Kuliah

Ketahui 50 Universitas Terbaik di Indonesia Versi Webometrics 2021

Ketahui 50 Universitas Terbaik di Indonesia Versi Webometrics 2021 1
Written by Ahmad

50 Universitas Terbaik di Indonesia – Jika saat ini kamu masih duduk di bangku kelas 12 SMA/Sederajat dan ingin melanjutkan kuliah di PTN/PTS Fvaoritmu namun bingung ingin berkuliah dimana.

Selain memperhatikan peluang karier setelah lulus, kamu juga harus menyesuaikan dengan bakat dan minat yang ada di dalam dirimu, juga aspek kualitas institusi. Agar tidak salah pilih kampus, ada baiknya kamu mengetahui kampus atau institusi mana saja yang masuk di 100 Universitas terbaik versi Wemoteric tahun 2020 Posisi 1-50, Grameds. Apa sajakah itu? Check these out!

Ketahui 50 Universitas Terbaik di Indonesia Versi Webometrics 2021 2

1. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Ketahui 50 Universitas Terbaik di Indonesia Versi Webometrics 2021 3

Universitas Gadjah Mada

Universitas Gadjah Mada (UGM) merupakan universitas negeri di Indonesia yang didirikan oleh Pemerintah Republik Indonesia pada 19 Desember 1949. Universitas Gadjah Mada (UGM) berlokasi di Kampus Bulaksumur, Yogyakarta.

Kampus UGM sebagai universitas pertama yang didirikan oleh Pemerintah Republik Indonesia setelah Indonesia merdeka, memiliki 18 fakultas, 265 program studi, 111 joint degrees dan 23 pusat studi. Berikut ini Prestasi Peringkat Universitas Gadjah Mada (UGM) hingga kini:

  • Ranking 250 tingkat dunia versi THES (Timer Higher Education-Qs World University), 2009
  • Peringkat 1 di Indonesia versi AIPT BAN-PT 2014
  • Peringkat 1 di Indonesia, 5 di Asia Tenggara, 414 dunia versi Webometrics (2014)
  • Universitas Gadjah Mada merupakan Universitas dengan Sistem Penjaminan Mutu Terbaik di ASEAN bersama dengan National University of Singapore dan Chulalongkorn University
  • Beberapa Jurusan di UGM telah mendapatkan akreditasi internasional bergengsi dengan predikat A dan UGM merupakan universitas pertama di Indonesia yang meraih akreditasi bergengsi tersebut.
Ketahui 50 Universitas Terbaik di Indonesia Versi Webometrics 2021 4

99,9% Lolos Ujian Tulis UGM & Ujian Mandiri UNDIP

beli sekarang

2. Universitas Indonesia (UI)

Universitas Indonesia

Universitas Indonesia. Sumber: ublik.id

Universitas Indonesia (UI) merupakan salah satu perguruan tinggi di Indonesia, dengan kampus utama terletak di bagian Utara Depok, Jawa Barat tepat di perbatasan antara Depok dengan wilayah Jakarta Selatan. Sementaara kampus utama lainnya terdapat di daerah Salemba Jakarta Pusat. Universitas Indonesia sebagai kampus modern, komprehensif, terbuka, multibudaya, dan humanis yang mencakup disiplin ilmu yang luas.

Saat ini, UI telah memiliki 14 fakultas, 2 sekolah pascasarjana, dan 1 program vokasi yang menjalani seluruh kegiatan pengajaran, pendidikan, dan penelitian, Grameds. Lebih lengkapnya mengenai UI.  Universitas Indonesia telah mendapatkan berbagai penghargaan diantaranya:

  • Rangking pertama untuk kategori universitas asal Indonesia versi QS dan peringkat 67 Asia pada tahun 2016.
  • Rangking pertama untuk kategori universitas asal Indonesia versi QS dan peringkat 79 Asia pada tahun 2015.
  • Rangking pertama untuk kategori universitas asal Indonesia versi QS dan peringkat 71 Asia pada tahun 2014.
  • Rangking pertama untuk kategori universitas asal Indonesia versi QS dan peringkat 64 Asia pada tahun 2013.
  • Rangking pertama untuk kategori universitas asal Indonesia versi QS, peringkat 59 Asia, dan peringkat 273 dunia pada tahun 2012.
  • Rangking pertama untuk kategori universitas asal Indonesia versi QS, peringkat 50 Asia, dan peringkat 217 dunia pada tahun 2011.
  • Rangking pertama untuk kategori universitas asal Indonesia versi QS dan peringkat 50 Asia pada tahun 2010.
  • Rangking pertama untuk kategori universitas asal Indonesia versi THES tahun 2016.
  • Rangking pertama untuk kategori universitas asal Indonesia versi THES tahun 2015.
  • Rangking pertama untuk kategori universitas asal Indonesia versi THES tahun 2009.
  • Rangking pertama untuk kategori universitas asal Indonesia versi THES tahun 2008.
  • Rangking ke 250 di THES tahun 2006 sebagai Universitas berkelas dunia dan rangking 395 di THES 2007.
  • Rangking pertama untuk kategori universitas asal Indonesia versi Webometric dan peringkat 13 Asia Tenggara pada tahun 2016.
  • Rangking 3 untuk kategori universitas asal Indonesia versi Webometric pada tahun 2015.
  • Rangking 2 untuk kategori universitas asal Indonesia versi Webometric pada tahun 2014.
Bahas Tuntas Kisi-Kisi SIMAK UI

Bahas Tuntas Kisi-Kisi SIMAK UI

beli sekarang

3. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Ketahui 50 Universitas Terbaik di Indonesia Versi Webometrics 2021 5

Universitas Pendidikan Indonesia. Sumber: commons.wikimedia.org

Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) adalah sebuah perguruan tinggi negeri yang berlokasi di Kota Bandung, Jawa Barat. UPI  Telah terakreditasi A oleh BAN-PT. Pada 2017 Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) berada di posisi ke-13 universitas terbaik Indonesia versi Kemenristekdikti. UPI memiliki 8 Fakultas, 5 Kampus Daerah, Sekolah Pascasarjana (SPs) dan Sekolah Laboratorium atau Lab School UPI.

UPI merupakan perguruan tinggi yang menganut sistem multi kampus yaitu dengan 6 kampus yang tersebar di dua provinsi berbeda yaitu Jawa Barat dan Banten dengan Kampus utamanya berlokasi di Jalan Setiabudhi 229, Bandung. Sedangkan kampus lainnya berlokasi di Cibiru, Tasikmalaya, Sumedang, Purwakarta, dan Serang.

4. Universitas Diponegoro (UNDIP)

Ketahui 50 Universitas Terbaik di Indonesia Versi Webometrics 2021 6

Universitas Diponegoro

banner-promo-gramedia

Universitas Diponegoro (UNDIP) memiliki visi menjadi universitas riset yang unggul, dan telah terakreditasi A oleh Universitas Diponegoro memperoleh akreditasi A oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi. UNDIP Berlokasi di Kota Semarang dan Jepara. Sejak awal berdirinya hingga saat ini, Universitas Diponegoro telah memiliki 11 Fakultas dan 2 Sekolah, dengan rincian 21 Program Studi Diploma III (D3), 51 Program Studi Sarjana (S1), 35 Program Studi Magister (S2), 18 Program Pendidikan Dokter Spesialis, 3 Program Profesi dan 13 Program Studi Doktor (S3).  Prestasi UNDIP sendiri diantaranya:

  • IYIA 2018, Bali, Indonesia Fakultas Sains dan Matematika 2018 Juara III
  • World Young International Exhibition (WYIE) di Kuala Lumpur, Malaysia 2018 Juara II
  • International 4 IEI & WIIF (The 10th International Exhibition of Inventions and The 3rd World Invention and Innovation Forum) di China 2018 Juara I
  • Global SDG7 Conference Fakultas Sains dan Matematika 2018 Partisipasi/ Delegasi/ Peserta Kejuaraan Internasional
  • Japan Design and Invention Expo (JDIE) 2018, Tokyo Juara I
  • Bangkok International Intellectual Property, Invention, Innovation And Technology Exposition” (IPITEx 2018), Juara III
  • Malaysia Technology Expo Juara III
  • Malaysia Technology Expo 2018 Fakultas Sains dan Matematika 2018 Juara III
  • Japan Design and Invention Expo (JDIE) 2018, Tokyo International Exhibition Center Juara I

5. Universitas Brawijaya (UB)

Ketahui 50 Universitas Terbaik di Indonesia Versi Webometrics 2021 7

Universitas Brawijaya

Universitas Brawijaya (UB) adalah perguruan tinggi di Indonesia yang berdiri sejak tahun 1963 di Kota Malang, Jawa Timur. Universitas Brawijaya (UB) secara konsisten menduduki peringkat 5 terbaik bersama Universitas Indonesia, Institut Pertanian Bogor, Universitas Gadjah Mada, dan Institut Teknologi Bandung berdasarkan penilaian resmi Kementerian Riset, Teknologi dan Perguruan Tinggi (Kemenristekdikti).

Hingga saat ini UB telah memiliki 18 fakultas dan 221 program studi (prodi) dengan rumpun keilmuan yang sangat luas mulai dari program Vokasi, Sarjana, Magister, Doktor, Dokter Spesialis, dan Profesi. Tahun 2018 Universitas Brawijaya (UB) berhasil meraih Juara Umum Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-31 yang dilaksanakan di Universitas Negeri Yogyakarta. Universitas Brawijaya juga menempati peringkat 301 di Asia pada tahun 2020 versi QS Asian University Rankings.

6. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

Ketahui 50 Universitas Terbaik di Indonesia Versi Webometrics 2021 8

Universitas Negeri Yogyakarta

Merupakan universitas yang berada di yogyakarta. Awalnya, UNY bernama Institut Keguruan dan Ilmu Kependidikan (IKIP) Yogyakarta. UNY sendiri telah terakreditasi A secara institusi berdasarkan keputusan nomor 3127/SK/BAN-PT/Akred/PT/XII/2016 dari BAN PT. Selain itu, sebagian besar program studi atau jurusan di UNY juga berakreditasi A, Grameds.

UNY hingga saat ini memiliki 7 fakultas dan 1 program pascasarjana. Setiap fakultas terdiri dari berbagai macam jurusan. 7 Fakultas tersebut diantaranya Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), Fakultas Bahasa dan Seni (FBS), Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Fakultas Ilmu Sosial (FIS), Fakultas Ekonomi (FE), Fakultas Teknik (FT), Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) dan Program Pascasarjana (PPs).

7. Universitas Lampung (UNILA)

Universitas Lampung - Info Pendaftaran, Akreditasi hingga Biaya | Quipper Campus

Universitas Lampung. Sumber: campus.quipper.com

Universitas Lampung (UNILA) merupakan perguruan tinggi negeri yang bertempat di Kota Bandar Lampung, Lampung. Universitas Lampung didirikan pada 23 September 1965 yang sekaligus menjadikannya sebagai universitas negeri tertua dan pertama di Provinsi Lampung. Universitas Lampung berlokasi di Jl. Prof. Dr. Sumantri Brojonegoro No.1 Kota Bandar Lampung, Lampung dan telah terakreditasi A oleh BAN-PT.

Memiliki 9 Fakultas dengan 80 Program Studi dan Jurusan, terdapat beberapa beasiswa untuk berkuliah di Universitas ini, diantaranya Beasiswa BIDIKMISI, Beasiswa PMPAP, Beasiswa dari Pemerintah melalui BPPA (Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik) dan Beasiswa BBM (Bantuan Belajar Mahasiswa). Beasiswa dari lembaga pemerintah dan swasta diantaranya Dinas Pendidikan Provinsi Lampung, KOMATSU, BTN, Eka Tjipta Foundation dan lain-lain.

8. Universitas Airlangga (UNAIR)

Universitas Airlangga

Universitas Airlangga. Sumber: detik.com

Universitas Airlangga (UNAIR) yang terletak di Surabaya, Jawa Timur, pertama diresmikan oleh Presiden Indonesia Dr.Ir.Soekarno pada tanggal 10 November 1954 setelah Universitas Indonesia dan Universitas Gadjah Mada. Universitas Airlangga memiliki lokasi yang strategis di Jalan Airlangga 4 – 6 Kota Surabaya.

Selain itu, UNAIR memiliki 3 kampus dengan fakultas berbeda yaitu Kampus A (Fakultas Kedokteran Gigi dan Fakultas Kedokteran), Kampus B (Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Farmasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Budaya, dan Fakultas Psikologi) dan Kampus C (Fakultas Keperawatan, Fakultas Kedokteran Hewan, Fakultas Perikanan dan Kelautan, Fakultas Kesehatan Masyarakat, dan Fakultas Saintek). Prestasi yang telah diraih UNAIR diantaranya:

  • Penghargaan di korsel atas temuan pakan ternak
  • Penghargaan kesehatan PT. Astra
  • Penghargaan PWI Jatim berkat vaksin flu burung
  • Memperoleh penghargaan kontributor paling aktif dan paling berkontribusi untuk website QS WOW NEWS
  • Dua peneliti dari Unair memperoleh penghargaan Young Investigator Award (YIA) 2015 di universitas KOBE, Jepang
  • Mahasiwa Ekonomi islam memperoleh penghargaan The Best Entrepeneurial dalam acara Youth on Entrepeneurship di Malaysia
  • Dekan Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Diah Ariani Arimbi, PhD., mendapat penghargaan dari sebuah Non-Government Organitation (NGO) internasional

9. Institut Pertanian Bogor (IPB), Bogor

 IPB University

IPB University. Sumber: detiknews.com

Institut Pertanian Bogor (IPB) merupakan sebuah perguruan tinggi pertanian negeri yang berlokasi di Bogor. Ada banyak alumni tokoh penting Indonesia, lulusan Universitas ini, diantaranya Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono, Suswono (mantan Menteri Pertanian), Mustafa Abubakar (mantan Menteri BUMN), Anton Apriyantono (mantan Menteri Pertanian) dan masih banyak lainnya.

IPB juga menyediakan banyak pilihan program studi tentang ilmu-ilmu pertanian. Ada 24 program studi yang sudah terakreditasi secara internasional. Kini IPB memiliki 9 fakultas dan 1 sekolah bisnis dengan 39 program studi sarjana. Dengan berbagai prestasi yang telah diraihnya, berikut beberapa diantaranya:

  • IPB masuk ke dalam 100 Perguruan Tinggi Terbaik di dunia versi QS World University Ranking by Subject Agriculture and Forestry Tahun 2018.
  • IPB ada diperingkat ke-130 Asia QS Asian University Rankings 2018
  • IPB Perguruan Tinggi Terbaik Indonesia (Pemeringkatan oleh Kemenristekdikti) Peringkat ke-3 (Tahun 2018), Peringkat ke-3 (Tahun 2017), Peringkat ke-4 (Tahun 2016), dan Peringkat ke-3 (Tahun 2015).
  • Atas inovasi-inovasi yang dihasilkannya, IPB mendapat Anugerah Widyapadhi Peringkat 1 Nasional dari Kemenristekdikti Tahun 2018 dan 2017.
  • IPB meraih Penghargaan Mitra Peneliti Asing Terbaik Kategori Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Tahun 2018, 2017, dan 2016.
  • IPB meraih Peringkat Rapor Terbaik Pelaksanaan Program, Kegiatan dari Kemenristekdikti Tahun 2018, 2017, dan 2016.

10. Universitas Negeri Semarang (UNNES)

Universitas Negeri Semarang

Universitas Negeri Semarang. Sumber: kompas.com

Universitas Negeri Semarang (UNNES) merupakan universitas berwawasan konservasi, kampus utamanya terletak di daerah Sekaran (Gunungpati), wilayah selatan Kota Semarang dan kampus lainnya terletak di Ngaliyan (Semarang), Kelud (Semarang), Bendan Ngisor (Semarang) dan di Kemandungan (Tegal). Telah terakreditasi A oleh BAN-PT. UNNES menyelenggarakan program pendidikan vokasi (D3), sarjana (S1), magister (S2), doktor (S3), dan pendidikan profesi. Terdapat 85 program studi yang dikelola dalam delapan fakultas dan program pascasarjana.

11. Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Surakarta

Universitas Muhammadiyah Surakarta

Universitas Muhammadiyah Surakarta. Sumber: mediaindonesia.com

Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) merupakan satu dari 164 Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) dan satu di antara 1.890 Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Indonesia. UMS ini terletak di Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo. Universitas Muhammadiyah Surakarta terdiri dari 12 Fakultas, antara lain: Fakultas Kedokteran (FK) Fakultas Kedokteran Gigi Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Fakultas Teknik (FT) terdiri atas : Teknik Sipil, Teknik Industri, teknik kimia, teknik mesin, teknik arsitektur, dan teknik elektro Fakultas Ekonomi (FE) Fakultas Hukum (FH) Fakultas Farmasi (FF), Fakultas Psikologi Fakultas Geografi (FG) Fakultas Agama Islam (FAI) Fakultas Komunikasi dan Informatika (FKI) – terdiri atas dua program studi: Ilmu Komunikasi dan Teknik Informatika.

Spesialisasi Program Studi Ilmu Komunikasi adalah pada bidang Periklanan, Penyiaran dan Public Relations, sedangkan spesialisasi Program Studi Teknik Informatika adalah Sistem Informasi, Sistem Jaringan Komputer dan Sistem Rekayasa Perangkat Lunak. Mulai tahun akademik 2009/2010, Program Studi Teknik Informatika juga membuka kelas internasional. Universitas ini masuk di urutan ke-131 di Dunia. Pemeringkatan dilakukan oleh UniRank atau 4 International Colleges and University (4ICU). Sebelumnya, UMS juga dinobatkan pemeringkatan UniRank sebagai PTS terbaik se-Indonesia.

Prestasi UMS yang masuk 200 terbaik di Asia tersebut mengulang prestasi yang sama di tahun 2019. Hanya saja pada 2019, UMS menduduki di urutan 157 terbaik, sedangkan pada 2020 urutan UMS ada di posisi 131. Dari 18 perguruan tinggi asal Indonesia yang masuk 200 rangking Asia, UMS berada di urutan nomor 11.

12. Institut Teknologi Bandung (ITB), Bandung

Institut Teknologi Bandung

Institut Teknologi Bandung. Sumber: zonamahasiswa.id

Institut Teknologi Bandung (ITB) merupakan sekolah tinggi teknik pertama di Indonesia yang didirikan pada tanggal 2 Maret 1959 di Jawa Barat. Berlokasi di Bandung Fakultas adalah unit pendidikan di ITB yang memiliki beberapa program studi (dulu departemen), baik di tingkat sarjana, magister, maupun doktor. Sementara itu, sekolah adalah unit pendidikan yang memiliki beberapa program studi dengan bidang keilmuan yang berdekatan.

Misalnya, Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI) ITB memiliki 6 program studi, yaitu di lingkup keelektroteknikan (teknik elektro, telekomunikasi, biomedis, dan tenaga listrik), serta di lingkup ilmu komputer (teknik informatika dan sistem teknologi informasi).

Tujuh program studi (prodi) di Institut Teknologi Bandung (ITB) berhasil menembus ranking top perguruan tinggi di seluruh dunia. Ketujuh prodi tersebut diantaranya Art & Design (peringkat 51), Computer Science & Information Systems (351), Chemical Engineering atau Teknik Kimia (251), Electrical Engineering (Teknik Elektro) peringkat 301, Mechanical, Aeronautical Engineering & Manufacture (Teknik Mesin) peringkat 251, Agriculture & Forestry atau Teknik Pertanian dan Kehutanan (201) dan Business & Management Studies (251).

Ranking 13 – 50 Universitas Terbaik di Indonesia

  1. Universitas Negeri Malang (UNM), Malang
  2. Universitas Sumatera Utara (USU), Medan
  3. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Yogyakarta
  4. Universitas Bina Nusantara (BINUS), Jakarta
  5. Universitas Telkom, Bandung
  6. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Surabaya
  7. Universitas Jember (UNEJ), Jember
  8. Universitas Udayana (UNUD), Bali
  9. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  10. Universitas Andalas (UNAND), Padang
  11. Universitas Sebelas Maret (UNS), Surakarta
  12. Universitas Hasanuddin (UNHAS), Makassar
  13. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta (UIN), Jakarta
  14. Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Malang
  15. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA), Surabaya
  16. Universitas Islam Indonesia (UII), Yogyakarta
  17. Universitas Islam Negeri Walisongo, Semarang
  18. Universitas Islam Negeri Sulthan Syarif Kasim, Riau
  19. Universitas Pasundan (UNPAS), Bandung
  20. Universitas Negeri Surabaya (UNESA), Surabaya
  21. Universitas Syiah Kuala (UNSYIAH), Aceh
  22. Universitas Mercu Buana (UMB), Jakarta
  23. Universitas Gunadarma (UG), Depok
  24. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta
  25. Universitas Jambi (UNJA), Jambi
  26. Universitas Ahmad Dahlan (UAD), Yogyakarta
  27. Universitas Dian Nuswantoro (UDINUS), Semarang
  28. Universitas Sriwijaya (UNSRI), Palembang
  29. Universitas Islam Negeri Alauddin, Makassar
  30. Universitas Sam Ratulangi (UNSRAT), Manado
  31. Universitas Negeri Padang (UNP), Padang
  32. Universitas Sanata Dharma (USD), Yogyakarta
  33. Universitas Narotama (UNNAR), Surabaya
  34. Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM), Bandung
  35. Universitas Mataram (UNRAM), Mataram
  36. Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED), Purwokerto
  37. Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Purwokerto
  38. Universitas Atma Jaya (UAJY), Yogyakarta

Baca juga artikel terkait “Universitas Terbaik di Indonesia” berikut :

Yuk raih kampus impianmu dengan latihan dari buku-buku ini

Xplore Tka Soshum Utbk Sbmptn

Xplore Tka Soshum Utbk Sbmptn

beli sekarang

Grand Master Utbk Sbmptn Soshum 2022

Grand Master Utbk Sbmptn Soshum 2022

beli sekarang

Mega Bank Sbmptn Saintek 2022 (Plus Cd)

Mega Bank Sbmptn Saintek 2022 (Plus Cd)

 



beli sekarang

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien