Kuliah

8 Prospek Kerja Jurusan Agribisnis yang Kian Menjanjikan di Indonesia

8 Prospek Kerja Jurusan Agribisnis yang Kian Menjanjikan di Indonesia 1
Written by Wida Kurniasih

Prospek Kerja Jurusan Agribisnis – Jurusan Agribisnis adalah salah satu jurusan yang memiliki banyak prospek kerja, terutama dalam bidang agraris. Keuntungan lainnya yaitu karena Indonesia adalah negara agraris yang memiliki kekayaan alam melimpah, terutama pada rempah-rempah. Sudah tidak diragukan lagi bahwa ada berbagai macam hasil alam yang ada di Indonesia, Indonesia juga merupakan salah satu negara dengan penghasil komoditas pangan yang tinggi.

8 Prospek Kerja Jurusan Agribisnis yang Kian Menjanjikan di Indonesia 2Berkuliah di jurusan Agribisnis tidak hanya menguntungkan bagi diri sendiri. Namun dengan belajar mengenai Agribisnis, maka akan ikut membantu mensejahterakan sekaligus melestarikan alam Indonesia. Lalu apa saja prospek kerjanya? Berikut beberapa diantaranya, Grameds:

Jurusan Agribisnis berasal dari kata “agribusiness” yang merupakan gabungan kata dari agriculture bermakna pertanian dan business yang berarti bisnis. Jadi, jurusan ini akan mempelajari suatu bisnis yang bergerak di bidang pertanian beserta segala komponen pendukungnya, Grameds.

Agribisnis juga memiliki makna sebagai bisnis atau usaha yang bergerak di dalam bidang pertanian dan bidang lain yang bisa mendukung sektor pertanian, salah satunya seperti agribisnis rantai sektor pangan (food supply chain). Ketika belajar agribisnis, kamu akan belajar mengenai cara pandang dalam sudut ekonomi untuk usaha menyediakan pangan. Selain itu akan diajarkan juga bagaimana Menyusun strategi untuk mendapat keuntungan melalui pengelolaan pasca panen, aspek budidaya, penyediaan bahan baku, tahap pemasaran sampai proses pengolahannya.

Materi yang akan dipelajari di jurusan agribisnis berbagai macam, mulai dari pakan ternak, alat dan mesin untuk bidang pertanian, produksi biofuel, cara bagaimana memproduksi benih, mengenai bahan kimia pertanian, wisata pertanian, sampai proses pembuatan bahan pertanian. Sebagai salah satu program studi, agribisnis memadukan ilmu antara soshum dan saintek, karena memang jurusan ini mempelajari segala aspek budidaya, pengolahan hasil pertanian, manajemen usaha, kewirausahaan, hingga pemasaran produk.

Untung Selangit Dari Agribisnis Tebu

Untung Selangit Dari Agribisnis Tebu

Beli Buku di Gramedia

Jurusan ini juga akan membahas banyak bisnis-bisnis serta tata cara pengelolaan lingkungan, sehingga akan lebih efisien, efektif dan tentunya menguntungkan. Kamu akan mempelajari Ilmu Pertanian, Ekonomi Pertanian, Sistem Agribisnis, Ekonomi Makro, Pemasaran Agribisnis, Komunikasi Agribisnis, Perkebunan, Pengembangan Masyarakat, Rekayasa Agroindustri BEDP, Tanaman Pangan BEDP, Tanaman Hortikultura dan masih banyak lagi.

Selain bidang pertanian, jurusan agribisnis juga bisa masuk ke bidang peternakan. Kamu bisa mulai membangun bisnismu sendiri dengan mengembangkan produk peternakan mulai dari budidaya hingga menghasilkan komoditi yang diimpor ke luar negeri misalnya daging sapi. Sisa proses seperti kulitnya dapat dimanfaatkan kembali untuk menghasilkan barang bernilai jual lain. Dengan berbisnis di bidang ini kamu dapat menghasilkan banyak sekali produk (zero waste) yang berarti menghasilkan banyak keuntungan, Grameds.

Prospek Kerja Jurusan Agribisnis

Berikut beberapa prospek kerja lainnya untuk para lulusan Jurusan Agribisnis:

1. Konsultan Pertanian

8 Prospek Kerja Jurusan Agribisnis yang Kian Menjanjikan di Indonesia 3Lulusan Agribisnis dapat menjadi seorang konsultan bidang pertanian, kamu akan bertugas untuk memberikan saran-saran ataupun nasehat dalam industri pertanian. Orang yang kerja sebagai konsultan pertanian dituntut untuk bisa membimbing manajemen sumber daya manusia di bidang pertanian serta bagaimana cara mengelola keuangan. Konsultan pertanian akan membuat program unggulan pertanian terutama dalam dipersivikasi berbagai usaha tani.

Dalam profesi ini, tak hanya wawasan kamu juga dituntut untuk memiliki komunikasi yang baik, dan mampu menjaga kerahasiaan klien. Konsultan pertanian juga membutuhkan kemampuan analisa yang baik sebab bukan hanya pekerjaan dibidang bisnis dan akademik saja. Fungsi seorang konsultan di bagian ini sama pentingnya dengan yang lain. Contohnya dalam menganalisa harga jual hasil produk di pasaran serta unsur hara di lahan pertanian.

Hal ini diperlukan oleh petani bila ingin memperoleh hasil panen berlimpah dan keuntungan yang lebih baik. Ada banyak fungsi konsultan pertanian yang ternyata jarang diketahui masyarakat. Dengan begini, diharapkan para petani bisa memahami serta mengerti kegunaannya. Namun menjadi seorang konsultan pertanian tidak hanya menangani orang-orang yang berkonsultasi saja, melainkan membantu mereka ketika ada permasalahan yang harus di urus di lahannya.

Berikut ini Tanggung jawab Konsultan Pertanian lainnya:

banner-promo-gramedia
  • Dalam bidang pertanian, seorang konsultan akan menangani masalah pembudidayaan. Tanaman perlu di budidaya agar kebutuhan dasar pangan masyarakat terutama pada beras, sayur dan buah kemudian dapat terpenuhi secara baik. Selain itu, pada bagian pemeliharaan tanaman akan banyak  masukan-masukan mengenai bagaimana cara yang benar dalam memupuk, merawat, mengairi, serta membesarkan produk pertanian di lahan. Selain itu, seorang konsultan juga akan memberikan saran tentang pengendalian gulma dan pembasmian hama yang ada di lahan. hal tersebut perlu dikonsultasi karena gangguan-gangguan tersebut merupakan masalah besar dan perlu dikendalikan
  • Tak hanya pada bagian pertanian, ia juga berperan dalam industri perkebunan. Konsultan Perkebunan Sawit menjadi contohnya. Konsultan pertanian akan membantu pemilihan bibit tanaman sawit yang unggul, bahkan hingga kecocokan lahan di suatu kawasan. Selain itu, konsultasi mengenai investasi yang dapat memperkuat serta memperbesar bisnis juga dapat dilakukan ke konsultan pertanian. Jika melakukan hal ini tidak dibantu oleh seorang konsultan, maka bisa merugikan diri sendiri. Oleh karena itu kehadiran seorang konsultan semata-mata bukan hanya berunding, tetapi juga mendengarkan nasehat hingga konsultasi. Namun untuk membantu memilih Langkah yang baik di bidang perkebunan, supaya perkembangannya maksimal.
  • Mengawasi aktivitas seperti irigasi, pemakaian zat kimia, panen, pemerahan, pengembangbiakan, atau penilaian untuk meyakinkan ketetapan regulasi keamanan atau standar yang sudah ada.
  • Melaksanakan penelitian di bidang pertanian, Melakukan pemantauan, evaluasi, dan pelaporan penelitian di bidang pertanian.
  • Mengunjungi kelompok tani yang ada di wilayah kerja untuk melakukan advokasi, pembinaan, maupun penyuluhan.
  • Menawarkan solusi atas berbagai permasalahan mengenai upaya untuk meningkatkan produktivitas, efisiensi usaha, dan pendapatan para petani di wilayah kerja.
  • Mengembangkan kelompok tani agar menjadi kekuatan ekonomi dan sosial masyarakat sekitar.
  • Menyusun berbagai kebijakan teknis, rencana, dan program penelitian di bidang pertanian.
  • Mendukung pelaksanaan penelitian berkualitas di bidang pertanian yang meliputi bidang kesehatan, agro, lingkungan, dan industri.

2. Pioneer LSM

Lembaga Swadaya Masyarakat dan Koperasi yang mau turun tangan untuk memajukan pertanian Indonesia. Karenanya jika kamu memiliki keinginan besar untuk membantu memajukan pertanian di Indonesia dan membantu kerja para petani, bekerja di LSM atau koperasi sendiri dapat menjadi prospek kerja agribisnis yang tepat bagimu. Selain membantu mengembangkan pertanian, kamu juga akan melihat langsung proses yang dilalui oleh para petani, mendengar permasalahan yang mereka alami, dan dapat membantu dengan memberi solusi secara langsung.

Bagi lulusan jurusan agribisnis, kamu bisa ikut bekerja di LSM, dengan memberi penyuluhan kepada masyarakat yang berkaitan dengan ilmu agribisnis. Contohnya dalam bidang pertanian atau peternakan, dengan begitu kamu akan membantu para peternak atau petani untuk mendapatkan hasil ternak dan panen yang jauh lebih baik dan besar, juga membuka peluang karier yang menjanjikan.

3. Supplier Sayur dan Buah Organik

8 Prospek Kerja Jurusan Agribisnis yang Kian Menjanjikan di Indonesia 4Saat ini, kesadaran untuk menjaga kesehatan dengan mengkonsumsi sayuran dan buah organik sudah menjadi bagian dari gaya hidup. Karena, kekuatiran yang tinggi sebagian masyarakat akan produk pangan yang dikonsumsi tercemar pestisida. Restoran-restoran tertentu memberikan jaminan mutu produk makanan dengan bahan pangan organik.  Pekerjaan menjadi supplier sayur dan buah organik pasti dicari oleh tempat-tempat makan besar seperti hotel, restoran, ataupun usaha kedai-kedai perorangan.

Dengan melakukan program kerja sama dengan petani lokal, peluang menjadi supplier penyedia hasil panen organik masih terbuka. Berbekal ilmu pengetahuan selama kuliah, kesempatan menjadi pedagang komoditi baru terbuka lebar untuk menciptakan sebuah pasar komoditi baru. Tanggung jawab pekerjaan ini diantaranya:

  • Memastikan tersedianya bahan baku atau bahan mentah bagi pihak (individu atau perusahaan) yang membutuhkannya.
  • Memastikan bahan baku yang dipasok masih dalam keadaan baik saat diterima oleh pihak pembeli.
  • Mengatur proses penyimpanan bahan baku sebelum dikirim ke perusahaan yang membutuhkannya.
  • Mengatur pengiriman bahan baku dengan tepat waktu kepada pihak yang membutuhkannya.
  • Pengadaan bahan baku, dalam proses pengadaan bahan mentah dapat dilakukan sendiri oleh supplier atau bekerjasama dengan pihak lain.
  • Membuat informasi bahan baku, sebelum dijual ke pihak lain maka supplier harus menyiapkan informasi mengenai bahan baku yang dijual.
  • Melakukan pemasaran, proses pemasaran bisa melalui offline maupun online. Jika menggunakan metode online, kamu bisa membantu melakukan promosi melalui media sosial, website, ataupun e-commerce.
  • Bekerjasama dengan pebinis, pada tahap ini supplier harus berkomitmen untuk dapat memasok bahan baku berkualitas kepada pebisnis secara rutin.
  • Menjaga kualitas dalam hal ini kualitas layanan dan kualitas bahan baku sangat mempengaruhi keberhasilan supplier dalam menjalankan usahanya.
Untung Selangit Dari Agribisnis Cengkeh

Untung Selangit Dari Agribisnis Cengkeh

Beli Buku di Gramedia

4. Lembaga Penelitian

8 Prospek Kerja Jurusan Agribisnis yang Kian Menjanjikan di Indonesia 5Ilmu pengetahuan tentu akan selalu terus menunjukkan perkembangan yang sangat signifikan. Salah satu contohnya adalah ilmu mengenai tanaman, seperti bagaimana cara untuk mempercepat panen, meningkatkan produk pertanian dan beragam hal-hal lainnya. Salah satu prospek kerja Lulusan Agribisnis adalah menjadi seorang peneliti di Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) atau berbagai lembaga lainnya. Peneliti memegang peranan penting, dan menjadi indikator kemajuan dari suatu negara.

Suatu penelitian dilakukan oleh suatu lembaga atau kelompok khusus yang memiliki izin untuk melakukan suatu penelitian. Metode yang digunakan untuk penelitian adalah Teknik riset ilmiah standar, tetapi tidak ada hasil pasti atau adanya perkiraan hasil yang mempunyai nilai komersial di waktu yang dekat. Tugas peneliti sendiri diantaranya:

  • Melaksanakan penelitian, pemantauan, evaluasi, dan pelaporan penelitian
  • Mengembangkan produk baru di bidangnya yang berguna bagi kehidupan
  • Mengoperasikan setiap alat utama, melakukan pengujian serta mengevaluasi hasil pengujian
  • Menyusun berbagai kebijakan teknis, rencana, dan program penelitian
  • Melakukan kerjasama dengan perusahaan berkaitan dengan pengadaan barang dan jasa untuk aktivitas riset dan pengembangan perusahaan
  • Mendukung pelaksanaan penelitian berkualitas yang meliputi bidang kesehatan, agro, lingkungan, dan industri
  • Melakukan tes, membuat alat tes, dan mengembangkan teknologi baru untuk meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan perusahaan
  • Memastikan kualitas performansi dalam perusahaan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.
Penyuluhan Pertanian Berbasis Syariah

Penyuluhan Pertanian Berbasis Syariah

Beli Buku di Gramedia

5. Instansi Pemerintahan

Lulusan Agribisnis  juga dapat bekerja di Badan Perencanaan dan juga Pembangunan Daerah (BAPPEDA) dan berkontribusi mengedukasi masyarakat luas mengenai cara mengelola pertanian, perkebunan dan juga ladang yang baik.  Dengan menjadi petugas BAPPEDA kamu telah turut mensejahterakan rakyat, Grameds.

Bekerja di Kementerian Pertanian sangat bisa bagi jurusan agribisnis, seperti bekerja di Penelitian dan Pengembangan Pertanian. Tugas yang harus dijalankan adalah melakukan penelitian, inovasi dan pengembangan dalam bidang pertanian. Beberapa fungsi dari Badan Penelitian dan Pengembangan dalam melaksanakan tugasnya adalah sebagai berikut:

  • Penyusunan kebijakan teknis, rencana dan program penelitian, pengembangan dan inovasi di bidang pertanian
  • Pelaksanaan penelitian, pengembangan dan inovasi di bidang pertanian
  • Penyebarluasan hasil penelitian, pengembangan dan inovasi di bidang pertanian
  • Pemantauan, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan penelitian, pengembangan dan inovasi di bidang pertanian
  • Pelaksanaan administratif Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian
  • Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Kementrian

6. Akademisi/Dosen

8 Prospek Kerja Jurusan Agribisnis yang Kian Menjanjikan di Indonesia 6Prospek kerja agribisnis berikutnya adalah menjadi Dosen. Namun tentu saja kamu harus meneruskan kuliahmu hingga ke jenjang S2 atau bahkan S3 untuk dapat menggeluti profesi ini. Dosen sebagai pendidik, identik dengan kemampuan untuk mengajar dan menyampaikan materi di depan kelas. Meskipun profesi ini juga dilakukan untuk mencari uang, tetapi sebagai tenaga pendidik diperlukan dedikasi juga  dalam memberikan setiap ilmu.

Selain itu, mengarah pada Tridharma Pendidikan, seorang dosen juga perlu melakukan penelitian sesuai dengan bidang ilmunya. Sebagai seorang ilmuwan, dosen perlu mempublikasikan secara teratur karya tulis ilmiah dan hasil penelitiannya di konferensi akademik, Grameds.

Jangan khawatir soal biaya pendidikan, dosen bisa dengan mudah mendapatkan beasiswa juga biaya penelitian, karena ada banyak lembaga penyalur beasiswa yang memprioritaskan dosen, karena dianggap mudah dalam transfer pengetahuannya. Tanggung Jawab Profesi ini diantaranya:

  • Menciptakan suasana atau iklim pembelajaran yang kondusif dan menyenangkan
  • Merencanakan, dan melaksanakan proses pembelajaran, serta menilai dan mengevaluasi hasil pembelajaran
  • Strategi Belajar, Memilih dan menggunakan pelatihan atau metode instruksional dan prosedur yang tepat ketika belajar atau mengajar hal yang baru, Grameds
  • Meningkatkan dan mengembangkan kualifikasi akademik serta kompetensi perkuliahan secara berkelanjutan sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni
  • Bertindak objektif dan tidak diskriminatif atas dasar pertimbangan jenis kelamin, agama, suku, ras, kondisi fisik tertentu, atau latar belakang sosio ekonomi pada peserta didik dalam pembelajarannya
  • Memiliki tugas yang beragam dan berimplementasi dalam bentuk pengabdian. Tugas-tugas ini berisikan mengenai kemasyarakatan, kemanusiaan, dan profesi.

7. Perusahaan Swasta

Banyak perusahaan swasta yang bergerak dalam bidang agribisnis, maka dari itu lulusan dari jurusan agribisnis sangat bisa jika ingin bekerja di perusahaan staswa. Kamu bisa memilih perusahaan dalam bidang apa yang bisa kamu lamar, seperti bidang komoditi atau agribisnis. Atau, jika ingin membangun usahamu sendiri, kamu bisa menjadi supplier komoditas di bidang ini, Grameds.

8. Entrepreneur

8 Prospek Kerja Jurusan Agribisnis yang Kian Menjanjikan di Indonesia 7Tentu seorang jurusan agribisnis dapat berprofesi sebagai wirausaha atau entrepreneur. Negara Indonesia terkenal dengan hasil pertaniannya, hal inilah yang bisa dilihat sehingga kamu bisa membantu untuk memajukan kualitas usaha pertanian. Seorang yang berprofesi sebagai entrepreneur di bidang agribisnis harus pintar dalam melihat peluang usaha yang sedang dijalankan. Hal ini tidak hanya berguna pada kariermu, kamu juga bisa membagi ilmu-ilmu yang kamu pelajari saat kuliah kepada orang lain.

Seseorang yang bekerja sebagai entrepreneur dalam bidang agribisnis harus bisa peka dan menciptakan suatu pekerjaan yang dapat menjawab permasalahan-permasalahan yang sedang dihadapi oleh orang-orang di bidang pertanian. Contohnya seperti masalah tentang kesejahteraan para petani yang ada di daerah, bagaimana cara mereka mendapatkan untung yang sesuai dengan kualitas tanaman yang dijual, serta mengenai bagaimana mempertahankan usaha-usaha mereka di bidang pertanian tersebut.

Ketika berhasil memecahkan masalah-masalah seperti itu, selain dapat membantu dan meringankan, kamu tentu bisa bertindak lebih lanjut. Seperti membuka platform atau media bagi orang banyak, untuk berinvestasi di ladang petani-petani tersebut. Hal tersebut akan meningkatkan kinerja para petani.

Baca juga artikel terkait “Prospek Jurusan Agribisnis” :

MEDIA PERKEBUNAN

MEDIA PERKEBUNAN

Beli Buku di Gramedia

Untung Selangit Dari Agribisnis Aren

Untung Selangit Dari Agribisnis Aren

Beli Buku di GramediaSumber: dari berbagai sumber

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien