Jurusan Sastra Inggris

Jurusan Sastra Inggris

Kategori Sastra dan Budaya

Jurusan Sastra Inggris_[473 x 314]

Jurusan Sastra Inggris

Kategori Kesehatan

Daftar Isi

Apa Itu Jurusan Sastra Inggris

Jurusan Sastra Inggris berfokus pada kemampuan di bidang kesusastraan (Literature), kebahasaan (Linguistics), dan kebudayaan yang menggunakan bahasa Inggris. Mengambil kuliah jurusan sastra inggris akan mengajakmu mempelajari kosa kata (vocabulary), struktur gramatika (grammar), serta melatih kemampuan membaca (reading), menulis (writing), bicara (speaking), dan mendengar (listening) yang terbagi menjadi beberapa mata kuliah dasar yang harus ditempuh.

Kamu juga akan mempelajari Sejarah dan Budaya, sebab Bahasa tidak akan lepas dari budaya, dan budaya tidak akan lepas dari sejarah. Mengkaji ilmu sastra atau menggali gejala sosial dan budaya yang terdapat dalam sebuah karya sastra. Karya-karya yang dikaji meliputi prosa, novel, puisi, dongeng, bahkan drama, film, atau lagu baik dalam bentuk tertulis atau bentuk pertunjukkan.

Disamping itu, dengan mempelajari mata kuliah ini, dapat memperdalam wawasanmu mengenai linguistic bahasa dengan lebih detail. Linguistik berurusan dengan fonologi (ilmu tentang bunyi), morfologi (ilmu tentang bentuk kata), sintaksis (ilmu tentang bentuk frasa dan klausa), semantik (makna), pragmatik (ujaran), dan macam-macam cabang lain. Dalam mempelajari linguistik, kamu akan mengkaji berbagai macam teks mulai dari karya sastra, teks pidato, artikel berita, lirik lagu, hingga transkrip serial televisi, iklan, dan film. Linguistik juga adalah salah satu pengutamaan dan peminatan dalam penulisan skripsi nantinya, edufriends.

Kenapa Jurusan Sastra Inggris

Prospek dan peluang kerja lulusan sastra inggris sangat luas ke berbagai lini pekerjaan. Jika dulu seorang lulusan bahasa inggris identik dengan pekerjaan sebagai pengajar saja, kini prospek kerja jurusan sastra inggris sangat banyak sekali kamu bisa berkarir di instansi pemerintahan, organisasi internasional, berkarir di perusahaan swasta, membuka lembaga kursus bahasa inggris, hingga menjadi freelance translater dengan keleluasaan waktu dalam bekerja.

Berkuliah di jurusan sastra inggris juga akan memudahkanmu melanjutkan studi beasiswa. Kini hampir semua beasiswa yang disediakan, baik oleh pemerintah, maupun swasta mengajukan syarat kemampuan berbahasa inggris yang baik (TOEFL dan IELTS). Kini Bahasa Inggris telah digunakan sebagai bahasa internasional dan terdapat 61 negara yang menjadikan bahasa inggris sebagai bahasa resmi negaranya edufriends.

Jurusan Sastra Inggris_[626 x 626]

Keahlian Jurusan Sastra Inggris

✓ Keterampilan interpersonal

✓ Kemampuan melakukan analisis

✓ Kemampuan berpikir terstruktur

✓ Kemampuan membaca dan memahami

✓ Kemampuan komunikasi lisan

✓ Kemampuan komunikasi tertulis

Jurusan Sastra Inggris_[626 x 626]

Kebutuhan Lulusan Jurusan Sastra Inggris di Dunia Kerja

  • Editor atau Penyunting Bahasa, Kian berkembangnya industri media cetak dan digital, kebutuhan akan penulis dan editorpun kian bertambah. Terlebih banyak sekali naskah terjemahan dari penulis mancanegara yang diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia. Maka lulusan bahasa dan sastra asing sangat memiliki tempat untuk mengisi pekerjaan ini
  • Asisten Editorial, Pertumbuhan penerbitan digital yang saat ini kian meningkat, membuat kesempatan untuk bisa bekerja di perusahaan publikasi online meningkat. Tugasnya mendukung para staf editorial senior di bagian administrasi, perencanaan dan produksi buku, majalah, jurnal, maupun materi online.
  • Pustakawan Akademik, untukmu yang begitu mencintai buku atau dunia akademik lainnya, profesi ini sangat cocok untukmu. Pustakawan akademik bertanggung jawab dalam pelajaran akademis dengan cara mengembangkan pengetahuan khusus seperti dalam pengembangan sistem TIK di berbagai macam proyek perpustakaan
  • Penerjemah, Lulusan sastra atau bahasa asing memiliki kesempatan bagus untuk bisa masuk ke dunia translation, baik itu dalam bentuk tulisan ataupun dalam bentuk lisan
  • Ahli Bahasa, Menjadi seorang ahli bahasa adalah kesempatan emas untuk para lulusan sastra asing, terutama yang sewaktu kuliah lebih memilih konsentrasi linguistik, Tugas seorang ahli bahasa di antaranya melakukan logika pembentukan kata, meneliti interaksi unsur bahasa, hingga meneliti hubungan antara satu bahasa dengan bahasa yang lain.

Perkuliahan & Mata Kuliah Jurusan Sastra Inggris

Perkuliahan di Jurusan Sastra Inggris kamu akan mempelajari komunikasi secara lisan dan tertulis menggunakan bahasa Inggris. Mulai dari Listening, Speaking, Reading, Writing, hingga Structure atau grammar. Kamu juga akan mempelajari Sastra [Literature], Theater, Budaya, Politik, Cara Berpikir, dan Sejarah western, tentang bagaimana mereka berperilaku, sistem politiknya, hingga mengulik sejarah Eropa, Inggris dan Amerika.

Selain itu kamu juga akan mempelajari Linguistik, atau bagaimana suatu kata dapat terbentuk, kalimat terbentuk, dan makna terbentuk. Linguistik berurusan dengan fonologi (ilmu tentang bunyi), morfologi (ilmu tentang bentuk kata), sintaksis (ilmu tentang bentuk frasa dan klausa), semantik (makna), pragmatik (ujaran), dan macam-macam cabang lain. Dalam mempelajari linguistik kamu akan mengkaji berbagai karya dari aspek linguistik dan sastra, serta membahas kebudayaan negara-negara yang menjadikan bahasa Inggris sebagai bahasa ibu, edufriends.

Mata Kuliah Jurusan Sastra Inggris

Berikut ini adalah mata kuliah yang akan kamu pelajari di Jurusan Sastra Inggris:

  1. Sejarah Pemikiran Modern
  2. Budaya dan Kearifan Lokal
  3. English for International Communication
  4. English for Social Communication
  5. English in Social Discourse
  6. English for Business Communication
  7. English in Academic Discourse
  8. Grammar for Interpersonal and Social Communication
  9. Grammar for Business Communication
  10. Grammar for Academic Communication
  11. Diction in Discourse
  12. Public Speaking
  13. English for Media
  14. English in Literary Works
  15. English Phonetics and Phonology
  16. English Morphology and Syntax
  17. Cross Cultural Understanding
  18. Sematics and Pragmatics
  19. Comparative Linguistics
  20. English Literature Development
  21. Prose
  22. Poetry
  23. Drama
  24. Literary Criticism
  25. Media Discourse
  26. Practicum of Translation
  27. Subtitling
  28. Bahasa Indonesia for Translator
[algolia_carousel]

Karakter Siswa yang Sesuai di Jurusan Sastra Inggris

  • Teliti
  • Tekun
  • Kritis
  • Terstruktur
  • Independen
  • Berwawasan luas
  • Senang menganalisis
  • Senang bekerja sendiri
  • Keterampilan komunikasi
  • Keterampilan interpersonal
[algolia_carousel]

Universitas Terbaik Jurusan Sastra Inggris

Berikut ini adalah list universitas terbaik untuk Jurusan Sastra Inggris (Terkreditasi A oleh BAN-PT) di Indonesia:

  1. Universitas Brawijaya (UB), Malang
  2. Universitas Indonesia (UI), Depok
  3. Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta
  4. Universitas Diponegoro (UNDIP), Semarang
  5. Universitas Sebelas Maret (UNS), Surakarta
  6. Universitas Hasanuddin (UNHAS), Makassar
  7. Universitas Sumatera Utara (USU), Medan
  8. Universitas Negeri Semarang (UNNES), Semarang
  9. Universitas Udayana (UNUD), Bali
  10. Universitas Padjadjaran (UNPAD), Bandung
Career Profesi

Prospek Kerja Jurusan Sastra Inggris

PUBLIC RELATION

Lulusan sastra inggris dapat menjadi public relation, walaupun pekerjaan ini cenderung merupakan prospek kerja dari ilmu komunikasi. Public relation berperan dalam mengurus dan mengkoordinasi semua hal yang berkaitan dengan komunikasi, baik di dalam maupun luar dari suatu perusahaan. Kemampuan bahasa inggris dan kecakapan berkomunikasi, kecerdasan verbal, dan kecerdasan interpersonal tentu menjadi nilai tambah untuk bekerja sebagai seorang public relation.

LEMBAGA INTERNASIONAL

Banyak sekali lembaga maupun organisasi internasional yang membutuhkan lulusan sastra inggris. Lembaga internasional bertugas menangani berbagai masalah yang ada di dunia. Contoh dari lembaga internasional tersebut antara lain ASEAN, WHO yang menangangi kesehatan, UNESCO yang menangani pendidikan, dan masih banyak lagi.

DIPLOMAT

Prospek kerja lulusan bahasa inggris tentu sangat besar untuk menjadi diplomat dengan kemampuan komunikasi bahasa inggrisnya. Tugas seorang diplomat adalah mewakili suatu negara untuk melakukan diplomasi atau mewakili negara di suatu negara dalam suatu pertemuan. Seorang diplomat harus mampu melakukan negosiasi yang terbaik sehingga negara yang diwakilkan dapat memperoleh keuntungan.

EDITOR

Editor atau disebut juga sebagai penyunting menjadi pekerjaan yang menjanjikan bagi lulusan sastra inggris. Penyunting bahasa inggris berperan dalam membaca dan menilai naskah, kemudian mengedit, serta mengoreksi tulisan dalam bahasa inggris. Editor di sini dapat berupa editor majalah, editor buku, editor artikel website, dan masih banyak lagi.

INTERPRETER

Pekerjaan ini juga cocok untuk peluang kerja lulusan sastra inggris yang suka menerjemahkan bahasa. Walaupun mirip dengan  translator, namun pekerjaan Interpreter berbeda dalam penyampaiannya. Interpreter bertugas menerjemahkan bahasa inggris secara lisan dan langsung tanpa menulisnya. Sehingga, seorang interpreter harus berkonsentrasi tinggi dalam menerjemahkan orang yang berbicara. Interpreter sering digunakan saat pertemuan antar negara dunia berlatar bahasa yang berbeda.

TOUR LEADER

Tour guide atau sering disebut sebagai pemandu wisata menjadi populer di lulusan bahasa inggris. Banyak bermunculan tempat wisata yang mendatangkan orang asing dan membutuhkan penjelasan mengenai wisata tersebut dalam bahasa inggris yang mudah dipahami, kamu juga dapat bekerja secara part-time untuk menjadi seorang tour guide di destinasi-destinasi terbaik Indonesia.

AHLI BAHASA

Seorang sarjana sastra apalagi bahasa inggris, tentu mempunyai peluang kerja menjadi ahli bahasa. Ahli bahasa di sini berbeda dengan penerjemah, karena ahli bahasa bertugas mempelajari dan meneliti tentang bahasa, terutama bahasa asing inggris.

TENAGA PENGAJAR

Semakin banyak yang ingin belajar Bahasa inggris, membuat kebutuhan akan seorang pengajar semakin meningkat. Jika kamu suka bahasa inggris dan senang berinteraksi dengan orang lain maka menjadi pengajar bahasa inggris tentu menjadi pilihan yang tepat. Baik itu pengajar di suatu lembaga pendidikan bahasa inggris, menjadi dosen suatu universitas, maupun bekerja mengajar siswa SD, SMP, dan SMA, atau menjadi Dosen dengan minimal pendidikan S2/Magister.

Pertanyaan Umum Yang Sering Ditanyakan

Apa saja yang dipelajari di Jurusan Sastra Inggris?

Mempelajari kemampuan di bidang kesusastraan (Literature), kebahasaan (Linguistics), dan kebudayaan menggunakan bahasa Inggris.

Apa saja prospek kerja lulusan Sastra Inggris?

Pengajar, penerjemahan dan interpreting, copywriting, periklanan, penulisan kreatif, penerbitan (editing), ekspor-impor, dan masih banyak lagi.

Apa mata kuliah penting di Jurusan Sastra Inggris?

Grammar in Discourse, Syntax, Drama, Short Story Analysis, Morphology, Literature, dan Linguistics.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *