Jurusan Ilmu Gizi

Jurusan Ilmu Gizi

Kategori Kesehatan

Jurusan Ilmu Gizi_[626 x 626]-01

Jurusan Ilmu Gizi

Kategori Kesehatan

Daftar Isi

Apa Itu Jurusan Ilmu Gizi

Jurusan Ilmu gizi adalah ilmu interdisipliner yang mempelajari tentang pangan, zat gizi dan komponen pangan lain dalam kaitannya dengan kesehatan. Misalnya saja hubungan antara pertumbuhan manusia dan produktivitasnya serta kualitas kesehatan tubuhnya. Ilmu gizi juga mempelajari berbagai jenis penyakit, ilmu dasar patofisiologi serta anatomi tubuh manusia dan kaitannya dengan interaksi makanan, organ tubuh, obat-obatan, juga fitokimia. Ilmu gizi berkaitan dengan ilmu-ilmu lainnya seperti mikrobiologi, kimia pangan, biokimia, agronomi, peternakan, antropologi, sosiologi, psikologi, ekonomi dan sebagainya edufriends.

Kenapa Jurusan Ilmu Gizi

Jurusan ini cocok bagimu yang menyukai dunia biologi, kimia atau kesehatan tubuh. Dengan adanya upaya pemerintah untuk melakukan program perbaikan gizi hingga ke seluruh pelosok Indonesia, maka peran para lulusan Ilmu Gizi tentunya sangat dibutuhkan. Selain itu Perusahaan-perusahaan industri makanan dan minuman juga membutuhkan ahli gizi untuk ditempatkan pada bagian research and development yang bertugas menganalisis kandungan gizi dari produknya. Lulusan Ilmu Gizi juga memiliki kesempatan yang luas untuk membuka usaha sendiri, salah satunya usaha katering sehat, edufriends. Melalui jurusan ini kamu bisa membantu banyak orang, dengan membuka lapangan pekerjaan saat berwirausaha, mencukupkan gizi bagi orang-orang yang sakit, jika kamu bekerja di rumah sakit, dan lain-lain.

Jurusan Ilmu Gizi_[626 x 626]-01

Keahlian Jurusan Ilmu Gizi

✓ Kemampuan berkomunikasi

✓ Kemampuan melakukan penelitian

✓ Kemampuan melakukan analisis

✓ Kemampuan berpikir rasional dan terstruktur

✓ Kemampuan bekerja secara dalam tim

✓ Kemampuan interpersonal

Jurusan Ilmu Gizi_[626 x 626]-01

Kebutuhan Lulusan Jurusan Ilmu Gizi di Dunia Kerja

  • Hampir setiap rumah sakit memiliki unit atau instalasi gizi yang bertugas mengatur dan mempersiapkan makanan para pasien di rumah sakit tersebut. Tentu saja pekerjaan jurusan ilmu gizi disini tidak hanya berkutat pada makanan tetapi juga memperhatikan gizi dan nutrisi dari setiap menu yang dihidangkan dan tentunya harus sesuai dengan jenis penyakit yang diderita oleh pasien.
  • Lulusan Ilmu Gizi juga dapat bekerja sebagai Komunikator Gizi Profesional. Tugasnya melakukan edukasi gizi yang handal dan profesional guna membantu perubahan perilaku (mencakup individu, kelompok dan masyarakat). Pekerjaan ini cocok untukmu yang suka bekerja di lapangan!
  • Bekerja di Perusahaan Gizi Makanan dan Minuman. Pasti banyak diantara kamu yang sering melihat cakupan nutrisi atau nutrition facts yang tertera di belakang kemasan makanan ataupun minuman. Nah, ternyata mengurus nutrition facts merupakan salah satu pekerjaan untuk sarjana ilmu gizi yang cukup menjanjikan hingga saat ini.
  • Kamu juga bisa bekerja sebagai perencana program pangan dan gizi di lembaga swadaya masyarakat maupun international non-government organization.
  • Sebagai lulusan ilmu gizi Kamu bisa membangun bisnismu sendiri. Kamu bisa menjadi pengusaha kuliner mengandalkan bekal ilmu gizi yang Kamu miliki.
  • Kamu bisa bekerja sebagai staf di lembaga kesehatan masyarakat (LSM) sebab banyak lembaga kesehatan masyarakat yang membutuhkan ahli gizi, edufriends.

Perkuliahan & Mata Kuliah Jurusan Ilmu Gizi

Sebagai mahasiswa jurusan ilmu gizi, Kamu akan mendapatkan mata kuliah biokimia gizi. Mata kuliah ini mempelajari tentang reaksi kimia di dalam tubuh yang berhubungan dengan asupan gizi yang masuk ke tubuh manusia. Kamu juga akan mempelajari Metabolisme zat gizi merupakan mata kuliah yang akan mempelajari tentang proses metabolisme gizi yang masuk ke dalam tubuh.

Ilmu gizi juga mempelajari hal-hal seputar gizi dan nutrisi yang sebenarnya tidak terlalu berbeda jauh dengan fakultas kedokteran. Tahun pertamamu akan diisi dengan matakuliah biokimia, biomolekuler serta anatomi fisiologi, di tahun kedua kamu akan mendapatkan mata pelajaran tentang interaksi dan hubungan antara obat dan makanan.

Sedangkan di tahun ketiga, beberapa universitas sudah ada yang mengadakan PBL (problem based learning), namun ada pula yang telah mengadakan PBL sejak di tahun pertama perkuliahan. Di tahun ketiga kamu sudah bisa mengambil peminatan, baik itu Gizi Klinik, Gizi Komunitas, ataupun Food Service edufriends.

Mata Kuliah Jurusan Ilmu Gizi

Berikut ini adalah mata kuliah yang akan kamu pelajari di Jurusan Ilmu Gizi, edufriends:

  1. Biokimia Gizi
  2. Ilmu Bahan Pangan
  3. Mikrobiologi Pangan
  4. Sosiologi Gizi
  5. Patofisiologi Gizi
  6. Prinsip-prinsip Ilmu Gizi
  7. Teknologi Pengolahan Pangan
  8. Antropologi Gizi
  9. Metabolisme Zat Gizi
  10. Gizi dalam Daur Kehidupan
  11. Gizi Masyarakat
  12. Penilaian Status Gizi
  13. Evaluasi Gizi
  14. Pendidikan Gizi
  15. Fortifikasi Gizi
  16. Perencanaan Pangan dan Gizi
  17. Konseling Gizi
  18. Manajemen Pelayanan Makanan dan Pelayanan Gizi Institusi
  19. Ketahanan Pangan
  20. Gizi Kuliner
  21. Epidemiologi Gizi
  22. Dietetika Penyakit Infeksi dan Defisiensi
  23. Gizi Kerja dan Olahraga
  24. Dietetika Penyakit Degeneratif
  25. Intervensi Gizi
  26. Manajemen Pelayanan Makanan
  27. Pelayanan Gizi Institusi
  28. Imunologi Gizi
  29. Interaksi Obat dan Makanan
  30. Pengembangan Produk Pangan
  31. Manajemen Mutu dan Keamanan Pangan
[algolia_carousel]

Karakter Siswa yang Sesuai untuk Jurusan Ilmu Gizi

  • Tekun
  • Rasional
  • Terstruktur
  • Independen
  • Berwawasan luas
  • Senang menganalisis
  • Senang bekerja sendiri
  • Senang melakukan riset
  • Senang memecahkan masalah
  • Bisa bekarjasama dengan team
[algolia_carousel]

Universitas Terbaik Jurusan Ilmu Gizi

Berikut ini adalah list universitas terbaik untuk Jurusan Ilmu Gizi (Terkreditasi A oleh BAN-PT) di Indonesia:

  1. Universitas Gajah Mada (UGM), Yogyakarta
  2. Universitas Indonesia (UI), Depok
  3. Institut Pertanian Bogor (IPB), Bogor
  4. Universitas Airlangga (UNAIR), Surabaya
  5. Universitas Diponergoro (UNDIP), Semarang
  6. Universitas Brawijaya (UB), Jakarta
  7. Universitas Hasanuddin (UNHAS), Makassar
  8. Univeritas Andalas (UNAND), Padang
  9. Universitas Jendral Soedirman (UNSOED), Purwokerto
  10. Universitas Pembangunan Nasional Veteran (UPN), Jakarta
Career Profesi

Prospek Kerja Jurusan Ilmu Gizi

Lulusan prodi Ilmu Gizi akan memeroleh gelar Sarjana Gizi (S.Gz), dan memiliki prospek kerja sebagai konsultan gizi baik di klinik, rumah sakit, dan puskesmas. Lulusan ilmu gizi juga dapat berkarir di perusahaan yang bergerak di industri pangan, seperti perusahaan pengolahan makanan kaleng, atau katering makanan diet. Berikut beberapa gambaran pekerjaan untuk lulusan Ilmu Gizi, edufriends:

AHLI GIZI MANUSIA

Sebagai ahli gizi kamu bertugas menghasilkan, menilai, dan memberikan saran nutrisi ilmiah untuk meningkatkan kesehatan dan menciptakan gaya hidup yang baik. Para ahli gizi menggunakan pengetahuannya untuk membantu individu dan kelompok dalam membuat pilihan makanan yang mereka konsumsi setiap hari, makanan sehat dan sesuai dengan kebutuhan tubuhnya untuk kualitas hidup yang lebih baik.

INDUSTRI MAKANAN

Pasti banyak diantara kamu yang sering melihat cakupan nutrisi atau nutrition facts yang tertera di belakang sebuah kemasan makanan ataupun minuman yang dijual di supermarket. Nah, ternyata nutrition facts merupakan salah satu pekerjaan jurusan ilmu gizi yang cukup menjanjikan untuk saat ini. Seorang ahli gizi yang bekerja di perusahaan industri makanan dan minuman berperan sebagai quality control, bertugas memastikan produk yang diproduksi dalam keadaan aman, legal, dan memiliki kualitas yang tepat. Ahli Gizi biasanya terlibat juga dalam proses pengembangan resep suatu produk edufriends.

LEMBAGA KESEHATAN MASYARAKAT

Setiap pusat kesehatan atau yang biasa dikenal sebagai puskesmas biasanya membutuhkan setidaknya 1 orang ahli gizi. Hingga saat ini masih cukup banyak puskesmas yang belum memiliki ahli gizi karena jumlah lulusannya yang kurang.

PENGUSAHA KULINER

Sepertinya sudah menjadi pengetahuan umum bahwa untuk saat ini bisnis kuliner merupakan salah satu pekerjaan jurusan ilmu gizi yang paling prospektif. Namun, berbeda dari bisnis kuliner lainnya yang sebagian besar hanya mengutamkaan rasa, kamu dapat membuka jasa kuliner yang lebih spesifik dengan pangsa atau target pasar tertentu, bukan untuk umum dan hanya untuk kelompok usia tertentu. Misalnya kuliner bubur bayi dan balita atau makanan khusus untuk lansia yang sudah tidak memiliki gigi edufriends.

AHLI GIZI HEWAN

Lulusan ilmu gizi dapat bekerja sebagai ahli gizi hewan, perannya adalah dalam mempromosikan pemahaman yang lebih baik tentang efek diet pada kesehatan, kesejahteraan dan produktivitas hewan kepada pemiliknya. Pekerjaan ini sangat cocok bagimu yang mencintai dunia hewan edufriends.

Pertanyaan Umum Yang Sering Ditanyakan

Apa saja yang dipelajari di jurusan Ilmu Gizi?

Tidak melulu soal pangan, ilmu ini juga mempelajari pengolahannya yang tidak merusak gizi atau merugikan kesehatan. Di jurusan ini kamu juga akan diajarkan untuk mengetahui apa yang tubuh butuhkan, juga berbagai formula tepat untuk mendapatkan berat badan yang ideal, komposisi tubuh, kebutuhan kalori harian, dan lainnya.

Seperti apa Gambaran prospek kerja di Jurusan Ilmu Gizi?

Prospek kerjanya tentu saja di perusahaan makanan sebagai nutritions label pangan, di rumah sakit sebagai pengatur asupan makanan untuk pasien juga sebagai konsultan gizi, edufriends.

Apa gelar yang akan didapat oleh lulusan Ilmu Gizi

Lulusan prodi Ilmu Gizi akan memperoleh gelar Sarjana Gizi (S.Gz) edufriends.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *