IPA

18 Pengertian Lingkungan Menurut Para Ahli dan Fungsinya

pengertian lingkungan
Written by Wida Kurniasih

Pengertian lingkungan kerap kali disejajarkan oleh kehidupan makhluk hidup. Hal itu memang tidak salah. Pasalnya, semua aktivitas yang dilakukan oleh makhluk hidup pasti lingkungan ikut serta di dalamnya.

Di dalam kehidupan, makhluk hidup tidak dapat dipisahkan dari lingkungannya. Hal ini berlaku untuk lingkungan alam atau lingkungan sosial. Contohnya seperti manusia, ketika bernapas pasti akan memerlukan udara dari lingkungan sekitar.

Ketika makhluk hidup minum atau makan, tentu berasal dari lingkungan. Hal itulah yang membuat lingkungan menjadi salah satu hal yang sangat penting di dalam kehidupan makhluk hidup.

Artikel ini akan membahas mengenai pengertian lingkungan. Akan dijelaskan pula pengertian lingkungan menurut berbagai ahli. Serta terdapat penjelasan mengenai fungsi dari lingkungan itu sendiri.

Pengertian Lingkungan

Lingkungan adalah semua yang ada di sekitar makhluk hidup dan mempengaruhi perkembangan kehidupan. Pengaruh tersebut baik secara langsung atau tidak langsung. Lingkungan adalah sebuah kombinasi di antara kondisi fisik.

Kondisi tersebut mencakup keadaan antara sumber daya alam. Seperti air, tanah, mineral, flora, fauna, atau energi surya. Semua hal itu tumbuh dan hidup di dalam lingkungan. Melalui kelembagaan yang meliputi ciptaan dari manusia, seperti keputusan bagaimana lingkungan fisik tersebut digunakan.

Lingkungan adalah sebuah media tempat makhluk hidup tinggal. Selain itu, di dalam lingkungan makhluk hidup juga akan mencari serta memiliki karakter. Tidak hanya itu, makhluk hidup juga dapat memiliki fungsi khas yang terkait timbal balik dengan keberadaan makhluk hidup yang bertempat tinggal di sana, terutama manusia karena memiliki peranan yang kompleks dan riil.

Secara sederhana, pengertian lingkungan adalah segala sesuatu yang ada di sekitar manusia. Lingkungan juga dapat mempengaruhi perkembangan hidup manusia. Tanpa adanya lingkungan, maka ekosistem dan perubahan cuaca kemungkinan tidak berjalan dengan baik. Hal itu karena adanya banyak unsur yang saling membentuk lingkungan, sehingga lingkungan menjadi tempat yang lebih kompleks.

Filsafat Lingkungan Hidup: Alam sebagai Sebuah Sistem Kehidupan Bersama Fritjof Capra

Filsafat Lingkungan Hidup: Alam sebagai Sebuah Sistem Kehidupan Bersama Fritjof Capra

Beli Buku di GramediaBuku ini lahir dari sebuah pergumulan dan pergulatan pemikiran yang panjang dalam rangka menjawab sekaligus memahami secara lebih tepat apa sesungguhnya yang menyebabkan krisis dan bencana lingkungan hidup global yang hari-hari ini melanda dunia, termasuk Indonesia.

Pengertian Lingkungan Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah pengertian lingkungan menurut beberapa ahli. Di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Pengertian lingkungan menurut KBBI mencakup beberapa hal. Pertama, lingkungan adalah daerah atau Kawasan yang termasuk di dalamnya. Kedua, lingkungan adalah sebuah bagian wilayah di dalam kelurahan yang merupakan lingkungan kerja pelaksanaan pemerintahan desa. Ketiga, lingkungan adalah semua hal yang mempengaruhi pertumbuhan manusia atau hewan.

Di dalam KBBI, lingkungan juga terbagi dari beberapa hal. Seperti lingkungan alam, lingkungan hidup, lingkungan kebudayaan, lingkungan makro, lingkungan mati, lingkungan mikro, lingkungan bisnis, lingkungan pemrograman, lingkungan peradilan, lingkungan sistem, lingkungan sosial, dan lingkungan waktu eksekusi.

2. Ensiklopedia Kehutanan

Pengertian lingkungan juga terdapat di dalam ensiklopedia kehutanan. Hal itu karena lingkungan adalah objek kajian dari bidang kehutanan. Lingkungan adalah jumlah total dari selutuh faktor non genetic. Jumlah tersebut memiliki pengaruh pada pertumbuhan serta reproduksi pohon.

3. Kamus Ekologi

Tidak hanya di dalam ensiklopedia kehutanan saja. Pengertian lingkungan juga ada di dalam kamus ekologi. Lingkungan adalah bagian dari keseluruhan yang berhubungan satu sama lain. Selain itu, lingkungan juga berkaitan antara makhluk hidup dan makhluk yang tidak hidup. Keseluruhan tersebut berada secara alami di bumi dan daerah-daerah lainnya.

4. Bintarto

Pengertian lingkungan secara sederhana menurut Bintarto adalah semua sesuatu yang ada di sekitar kehidupan manusia. Hal-hal tersebut seperti benda atau non benda. Serta mempengaruhi sekaligus dipengaruhi oleh sikap dan tindakan yang dimiliki oleh  manusia.

5. S. J. McNaughton dan Larry L. Wolf

J. McNAughton dan Larry L. Wolf menjelaskan bahwa pengertian lingkungan adalah semua faktor eksternal. Faktor yang dimaksud adalah baik yang bersifat fisika atau bersifat biologis. Faktor-faktor tersebut memiliki pengaruh langsung kepada kehidupan. Seperti pertumbuhan, perkembangan dan aktivitas-aktivitas reproduksi dari sebuah organisme.

6. Otto Soemarwoto

Otto Soemarwoto menjelaskan pengertian lingkungan dengan lebih kompleks. Lingkungan di dalam bahasa Inggris adalah environment. Lingkungan dapat dimaknai sebagai jumlah dari semua benda dan keadaan.

Jumlah tersebut berada pada suatu ruang yang dijadikan tempat tinggal oleh manusia. Ruang tersebut juga dapat mempengaruhi kehidupan. Jumlah ruang tinggal tersebut memang tidak terbatas secara teoritis. Namun jumlahnya terbatas secara praktis.

Hal itu sesuai dengan keperluan yang sudah ditentukan. Contohnya seperti unsur alam seperti sungai, laut, hutan. Dapat juga berupa unsur di dalam dunia politik dan sebagainya.

Secara sederhana, lingkungan menurut Otto Soemarwoto adalah semua hal yang ada pada seluruh organisme atau makhluk hidup. Ha-hal tersebut memiliki pengaruh yang besar pula pada kehidupan makhluk hidup itu sendiri.

7. Jonny Purba

Pengertian lingkungan menurut Jonny Purba adalah sesuati yang memiliki status sebagai lokasi terjadi semua kegiatan. Kegiatan tersebut termasuk aktivitas baik seperti interaksi sosial kepada berbagai kelompok dan pranatanya. Serta semua aktivitas lain yang dipengaruhi oleh symbol-simbol dan nilai yang berlaku.

8. Amsyari (1989)

Amsyari (1989) menyatakan pendapatnya mengenai lingkungan. Pengertian lingkungan menurut Amsyari dibagi ke dalam tiga kelompok. Kelompok pertama, adalah lingkungan fisik. Lingkungan fisik adalah semua hal yang terdapat di sekitar manusia. Wujud dari lingkungan fisik adalah benda mati. Seperti udara, air, cahaya, batu, rumah, dan lain sebagainya.

Kelompok kedua, adalah lingkungan biologis. Lingkungan biologis dalam pengertian ini adalah semua unsur yang ada di sekitar hidup manusia. Menyerupai organisme hidup, kecuali yang ada pada diri manusia itu sendiri, contohnya seperti tumbuhan dan hewan.

Kelompok ketika, adalah lingkungan sosial. Lingkungan sosial adalah kehidupan sekumpulan manusia yang ada di suatu lingkungan masyarakat. Di dalam lingkungan sosial ini manusia saling berhubungan dengan masyarakat.

9. Ahmad (1987)

Lingkungan adalah suatu kesatuan dengan kehidupan para manusia. Menurut Ahmad, pengertian lingkungan hidup adalah satu sistem di dalam kehidupan. Di dalam sistem kehidupan tersebut ada sebuah campur tangan dari manusia-manusia.

10. Darsono (1995)

Pendapat Darsono mengenai pengertian lingkungan adalah semua benda dan kondisi. Serta manusia beserta kegiatannya. Semua hal itu berada di dalam suatu ruang di tempat manusia itu tinggal. Semua unsur tersebut berpengaruh pada kelangsungan dan kesejahteraan hidup manusia. Serta seluruh makhluk lain yang hidup.

11. St. Munadjat Danusaputro

St. Munadjat Danusaputro menyatakan bahwa lingkungan merupakan semua hal yang berupa kondisi dan benda. Selain itu, lingkungan juga menyangkut manusia dan perbuatan serta tingkah lakunya. Semua hal tersebut berada dalam ruang tempat tinggal manusia. Serta dapat mempengaruhi kesejahteraan sampai kelangsungan hidup dan jasad renik lainnya.

Board Book Aku Cerdas: Menjaga Lingkungan

Board Book Aku Cerdas: Menjaga Lingkungan

Beli Buku di GramediaBoard Book Aku Cerdas: Menjaga Lingkungan merupakan buku aktivitas panduan anak-anak berusia 3 tahun ke atas untuk belajar menjaga lingkungan sekitarnya. Board Book ini berisikan ilustrasi pengetahuan cara membedakan sampah, cara menghemat listrik, cara mengurangi sampah, bergotong royong, dan lain sebagainya.

12. Supardi (2003)

Pengertian lingkungan menurut Supardi adalah jumlah dari keseluruhan benda. Benda tersebut mencakup benda yang hidup dan benda yang mati. Termasuk semua kondisi yang ada di dalam lingkungan manusia untuk tinggal. Menurut Supardi, lingkungan dapat dibagi menjadi dua, yaitu lingkungan non fisik dan lingkungan fisik.

13. Michael Allaby

Michael Allaby juga menjelaskan mengenai pengertian lingkungan. Lingkungan hidup merupakan lingkungan fisik, lingkungan biotis dan lingkungan kimiawi. Semua hal itu mengelilingi kehidupan seluruh organisme.

14. Emil Salim (1976)

Emil Salim menjelaskan bahwa pengertian adalah semua hal yang meliputi keadaan, benda, kondisi dan pengaruhnya. Adapun maksud dari pengaruh yaitu yang ada di dalam sebuah ruang yang ditempati. Ruang tersebut memiliki pengaruh yang besar pada hal-hal yang hidup. Termasuk manusia, tumbuhan dan hewan.

15. Sri Hayati

Lingkungan menurut Sri Hayati adalah sebuah kesatuan di antara suatu ruang dan semua benda. Serta keadaan makhluk hidup yang ada di dalam ruang tersebut. di dalam kesatuan tersebut juga ada makhluk hidup dan perilakunya. Itu berlaku untuk manusia atau makhluk hidup lain. Demi melangsungkan kehidupan serta kesejahteraan.

16. Soedjono

Lingkungan adalah bagian dari lingkungan hidup. Menurut Soedjono, di dalam lingkungan ada dua unsur. Unsur tersebut adalah lingkungan hidup jasmani dan lingkungan hidup fisik yang meliputi semua faktor serta unsur fisik jasmaniah.  Secara sederhana, pengertian lingkungan adalah semua hal mengenai kehidupan. Seperti manusia, tumbuhan dan hewan.

17. Sambas Wirakusumah

Sambas Wirakusumah menjelaskan bahwa pengertian lingkungan adalah seluruh aspek yang ada pada sekitar manusia. Aspek tersebut meliputi unsur eksternal biologis bersama organisme hidup. Serta ilmu mengenai lingkungan yang menjadi tempat studi dari lingkungan organisme itu sendiri.

18. Undang-undang No. 23 Tahun 1997

Undang undang no. 23 tahun 1997 menjelaskan bahwa pengertian lingkungan hidup adalah kesatuan ruang dengan semua benda, daya, keadaan, dan makhluk hidup, termasuk manusia dan perilakunya, yang mempengaruhi kelangsungan perikehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lain.

BACA JUGA: 10 Manfaat Terumbu Karang bagi Kehidupan Biota Laut dan Manusia

Fungsi Lingkungan

Lingkungan adalah tempat yang sangat penting untuk makhluk hidup. Hal ini karena adanya fungsi-fungsi penting di dalamnya. Berikut ini adalah fungsi lingkungan bagi makhluk hidup:

1. Tempat mencari makan

Tempat utama makhluk hidup mencari makan adalah lingkungan. Di dalam lingkungan, terdapat produsen. Produsen tersebut akan menyediakan sumber makanan untuk konsumennya.

Dalam hal ini, contohnya seperti manusia dan hewan. Sedangkan yang termasuk produsen adalah tumbuhan saja. Hal itu karena tumbuhan dapat membuat makanannya sendiri, melalui proses fotosintesis.

Berbeda dengan tumbuhan, hewan dan manusia tetap memerlukan lingkungan untuk mencari makanan. Makanan yang hewan dan manusia makan juga berasal dari lingkungan sekitarnya. Contohnya seperti manusia yang memakan hewan seperti ayam, sapi dan bebek. Hewan yang memakan tumbuhan, seperti sapi dan kambing memakan rumput.

2. Tempat untuk melakukan aktivitas

Fungsi kedua lingkungan untuk makhluk hidup adalah sebagai tempat beraktivitas. Di dalam lingkungan, terdapat beragam aktivitas. Aktivitas tersebut juga dilakukan oleh semua makhluk hidup yang ada di dalamnya.

Khusus untuk manusia, lingkungan dijadikan sebagai tempat bersosialisasi. Hal itu karena manusia hidup bersama manusia lain, sehingga harus menjaga hubungan satu sama lain. Di dalam lingkungan, manusia akan berinteraksi seperti memenuhi kebutuhan hidup sampai mengembangkan budaya atau hal lainnya.

Namun, tidak hanya manusia saja yang melakukan aktivitas di lingkungan. Hewan dan tumbuhan juga dapat melakukan banyak aktivitas di dalam lingkungan. Contohnya seperti tumbuhan yang bertumbuh di sebuah lingkungan.

Contoh bagi hewan adalah seperti dalam mencari makan dan berburu. Hewan juga mengandalkan lingkungan untuk berkembang biak dan bermain disana. Tanpa adanya lingkungan, maka makhluk hidup tidak dapat melakukan aktivitasnya. Hal itu karena tidak ada lagi ruang atau tempat untuk melakukannya.

3. Tempat untuk hidup

Poin ini sudah banyak disebutkan pada penjelasan-penjelasan sebelumnya. Salah satu fungsi utama lingkungan adalah sebagai tempat untuk hidup. Di dalam lingkungan, terdapat beragam makhluk hidup yang tinggal disana.

Lingkungan adalah tempat yang kondusif dan ideal untuk digunakan. Makhluk hidup menjadikan lingkungan sebagai tempat interaksi. Di dalam lingkungan, makhluk hidup dapat berinteraksi, beristirahat bahkan dapat melindungi diri mereka.

Itulah penjelasan mengenai pengertian lingkungan secara umum dan menurut para ahli, serta fungsi lingkungan. Temukan informasi lainnya di www.gramedia.com. Gramedia sebagai #SahabatTanpaBatas akan selalu menampilkan artikel menarik dan rekomendasi buku-buku terbaik untuk para Grameds.

Pendidikan Lingkungan Hidup Dan Mitigasi Bencana Jilid 2

Pendidikan Lingkungan Hidup Dan Mitigasi Bencana Jilid 2

Beli Buku di GramediaBuku Pendidikan Lingkungan Hidup dan Mitigasi Bencana “Sahabat Siaga” Jilid 2. Buku yang terdiri dari beberapa jilid ini berisi materi lingkungan hidup dan mitigasi bencana yang disajikan melalui cerita, gambar, permainan, dan lagu agar menarik bagi anak-anak. Hal itu membuat buku ini menjadi lebih menarik untuk anak-anak ketika akan mempelajarinya. Anak-anak tidak mudah bosan ketika membaca buku ini.

Penulis: Wida Kurniasih

Sumber: dari berbagai sumber

BACA JUGA:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien