Pendidikan

Bootcamp: Pengertian, Manfaat, dan Perbedaannya dengan Kuliah

Bootcamp adalah
Written by Ananda

Bootcamp adalah – Pekerjaan teknologi informasi atau IT saat ini memberikan peluang karier yang cukup besar di industri 4.0 seperti saat ini. Namun, untuk bisa mendapatkan keahlian dalam bidang teknologi informasi bukanlah suatu hal yang mudah.

Salah satunya adalah dengan mengemban jenjang pendidikan kuliah agar bisa mendapatkan keahlian dalam bidang teknologi informasi. Di sisi lain masih ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk mendapatkan keahlian dalam bidang teknologi informasi seperti bootcamp. Bisa dibilang jika bootcamp adalah solusi paling pas dan tepat untuk bisa mengajak karir IT tanpa gelar.

Jika Anda adalah seorang pemilik perusahaan, maka Anda bisa meningkatkan skill serta kemampuan karyawan dengan mendaftarkan mereka pada suatu bootcamp. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan talent management untuk bisa mengelola seluruh aktivitas serta kinerja dari setiap karyawan yang ada dengan lebih mudah dan praktis.

Lantas apa sih sebenarnya bootcamp? Nah untuk lebih tahu, simak penjelasannya dalam artikel ini, Grameds.

Pengertian Singkat

Bootcamp adalah

pixabay.com

Bootcamp adalah suatu program pelatihan yang akan dilangsungkan secara intensif dengan materi yang telah terancang dan berhubungan dengan karir dalam bidang IT atau teknologi informasi.

Pelatihan tersebut akan berlangsung secara intensif dengan membuat waktu belajar teknologi informasi menjadi lebih singkat. Ketika seorang peserta pelatihan mengikuti program bootcamp, maka keterampilan soft skill dan juga hard skill mereka akan bisa terasah dengan lebih baik.

Program ini sendiri secara spesifik akan tersusun sesuai dengan kebutuhan yang ada. Dengan begitu, program ini bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat bagi mereka yang ingin memiliki keterampilan lebih dalam bidang teknologi informasi atau IT yang juga bisa membantu pengembangan karir seseorang.

Manfaat Melakukan Pelatihan Bootcamp

Bootcamp adalah

pixabay.com

Keberadaan program pelatihan tentunya akan memberikan banyak manfaat kepada para peserta. Nah, bagi Anda yang belum tahu apa saja manfaat dari adanya pelatihan, Anda bisa membaca penjelasannya di bawah ini.

1. Terkesan Lebih Privat

Biasanya, jumlah peserta dalam satu kelas terbilang cukup terbatas atau sekitar 15 hingga 20 orang. Jumlah yang cukup sedikit dalam satu kelas akan bisa menciptakan suatu suasana yang lebih privat.

Tentunya, materi yang akan dipelajari akan semakin mudah untuk tersampaikan. Meskipun memiliki jumlah peserta pelatihan yang relatif sedikit. Namun, dengan memutuskan untuk berkenalan dengan orang baru selama pelatihan akan bisa menambah jaringan sosial Anda.

Apalagi kurikulum dalam program juga disusun dengan baik oleh pengajar profesional dan juga berpengalaman. Hal ini akan menjadikan Anda semakin lebih mudah untuk mendapatkan ilmu terkait dengan dunia teknologi informasi atau IT.

2. Sebuah Sistem Akselerasi Karir

Bisa dibilang jika bootcamp adalah suatu program intensif yang memiliki waktu lebih singkat dibandingkan dengan pembelajaran dalam jenjang kuliah. Bahkan, program pelatihan ini biasanya hanya berjalan selama beberapa pekan saja untuk bisa menciptakan lulusan dengan keterampilan memimpin dan siap untuk bekerja dalam bidang teknologi informasi atau IT.

Meski begitu, untuk bisa memahami apa yang disampaikan dan dipelajari dalam program pelatihan tersebut, maka para peserta juga harus rajin mengikuti pelatihan serta memiliki inisiatif pribadi.

Ketika seorang peserta pelatihan memiliki tingkat keaktifan serta inisiatif dalam tingkat yang rendah biasanya akan menjadikan program pelatihan tersebut menjadi sia-sia. Hal ini karena materi dari pelatihan yang diajarkan kepadanya tidak bisa dikuasai dengan baik.

Bootcamp adalah

3. Kurikulum Tersusun Dengan Lebih Spesifik

Seperti yang dijelaskan sebelumnya jika waktu dalam program pelatihan ini sangat singkat. Hal ini akan menjadikan materi pembelajaran dalam program juga harus disusun secara spesifik.

Oleh karena itu, materi pembelajaran akan dibuat oleh profesional yang berpengalaman. Di mana materi yang tersusun akan disesuaikan dengan kebutuhan yang lebih praktikal serta berfokus terhadap materi yang diperlukan oleh para peserta pelatihan tersebut.

4. Adanya Peluang Karir Tanpa Gelar

Tujuan utama dari program pelatihan bootcamp adalah agar bisa menciptakan lulusan siap kerja serta membuka peluang dalam berkarir tanpa perlu mengikuti jenjang pendidikan kuliah.

Program ini akan sangat berperan dalam proses pengembangan kemampuan para pesertanya untuk mencapai karir tertentu. Biasanya, ketika seorang peserta lulus dari program ini akan mendapatkan beberapa tanda kelulusan seperti sertifikasi. Di mana keberadaan sertifikasi program pelatihan ini bisa digunakan untuk mengisi CV lamaran pekerjaan.

Nah, itulah beberapa manfaat yang akan didapatkan oleh para peserta. Tentunya kita jadi bisa lebih tahu jika program bootcamp memang sangat penting sebagai penunjang pengembangan kemampuan seseorang.

Perbedaan dengan Kuliah

Dari penjelasan manfaat yang diberikan oleh program pelatihan, kita bisa lebih mudah tahu secara garis besar terkait dengan perbedaanya dengan program kuliah. Bootcamp dengan program jenjang pendidikan kuliah memang berbeda. Beberapa perbedaan program pelatihan ini dengan kuliah adalah sebagai berikut ini.

1. Waktu Pembelajaran yang Digunakan

Perbedaan pertama dengan jenjang pendidikan kuliah adalah dari lama waktu pembelajaran yang digunakan. Di mana pelaksanaan dari program pelatihan bootcamp biasanya hanya di antara 12 hingga 15 minggu saja.

Waktu dalam proses pelatihan bootcamp terbilang cukup singkat karena pembelajaran mengenai teknologi informasi memanglah tak mudah. Dengan waktu yang singkat tersebut akan ada kemungkinan terjadinya kesulitan dalam memahami materi dalam waktu yang cepat.

Lalu, untuk waktu yang dibutuhkan pada jenjang perkuliahan untuk mendapatkan gelar sebagai lulusan IT biasanya memerlukan waktu empat hingga lima tahun lamanya.

2. Materi yang Diberikan

Dilihat dari materi yang diberikan, program pelatihan ini biasanya akan memiliki tipe yang lebih praktikal serta spesifik. Materi yang diajarkan akan disesuaikan dengan kebutuhan.

Meski begitu, materi program pelatihan ini akan tersusun dengan rapi agar proses pembelajaran juga bisa lebih fokus. Sedangkan, untuk jenjang perkuliahan dengan jenjang waktu yang lebih lama, maka materi yang diajarkan di dalamnya juga lebih banyak serta lebih luas.

3. Besaran Biaya yang Dibayarkan

Biaya yang akan dikeluarkan untuk program pelatihan ini akan jauh lebih terjangkau dibandingkan dengan biaya program kuliah. Hal ini karena durasi serta materi dari program, pelatihan bootcamp terbilang lebih singkat dan lebih sedikit. Jika memang dana yang Anda miliki terbatas, maka program pelatihan ini adalah pilihan yang tepat.

4. Prospek Kerja

Meski terbilang cukup murah dari segi biaya, tetapi untuk prospek kerja yang diberikan oleh program pelatihan ini terbilang cukup terbatas jika dibandingkan dengan para lulusan IT. Hal ini karena materi yang ada di program pelatihan bootcamp lebih terbatas dibandingkan dengan perkuliahan.

Meski begitu, banyak yang memilih menggunakan program pelatihan bootcamp. Bahkan, perusahaan besar juga sudah menggunakan program pelatihan ini khusus untuk karyawan dengan tujuan agar bisa mengembangkan kemampuan teknologi informasi.

Jenis-Jenis Bootcamp

Bootcamp adalah

pixabay.com

Bootcamp dibagi menjadi beberapa jenis di dalamnya yang tentunya bisa dipilih oleh para peserta sesuai dengan kebutuhannya. Jenis-jenisnya secara umum akan dibagi menjadi skema komitmen dan fleksibilitas. Nah, untuk lebih paham terkait dengan penjelasan jenis-jenis bootcamp, berikut adalah ulasan selengkapnya.

1. Bootcamp Skema Komitmen

Skema komitmen biasanya akan dibagi kembali menjadi dua jenis seperti part time dan full time. Bootcamp part time atau paruh waktu biasanya akan dilaksanakan pada waktu malam hari atau pada waktu akhir pekan.

Di mana jenis part time ini sangat cocok digunakan bagi mereka yang memiliki kesibukan sendiri. Durasi dari bootcamp part time ini biasanya akan memakan waktu selama 34 minggu. Sementara itu, untuk bootcamp dengan waktu full time akan memakan waktu selama 15 minggu.

Bootcamp adalah

2. Bootcamp Fleksibilitas

Jenis fleksibilitas akan dibagi menjadi tiga tipe yang berbeda. Ada bootcamp offline, online, dan self pace. Secara mudahnya bootcamp tipe offline akan melakukan proses pembelajaran dengan sistem tatap muka, bootcamp online menggunakan sistem belajaran secara online atau dari rumah dan bootcamp self paced akan menggunakan sistem belajar sendiri tanpa adanya tuntutan apapun.

Untuk saat ini, bootcamp online mamang lebih banyak peminatnya karena bisa dilakukan dimanapun tempatnya serta kapanpun waktunya. Di mana jenis bootcamp online akan lebih banyak terbantu dengan adanya sistem pembelajaran seperti e learning yang bisa terorganisir dengan lebih baik.

Dapatkan Belajar Coding Secara Otodidak?

Bootcamp adalah

pixabay.com

Program pelatihan bootcamp bisa dilakukan untuk mengasah keterampilan teknologi informasi atau IT seperti kemampuan coding dengan cepat. Jika ditanya apakah mengikuti program bootcamp harus membutuhkan pengalaman khusus atau tidak, maka jawabannya yang bisa diberikan juga tergantung pada program pelatihan yang diikuti.

Saat ini, sudah banyak jenis program bootcamp yang terbilang cukup bervariasi dan tersedia, mulai dari tingkat pemula hingga ke tingkat pengalaman. Untuk program pemula biasanya peserta yang masuk bootcamp tersebut memang benar-benar belum memiliki pengalaman.

Meskipun demikian, perlu diketahui juga jika tingkat pengalaman yang dikuasai nantinya akan berpengaruh pada ekspektasi gaji ketika lulus serta melamar suatu pekerjaan.

Nah, ada beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika memutuskan mengikuti program pelatihan bootcamp coding. Lantas apa saja manfaat tersebut? Berikut ini adalah penjelasan selengkapnya.

1. Harga Lebih Terjangkau dan Waktu Lebih Singkat

Jika dibandingkan dengan belajar dengan program belajar di jenjang perkuliahan, ternyata biaya untuk mengikuti coding bootcamp relative lebih terjangkau. Biaya yang relatif lebih terjangkau tersebut akan menjadikan para peserta lebih bisa mengasah skill serta mengetahui keterampilan apa saja yang diperlukan ketika masuk ke dunia kerja.

Selain itu, waktu yang diperlukan untuk mengikuti coding bootcamp juga relatif lebih singkat. Ada jangkauan waktu tertentu, mulai dari 12 hingga 24 atau waktu lain tergantung dari tempat pelatihan bootcamp yang dipilih oleh peserta.

2. Proses Pembelajaran Praktikal

Ketika para peserta memutuskan untuk mengikuti coding bootcamp, mereka akan secara langsung mempelajari aspek penting dalam pemrograman seperti bahasa pemrograman, platform serta berbagai macam keterampilan yang diperlukan oleh seorang developer.

Materi yang disampaikan juga sudah sesuai dengan perkembangan bisnis yang ada saat ini. Hal ini akan menjadikan para peserta coding bootcamp lebih memiliki persiapan yang baik dalam dunia kerja.

Biasanya, coding bootcamp akan memiliki beberapa program. Ada yang memang lebih fokus pada Ruby, JavaScript, C dan Python atau bahkan fokus terhadap full stack web development.

Adanya hal tersebut akan memungkinkan para peserta coding bootcamp lebih mudah mempelajari materi yang ingin ia kuasai.

3. Bisa Lebih Mudah Memperluas Jaringan

Memperluas jaringan akan memberikan pengaruh cukup positif terhadap perkembangan karier dari setiap peserta pelatihan coding bootcamp. Di mana ketika ia bergabung dengan coding bootcamp, seseorang akan memiliki peluang lebih kuat dalam membangun jaringannya.

Tak jarang lembaga coding bootcamp juga memiliki koneksi atau kerja sama dengan beberapa perusahaan. Hal ini akan mempermudah para peserta dalam mencari pekerjaan. Meski setiap orang memiliki cara dalam membentuk karir serta tujuan yang berbeda-beda. Namun dengan adanya jaringan yang kuat tentunya juga akan membuka gerbang karir yang lebih mudah.

Apapun tujuan karier yang dimiliki oleh seseorang, keberadaan dari coding bootcamp bisa menjadi salah satu fasilitas serta motivasi untuk meningkatkan kemampuan kinerja dalam bidang teknologi informasi.

Rekomendasi Tempat Pelatihan Bootcamp

Semakin tinggi tingkat kebutuhan akan tenaga ahli IT menjadikan semakin banyak tempat pelatihan bootcamp yang bisa dengan mudah Anda temukan. Di beberapa kota sudah tersedia beberapa tempat bootcamp yang bisa Anda gunakan.

Nah beberapa rekomendasi tempat bootcamp yang bisa Anda gunakan adalah sebagai berikut ini.

1. Binar Academy

Binar Academy merupakan sebuah platform end to end digital career solution yang memberikan banyak fasilitas kepada para pesertanya. Mulai dari binar inside, binar bootcamp hingga job connect.

Khusus untuk binar bootcamp telah menyediakan fasilitas kelas fullstack web development, Android engineering, UI/UX Design & Research, Business Intelligence Analyst, dan Product Management. Dimana binnar bootcamp juga sudah menggunakan kurikulum serta metode belajar praktikal seperti belajar mandiri dengan real project. Hal ini akan menjadikan para peserta akan lebih mudah menguasai fundamental serta best practice.

Saat ini Binar Academy sudah digunakan banyak perusahaan besar dalam program pelatihan bootcamp yang dimilikinya. Misalnya seperti Bank Mandiri, Bank BCA, PT Astra Honda Motor, Telkom Indonesia, Home Credit, Indomaret, Sayurbox, Investree, Dana, Prudential, Kiostix dan lainnya.

2. Revou

Revou adalah rekomendasi tempat bootcamp yang berikutnya. Dimana Revou mampu menawarkan tiga program bootcamp yang berbeda yaitu intro program dalam durasi satu minggu, advance program dalam durasi 7 minggu dan full program dalam durasi 6 bulan lama nya.

Namun untuk mengikuti program dari Revou, Anda harus melakukan pendaftaran serta mengikuti tes penerimaan dan juga melakukan proses pembayaran. Untuk proses pembayaran di Revou sudah bisa dilakukan secara tunai maupun secara cicilan dalam jangkauan waktu 6, 12 hingga 18 bulan.

Alumni dari Revou juga sudah berkiprah di beberapa perusahaan besar seperti Tokopedia, Shopee, Traveloka, Bukalapak, Gojek, Lazada, Grab, Qraved, uangteman, fabelio, Orami, docdoc, Alodokter, Halodoc, dan Kompas.

3. Purwadhika

Purwadhika menyediakan beberapa fasilitas di dalamnya. Mulai dari job connector, kob accelerator, digital for executive dan juga online workshop. Khusus untuk job connector Purwadhika dilakukan selama 6 bulan dan sudah tersedia kelas full stack development, data science damn machine learning, digital marketing dan UI/UX design.

Lalu, untuk program Accelerator atau bootcamp dilakukan selama 10 minggu dengan beberapa kelas di dalamnya seperti advanced performance marketing, advanced seo, advanced social media, dan machine learning engineering.

Sedangkan untuk digital for executive akan dilakukan dalam durasi waktu sekitar 9 hingga 11 minggu dengan beberapa kelas seperti introduction to digital marketing, strategic digital marketing for leaders, data science for leaders, dan data analysis.

Terakhir, ada kelas online Purwadhika yang dilakukan selama dua hingga empat jam dengan topik pembahasan seperti web & mobile development, data science & machine learning, digital marketing, UI/UX Design, business dan startup.

Nah, itulah tiga rekomendasi tempat bootcamp yang bisa Anda gunakan. Namun sebenarnya di Indonesia masih banyak sekali tempat bootcamp terpercaya yang sudah menghasilkan lulusan di beberapa perusahaan besar.

Setelah mengetahui lebih banyak tentang bootcamp terutama manfaatnya, apakah kamu tertarik untuk mengikuti bootcamp?

Jika kamu ingin mencari berbagai macam buku tentang coding, maka bisa mendapatkannya di gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Hendrik

BACA JUGA:

  1. On The Job Training: Metode Pelatihan Sambil Bekerja
  2. Apa Perbedaan Coaching dan Mentoring? Ini Penjelasannya
  3. Penjelasan Coaching: Prinsip, Manfaat, dan Tipe-Tipe Coaching
  4. Apa Itu Coaching? Tipe, Proses Kerja, dan Manfaat
  5. Mengenal Mentoring: Pengertian, Ciri, Manfaat, dan Contohnya


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien