Daftar Jurusan Kuliah IPA dan IPS

Jurusan Kesehatan Masyarakat – Mata Kuliah, Prospek Kerja, Universitas

Jurusan Kesehatan Masyarakat

Kategori Kesehatan

Jurusan-Kesehatan-Masyarakat-01-626x430

Jurusan Kesehatan Masyarakat

Kategori Kesehatan

Daftar Isi

Apa Itu Jurusan Kesehatan Masyarakat

Jurusan Kesehatan Masyarakat merupakan jurusan yang mengajarkan, sekaligus memberimu pelatihan untuk memahami kondisi kesehatan masyarakat di berbagai kondisi lingkungan. Contoh kegiatan yang biasanya dilakukan di jurusan ini adalah mengenali berbagai penyakit yang terjadi di lingkungan, mempelajari pola dan perilaku hidup sehat masyarakat itu sendiri, menghitung besaran distribusi penyakit di suatu wilayah, menghitung kondisi kesehatan secara kuantitatif, menganalisa dampak lingkungan pada kesehatan masyarakat, dan faktor kesehatan dan keselamatan kerja. Secara garis besar di Jurusan Kesehatan Masyarakat kita mempelajari ilmu medis ditambah dengan ilmu sosial. Kebanyakan jurusan ini merupakan pendidikan strata satu yang menghasilkan lulusan dengan gelar Sarjana Kesehatan Masyarakat (S.K.M) .

Kenapa Jurusan Kesehatan Masyarakat

Prospek kerja lulusan Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat terbuka luas tak hanya di bidang kesehatan, tapi juga di pencegahan penyakit, pengendalian wabah, kebijakan kesehatan, kesehatan lingkungan, perawatan kesehatan, promosi kesehatan hingga epidemologi, dan bioterorisme. Apalagi seiring dengan perkembangan zaman, masalah kesehatan di Indonesia semakin kompleks. Mulai dari berbagai penyakit menular seperti virus Zika dan HIV/AIDS, atau penyakit tidak menular seperti kanker paru dan penyakit jantung. Ahli Kesehatan Masyarakat memiliki peran penting dalam pemecahan masalah-masalah kesehatan tersebut, dalam arti lain jurusan ini memberikanmu bekal untuk melakukan sesuatu yang bermanfaat bagi sesama.

Kamu bisa membawa perubahan pada kondisi kesehatan masyarakat agar menjadi lebih baik lagi. Hal ini kemudian berdampak pada kondisi negara kita, jika kualitas kesehatan masyarakat membaik maka kondisi negara juga akan membaik. Sehingga tanpa disadari kamu akan membawa banyak perubahan positif tak hanya bagi diri sendiri tapi juga bagi banyak pihak. Selain itu berkuliah di jurusan ini tidak akan membosankan, sebab selain belajar teori kamu akan melakukan banyak praktek lapangan Kuliah di jurusan ini tak hanya belajar secara teori tapi juga praktek lapangan, Contoh praktek yang biasanya dilakukan adalah survei dan investigasi Wabah, Pengolahan Limbah, Perencanaan dan Evaluasi Program Kesehatan, Sosialisasi Kesehatan, Pemberdayaan Kesehatan Masyarakat, Pengendalian Penyakit, Studi kasus tentang pola hidup sehat masyarakat, dan masih banyak lagi .

Keahlian Jurusan Kesehatan Masyarakat

✓ Kemampuan analitis konseptual dan teoritis

✓ Kemampuan meneliti

✓ Kemampuan bekerja cepat

✓ Kemampuan bekerja dalam tim

✓ Kemampuan melakukan analis

✓ Kemampuan manajerial

✓ Kemampuan kepemimpinan

Kebutuhan Lulusan Jurusan Kesehatan Masyarakat di Dunia Kerja

  • Lulusan Kesehatan Masyarakat memiliki peluang karier yang luas, tak hanya di Pusat Kesehatan Masyarakat (puskesmas) tapi di berbagai sektor swasta seperti industri dan organisasi
  • Prospek kerjanya juga menarik, mulai dari bidang konsultan kesehatan seperti Global Fund TB dan HIV, Komisi Penanggulangan HIV/AIDS, hingga di berbagai LSM bidang kesehatan lainnya.
  • Kamu juga bisa menjadi seorang ahli K3 atau Keselamatan dan Kesehatan Kerja.
  • Sebagai promosi kesehatan masyarakat, tugasnya di bagian manajemen pengelolaan dalam mensosialisasikan kesehatan di masyarakat serta tenaga ahli di bidang ini.
  • Di bidang sarana kesehatan, kamu bisa menjadi administrator layanan kesehatan masyarakat atau bahkan manajer di rumah sakit, BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, dan Kepala Puskesmas. Selain itu, kamu juga bisa bekerja di Kementerian Kesehatan atau Dinas Kesehatan, Badan Narkotika Nasional, WHO (World Health Organization), atau menjadi dosen.

Perkuliahan & Mata Kuliah Jurusan Kesehatan Masyarakat

Pada awal perkuliahan mahasiswa akan mempelajari materi mengenai Ilmu Kependudukan, Kebijakan Kesehatan, Kesehatan Kerja, Biokimia, Patologi, Ilmu Gizi, Epidemiologi Penyakit, Sosiologi Kesehatan, dan materi lainnya. Pembelajaran awal cukup banyak karena pada prakteknya ilmu ini digunakan di masyarakat dengan kondisi yang beragam.

Dalam pelaksanaan perkuliahan, kamu tak hanya akan mempelajari teori sebab tugas utama seorang Sarjana Kesehatan Masyarakat adalah upaya preventif dan promotif, maka selama menjadi mahasiswa kamu akan melakukan banyak praktek lapangan dan dilatih untuk berinteraksi dengan masyarakat.

Mata Kuliah Jurusan Kesehatan Masyarakat

Berikut ini adalah mata kuliah yang akan kamu pelajari di Jurusan Kesehatan Masyarakat, :

  1. Sejarah dan Pendekatan Kesehatan Masyarakat
  2. Etika dan Kode Etik Kesehatan
  3. Olahraga
  4. Hukum Kesehatan dan UU
  5. PKIP Dasar
  6. Pengantar Ilmu Kependudukan
  7. Mikrobiologi
  8. Biokimia
  9. Dasar-dasar Biostatistik
  10. Prinsip-prinsip Epidemiologi
  11. Dasar-dasar Kesehatan Lingkungan
  12. Surveilans Kesehatan Masyarakat
  13. Analisa Kualitas Lingkungan
  14. Perencanaan dan Evaluasi Promosi Kesehatan
  15. Dasar-dasar Biostatistik Inferensial
  16. Manajemen Penyehatan Makanan dan Minuman
  17. Penyediaan Air Bersih
  18. Farmakologi
  19. Pengalaman Belajar Lapangan II
  20. Organisasi dan Manajemen Kesehatan
  21. Epidemiologi Penyakit Tak Menular
  22. Pengelolaan Limbah Padat
  23. Pengelolaan Limbah Cair Domestik dan Industri

Karakter Siswa yang Sesuai di Jurusan Kesehatan Masyarakat

  • Tekun
  • Rasional
  • Observan
  • Terstruktur
  • Berwawasan luas
  • Senang menganalisis
  • Senang melakukan riset
  • Senang memecahkan masalah
  • Bisa bekarjasama dengan team

Universitas Terbaik Jurusan Kesehatan Masyarakat

Berikut ini adalah list universitas terbaik untuk Jurusan Kesehatan Masyarakat (terakreditasi A oleh BAN-PT) di Indonesia:

  1. Universitas Hasanudin (UNHAS), Makassar
  2. Universitas Diponegoro (UNDIP), Semarang
  3. Universitas Indonesia (UI), Depok
  4. Universitas Airlangga (UNAIR), Surabaya
  5. Universitas Sumatera Utara (USU), Medan
Career Profesi

Prospek Kerja Jurusan Kesehatan Masyarakat

Lulusan prodi Kesehatan Masyarakat akan memeroleh gelar Sarjana Kesehatan Masyarakat (S.KM) dan dapat berkarir di bagian administrasi Kebijakan Kesehatan, baik di rumah sakit, klinik, ataupun asuransi kesehatan. Lulusan Kesehatan Masyarakat juga dapat berkarir sebagai ahli Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) di berbagai perusahaan, serta sebagai penyuluh kesehatan, peneliti dan pengajar di bidang kesehatan masyarakat. Berikut dibawah ini adalah beberapa gambaran pekerjaannya:

AHLI GIZI

Seorang Ahli gizi bekerja untuk memberikan pengetahuan mulai dari kebiasaan  hidup sehat, menjelaskan komposisi makanan atau minuman, dan lain-lain di suatu populasi. Kamu juga bisa menjadi ahli gizi di sebuah perusahaan produk makanan, minuman, atau obat, dimana kamu harus menganalisa hingga memastikan manajemen kualitas produk apakah sudah sesuai atau belum.

EPIDEMIOLOGIST

Berikutnya prospek menjanjikan dari pekerjaan Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat adalah menjadi ahli epidemologist. Ahli ini sangat penting di dunia kesehatan, tugas ahli epidemologist secara umum adalah bekerja untuk membahas pola kesehatan atau sebuah penyakit serta seluruh faktor yang terkait terhadap penyakit. Namun, tidak asal seorang ahli epidemiologist menganalisa sebuah penyakit, karena ia akan menggunakan berbagai komponen untuk meringkasnya, seperti ilmu kedokteran, ilmu statistika, ilmu sosiologi dan antropologi

BIOSTATISTISIK

Lulusan Kesehatan Masyarakat juga berpeluang menjajal profesi biostastisi. Pekerjaan ini berdasarkan ilmu biostastiska yang digunakan untuk menghimpun data fenomena kesehatan dari masyarakat dan memetakannya. Seperti epidemiolog, data yang dihimpun oleh seorang biostastisi sangat berguna dalam berbagai pngembangan di bidang kesehatan.

KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA

Biasanya seorang ahli K3 akan sangat dibutuhkan di perusahaan-perusahaan besar, guna mengetahui hingga mengidentifikasi seluruh aspek keselamatan dan kesehatan kerja, karyawan di lingungan perusahaan. Seorang ahli K3 juga dituntut untuk mencari risiko kecelakaan kerja hingga risiko bahaya yang mungkin terjadi dan mengancam kesehatan pekerja di perusahaan. Dari analisa tersebut, seorang K3 tentunya harus membuat sistem demi menjaga seluruh karyawan dari sebuah kecelakaan kerja.

ADMINISTRASI KEBIJAKAN KESEHATAN

Kamu juga bisa bekerja di bidang administrasi kebijakan kesehatan. Dimana pekerjaan ini merupakan sebuah proses manajemen dan organisasi yang digunakan sebagai sarana dalam menentukan pekerjaan umum, yang memiliki tujuan utnuk memberikan pelayanan kepada masyarakat. Kamu bisa menjadi seorang manajer sebuah rumah sakit, bekerja di kantor BPJS atau asuransi, manajer perusahaan farmasi, laboratorium dan alat kesehatan, dinas kesehatan hingga lembaga-lembaga maupun organisasi sosial.

Pertanyaan Umum Yang Sering Ditanyakan

Apa gelar yang didapat oleh lulusan Kesehatan Masyarakat?

Lulusan prodi Kesehatan Masyarakat akan memperoleh gelar Sarjana Kesehatan Masyarakat (S.KM).

Dimana saja lapangan pekerjaan untuk lulusan ini?

Apakah mata kuliah penting di jurusan ini?

Ilmu Kesehatan Masyarakat, Dasar-Dasar Epidemiologi, Dasar-Dasar Kesehatan Lingkungan, Dasar-Dasar Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Dasar-Dasar Kesehatan Reproduksi, Anatomi Fisiologi, Biokimia, Mikrobiologi, Dasar-Dasar Promosi Kesehatan, dan Dasar-Dasar Biostatistika.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *