi Tiruan Cekat
  20. Skills Lab Ekstraksi
  21. Odontektomi dan Kegawatdaruratan
  22. Skills Lab Pembuatan Gigi Tiruan Lepas Sebagian dan Penuh

Karakter Siswa yang Sesuai di Jurusan Kedokteran Gigi

  • Teliti
  • Tekun
  • Detil
  • Observan
  • Terstruktur
  • Independen
  • Senang berhitung
  • Berwawasan luas
  • Senang menganalisis
  • Senang bekerja sendiri
  • Senang melakukan riset
  • Keterampilan komunikasi
  • Senang memecahkan masalah

Universitas Terbaik Jurusan Kedokteran Gigi

Berikut ini adalah list universitas terbaik untuk Jurusan Ilmu Politik (Terkreditasi A oleh BAN-PT) di Indonesia:

  1. Universitas Airlangga (UNAIR), Surabaya
  2. Universitas Hasanuddin (UNHAS), Makassar
  3. Universitas Indonesia (UI), Jakarta
  4. Universitas Padjajaran (UNPAD), Bandung
  5. Universitas Gadjah Mada (UGM), Bandung
  6. Universitas Sumatera Utara (USU)
  7. Universitas Jember (UNEJ), Jember
  8. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Yogyakarta
  9. Universitas Trisakti, Jakarta

*Sebaiknya kamu memilih Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) dengan akreditasi A, sebab lulusannya akan lebih mudah mendapatkan pekerjaan, dan diterima sebagai pegawai negeri, TNI/Polri juga memudahkanmu yang ingin melanjutkan pendidikan hingga ke spesialis, Grameds.

Career Profesi

Prospek Kerja Jurusan Kedokteran Gigi

Pada dasarnya, program studi Kedokteran Gigi mempelajari kesehatan oral manusia, mulai dari daerah gigi dan mulut, hingga cara menangani dan mengobati berbagai permasalahan di area tersebut. Tak hanya tentang kesehatan gigi, kamu juga akan mempelajari estetika gigi dan mulut. Berikut ini beberapa gambaran pekerjaan bagimu para lulusan kedokteran gigi, Grameds.

DOKTER RUMAH SAKIT

Peluang kerja pertama setelah meraih gelar Sarjana Kedokteran Gigi (S.Kg) dan program profesi yang dikenal juga sebagai co-ass, kamu bisa menjadi seorang dokter gigi di rumah sakit pemerintah, rumah sakit swasta, juga dokter gigi di puskesmas sesuai dengan keinginanmu.

BEDAH MULUT DAN MAKSOLOFASIAL

Tak hanya menjadi dokter gigi, kamu juga berkesempatan untuk berkarier di jenjang yang lebih tinggi. Dengan mendalami bagian bedah mulut kamu akan menjadi ahli bedah mulut dan maksilofasial profesional. Tugasnya menangaani kelainan rongga mulut yang memerlukan pendekatan secara bedah sehingga menuntut penguasaan ilmu kedokteran secara holistik dan terintegrasi Grameds.

PROTHODONTIK

Pilihan profesi lainnya sebagai prothodontik yang menangani rekonstruksi gigi ortodontik. Periodontik atau ahli struktur gigi meneliti secara khusus gigi dan unsur pembentuknya.

KEDOKTERAN GIGI ANAK

Kedokteran gigi anak tentunya bertugas menangani tumbuh kembang gigi anak – anak. Serta patologi mulut yang berfokus pada penanganan ragam penyakit yang menyerang jaringan lunak dan keras pada rongga mulut serta rahang.

LEMBAGA PENELITIAN

Bekerja di lembaga penelitian sangat cocok bagimu yang senang melakukan eksperimen. Gaji profesi ini sangat menggiurkan sebab dapat mencapai hingga belasan juta rupiah, Grameds.

BEKERJA DI PERUSAHAAN

Prospek kerja lainnya yang dapat dilakukan seorang lulusan dokter gigi yaitu bekerja di perusahaan swasta. Perusahaan yang bisa Kamu masuki seperti perusahaan pasta gigi Grameds.

MEMBUKA KLINIK SENDIRI

Peluang kerja berikutnya yaitu menjadi dokter gigi di klinikmu sendiri. Setelah mengantongi surat izin praktek, surat izin sarana kesehatan, dan lain-lain.

Pertanyaan Umum Yang Sering Ditanyakan

Apakah Jurusan kedokteran gigi membolehkan lintas jurusan dari lulusan IPS?

Sama dengan jurusan kedokteran dan kesehatan lainnya, jurusan kedokteran gigi mensyaratkan siswa untuk mengambil bidang IPA Grameds. Karena kini sistem UN membolehkanmu memilih mata pelajaran ujian maka disarankan kamu mengambil mata pelajaran Biologi atau Kimia untuk ranah IPA-nya.

Berapa nilai minimal pelajaran IPA untuk bisa masuk di jurusan kedokteran gigi?

Tidak seketat syarat masuk kedokteran pada umumnya, nilai dengan kategori Bagus (70% ke atas) sudah mencukupi Grameds

Apakah seseorang yang buta warna diperbolehkan untuk mendaftar ke jurusan ini?

Sayangnya tidak, siswa dengan kondisi buta warna tidak diperbolehkan mengambil jurusan kedokteran gigi.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *