Jurusan Teknologi Pangan

Jurusan Teknologi Pangan

Kategori Kesehatan

Jurusan nutrisi dan teknologi pangan-03

Jurusan Teknologi Pangan

Kategori Kesehatan

Daftar Isi

Apa Itu Jurusan Teknologi Pangan

Jurusan Teknologi Pangan merupakan Ilmu yang mempelajari segala proses pengolahan bahan pangan menjadi makanan yang dapat dikonsumsi. Proses tersebut meliputi sortasi, pengawetan, pengemasan, distribusi, dengan menjaga dan memastikan hasilnya aman dikonsumsi dan tetap bergizi.

Dalam teknologi pangan dipelajari sifat fisis, mikrobiologis, dan kimia dari bahan pangan dan proses pengolahannya, selain itu kamu juga akan mempelajari pengetahuan mengenai alat dan mesin pengolahan yang digunakan. Fokus utama dari ilmu teknologi pangan sendiri pada panganan dalam kemasan. Meski demikian, kamu juga akan mendapat pengetahuan soal proses panganan lainnya, edufriends.

Kenapa Jurusan Teknologi Pangan

Jurusan ini cocok untukmu yang memiliki passion kuat di bidang makanan, kesehatan, sains, dan biologi edufriends. Industri pangan dan kuliner yang selalu berkembang serta tak pernah sepi peminat dapat menjadi alasan menarik untuk mempertimbangkan Teknologi Pangan sebagai program studi pilihan. Selain itu dengan ilmu yang didapat, kamu bisa turut berkontribusi menciptakan ketahanan pangan yang stabil untuk negara lho, misalnya, kamu dapat melakukan riset tentang diversifikasi pangan agar penduduk di suatu daerah dengan tingkat kesuburan tanah yang rendah tidak harus selalu bergantung pada satu jenis tanaman atau bahan pangan sebagai makanan pokoknya. Kamu juga bisa belajar berbagai cabang ilmu sains yang berhubungan dengan pengolahan makanan, kemudian langsung mengimplementasikan pengetahuan tersebut dengan melakukan praktik pengolahan, pemrosesan, serta pengawetan makanan. Bagi yang senang bereksperimen dengan makanan, Teknologi Pangan akan menjadi jembatan yang tepat untuk kreativitasmu. Terakhir, lulusannya akan memiliki modal untuk berwirausaha di bidang pangan, sebab jurusan ini akan membekalimu dengan pengetahuan seputar komersialisasi produk agar dapat menjadi wirausahawan yang berkualitas. Kamu akan diajari bagaimana teknik distribusi produk pangan yang tepat serta layak konsumsi.

Jurusan nutrisi dan teknologi pangan-03

Keahlian Jurusan Teknologi Pangan

✓ Kemampuan senang melakukan riset

✓ Kemampuan observan

✓ Kemampuan perhatian terhadap detil

✓ Pemahaman terstuktur

✓ Mampu bekerja secara individu maupun dalam tim

✓ Ketertarikan pada ilmu pangan

Jurusan nutrisi dan teknologi pangan-03

Kebutuhan Lulusan Jurusan Teknologi Pangan di Dunia Kerja

  • Prospek karir bagi lulusan Teknologi Pangan tidak lain adalah di industri pangan. Beberapa profesi dalam industri ini misalnya Analis Kontrol Kualitas, Manajer Kontrol Kualitas Sistem, Peneliti dan Ahli Teknologi Pangan, Manajer Pertanian dan Peternakan, Ahli Diet dan Nutrisi, Ahli Teknologi Rasa, Ahli Teknik Pertanian, atau Teknisi Ilmu Pangan.
  • Quality Assurance (Pengendali mutu produk makanan), Staf quality assurance memiliki tugas utama untuk memastikan produk pangan yang diolah memenuhi standar kelayakan yang sudah ditetapkan pihak atau lembaga yang berwenang
  • Pengembangan produk, Karier di bidang pengembangan produk pangan bisa dikatakan memiliki persaingan yang ketat. Tidak semua lulusan baru dapat diterima berkarier di bidang ini. Ibaratnya, mereka yang bekerja di divisi pengembangan produk adalah pemegang resep rahasia. Bahkan, tidak jarang, gaji pegawai yang bekerja di bidang ini lebih tinggi dibanding pimpinan perusahaan edufriends.
  • Konsultan gizi dan pangan, Kamu bisa menyalurkan ilmu yang dimiliki dengan menjadi konsultan gizi dan pangan, baik untuk individu maupun perusahaan yang bergelut di bidang pangan.

Perkuliahan & Mata Kuliah Jurusan Teknologi Pangan

Berkuliah di Jurusan ini tidak akan membosankan sebab kamu akan sering memasak saat praktikum atau fieldtrip ke pabrik-pabrik makanan besar untuk mempelajari pengolahan pangan yang mencakup sortasi, pengawetan, pemrosesan, pengemasan, penyimpanan, distribusi, hingga memastikan produk akhir tiba diujung rantai konsumsi dalam keadaan aman dengan nilai gizi yang baik.

Mata kuliah yang diajarkan di jurusan ini sangat beragam. Pada semester pertama kamu akan belajar ilmu-ilmu dasar, seperti matematika, fisika, kimia, serta pengantar ilmu teknologi pangan. Setelah itu, kamu akan mendapatkan mata kuliah yang lebih khusus, seperti kimia pangan, mikrobiologi pangan, hingga diajarkan bagaimana cara membuat produk-produk fermentasi, cara menumbuhkan mikroba serta analisis mikroba pada produk pangan. Mata kuliah lain yang diajarkan adalah keamanan pangan, teknologi pengolahan pangan, analisis pangan, hingga kewirausahaan pangan, dimana kamu nantinya akan belajar implementasi untuk pembuatan produk pangan yang inovatif, cara pemasaran hingga prinsip marketing.

Mata Kuliah Jurusan Teknologi Pangan

Berikut ini adalah mata kuliah yang akan kamu pelajari di Jurusan Teknologi Pangan, edufriends:

  1. Kalkulus
  2. Biologi Dasar
  3. Fisika Dasar
  4. Kimia Organik
  5. Kimia Analitik
  6. Kimia Fisik
  7. Mikrobiologi Dasar
  8. Kimia Pangan
  9. Biokimia Pangan Dasar
  10. Mikrobiologi Pangan
  11. Satuan Operasi Industri Pangan
  12. Prinsip Proses Pengolahan Pangan
  13. Teknologi Fermentasi Pangan
  14. Keamanan dan Sanitasi Pangan
  15. Metabolisme Komponen Pangan
  16. Prinsip Teknik Pangan
  17. Karakteristik Bahan Pangan
  18. Teknologi Pengolahan Pangan
  19. Evaluasi Sensori
  20. Analisis Pangan
  21. Peraturan Pangan
  22. Jaminan Mutu Pangan
  23. Bahan Tambahan Pangan
  24. Teknologi Pengemasan dan Penyimpanan
  25. Evaluasi Biologis Komponen Pangan
  26. Pangan Fungsional
  27. Teknologi Flavor
  28. Teknologi Pengolahan Minyak dan Lemak
  29. Sistem Jaminan Halal
  30. Teknologi Pengalengan Pangan

Karakter Siswa yang Sesuai di Jurusan Teknologi Pangan

  • Teliti
  • Tekun
  • Detil
  • Rasional
  • Observan
  • Terstruktur
  • Independen
  • Senang melakukan riset
  • Bisa bekarjasama dengan team

Universitas Terbaik Jurusan Teknologi Pangan

Berikut ini adalah list universitas terbaik untuk Jurusan Teknologi Pangan (Terakreditasi A oleh BAN-PT) di Indonesia:

  1. Universitas Sumatera Utara (USU), Medan
  2. Universitas Padjajaran (UNPAD), Bandung
  3. Institut Pertanian Bogor (IPB), Bogor
  4. Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta
  5. Universitas Brawijaya (UB), Malang
  6. Universitas Hasanuddin (UNHAS), Makassar
  7. Institut Teknologi Bandung (ITB), Bandung
  8. Universitas Diponegoro (UNDIP), Semarang

 

Career Profesi

Prospek Kerja Jurusan Ilmu Pangan

Karena prospek kerjanya luas, kamu dapat menemukan berbagai pilihan karier usai menyelesaikan studi di jurusan Teknologi Pangan, Edufriends. Berikut ini beberapa diantaranya:

QUALITY CONTROL (QC)

Sebagai staf quality control pada perusahaan produsen pangan, tugasmu adalah memastikan proses pengolahan makanan di pabrik berjalan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan mulai dari bahan baku, alat, hingga produk akhir yang dihasilkan. Tak jarang pengawasan mutu dilakukan hingga tahap pengepakan dan pengiriman produk.

QUALITY ASSURANCE (QA)

Sesuai namanya, prospek kerja teknologi pangan ini berarti memastikan mutu dari pangan yang ada, mulai dari sejak panen, dalam proses, sampai diterima oleh konsumen. Karena, penanganan yang tidak tepat akan menurunkan mutu dari sebuah bahan pangan. Misalnya pada saat diambil pertama kali, kondisi lingkungan sekitar yang kurang higienis dapat menyebabkan bahan pangan tersebut tercemar. Jika tertarik berkarier di bidang ini, kamu harus menguasai standar mutu pangan yang berlaku dalam skala nasional maupun internasional, mampu menganalisis mutu pangan sesuai paramater yang ditetapkan, serta mampu menggali potensi pengembangan produk.

PENGEMBANG PRODUK

Bidang lainnya adalah Product Development. Tidak mudah langsung diterima di bagian ini. Disamping perlu pengetahuan mumpuni, bidang ini menyangkut rahasia resep produk sehingga perusahaan akan sangat berhati-hati dalam memilih orang yang tepat untuk bagian ini. Jenjang karier untuk bidang pengembangan produk pun cukup menjanjikan. Posisi tertinggi yang dapat diraih staf di divisi pengembangan produk adalah Chef Technical Officer (CTO) atau bisa disebut juga sebagai Direktur Teknik.

RESEARCH AND DEVELOPMENT

RnD atau bidang pengembangan produk bertugas untuk membuat produk-produk baru ataupun mengembangkan produk yang telah ada sebelumnya. Disini kamu akan banyak melakukan riset, mulai dari tes bahan baku, riset pembuatan produk hingga melakukan riset pasar untuk memastikan produk yang kamu buat dapat diterima oleh masyarakat.

SUPPLY CHAIN MANAGEMENT

SCM atau dapat disebut sebagai rantai suplai merupakan proses untuk mengkoordinasi dan mengontrol pergerakan bahan baku menjadi suatu produk jadi untuk nantinya dikirimkan kepada konsumen.

LEMBAGA PEMERINTAHAN

Di bidang pemerintahan, lulusan teknologi pangan dapat bekerja sebagai pengawas obat dan makanan di BPOM, Departemen Pertanian, LIPI hingga perusahaan BUMN seperti BULOG dan PTPN (Perkebunan Nusantara). Agar dapat bekerja di lingkungan pemerintahan, sebagai lulusan Teknologi Pangan kamu harus mampu melayani masyarakat dengan baik, berwawasan luas, menguasai teknologi, serta mampu menjalankan tugas dengan baik dan bertanggung jawab.

KONSULTAN GIZI DAN PANGAN

Kamu bisa menyalurkan ilmu yang dimiliki dengan menjadi konsultan gizi dan pangan, baik untuk individu maupun perusahaan yang bergelut di bidang pangan. Untuk dapat berkarier di profesi ini kamu harus memiliki pengetahuan mendasar seputar ilmu gizi, teknik pengolahan makanan, permasalahan konsumsi gizi, standar kelayakan produk pangan, serta pengetahuan mendalam seputar tren konsumsi pangan dari waktu ke waktu. Kamu juga harus memiliki kemampuan berbicara di muka umum, keahlian interpersonal, serta mampu menyampaikan gagasan rumit sesederhana mungkin agar dapat dipahami banyak orang.

ENTERPRENEUR

Memiliki banyak pula ide-ide brilian muncul dalam benakmu? Mulailah berwirausaha dan menjadi pengusaha pangan yang mandiri. Terapkan ilmu yang kamu pelajari mengenai proses pengolahan, pengawetan, fermentasi dan kandungan gizi pada pangan untuk membuat produk makananmu sendiri, edufriends.

Pertanyaan Umum Yang Sering Ditanyakan

Apa yang dipelajari di jurusan ini?

Ilmu teknologi pangan mempelajari segala proses pengolahan bahan pangan menjadi makanan yang bisa dikonsumsi. Proses yang disebut meliputi sortasi, pengawetan, pengemasan, distribusi, dengan menjaga dan memastikan hasil akhir aman untuk dikonsumsi dan tetap bergizi.

Apa saja prospek kerja lulusan Teknologi Pangan?

Quality Control, Konsultan Pangan dan Gizi, Instansi Pemerintahan seperti BPOM, Wirausaha, dan Pengembangan Produk.

Apa gelar yang didapat oleh para lulusannya?

Setelah lulus dari jurusan Teknologi Pangan, kamu berhak menyandang gelar Sarjana Teknik Pertanian (S.TP.).

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *