Kuliah

Ketahui 5 Jurusan yang Lulusannya Paling Dicari

Ketahui 5 Jurusan yang Lulusannya Paling Dicari 1
Written by atap

Jurusan yang Lulusannya Paling Dicari – Memasuki era revolusi industri 4.0, persaingan memperoleh pekerjaan kian ketat dengan tuntutan kebutuhan akan kemampuan kerja kian tinggi.

Karenanya kamu perlu memilih jurusan kuliah dan pekerjaan yang benar-benar tepat. Disruptif teknologi, sharing economy, perubahan iklim, energi terbarukan, robotika, keterbatasan sumber daya alam, dan pengolahanan data menjadi tantangan sekaligus peluang cara orang bekerja hari ini dan karier di masa depan. Berikut ini 4 program studi dengan lulusan yang paling dibutuhkan tahun 2020. Check these out!

Jurusan Yang Lulusannya Paling Banyak Dicari

Ketahui 5 Jurusan yang Lulusannya Paling Dicari 2

1. Jurusan Teknik Informatika

Jurusan Teknik Informatika mempelajari dan menerapkan prinsip-prinsip ilmu komputer dan analisis matematis dalam perancangan, pengujian, pengembangan, evaluasi sistem operasi, software, dan kinerja komputer.

Jurusan Teknik Informatika mempelajari banyak pengolahan data dengan memanfaatkan teknologi komputer dan prinsip serta proses logika, selain itu kamu juga akan mempelajari pemrograman (programming), pengembangan perangkat lunak (software), dan teknologi jaringan komputer.

Dalam prosesnya, kamu akan banyak membuat flowchart atau bagan alur juga bagaimana sebuah sistem dapat berjalan sesuai dengan fungsi dan logikanya. Tentu saja, ketelitian dan keuletan menjadi karakter dasar yang harus kamu miliki untuk berkuliah di jurusan ini, Grameds.

Jurusan ini cocok untukmu yang mempunyai pemahaman dan logika yang kuat, teliti, tekun, memiliki orientasi pada detail, terbiasa berpikir secara sistematis, terstruktur, menyukai hitungan atau matematika, gemar melakukan analisis, dan menyukai tantangan.

Di jurusan Teknik Informatika kamu tidak harus pusing-pusing mempelajari fisika atau menghafal konsep ilmiah kimia dan biologi. Hal ini karena jurusan teknik informatika hanya mempelajari sistem bisnis, logika pemrograman, dan mendalami berbagai bahasa pemrograman lainnya. Salah satu keuntungan lain berkuliah di jurusan teknik informatika adalah lapangan pekerjaannya yang sangat luas.

Saat ini hampir semua perusahaan menggunakan teknologi informasi. Tim IT bahkan menjadi salah satu tulang punggung keberhasilan suatu bisnis. Tidak hanya di Indonesia, sarjana teknik Informatika dibutuhkan di berbagai perusahaan seluruh dunia terkait dengan perkembangan teknologi.

Selain itu, sebagai sarjana IT, kamu juga dapat mendirikan software house hingga membangun startupmu sendiri, Grameds. Berikut ini prospek karir lainnya untuk para lulusannya:

  • Pada era revolusi industri ini, lulusan Jurusan ini sangat dibutuhkan oleh BUMN, instansi pemerintah, BUMN, perusahaan-perusahaan swasta, bahkan Perusahaan besar seperti Google
  • Programmer sebagai pilihan profesi yang paling banyak diambil oleh para lulusan teknik informatika. Apalagi mengingat teknologi kini berkembang dengan sangat pesat, kamu dapat memulai karirmu sebagai Junior Programmer 
  • Database engineer, bertugas merancang dan memonitor suatu sistem database yang kompleks
  • Software Developer merupakan profesi yang beperan penting dalam menciptakan suatu software atau perangkat lunak yang nantinya akan digunakan untuk menjalankan sebuah sistem
  • Web Designer bertugas merancang tampilan sebuah website agar tampak menarik serta memudahkan penggunanya Seorang Web Designer akan bekerja berdampingan dengan web programmer dalam perancangan web tersebut
  • Application Engineer bertugas menangani sistem aplikasi (business system), berbagai perencanaan, analisa dan desain suatu sistem informasi. Application Engineer sendiri biasanya tidak terjun langsung memprogram suatu software atau perangkat lunak, namun ia memiliki pemahaman tentang penulisan dan penataan source code. Menjadi seorang application engineer nantinya kamu akan bertugas menguji aplikasi, mengevaluasi pengujian dan menindaklanjuti umpan balik (feedback) dari pelanggan, juga bekerja dengan anggota tim lainnya untuk memodifikasi dan meningkatkan performa aplikasi yang tengah dikembangkan.
  • Front End Developer yaitu profesi yang tugas utamanya membuat desain website menggunakan berbagai kode dari CMS, HTML, Javascript sehingga tampilan sebuah website kemudian tampak lebih interaktif. Semua website yang kita temui di browser komputer ataupun smartphone yang menampilkan menu-menu, , header, footer, animasi dan tampilan lainnya
  • Konsultan IT, bertugas memberi ide untuk klien mengenai penggunaan teknologi informasi agar dapat memenuhi target bisnis mereka. 

2. Jurusan Ilmu Komunikasi

Jurusan Ilmu Komunikasi merupakan cabang ilmu yang mempelajari dan menyampaikan pesan atau berita secara efektif dan efisien, untuk mendapatkan hasil akhir yang diinginkan. Komunikasi juga berhubungan dengan berbagai pemanfaatan teknologi serta penemuan baru seiring perkembangan jaman.

Misalnya saja pada perkembangan internet, pengaruh media, tren hiburan yang sedang populer dan faktor-faktor lainnya. ​Kamu akan mempelajari berbagai aspe komunikasi, baik secara praktik maupun.

Program studi ini juga mempelajari psikologi penerima pesan serta berbagai hal terkait peraturan dan kebijakan penyiaran konten melalui berbagai media. Tak lupa public speaking sebagai salah satu kemampuan dasar yang wajib dipelajari olehmu.

Public Speaking merupakan kemampuan untuk menyampaikan pesan yang efisien dengan baik sehingga pendengar dapat memahami perkataan yang diucapkan. Public speaking juga tak hanya sekedar berbicara, melainkan juga belajar tentang gestur tubuh Grameds. Jurusan-jurusan yang masuk dalam bidang komunikasi adalah periklanan, linguistik, bahasa, jurnalistik, dan masih banyak lagi.

Jurusan Ilmu Komunikasi merupaakan salah satu jurusan yang menyenangkan, sebab tak hanya mempelajari teori, kamu juga akan mempraktekannya langsung misalnya saja pada praktek manajemen dan produksi televisi, radio, dan media cetak. Dijurusan ini Kamu dapat belajar menjadi kameramen, produser, reporter, team kreatif, floor director, dan juga news anchor atau presenter. Berikut ini prospek karir lainnya untuk para lulusannya:

banner-promo-gramedia
  • Media di Indonesia berkembang dengan sangat pesatnya, sehingga peluang karir bagi lulusan Komunikasi terbuka lebar, mulai dari di dunia advertising, marketing, maupun broadcasting.
  • Tak hanya berkecimpung di industri media, Lulusan Ilmu Komunikasi juga dapat bekerja di institusi pemerintahan, sebab hampir setiap instansi pemerintahan membutuhkan tenaga kerja dengan latar belakang ilmu Komunikasi, seperti Public Relations, Pengamat komunikasi media, politik dan lain-lain.
  • Bagimu yang suka membaca berita dan memiliki keahlian analisis data yang baik, menjadi seorang analis kebijakan dapat menjadi pilihan. Posisi ini banyak dicari oleh instansi lembaga survei maupun riset karena pemerintah terus melakukan penyesuaian kebijakan setiap waktu
  • Selain itu kamu juga bisa menjadi Penyiar radio, produser, sutradara, reporter, copy writer, dan masih banyak lagi Grameds.

Ketahui 5 Jurusan yang Lulusannya Paling Dicari 3

3. Jurusan DKV New Media

Jurusan DKV New Media sebagai bagian dari program studi Desain Komunikasi Visual yang penerapannya lebih berfokus pada penggunaan new media. New media sendiri diartikan sebagai media yang berbasis teknologi digital. Jadi, disini kamu akan belajar desain pada media cetak, design web, dan media interaktif.

Pembelajaran Jurusan ini nantinya dapat diterapkan pada kegiatan branding, design publik, fotografi, typografi, dan lain sebagainya. Dalam pembelajarannya seorang DKV New Media akan menggunakan software yang memudahkannya dalam mendesain (seperti Adobe Photoshop, Illustrator, Flash dan lainnya).

Jurusan DKV New Media cocok untuk orang-orang kreatif yang menyukai seni dan estetika, Grameds. Berkuliah di Jurusan ini akan menyalurkan kreativitasmu, kamu juga akan belajar bagaimana caranya menuangkan kreativitas dalam bentuk visual, baik dalam bentuk gambar maupun video.

Selain itu prospek kerja jurusannya cukup luas, tak hanya di koorporat, prospek kerja di ranah freelance pun terbuka lebar. Apalagi dengan Industri kreatif yang kian berkembang, mulai dari komik hingga periklanan.

Selain pola komunikasi yang kini cenderung visual, perkembangan ekonomi kreatif juga turut mempengaruhi berkembangnya industri-industri lainnya. DKV sendiri merupakan bidang yang penting dalam kehidupan masyarakat modern.

Semua bentuk usaha yang ada saat ini sangat membutuhkan produk desain, mulai dari kartu nama, packaging produk, sampai logo. Selain produk di dunia nyata, hasil karya DKV New Media juga dibutuhkan untuk pemasaran di ranah digital. Dengan bantuan jasa DKV New Media, konten-konten digital bisa dibuat jauh lebih menarik untuk menarik perhatian konsumen. Berikut ini prospek karir lainnya untuk para lulusannya:

  • Desainer Grafis – Ahli dalam menggunakan grafis atau gambar atau apa saja yang berkaitan dengan penciptaan tanda, skema, logo, grafis, gambar, simbol, desain geometric dan lainnya, desainer grafis terlatih menggunakan program desain seperti Photoshop, Illustrator, Flash dan lainnya
  • Ilustrator – Bekerja dengan seni digital atau pensil dan tinta, ilustrator mampu mendesain atau menggambar untuk menyampaikan sebuah pesan
  • Creative Director, seorang pengarah yang mengarahkan karyawannya agar dapat memenuhi target serta kriteria target  konsumennya
  • Art Director, tugasnya sebagai pengarah di bidang seni pada sebuah acara
  • Animator, menjadi seorang animator adalah salah satu pilihan karir yang tepat untuk lulusan DKV New Media. Banyaknya kartun yang menjamur juga semakin membuka kesempatan bagi para animator muda untuk berkarya, Grameds.
  • Marketing Analysis – Tugas seorang marketing analysis adalah mengolah, menganalisis, dan menyajikan data mengenai target pemasaran untuk keperluan klien atau perusahaan dan biasanya bekerja di perusahaan konsultan
  • Social Media Marketing – Perkembangan teknologi digital juga membuat banyaknya peluang kerja baru untuk lulusan DKV Creative Advertising, salah satunya social media marketing. Seorang social media marketing bertugas memasarkan produk atau jasa menggunakan pendekatan social media
  • Digital Marketing – Pekerjaan ini mirip dengan social media marketing, yaitu memasarkan produk atau jasa secara digital. Hanya saja digital marketing staff menggunakan platform digital lebih banyak lagi sebagai media pemasarannya.

Ketahui 5 Jurusan yang Lulusannya Paling Dicari 4

4. Jurusan Akuntansi

Jurusan Akuntansi mempelajari seni pencatatan, penggolongan dan pengikhtisaran dengan cara tertentu dalam ukuran moneter. Secara garis besar, jurusan ini mempelajari cara memelihara keuangan.

Kamu akan dipersiapkan menjadi seorang akuntan dengan mempelajari prinsip-prinsip akuntansi seperti audit, pelaporan, penganggaran dan peraturan pajak. Data ini nantinya akan digunakan untuk mengukur hasil kinerja entitas dan menginformasikan keputusan tentang masa depan dan kontrol dari suatu lembaga atau perusahaan. Karena alasan inilah banyak orang menyebut Akuntansi sebagai “Bahasa Bisnis”.

Jurusan Akuntansi cocok untukmu yang memiliki ketertarikan pada bidang keuangan dan ingin menyelami dunia bisnis dengan lebih lagi, sebab didalamnya kamu akan mempelajari berbagai transaksi keuangan.

Karir di bidang akuntansi sendiri cukup menjanjikan dengan pendapatan yang mumpuni, menurut data statistik terbaru dari Biro Tenaga Kerja Amerika, rata-rata pemasukan seorang Akuntan mencapai hingga $65,940 per tahunnya. Biro Tenaga Kerja Amerika juga melaporkan 10% akuntan digaji hampir $116,000 per tahun. Berikut ini beberapa prospek kerja untuk para lulusan Akuntansi:

  • Akuntan Publik – Akuntan yang mendapat ijin dari Menteri Keuangan untuk membuka jasa akuntannya sendiri kepada publik. Para akuntan sendiri memiliki jam kerja yang lebih panjang dibanding profesi lain, namun sebanding dengan bayarannya yang lebih tinggi.
  • Akuntan Privat – Akuntan intern Akuntan ini bertugas menyusun semua keperluan akuntansi di perusahaan atau organisasi. Tugasnya mulai dari Penyusunan Sistem Pengawasan Manajemen (SPM), yaitu sistem yang dirancang untuk memberi motivasi kepada para manajer pelaksana untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan oleh manajemen teras,  Akuntansi keuangan, yaitu proses akuntansi yang bersangkutan dengan siklus akuntansi transaksi keuangan, dari pencatatan transaksi hingga penyusunan laporan keuangan dan mengomunikasikannya dengan pengambil keputusan. Seorang akuntan berperan dalam pemilihan data yang perlu dicatat, menentukan pola pencatatan data sampai penyusunan dan penafsiran laporan akuntansi, termasuk di dalamnya merancang bentuk-bentuk laporan yang relevan.
  • Financial analyst – Profesi yang bertugas menyusun informasi keuangan yang kemudian akan menjadi dasar pengambilan keputusan dalam sebuah bisnis
  • Auditor Internal – Bertugas memeriksa laporan keuangan internal sebuah perusahaan dan memberikan masukan untuk pihak manajemen.
  • Konsultan Pajak – Bertugas memberikan konsultasi perpajakan untuk mereka yang wajb pajak.
  • Accounts Payable atau Receivable Clerk – Bertugas mengurusi akuntansi utang piutang. 

5. Jurusan Ekonomi

Ekonomi merupakan suatu ilmu yang dapat mengendalikan dan menyalurkan sumber daya di sekitar. Asal kata ekonomi sendiri diambil dari istilah Yunani “oikonomia” yang artinya pengelolaan berbagai tugas administrasi dan pekerjaan rumah tangga.

Ekonomi baru sendiri menjadi jurusan yang berdiri sendiri pada akhir abad ke-19, dimana Ilmu Ekonomi kemudian dipisahkan dari pelajaran Ilmu Politik. Ilmu Ekonomi terbagi menjadi dua bagian besar yaitu pada Mikro Ekonomi dan Makro Ekonomi. Mikro Ekonomi terpusat pada pasar individu beserta struktur dan para pemain kuncinya, sedangkan Makro Ekonomi membahas mengenai Ilmu Ekonomi baik dalam skala nasional maupun internasional. Ilmu Ekonomi selalu menjadi ilmu yang menarik.

Perekonomian dunia yang selalu diwarnai dengan berbagai tantangan membuat perusahaan-perusahaan untuk merekrut lulusan dengan pengetahuan ekonomi yang. Jurusan ini cocok bagimu dengan minat dalam bidang jual beli.

Walau kenyataannya Ilmu Ekonomi tidak sesederhana penjualan dan pembelian tapi juga mengurus berbagai faktor yang mempengaruhi suatu transaksi mulai dari interaksi antara penjual dan pembeli, regulasi yang membatasi gerak dalam berdagang dan sebagainya. Prospek kerja jurusan ekonomi sendiri diantaranya:

  • Akuntan. Akuntansi termasuk salah satu bagian dari ilmu ekonomi. Seorang yang menggeluti profesi ini disebut dengan akuntan. Tugasnya adalah menyusun laporan keuangan dan menganalisa informasi keuangan yang masuk. Semua perusahaan membutuhkan akuntan untuk menyusun laporan keuangan karena itu, profesi ini bisa menjadi peluang atau prospek kerja ilmu ekonomi yang menjanjikan untukmu. Dari laporan ini, perusahaan bisa mengetahui kondisi finansial perusahaan dan juga bisa menjadi acuan untuk pengambilan kebijakan-kebijakan. Rata-rata gaji yang didapatkan oleh seorang akuntan adalah Rp 3.500.000 hingga Rp7.000.000.
  • Analis Manajemen Bisnis Yang kelima, Kamu bisa menjadi seorang analis manajemen bisnis. Analis manajemen bisnis mempunyai tugas menganalisa prosedur, desain sistem operasional, dan sistem lainnya dalam suatu perusahaan/organisasi agar dapat beroperasi dengan lebih efisien dan efektif. Yang termasuk pekerjaan analis manajemen bisnis ini adalah analisis program, konsultasi manajemen, dan analis bisnis.
  • Auditor Selanjutnya, Kamu bisa berkarir sebagai seorang auditor. Profesi ini hampir sama dengan akuntan. Bedanya, akuntan lebih ditekankan pada pencatatan keuangan atau arus keluar masuk kas. Sedangkan auditor bertugas menganalisis laporan keuangan dengan tujuan mengambil kesimpulan apakah laporan keuangan yang ada wajar atau tidak. Rata-rata gaji yang didapatkan adalah Rp4.000.000 hingga Rp7.000.000.
  • Analis Riset Operasional Yang terakhir, Kamu bisa berkarir sebagai analis riset operasional. Profesi ini banyak dibutuhkan di berbagai perusahaan. Tugasnya adalah melakukan riset atau analisis untuk membantu manajemen dalam pengambilan kebijakan. Rata-rata gaji yang didapatkan adalah Rp4.500.000 hingga Rp7.000.000.

Baca juga artikel terkait “Jurusan Yang Lulusannya Paling Dicari” berikut ini :

Sumber: dari berbagai sumber

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien