Daftar Jurusan Kuliah IPA dan IPS

Jurusan Pendidikan Matematika

Jurusan Pendidikan Matematika

Kategori Pendidikan

Jurusan Pendidikan Matematika_[473 x 314]

Jurusan Matematika

Kategori Matematika & IPA (MIPA)

Daftar Isi

Apa Itu Jurusan Pendidikan Matematika

Jurusan Pendidikan Matematika merupakan ilmu tentang angka dan perhitungan yang mempelajari kombinasi matematika murni dan terapan (pure vs applied mathematics) seperti aljabar, geometri, analisis matematika, statistika, komputasi, aktuaria, juga riset operasi, namun tak sampai di situ pada Jurusan ini kamu juga akan diajarkan caranya mengajarkannya ilmu ini dengan cara yang menyenangkan kepada murid-murid supaya mudah dimengerti. Jurusan Pendidikan Matematika merupakan salah satu program studi yang berada di bawah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Lulusanya akan mendapatkan Gelas S.pd atau Sarjana Pendidikan, edufriends.

Kenapa Jurusan Pendidikan Matematika

Jurusan Pendidikan Matematika cocok untukmu yang menyukai pelajaran matematika, tapi juga memiliki passion untuk mengajar. Sebab banyak siswa yang merasa jika matematika merupakan pelajaran yang sulit. Maka dari itu, dalam mengajar pun dibutuhkan kreativitas untuk menemukan metode belajar yang lebih seru dan efektif agar matematika tidak lagi dianggap susah dapat mengambil bagian dalam program pemerataan kualitas pendidikan di Indonesia. Perkaya pengalamanmu dengan mengikuti program Sarjana Mendidik di Daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal (SM3T).

Selain itu banyak bidang pekerjaan yang membutuhkan lulusan dari jurusan ini yang terkenal akan kemampuan berpikir analitis, logika, serta kemampuan pemecahan masalah. Peluang Karir lulusanya mulai dari menjadi Tenaga Pendidik atau Akademisi baik Pengajar SMA atau Dosen. Penyusun atau Pengembang Bahan Ajar (Cetak, Audio, Video, Digital) Pengembang Media atau Multimedia Pembelajaran Desainer atau Analis Program Diklat, Teknisi Sumber Belajar pada Museum Pendidikan atau Perpustakaan, Pengadministrasi Umum di Berbagai Lembaga Entrepreneur di Bidang Teknologi Pendidikan.

Jurusan Pendidikan Matematika_[473 x 314]

Keahlian Jurusan Pendidikan Matematika

✓ Senang berhitung

✓ Senang melakukan riset

✓ Kemampuan terstruktur

✓ Kemampuan Berpikir Rasional

✓ Kemampuan Analisis

✓ Kemampuan Berlogika

✓ Pemahaman Matematika dasar

Jurusan Pendidikan Matematika_[473 x 314]

Kebutuhan Lulusan Jurusan Pendidikan Matematika di Dunia Kerja

  • Bagimu yang ingin bekerja di Instansi Pemerintahan, Lulusan Pendidikan matematika dapat bekerja di berbagai lembaga pemerintahan pusat maupun pemerintahan daerah, mulai dari Analis Kurikulum SD-SMA (PNS di Kemendikbud), Desainer Program Pembelajaran SD-SMA (PNS di Kemendikbud), Pengembang Teknologi Pembelajaran (PNS di Perguruan Tinggi Negeri dan Lembaga Diklat),  BPS (Badan Pusat Statistik), Departemen Keuangan, dan masih banyak lagi.
  • Kamu juga bisa memberi manfaat lewat cara lain. Misalnya dengan menulis buku ajar, menyusun buku latihan soal, ataupun jadi editor yang khusus menangani pelajaran Matematika di kantor penerbitan.
  • Para lulusan Pendidikan matematika juga bisa menjadi Statistik Keuangan, dengan kemampuannya dalam memprediksi kondisi dunia keuangan dan berperan dalam pemodelan, simulasi, serta analisis keuangan
  • Pendidikan matematika juga dapat bekerja pada proses komputasi, kamu dapat berkarir sebagai pengelola jaringan dengan ilmu matematika dan berbagai bidang pengembangan perangkat lunak dengan berbagai perhitungan.
  • Kamu bisa menjadi seorang aktuaris, yang tugasya menganalisa data-data statistik seperti tingkat atau angka kematian, kecelakaan, sakit, kecacatan, dan pensiunan dan membuat tabel perkiraan untuk memprediksi resiko dan asuransi yang dapat diaplikasikan untuk keuntungan atau pun simpanan di masa depan.

Perkuliahan & Mata Kuliah Jurusan Pendidikan Matematika

Perkuliahan di jurusan Pendidikan Matematika selama 4 tahun kuliah kamu tak hanya belajar ilmu matematika saja, tapi kamu mempelajari tata cara mengajarkan matematika kepada murid-murid supaya mudah dipahami dan dicerna. Kamu juga dituntut menjadi kreatif agar suasana belajar Matematika di kelas menyenangkan. Mengasah kemampuan mengajar, kamu juga akan mengikuti Program Pengalaman Lapangan. Lewat program ini kamu akan langsung mengajar murid-murid di sekolah dengan kurun waktu tertentu.

Beberapa mata kuliah yang bisa kamu temui misalnya Belajar dan Pembelajaran Matematika, Evaluasi Pembelajaran Matematika, Telaah Kurikulum dan Pembelajaran Matematika, Media Pembelajaran Matematika, Kalkulus Diferensial, Teori Bilangan, Geometri Analitik, Matematika Diskrit, Metode Numerik, Program Linier, Fungsi Variabel Kompleks, Statistika Deskriptif Teoritis, Analisis Real, dan sebagainya. Jika ingin mempelajari Matematika lebih lanjut kamu dapat mengambil program pascasarjana, misalnya Magister Pendidikan Matematika ataupun Magister Matematika. Ada banyak sekali pilihan kampus bergengsi yang bisa kamu jadikan referensi.

Mata Kuliah Jurusan Pendidikan Matematika

Berikut ini adalah mata kuliah yang akan kamu pelajari di Jurusan Pendidikan Matematika, edufriends:

  1. Aljabar Linear
  2. Aljabar Matriks
  3. Analisis Numerik
  4. Analisis Real
  5. Analisis Regresi
  6. Analisis Vektor
  7. Fungsi Variabel Kompleks
  8. Geometri Analitik
  9. Geometri Bidang
  10. Geometri Ruang
  11. Geometri Transformasi
  12. Kalkulus
  13. Analisis Kurikulum dan Perencanaan Pengajaran Matematika
  14. Dasar-Dasar dan Proses Pembelajaran Matematika
  15. Evaluasi Proses dan Hasil Pembelajaran Matematika
  16. Kurikulum dan Pembelajaran
  17. Landasan Pendidikan
  18. Matematika Diskrit
  19. Matematika Ekonomi
  20. Microteaching
  21. Model Pembelajaran Matematika
  22. Pengelolaan Pendidikan
  23. Perkembangan dan Bimbingan Peserta Didik
  24. Persamaan Diferensial
  25. Profesi Kependidikan
  26. Program Komputer
  27. Program Linear
  28. Statistika Matematika
  29. Strategi dan Media Pembelajaran Matematika
  30. Struktur Aljabar
  31. Teori Bilangan
  32. Teori Graph
  33. Trigonometri

Karakter Siswa yang Sesuai di Jurusan Pendidikan Matematika

  • Teliti
  • Tekun
  • Detil
  • Kritis
  • Rasional
  • Terstruktur
  • Independen
  • Senang berhitung
  • Keterampilan komunikasi
  • Keterampilan interpersonal

Universitas Terbaik Jurusan Pendidikan Matematika

Berikut ini adalah list universitas terbaik untuk Jurusan Pendidikan Matematika (Terakreditasi A oleh BAN-PT) di Indonesia:

  1. Universitas Ahmad Dahlan (UAD), Yogyakarta
  2. Universitas Muhammadyah Surakarta (UMS), Surakarta
  3. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Bandung
  4. Universitas Negeri Semarang (UNNES), Semarang
  5. Universitas Negeri Malang (UM), Malang
  6. Universitas Jember (UNEJ), Jember
  7. Universitas Sebelas Maret (UNS), Surakarta
  8. Universitas Negeri Medan (UNIMED), Medan
  9. Universitas Riau (UNRI), Riau
  10. Universitas Negeri Makassar (UNM), Makassar
Career Profesi

Prospek Kerja Jurusan Pendidikan Matematika

AKADEMISI

Lulusan Jurusan Pendidikan Matematika dipersiapkan untuk menjadi guru atau pengajar matematika di tingkat SMP atau SMA. Selain itu lulus dari jurusan ini, kita juga bisa menjadi entrepreneur handal di bidang pendidikan, karena memiliki latar belakang ilmu pendidikan, memungkinkan kita untuk membuka bimbingan belajar, les, atau privat matematika sebagai alternatif belajar siswa di luar sekolah.

AKTUARIS

Seorang Aktuaris akan menggunakan statistik untuk mengetahui kemungkinan terjadinya peristiwa tertentu. Selanjutnya, mereka akan berusaha untuk meminimalkan risiko terkait peristiwa tersebut. Seorang Aktuaris biasanya bekerja di industri asuransi, di mana mereka akan membantu perusahaan untuk merancang kebijakan dan menetapkan premi yang harus dibayar. Pendidikan Matematika merupakan salah satu jurusan yang memungkinkanmu untuk bekerja sebagai seorang Aktuaris.

ANALIS RISET PASAR

Seorang Analis Riset Pasar akan membantu perusahaan untuk memutuskan produk apa yang akan dibeli konsumen dan bagaimana cara mempromosikannya. Mereka akan menggunakan data yang sudah dikumpulkan di lapangan dan menggunakan metode statistik untuk menganalisisnya. Analis Riset Pasar akan membagikan temuan yang mereka dapatkan kepada para pemimpin perusahaan dengan mempersiapkan laporan tertulis dan gambaran secara grafis hasil survei.

ANALIS BIAYA

Penaksir biaya merupakan seseorang yang bertugas menghitung biaya penyelesaian proyek konstruksi atau manufaktur. Panaksir biaya akan memperhitungkan pengeluaran atau biaya yang berhubungan dengan tenaga kerja, bahan mentah, dan peralatan yang digunakan. Seorang penaksir biaya membutuhkan kemampuan matematika yang kuat agar proyek konstruksi berjalan secara efisien.

AHLI STATISTIKA

Jika diartikan secara sederhana, ahli statistik bekerja dengan cara mengumpulkan data yang memungkinkan pemerintah, perusahaan, dan perguruan tinggi menjawab pertanyaan tertentu. Ahli statistik akan menggunakan teknik matematika, memutuskan metode apa yang akan digunakan, dan bagaimana mengatasi masalah yang sedang dihadapi. Mereka juga bertugas merancang survei, eksperimen, dan jajak pendapat untuk selanjutnya menganalisa data yang telah dikumpulkan. Pendidikan di bidang statistik atau matematika sangat diperlukan agar bisa menjalani aktivitas pekerjaan ini dengan optimal. Jika memungkinkan lanjutkan hingga magister edufriends.

FINANCIAL PLANNER

Menjadi seorang penasehat keuangan memungkinkanmu untuk membantu merencanakan tujuan keuangan jangka pendek dan jangka panjang seseorang atau perusahaan. Penasehat keuangan akan merencanakan tabungan, biaya kuliah di masa depan, pensiun, investasi yang perlu dilakukan, asuransi, dan pajak. Penasehat Keuangan membutuhkan keterampilan matematika yang baik, edufriends.

OPERATIONAL RESEARCH ANALYST

Operations research analysts bertugas memformulasikan dan mengaplikasikan model matematika dan metode-metode optimisasi lainnya untuk mengembangkan dan menginterpretasikan informasi yang dapat membantu level manajemen untuk membuat keputusan, memformulasikan kebijakan ataupun fungsi-fungsi manajemen lainnya.

Pertanyaan Umum Yang Sering Ditanyakan

Apa gelar yang didapat oleh para lulusannya?

Apa saja yang dipelajari di Jurusan ini?

Mempelajari tentang dasar-dasar matematika seperti aljabar kalkulus, geometri, statistika, dan dasar-dasar MIPA dan mempelajari cara mengajar dan mendidik yang tepat.

Apa saja prospek kerja untuk para lulusannya?

Kamu bisa bekerja sebagai Akademisi, baik Guru atau Dosen, pegawai negeri sipil, BPS, dan masih banyak lagi.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *