Daftar Jurusan Kuliah IPA dan IPS

Jurusan Keperawatan Mata Kuliah, Prospek Kerja, Universitas

Jurusan Ilmu Keperawatan

Kategori Kesehatan

Jurusan-Keperawatan-03

Jurusan Ilmu Keperawatan

Kategori Kesehatan

Daftar Isi

Apa Itu Jurusan Ilmu Keperawatan

Jurusan Keperawatan merupakan jurusan yang akan mendidikmu menjadi seorang tenaga kesehatan profesional. Kamu akan mempelajari pemenuhan kebutuhan dasar manusia, termasuk bio psiko sosio spiritual dan kultural. Tak hanya sekedar sains, tapi juga mempelajari hubungan sosial Grameds. Bagaimana cara berkomunikasi yang baik dan efektif, juga memberikan pelayanan kesehatan yang menunjang kesembuhan. Kamu akan berfokus sepenuhnya pada perawatan individu agar ia mencapai, mempertahankan, atau memulihkan kesehatan yang optimal serta meningkatkan kualitas hidup pasien.

Jurusan Ilmu Keperawatan tersedia dalam jenjang D3, D4, Sarjana, Pendidikan Master, hingga Doktoral. Pada Jenjang D3 menekankan pada praktek keperawatan, sementara pada jenjang S1 menyeimbangkan antara pendalaman teori dan praktek. Program Sarjana Keperawatan (S.Kep) sendiri diselesaikan dalam waktu 4 (empat) tahun, dengan spesialisasi sebagai berikut: Keperawatan medikal bedah, keperawatan anak, keperawatan maternitas, keperawatan gerontik, keperawatan jiwa, keperawatan gawat darurat, menajemen keperawatan, keperawatan pediatrik, dan lainnya yang dapat kamu pilih sesuai minatmu.

Kenapa Jurusan Ilmu Keperawatan

Kebutuhan dunia akan tenaga perawat semakin meningkat dari waktu ke waktu, seiring meningkat pulanya kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan tubuh. Lulusan keperawatan memiliki peluang kerja yang sangat luas, dan banyak dibutuhkan di industri kesehatan, mulai dari rumah sakit, puskesmas, dinas kesehatan, hingga tenaga kesehatan di bandara dan pelabuhan. Tak hanya di Indonesia, perawat sebagai salah satu profesi yang diikutsertakan dalam pasar bebas ASEAN juga dibutuhkan di Negeri Sakura lho, jika kamu lulus seleksi maka akan dikirimkan sebagai kandidat nurse (perawat klinis) juga careworker yang ditempatkan di rumah sakit maupun panti jompo di berbagai wilayahnya. Selain itu, perawat merupakan pekerjaan yang mulia. Dengan berkuliah di jurusan ini akan memberikanmu kesempatan untuk membatu dan berkontribusi terhadap meningkatnya pelayanan bidang kesehatan di dunia.

Jurusan-Keperawatan-03

Keahlian Jurusan Ilmu Keperawatan

✓ Kemampuan teliti, detail, dan tekun

✓ Kemampuan komunikasi

✓ Kemampuan bekerja sama dalam tim

✓ Kemampuan problem solving

✓ Keterampilan interpersonal

✓ Pemahaman ilmu keperawatan

Jurusan-Keperawatan-03

Kebutuhan Lulusan Jurusan Ilmu Keperawatan di Dunia Kerja

  • Tahukah kamu Profesi perawat termasuk ke dalam pasar bebas ASEAN. Sehingga kamu berkesempatan untuk bekerja di seluruh negara ASEAN Grameds
  • Banyak lapangan pekerjaan yang sangat membutuhkan tenaga ini mulai dari rumah sakit, puskesmas, klinik kesehatan, panti jompo, home care dan lain sebagainya
  • Kompetensi sarjana ilmu perawat di dunia medis, dapat diaplikasikan juga di beberapa profesi mulai dari Epidemiolog, hingga analis data klinis
  • Kamu juga bisa bekerja di bidang pendidikan yaitu di Institusi Keperawatan sebagai tenaga pendidik atau dosen
  • Bergabung menjadi tim gawat darurat yang terjun ke lokasi bencana juga dapat menjadi pilihan Grameds.
  • Lulusan Jurusan Keperawatan dapat bekerja sebagai manajer layanan medis dan kesehatan, yang bertanggung jawab dalam mengkoordinasikan pelayanan medis dan kesehatan di instansi tempatmu bekerja.

Perkuliahan & Mata Kuliah Jurusan Ilmu Keperawatan

Pada tahun pertama kamu akan diberikan pengetahuan tentang teori dan praktik keperawatan dasar. Tahun ke-2 dan ke-3 kamu akan belajar tentang pentingnya teori dan praktik keperawatan. Pada tahun ke-4 kamu akan lebih banyak melakukan praktik klinis yang komprehensif di laboratorium, pelayanan pada keluarga dan komunitas, dan penerapan keterampilan meneliti.

Selama tahun ke-5, kamu akan melakukan praktek keperawatan secara komprehensif, baik di rumah sakit maupun puskesmas. Mata kuliah di jurusan keperawatan sendiri diantaranya ilmu humaniora, biologi, biokimia, anatomi, fisiologi, fisika dan perilaku serta dasar-dasar keperawatan. Untuk semua mata kuliah yang bersifat teoritis selalu diiringi dengan praktikum, baik di laboratorium atau lapangan Grameds.

Mata Kuliah Jurusan Ilmu Keperawatan

Berikut ini adalah mata kuliah yang akan kamu pelajari di Jurusan Ilmu Keperawatan, Grameds:

  1. Sains Kesehatan
  2. Ilmu Biomedik
  3. Ilmu Dasar Keperawatan
  4. Antropologi Kesehatan
  5. Keperawatan Sistem Pencernaan
  6. Keperawatan Sistem Respirasi
  7. Keperawatan Sistem Persepsi Sensori
  8. Keperawatan Sistem Neurobehaviour
  9. Komputer Kesehatan

Karakter Siswa yang Sesuai di Jurusan Ilmu Keperawatan

  • Tekun
  • Detil
  • Kritis
  • Senang bekerja sendiri
  • Keterampilan komunikasi
  • Keterampilan interpersonal
  • Senang memecahkan masalah
  • Bisa bekarjasama dengan team

Universitas Terbaik Jurusan Ilmu Keperawatan

Berikut ini adalah list universitas terbaik untuk Jurusan Ilmu Keperawatan (Terakreditasi A oleh BAN-PT) di Indonesia:

  1. Universitas Indonesia (UI), Depok
  2. Universitas Padjadjaran (UNPAD), Bandung
  3. Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta
  4. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Yogyakarta
  5. Universitas Riau (UNRI), Riau
Career Profesi

Prospek Kerja Jurusan Ilmu Keperawatan

Perawat bekerja dalam sebagian besar spesialisasi, dimana mereka dapat bekerja secara independen maupun dalam sebuah tim untuk menilai, merencanakan, menerapkan dan mengevaluasi perawatan pasien. Di industri kesehatan, tenaga perawat sangat dibutuhkan. Apalagi, kini perawat juga sudah terspesialisasi. Beberapa di antaranya adalah keperawatan medikal bedah, keperawatan anak, keperawatan maternitas, keperawatan gerontik, keperawatan jiwa, keperawatan gawat darurat, manajemen keperawatan, serta keperawatan keluarga dan komunitas. Berikut ini beberapa gambaran pekerjaan untuk para lulusan jurusan keperawatan, Grameds:

TENAGA AHLI KEPERAWATAN

Menjadi seorang perawat tidak hanya membantu dokter tapi juga berhadapan dengan pasien dengan beraneka ragam karakterya. Pekerjaan umum seorang perawat mulai dari menyuntik, mengganti infus, memberikan obat, melakukan pencatatan riwayat penyakit pasien dan perkembangan kesehatan pasien hingga membantu kebersihan pasien Grameds.

PERAWAT HOMECARE

Sarjana Ilmu Keperawatan, apalagi yang sudah mengambil studi profesi, bisa bekerja sebagai perawat homecare. Profesi ini akan sangat membantu bagi pasien rawat jalan yang memerlukan bantuan perawat untuk penanganan luka hingga terapi, Grameds. Saat ini banyak perusahaan homecare di Indonesia yang dapat kamu jadikan batu loncatan untuk mendapatkan pengalaman dan pengetahuan langsung di lapangan. Bagi para lulusan D3 atau S1 Keperawatan baik yang belum mempunyai STR atau pun sudah mempunyai STR dapat mendaftar di homecare dengan cukup mudah berbeda dengan mendaftar di rumah sakit.

ASISTEN DOKTER

Menjadi asisten dokter di tempat praktik atau klinik pribadi, juga bisa jadi prospek lulusan Ilmu Keperawatan lho. Lingkup kerjanya lebih kecil dibanding rumah sakit, namun perannya sama seperti perawat pada umumnya.

ANALIS DATA KLINIS

Selain pekerjaan yang membutuhkan praktik langsung, lulusan Ilmu Keperawatan juga berpeluang menjadi analis data klinis. Ia bisa bekerja secara independen, bergabung dengan rumah sakit, atau instansi kesehatan. Tugasnya menganalisa data-data klinis seperti jenis penyakit, statistik pengunjung rumah sakit, angka kesembuhan, dan lain-lain. Fungsinya untuk merumuskan tren kesehatan, sehingga didapat informasi penting untuk pengembangan dunia medis kedepannya Grameds.

MEDICAL REPRESENTATIVE

Jika Kamu adalah seorang lulusan perawat dengan kemampuan ilmu pemasaran yang mumpuni, Kamu bisa berkarir menjadi medical representative. Tugasnya mempromosikan produk-produk farmasi secara profesional, kredibel, dan berintegritas. Profesi ini banyak dibutuhkan oleh perusahaan yang bergerak di bidang farmasi Grameds.

TEKNISI GAWAT DARURAT

Sebagai paramedis dan teknisi medis gawat darurat, Kamu adalah orang pertama yang akan melakukan perawatan terhadap pasien darurat yang terluka dan membutuhkan pertolongan pertama. Kemampuan berpikir kritis sangat diperlukan untuk dapat menggeluti profesi ini. Selain itu, Kamu juga harus cepat tanggap dalam mengambil keputusan Grameds.

EPIDEMIOLOG

Berikutnya, Sarjana Ilmu Keperawatan juga berpeluang mengisi profesi epidemiolog. Tugasnya mendeteksi dan menganalisa masalah kesehatan yang terjadi di suatu wilayah sedini mungkin agar bisa diminimalisasi potensinya sebelum menjadi wabah. Profesi ini sangat dibutuhkan di berbagai negara, mengingat masalah kesehatan pun terus berkembang dari yang awalnya sederhana menjadi versi lebih kompleks.

TENAGA PERAWAT DI TAMBANG, MINYAK & GAS

Bagimu yang lulusan keperawatan baik D3 atau pun S1 mempunyai peluang besar untuk bergabung menjadi tenaga medis atau pun non medis di perusahaan tambang, minyak dan gas. Gaji yang ditawarkan juga sangat menggiurkan, bahkan berkali-kali lipat UMR di Jakarta, namun tentu saja kamu harus mau ditempatkan di area pertambangan Grameds.

Pertanyaan Umum Yang Sering Ditanyakan

Apa perbedaan signifikan antara jurusan kedokteran dan keperawatan?

Pada jurusan Keperawatan, kita tak hanya belajar mengenai pemenuhan kebutuhan dasar manusia, termasuk bio psiko sosio spiritual dan kultural. Tak hanya sekedar sains, tapi kehidupan sosial juga dipelajari.

Apa saja yang dipelajari di Ilmu Keperawatan?

Mempelajari ilmu humaniora, biologi, biokimia, anatomi, fisiologi, fisika dan perilaku serta dasar-dasar keperawatan, dan lainnya.

Berapa lama proses perkuliahan keperawatan?

Program Sarjana Keperawatan (S.Kep) diselesaikan dalam 8 (delapan) semester selama 4 (empat) tahun, Grameds.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *