Manajemen

7 Unsur Manajemen Beserta Pengertian, Fungsi, dan Jenis-Nya!

Unsur Manajemen
Written by Ananda

Unsur Manajemen – Bicara tentang manajemen mungkin yang kalian pikirkan adalah seputar dunia bisnis atau mungkin dunia perkantoran. Hal tersebut memang benar, di mana manajemen selalu diterapkan dalam dunia perkantoran atau dunia bisnis.

Namun sebenarnya manajemen tak hanya disitu saja. Dalam kehidupan kita sehari-hari keberadaan manajemen juga begitu diperlukan lho. Secara mudahnya manajemen adalah kemampuan seseorang untuk bisa mengatur segala hal dengan baik, baik itu untuk dirinya sendiri maupun di dalam suatu kelompok tertentu.

Nah, mengingat pentingnya kemampuan manajemen dalam kehidupan ini. Tentunya kalian juga harus tahu manajemen secara lebih dalam lagi. Tenang tak perlu bingung jika memang kalian belum begitu tahu apa itu manajemen.

Sebab, dalam artikel ini akan dijelaskan lebih luas seputar manajemen. Mulai dari pengertian, unsur manajemen hingga semua hal yang berhubungan dengan manajemen.

Pengertian Manajemen

Hal pertama yang akan kita bahas bersama adalah tentang pengertian dari manajemen itu sendiri. Sebelumnya, memang sudah dijelaskan secara singkat apa itu manajemen. Namun, dalam poin ini akan dijelaskan lagi lebih luas agar kita juga tahu maksud dari manajemen.

Manajemen merupakan suatu proses dimana seorang individu mampu mengatur segala sesuatu yang ia kerjakan bagi dirinya sendiri maupun bagi kelompok tertentu. Dimana manajemen juga sangat diperlukan agar bisa lebih mudah mencapai tujuan atau target dari dirinya sendiri maupun kelompok tersebut secara kooperatif dengan memanfaatkan sumber daya yang sudah tersedia.

Dari penjelasan tersebut, maka ilmu manajemen dapat diartikan sebagai kemampuan untuk mengatur sesuatu agar tujuan yang ingin dicapai bisa lebih mudah terpenuhi. Dalam kehidupan sehari-hari semua orang sudah menerapkan ilmu manajemen. Akan tetapi, mungkin saja mereka tak sadar jika rutinitas yang mereka lakukan mengandung ilmu manajemen.

Kata manajemen berasal dari bahasa Inggris yaitu manage, yang mana jika diartikan adalah mengatur, merencanakan, mengelola, mengusahakan, dan memimpin. Sedangkan secara etimologi, manajemen bisa diartikan sebagai sebuah seni mengatur dan melaksanakan.

Selain itu, manajemen juga bisa diartikan sebagai bentuk usaha perencanaan, koordinasi dan juga pengaturan sumber daya yang ada agar bisa mencapai tujuan yang lebih efektif dan efisien. Di mana ketika seseorang menerapkan ilmu manajemen diharapkan bisa mengerjakan sesuatu yang dapat selesai tepat waktu tanpa ada hal yang sia-sia di dalamnya.

Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli

Jika sebelumnya kita sudah belajar bersama tentang pengertian manajemen secara umum. Berikutnya, kita akan mempelajari tentang pengertian manajemen menurut beberapa ahli. Pasalnya, ada beberapa ahli yang berpendapat terkait dengan pengertian manajemen itu sendiri.

Di bawah ini adalah pendapat dari beberapa ahli tentang manajemen.

1. Mary Parker Follet

Mary Parker Follet menjelaskan bahwa manajemen adalah suatu seni dalam menyelesaikan tugas melalui perantara. Dalam hal ini, manajemen juga bisa diartikan sebagai suatu kegiatan yang akan dilakukan oleh seorang manajer untuk bisa mengarahkan bawahan ataupun orang lain dalam menyelesaikan pekerjaan agar bisa mencapai tujuan yang sebenarnya.

2. George Robert Terry

George Robert Terry berpendapat bahwa manajemen adalah sebuah proses khas dari berbagai macam tindakan seperti perencanaan, pengorganisasian, pergerakan hingga pengawasan. Dimana pada dasarnya seluruh tindakan tersebut memiliki tujuan untuk mencapai suatu target dengan memanfaatkan sumber daya yang sudah tersedia.

3. Ricky W. Griffin

Ricky W. Griffin menjelaskan bahwa manajemen merupakan suatu proses perencanaan, organisasi, koordinasi serta kontrol terhadap sumber daya agar bisa mencapai tujuan secara lebih efektif dan efisien. Dimana arti dari efektif di sini adalah ketika tujuan mampu tercapai sesuai dengan rencana dan untuk efisien memiliki arti jika manajemen akan dilakukan dengan cermat, terorganisir serta tepat waktu.

4. Lawrence A. Appley

Lawrence A. Appley memiliki pendapat tentang manajemen sebagai suatu keahlian dalam membangkitan orang lain agar bersedia untuk melakukan sesuatu. Tak hanya akan dimiliki oleh seorang individu saja. Namun keahlian manajemen juga sangat diperlukan dalam suatu organisasi maupun kelompok tertentu.

5. Hilman

Hilman berpendapat bahwa manajemen adalah suatu fungsi yang diperlukan untuk bisa mencapai target melalui perantara dan juga membutuhkan pengawasan. Jika dilakukan hal tersebut, maka tujuan akan bisa lebih mudah tercapai secara bersama-sama.

Nah, itulah beberapa pendapat dari para ahli tentang manajemen. Setiap pendapat tentang manajemen seperti di atas tidak jauh dari usaha untuk bisa mencapai sebuah tujuan dengan cara mengelola dan juga mengawasi.

Unsur Manajemen

Setelah kita semua tahu apa itu pengertian manajemen. Berikutnya, kita akan mempelajari bersama tentang unsur manajemen. Penerapan manajemen bisa berjalan dengan baik jika beberapa unsur tersebut terpenuhi.

Lantas apa saja unsur manajemen? Berikut adalah penjelasan selengkapnya.

1. Man atau Manusia

Unsur Manajemen

pixabay.com

Unsur manajemen yang pertama adalah manusia. Kedudukan dari manusia di dalam unsur manajemen adalah yang paling utama. Selain itu, di dalam sistem operasinya, unsur manusia juga terbilang begitu krusial.

Dalam hal ini, manusia adalah sumber daya yang sangat diperlukan untuk memimpin, menggerakkan karyawan atau bawahan serta mengerahkan tenaga dan pikiran agar dalam keberlangsungan suatu lembaga. Secara singkatnya, manajemen manusia dibutuhkan untuk bisa mendapatkan suatu hasil kerja yang maksimal, terciptanya lingkungan kerja yang sehat serta kondusif dan juga terciptanya berbagai ide yang begitu inovatif.

Unsur Manajemen

2. Material atau Bahan

Berikutnya, ada unsur material dalam manajemen. Unsur material atau bahan ini adalah bahan baku yang dibutuhkan dalam menjalankan suatu proses bisnis. Ketika keberadaan bahan baku tak tersedia dengan baik atau akses untuk bisa mendapatkan bahan baku sangat sulit, maka secara otomatis dapat mengakibatkan turunnya kinerja proses produksi.

Kondisi ini juga akan mempengaruhi proses bisnis yang sedang kalian jalankan dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Oleh karena itu, bahan baku yang digunakan dalam bisnis harus diseleksi dengan ketat agar bisa mendapatkan kualitas yang terbaik.

Selain itu, pada saat digunakan, bahan baku sebisa mungkin bisa digunakan secara efektif, sehingga tidak ada bahan baku yang terbuang secara percuma. Lalu, pada saat proses pembelian bahan baku juga harus disesuaikan dengan kebutuhan usaha serta anggaran yang sudah direncanakan sejak awal. Penting bagi pelaku bisnis agar bisa mendapatkan bahan baku yang berkualitas yang juga memiliki harga yang tetap terjangkau.

3. Machine atau Mesin

Unsur Manajemen

pixabay.com

Mesin juga menjadi salah satu unsur manajemen yang begitu penting. Mesin bisa diartikan sebagai peralatan yang digunakan oleh suatu lembaga atau instansi. Dimana mesin bisa memberikan dukungan terhadap lancarnya proses menuju tujuan yang diinginkan oleh perusahaan atau suatu bisnis yang sedang dijalankan.

Adanya mesin juga akan membuat bahan baku untuk diproses agar menjadi sebuah produk dengan kualitas tinggi. Itu artinya, mesin dapat mempercepat dan mempermudah suatu pekerjaan sehingga bisnis yang sedang dijalankan akan menjadi lebih efisien dari segi waktu, uang maupun tenaga.

Oleh karena itu dalam proses pembelian maupun penggunaan mesin di sini juga harus bisa dirancang secara efektif. Hal ini juga termasuk ke dalam mendapatkan mesin dengan kondisi layak namun dengan harga renda serta bisa memberikan performa produksi terbaik.

Agar mesin dapat bertahan dengan lebih lama dan tidak mudah rusak, maka selama penggunaannya juga harus dilakukan dengan efektif dan juga sebaik mungkin.

Unsur Manajemen

4. Money atau Uang

Unsur Manajemen

pixabay.com

Berikutnya, ada uang yang juga menjadi salah satu unsur manajemen. Dalam hal ini, uang bisa diartikan sebagai unsur penting yang mendasari dari semua kegiatan bisnis seperti kegiatan manajemen agar bisa mencapai tujuan yang diinginkan.

Semua proses pekerjaan yang akan diberlangsungkan akan membutuhkan uang. Misalnya seperti membeli peralatan, perlengkapan serta beberapa hal lain yang dibutuhkan untuk bisnis maupun perusahaan.

Oleh karena itu, uang juga harus dikelola dan juga dianggarkan dengan lebih bijak dan cermat agar keberlangsungan manajemen bisa tetap bisa lebih optimal. Biasanya, proses pembelian bahan material atau bahan baku akan mendapatkan harga terjangkau ketika dilakukan sistem pembayaran secara tunai.

Tak hanya itu saja, ketika membeli barang dengan jumlah banyak tak jarang akan diberikan potongan harga oleh para penjual atau vendor yang diajak bekerja sama.

5. Method atau Metode

Metode juga menjadi salah satu bagian dari unsur manajemen. Metode sendiri adalah unsur manajemen yang akan digunakan untuk mengatur proses berjalannya prosedur kegiatan. Adanya metode dalam kegiatan bisnis akan sangat membantu seluruh proses yang diperlukan.

Selain itu, metode juga bisa menjadikan proses dalam kegiatan bisnis akan menjadi lebih efisien. Dengan menggunakan metode yang telah dibuat sesuai dengan dengan setiap divisi yang ada di dalam suatu perusahaan, maka para karyawan akan menjadi seperti spesialis bisa lebih mudah untuk mendistribusikannya.

Metode juga harus diterapkan dengan baik, efektif serta terstandar agar bisa mendapatkan hasil kerja yang memuaskan serta sesuai dengan tujuan yang diinginkan.

6. Market atau Pasar

Market atau pasar merupakan unsur manajemen yang berikutnya. Sama seperti unsur manajemen lainnya, unsur pasar keberadaannya begitu penting terutama bagi perusahaan atau sebuah bisnis yang sedang berjalan.

Hal ini tak lain karena pada dasarnya pasar atau market adalah tempat maupun suatu area yang kerap dikunjungi oleh banyak orang. Berbeda dengan unsur lain yang bisa berdiri sendiri, khusus untuk unsur pasar masih dibagi menjadi beberapa bagian lagi.

Mulai dari bagian perencanaan, pengorganisasian, pengendalian, penerapan program, kebijakan, strategi, hingga teknik pemasaran yang bisa digunakan untuk menciptakan suatu permintaan terkait dengan penawaran produk dan jasa.

Keberadaan pasar bisa menyebabkan produk yang telah diproduksi bisa terjual serta bisa mengetahui kekurangan maupun keuntungan dari adanya produk tersebut. Dalam hal ini, tentunya para produsen dapat melakukan peningkatan maupun mempertahankan kualitas yang sudah ada. Selain itu, strategi khusus yang digunakan juga bisa menyebabkan produk tersebut menjadi lebih cepat tersebar secara luas hingga disukai oleh para konsumen.

Unsur Manajemen

7. Minutes atau Waktu

Unsur Manajemen

pixabay.com

Terakhir, ada unsur waktu yang merupakan aset paling berharga yang juga memerlukan adanya penonjolan dari proses perencanaan manajemen. Dalam sebuah bisnis, kalian harus bisa memperhitungkan waktu dengan seefektif mungkin.

Misalnya adalah berapa lama waktu yang dibutuhkan dalam membuat hingga memperkenalkan satu produk ke pasar? Lalu, kalian juga harus tahu seberapa tahan bisnis yang dijalankan mampu bertahan dari adanya persaingan? Oleh karena itu, begitu penting untuk memanfaatkan waktu dengan sebaik mungkin.

Itulah beberapa unsur manajemen yang begitu penting untuk bisa menjadikan manajemen bisa berjalan dan berfungsi dengan lebih baik. Jadi, tetap selalu perhatikan semua unsur di atas ketika ingin membuat suatu manajemen.

Fungsi Manajemen

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa adanya manajemen adalah sebuah kemampuan untuk bisa mengatur segala sesuatu untuk individu maupun pada suatu kelompok. Tentunya adanya manajemen juga memiliki beberapa fungsi tersendiri.

Nah, untuk lebih jelasnya terkait dengan beberapa fungsi yang dimiliki oleh adanya manajemen, berikut adalah penjelasan selengkapnya.

1. Perencanaan atau Planning

Fungsi manajemen yang pertama adalah perencanaan. Dimana manajemen dibutuhkan untuk bisa mempermudah proses penyusunan rencana dan strategi ketika akan memulai sebuah usaha maupun kegiatan.

Sedangkan untuk perencanaan, bisa diartikan sebagai penentuan apa yang akan dikerjakan terlebih dahulu. Dalam membuat perencanaan juga akan memuat beberapa unsur seperti what, why, where, when, who, dan how. Selain itu, dalam sebuah perencanaan harus memuat strategi yang akan dirumuskan untuk bisa mencapai tujuan.

2. Pengorganisasian atau Organizing

Selanjutnya, manajemen juga memiliki fungsi pengorganisasian. Pengorganisasian merupakan suatu fungsi yang pada dasarnya bertujuan untuk membagi tugas sesuai dengan kemampuan yang dimiliki.

Keberadaan dari pengorgansisasian juga dianggap penting dalam mengatur sebuah kelompok atau organisasi. Di dalam suatu organisasi atau perusahaan akan ada tugas yang dibagi sesuai dengan jabatan masing-masing.

Misalnya adalah tugas untuk bagian direktur, manajer, staf, dan anggota pasti akan dibuat berbeda sesuai dengan bisanya masing-masing. Kemudian, nantinya mereka yang sudah mendapatkan tugas tersebut harus bertanggung jawab penuh.

3. Pengarahan, Menggerakkan atau Actuating

Berikutnya, ada fungsi pengarahan yang juga diperlukan setelah tugas selesai dibagi kepada individu maupun kelompok sesuai dengan bidangnya masing-masing. Pengarahan ini dibutuhkan agar bisa mencapai tujuan yang ingin dicapai dengan lebih baik serta diharapkan mampu meminimalisir terjadinya resiko terhambatnya sebuah rencana.

Lalu, tahapan yang perlu dilakukan dalam fungsi ini adalah seperti membimbing, konsultasi terkait dengan tugas serta pemberian motivasi.

4. Pengawasan dan Evaluasi atau Controlling

Terakhir, manajemen memiliki fungsi evaluasi. Fungsi manajemen yang satu ini dipergunakan untuk menilai hasil kerja yang telah dilakukan. Evaluasi memang dibutuhkan agar bisa mengontrol kemajuan dari rencana yang telah disusun sebelumnya. Selain itu evaluasi juga bisa dimanfaatkan untuk menilai apakah perlu dilakukan sebuah perubahan strategi atau tidak.

Sedangkan untuk fungsi pengawasan sangat diperlukan agar pekerjaan yang dilakukan bisa lebih mudah mencapai tujuan dari perusahaan tersebut, tindakan pengawasan biasanya akan digunakan untuk mencegah terjadinya penyimpangan. Selain itu, dalam sebuah organisasi atau perusahaan juga sangat memerlukan salah satu fungsi manajemen ini. Hal ini tak lain agar tujuan dari organisasi atau perusahaan tersebut bisa lebih mudah tercapai secara efektif dan baik.

Nah, itulah beberapa fungsi dari manajemen yang bisa kalian baca selengkapnya.

Jenis Ilmu Manajemen

Keberadaan manajemen menjadi salah satu kegiatan yang begitu penting untuk selalu diterapkan dalam sebuah bidang. Selain itu, untuk jenis keilmuan manajemen juga terbilang begitu beragam adanya. Beberapa jenis keilmuan manajemen adalah seperti manajemen strategi, administrasi, organisasi, manajemen pemasaran, produksi, waktu, sumber daya manusia, risiko, dan jenis lainnya.

Itulah rangkuman seputar manajemen, mulai dari pengertian, unsur manajemen, fungsi serta jenis dari ilmu manajemen sudah bisa kalian baca selengkapnya di sini. Semoga pembahasan pada artikel ini bisa memberikan manfaat sekaligus bisa menambahkan wawasan Grameds.

Jika ingin mencari buku yang berkaitan dengan manajemen, kamu bisa menemukannya di gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

BACA JUGA:

  1. Teori Manajemen: Pengertian, Jenis, dan Implementasinya
  2. Manajemen Pemasaran: Pengertian, Fungsi, Tujuan, Tugas Pokok, dan Konsep
  3. Manajemen Operasional: Pengertian, Tujuan, Ciri, Fungsi, dan Strategi
  4. Manajemen Risiko: Pengertian, Manfaat, Tujuan, Prinsip, dan Langkah-Langkahnya 
  5. Sistem Pengendalian Manajemen: Pengertian, Fungsi, Manfaat, Unsur, Tahapan, Faktor


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien