Tips dan Trik

Contoh Kerajinan 3 Dimensi dan Cara Membuat Menjadi Karya yang Bernilai Tinggi

Written by Umam

Contoh Kerajinan 3 Dimensi – Salah satu cara untuk menumbuhkan cara berpikir kreatif adalah dengan membuat kerajinan tangan 3 dimensi. Seseorang yang sudah memiliki kebiasaan berpikir dan bertindak secara kreatif akan memberikan pengaruh yang cukup signifikan terhadap psikologis, terutama perkembangan psikologis anak. Seseorang yang kreatif dikenal lebih memiliki sifat pantang menyerah dan gigih dalam menemukan sebuah solusi terkait masalah yang dihadapi.

Kerajinan pada dasarnya dapat dipahami sebagai suatu karya seni yang menitikberatkan perhatian kepada keterampilan tangan dari seseorang. Selain itu, kerajinan juga salah satu cara yang bisa dilakukan untuk melakukan pengolahan terhadap bahan baku yang ada disekeliling kita sehingga memiliki nilai, baik itu kegunaan, keindahan, bahkan juga keuntungan atau nilai jual.

Sementara itu, kerajinan 3 dimensi bisa diartikan sebagai karya seni yang memiliki 3 sisi, yakni panjang, lebar, dan tinggi. Secara sederhana, kerajinan 3 dimensi merupakan sebuah kegiatan seni yang memiliki volume dan ruang. Kerajinan 3 dimensi tentu berbeda dengan kerajinan 2 dimensi yang hanya memiliki 2 sisi yang terdiri panjang dan lebar saja. Perbedaan yang paling jelas antara kerajinan 3D dengan 2D adalah pada unsur ruangnya.

Dalam artikel kali ini, kita akan menyajikan sepuluh contoh kerajinan 3 dimensi yang mudah dan sederhana. Beberapa bahan yang digunakan juga sangat mudah untuk didapatkan karena ada disekitar kita. Perlu kamu tahu, sebuah kerajinan bisa menjadi indah dan memberikan manfaat kepada banyak orang apabila dibuat dengan niat dan semangat yang tinggi. Selamat mencoba!

A. Contoh Kerajinan 3 Dimensi

1. Bunga Kertas Sakura 3D

Contoh kerajinan 3 dimensi yang pertama adalah bunga kertas 3D. Kerajinan bunga kertas ini bisa kamu lakukan bersama teman-temanmu. Jenis kerajinan ini sangat cocok untuk menjadi salah satu penghias ruangan di rumahmu.

Cara pembuatan bunga kertas 3D ini pun terbilang cukup mudah. Apabila Kamu memiliki kertas origami dan gunting. Tentu akan sangat untuk membuat kerajinan 3 dimensi jenis ini.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengambil kertas origami untuk dilipat hingga menjadi dua vertikal. Selanjutnya, Kamu dapat melipat salah satu sudut bawah kertas origami tersebut sampai membentuk segitiga. Kemudian, silakan lipat lima lapisan yang sama. Hal ini dilakukan supaya dapat membuat kelopak dari bunga sakura ini. Nah, lakukan cara ini secara berulang untuk bagian belakang kertas origami yang dilipat. Lalu potong segitiga kecil tersebut melalui semua lipatan atau lapisan yang sudah dibuat tadi.

Pada saat menggunting, hal yang perlu diperhatikan dalam membuat bunga kertas yaitu mengupayakan potongan menjadi melengkung pada kertas yang menjadi penyambung 2 segitiga. Nah, silakan gabungkan setiap kelopak bunga sakura dengan cara menekan secara bersamaan. Langkah terakhir, taruh segitiga kecil di awal tadi dan bunga kertas 3D sakuran sudah siap dipasang di ruangan teman-teman.

2. Angsa 3D

Contoh kerajinan 3 dimensi berikutnya adalah angsa. Beberapa bahan yang perlu dipersiapkan terlebih dahulu sebelum membuat kerajinan angsa 3D adalah kertas origami, spidol, penggaris, dan tentunya cutter atau pemotong.

Setelah semua bahan siap, langkah pertama yang dilakukan adalah melipat kertas origami secara diagonal. Kemudian, lipatlah setiap sudut atas bawah sampai setiap sudut bertemu garis tengah. Berikutnya, silakan lipat lagi secara pelan-pelan setiap bagian dari sudutnya. Selanjutnya, kamu perlu melipat kedua sisi antara atas dan bawah menuju ke belakang hingga berhimpitan.

Dalam membuat kepala angsa, kamu hanya perlu melipat ke atas. Selanjutnya, buatlah mulut dari angsa 3D-nya. Tak lupa, buat juga ekor dengan cara membuat lipatan. Langkah terakhir, kamu dapat memakai pensil dan spidol untuk menghias kepada angsa, dengan dua mata.

3. Bunga Kertas Mawar 3D

Kerajinan 3 dimensi selanjutnya yaitu bunga kertas mawar 3D. Bunga kertas 3D yang dimaksudkan disini adalah bunga mawar utuh yang terdiri dari bunga, daun, hingga kelopak dalam bentuk kertas. Hampir sama seperti bunga kertas sakura, bunga kertas ini juga sangat cocok untuk dipajang sebagai hiasan di ruang tamu.

Sebelum memulai berbagai langkah membuat bunga kertas mawar 3D, siapkan terlebih dahulu kertas warna merah ukuran 20 x 20 cm. Jangan lupa, siapkan juga kertas yang berwarna hijau dengan masing-masing ukuran 4 x 4 cm dan ukuran 4 x 16 cm.

a. Bagian Bunga

  • Ambil kertas warna merah dan lipat dua satukan atas dan bawah.
  • Lalu Anda bisa lipat sisi atas dan bawah kertas menuju ke tengah kertas.
  • Kemudian lipat kembali bagian kertas di antara lipatan yang sudah dibuat sama besar.
  • Ulangi langkah diatas untuk sisi vertikalnya.
  • Anda harus melipat bagian atas kertas menuju lipatan pertama dari bawah.
  • Baliklah kertasnya dan lipat ke atas.
  • Dari samping kiri lipat kertasnya menuju lipatan pertama yang ada di bagian kanan.
  • Balik lagi kertasnya dan lipat pada bekas lipatan kertas yang sudah ada dari bagian kanan.
  • Balik lalu temukan dengan ujung kertas bagian kiri atas pada garis pertemuan pertama yang dekat dengan ujung kanan bawah kertas.
  • Tekan lipatan kertas pada bagian kiri sampai ke tengah kertas.
  • Buka kertas dari lipatan yang baru dibuat putar 90 derajat berlawanan arah jarum jam.
  • Ulangi langkah hingga 4 sudutnya sama.
  • Lipatlah kertas dengan pola yang sudah ada dan lipat bagian atasnya lalu pertemukan dengan sisi bawah.
  • Rapikan keempat sisinya lalu sisihkan sementara kita membuat daunnya.

b. Bagian Daun

  • Ambil kertas ukuran 4 x 4 cm untuk dilipat secara diagonal.
  • Lipat juga diagonal kanan dan temukan di sisi bawah kertas lalu ulangi di lipatan sisi sebaliknya.
  • Di langkah berikutnya lipat bagian atas kertas menuju bawah dan lakukan pada sisi lain.
  • Lanjut dengan melipat kertas mengikuti pola dan buka kertasnya.
  • Lipat sedikit sudut kiri kertas biar lebih mirip daun.

c. Bagian Batang Bunga

  • Ambil kertas ukuran 4 x 16 cm dan gulung dari salah satu ujungnya.
  • Sampai di tengah kertas selipkan daun yang sudah dibuat lalu lanjut menggulung hingga akhir kertas.
  • Beri lem supaya gulungan tak lepas.

Nah, setelah selesai membuat tiga bagian bunga kertas mawar 3 dimensi, tentu langkah berikutnya adalah menyusun batang, daun, hingga bunga menjadi satu bagian yang utuh, seperti bunga mawar. Supaya lebih menyerupai bunga mawar betulan, kamu dapat menyelipkan sedikit bagian batang ke bawah dari bunga. Coba buat dalam jumlah yang banyak, pasti akan menjadikan ruang tamu rumahmu menjadi lebih berwarna.

4. Lavender 3D

Kerajinan 3 dimensi selanjutnya adalah bunga lavender. Berbeda dengan bunga sakura dan mawar yang masing-masing berwarna pink dan merah. Bunga lavender sendiri memiliki warga ungu yang sangat unik sehingga sangat disukai oleh banyak orang. Meskipun terbuat dari kertas, tidak menutup kemungkinan bunga lavender kertas ini akan indah seperti bunga aslinya.

Beberapa bahan yang perlu dipersiapkan, diantaranya yaitu gunting, lidi, hingga selotip daun. Kamu juga perlu menyiapkan lem kayu dan kertas origami dengan ukuran 12 x 12 untuk lebih menjadikan bunga ini nyaman untuk dilihat.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membagi kertas origami hingga menjadi 2 bagian dengan lebar yang sama. Kemudian, ambil salah satu bagian dari kertas tersebut untuk dilipat menjadi dua sekaligus dipotong membentuk rumbai-rumbai. Selanjutnya, lilitkan kertas bentuk rumbai itu di ujung lidi hingga menutupi seluruh tangkai untuk dikunci dengan lem di ujungnya. Berikutnya, kamu dapat menekan ujung kelopak bunga lavender yang menggembung supaya bunga tampak mengembang. Dan, langkah terakhir, ambil selotip daun untuk melilitkannya sehingga menutupi lidi dengan rapi dan indah.

5. Kupu-Kupu 3D

Setelah mengetahui beberapa contoh kerajinan 3 dimensi sebelumnya pasti tidak terasa sulit, berikut ini adalah contoh kerajinan 3 dimensi yang juga cukup mudah untuk dibuat yaitu kupu-kupu. Kerajinan kupu-kupu 3D biasanya digunakan untuk menghias kamar atau jendela rumah.

Nah, ada beberapa langkah yang perlu dilakukan untuk membuat kerajinan 3 dimensi kupu-kupu. Namun, sebelum itu, kamu perlu menyiapkan terlebih dahulu kertas origami berbagai warna dengan ukuran 15 x 15 sekaligus pita tipis dengan panjang sekitar 17 cm.

  • Lipat kertas jadi diagonal untuk membuat segitiga.
  • Lalu lipat zigzag mulai dari tengah atas hingga tengah garis.
  • Ulangi langkah diatas untuk bagian sisi kertas lainnya. Kemudian buat satu lagi kertas dengan tekukan yang sama persis dengan yang tadi.
  • Selanjutnya Anda perlu mengikat 2 kertas yang sudah dilipat menggunakan pipa warna.
  • Ikat tengahnya dan tekuk hingga mirip antena kupu.
  • Buka kertas di sebelah lipatan agar tampak menyerupai sayap kupu.
  • Buat kembali kupu dengan aneka warna kesukaan.
  • Rangkai kupu dengan memasukkan pita warna ke bagian tengah kupu. Bisa dipakai untuk hiasan sekat rumah atau menghias jendela.

6. Hiasan Gantung Spiral 3D

Beberapa kerajinan sebelumnya menjadikan kertas origami sebagai bahan dasar untuk membuat kerajinan tangan 3 dimensi, tetapi masih ada banyak bahan yang bisa digunakan untuk membuat kerajinan tangan 3 dimensi, salah satunya yaitu sedotan warna-warni.

Dengan sedotan warna-warni, Kamu dapat membuat gantungan model spiral untuk hiasan atau pajangan di rumah. Beberapa hal yang perlu dipersiapkan yaitu, sedotan warna warni dengan setiap warnanya berjumlah 15 biji. Selain itu, sediakan juga benang sulam, jarum, gunting, dan lem tembak.

  • Siapkan jarum yang sudah diberi benang lalu tusuk pada tengah sedotan.
  • Jika semua sedotan sudah tersambung di benang lalu tinggal pakai lem tembak untuk merekatkannya pada sedotan hingga membentuk spiral.
  • Beri lem di ujungnya saja tepat di tempat benangnya ditusukkan. Lakukan hingga sedotan habis.
  • Dan gantungan spiral dari sedotan bisa dipasang di kamar anak deh.

7. Wind Chime 3D

Kerajinan 3 dimensi berikut ini adalah wind chime. Wind chime merupakan hiasan rumah yang unik dan sering dikenal dengan nama lonceng angin. Kerajinan 3 dimensi ini dapat menciptakan suara pada saat terkena angin. Beberapa orang juga menganggap bahwa lonceng angin ini dapat menghadirkan berbagai keberuntungan bagi si pemilik rumah.

Beberapa bahan yang perlu dipersiapkan sebelum membuat loncengan angin yaitu, tutup botol (baik yang berbahan kayu maupun yang berbahan alumunium), saringan, benang, dan kawat. Selain itu, kamu juga perlu menyediakan beberapa alat seperti gunting, bor, paku, hingga palu.

  • Pertama Anda harus melubangi sisi tutup botol pakai bor.
  • Potong benang dengan panjang sesuai selera dan potong lebih dari satu.
  • Rangkailah tutup botol pada benang kemudian ikat di saringan.
  • Lanjut dengan membuat rantai dan ring dari kawat untuk wind chime. Gunakan sisa benang yang tadi untuk membuatnya.
  • Gantung wind chime di tempat yang sekiranya anginnya kencang.

8. Tempat Alat Tulis 3D

Kerajinan 3 dimensi yang selanjutnya adalah tempat penyimpanan alat tulis. Tempat penyimpanan ini akan sangat bermanfaat untuk menyimpan berbagai alat tulis, seperti pensil, pulpen, spidol, dan lain sebagainya.

Kamu juga dapat mendorong anak atau adik untuk berkreasi membuat tempat alat tulisnya sendiri. Bahan dasar dari kerajinan 3 dimensi ini adalah botol bekas. Sementara, alat yang digunakan untuk membuatnya yaitu gunting, setrika, pita, hingga kertas origami.

Langkah pertama, potong sepertiga dari botol tersebut dengan menggunakan gunting secara melingkar dan rata. Kemudian, agar hasilnya rapi dan rata, silakan setrika bagian ujung botol yang telah dipotong. Langkah terakhir, hiaslah botol tersebut dengan kreativitas kalian, baik menggunakan kertas origami maupun pita.

9. Tas Bungkus Kopi 3D

Selain berbagai kerajinan 3 dimensi untuk hiasan rumah, ada juga kerajinan 3 dimensi yang sangat digandrungi banyak orang akhir-akhir ini, yaitu tas bungkus kopi. Saat ini, pemanfaatan atau pengelolaan barang yang tidak terpakai dan produk daur ulang tengah menjadi tren di masyarakat. Hal ini seiring dengan keinginan banyak orang untuk berusaha mengurangi sampah dan limbah hasil manusia.

Dengan memanfaatkan sampah dan limbah, maka lingkungan bisa menjadi lebih bersih. Tidak hanya itu, kamu juga memiliki barang serba guna yang dihasilkan dari ketrampilan orang yang kreatif. Salah satunya barang bekas yang bisa dijadikan tas adalah bungkus kopi.

Nah, cara membuatnya pun terbilang cukup mudah. Hal yang paling dari kerajinan 3 dimensi ini adalah kesabaran dan keuletan. Beberapa barang yang perlu dipersiapan, antara lain yaitu gunting, jarum, benang, dan furing serta resleting.

  • Buang bagian atas bawah bungkus kopi dan buat hingga bungkus terbuka di kedua sisi.
  • Lanjut dengan mencuci semua bungkus dan menjemur hingga kering.
  • Potong bungkus kopi jadi 2 dan lipat 1 cm ke dalam di ujung atas dan bawah.
  • Anda butuh 1000 lipatan dan ini bisa dihasilkan dari 500 bungkus kopi.
  • Lanjut dengan menganyam lipatan menjadi model baling baling.
  • Buat sudut tegak vertikal agar bisa dianyam ke arah atas.
  • Jangan lupa buatlah tali tas dengan lipatan yang tersisa membentuk segitiga.
  • Gabungkan segitiga yang satu dengan yang lain dan jahit seperti mata rantai.
  • Kemudian Anda tinggal menjahit tali tas pada tas dan jahit bagian furing dalam tas.
  • Terakhir pasang resleting pada furing dan tas siap dipakai.

10. Snowflake 3D

Kerajinan tangan 3 dimensi yang terakhir adalah snowflake. Snowflake sendiri pada dasarnya cukup mudah untuk dibuat dan hasilnya bisa dikatakan sangat bagus. Kerajinan ini hanya membutuhkan kertas dengan ukuran 22 x 28 cm dan gunting.

  • Lipat selembar kertas jadi dua menjadi horizontal.
  • Lipat kedua sudut kertas ke tengah membentuk segitiga dan lipat ke tengah sekali lagi.
  • Selanjutnya lipat salah satu sisi segitiga sebesar kurang lebih sepertiga ukurannya ke dalam dan lakukan pada sisi satunya.
  • Peganglah kertas dengan posisi ujung lancipnya menghadap ke bawah.
  • Selanjutnya lipat dua hingga kertas berbentuk layangan panjang.
  • Anda harus memotong kertas secara melintang dengan sedikit melengkung.
  • Silahkan mulai menggunting kepingan saljunya dengan pola yang sederhana.
  • Buka semua lipatan dengan hati hati agar tak sobek., dan kepingan salju Anda sudah jadi deh.

Demikian adalah sepuluh contoh kerajinan 3 dimensi yang bisa kamu buat di rumah dengan memanfaatkan barang tidak terpakai. Kerajinan menjadi salah satu cara untuk memunculkan kreativitas seseorang. Selain itu, kerajinan juga bisa digunakan untuk menyalurkan hobi dan mengisi waktu luang dengan hal yang bermanfaat. Selamat Mencoba!

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien