Ekonomi

Tujuan Dibentuknya Koperasi di Indonesia

tujuan koperasi
Written by Wida Kurniasih

Tujuan Dibentuknya Koperasi di Indonesia – Kalau di sekolah kamu membutuhkan perlengkapan belajar, koperasi dapat menyediakannya dengan harga terjangkau. Namun, tidak hanya itu saja karena koperasi simpan pinjam pun dapat memberikan bantuan berupa dana. Sebenarnya, mengapa koperasi ada? Kalau kamu penasaran, simak informasinya melalui penjelasan berikut ini, ya.

Apa Itu Koperasi di Indonesia?

Apa Itu Koperasi di IndonesiaKata koperasi memang terdengar hampir sama dengan kata ‘cooperative’ yang mengandung makna kerja sama. Koperasi sangat dekat dengan masyarakat dan manusia sebagai individu yang menjalankan kehidupan.

Sekarang bayangkan saja jika hanya ada manusia sebagai satu unit dan tidak memiliki sanak saudara.

Kamu tentunya masih ingat kalau manusia tidak dapat hidup sendiri karena manusia adalah makhluk sosial. Nah, manusia memerlukan orang lain untuk membentuk sebuah kerangka kerja sosial, sehingga tidak akan memenuhi kebutuhannya sendiri lagi.

Lantas, apa hubungannya dengan koperasi? Koperasi adalah bentuk kerjasama manusia untuk mendirikan badan usaha bersama dalam memenuhi kegiatan ekonomi. Biasanya, anggota koperasi adalah mereka yang lemah akan perekonomian untuk bergabung secara sukarela, tanpa adanya paksaan.

Tidak sulit untuk bergabung karena persamaan hak dan kewajiban tetap menjadi prinsip dasar yang paling utama. Kebutuhan para anggotanya pun akan ikut terpenuhi dengan adanya peran penting dari koperasi.

Definisi Koperasi Menurut Undang-Undang dan Para Ahli

Definisi Koperasi Menurut Undang-Undang dan Para AhliJika kamu masih belum memahami definisi dari koperasi, beberapa ahli hingga Undang-Undang pun juga mendefinisikannya sendiri. Seperti apa kira-kira? Langsung simak pada beberapa poin berikut ini.

1. Definisi Koperasi Menurut UU nomor 25 1992

Koperasi merupakan badan usaha yang beranggotakan seorang atau beberapa manusia untuk melakukan kegiatannya berdasarkan prinsip dasar koperasi. Koperasi juga dilakukan sebagai gerakan ekonomi rakyat berdasarkan asas kekeluargaan.

2. Arifinal Chaniago (2001)

Menurut Arifinal Chaniago, koperasi merupakan suatu perkumpulan orang-orang dan badan hukum yang memberikan kebebasan bagi anggotanya untuk masuk-keluar. Mereka akan bekerja sama secara kekeluargaan untuk mempertinggi kesejahteraan anggotanya.

Koperasi memungkinkan orang-orang untuk bekerja sama secara sukarela dalam menyelenggarakan pekerjaan. Mengapa setiap anggota harus melakukannya? Mereka akan mendapatkan kesempatan untuk memperbaiki hidup atau meningkatkan kualitas hidup.

3. Undang-Undang nomor 17 tahun 2012

Koperasi dianggap sebagai badan hukum yang didirikan langsung oleh badan hukum koperasi, serta perseorangan. Kegiatan yang dilakukan untuk memberikan perbedaan kekayaan para anggotanya untuk menjalankan usaha dalam jangka waktu yang panjang.

4. Arief Subyantoro (2015)

Menurut Arief, koperasi pun juga berasal dari kata co-operation yang berarti melakukan kegiatan atau pekerjaan bersama-sama. Jika melakukan pekerjaan bersama, tujuan bersama pun akan ikut tercapai dan semua anggota memiliki kesempatan yang sama. Pekerjaan harus dilakukan secara demokratis, terbuka, dan dan sukarela.

Melihat dari beberapa pendapat di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa koperasi merupakan kumpulan individu yang saling melengkapi kebutuhannya dalam perekonomian. Modal yang sudah dikumpulkan bertujuan untuk mensejahterakan usaha dan pelaksanaannya sesuai prinsip dasar dari koperasi.

Kamu pastinya sering melihat kata sukarela atau bekerja secara sukarela. Maksud dari istilah tersebut adalah untuk mencapai apa yang diinginkan dengan pertimbangan-pertimbangan ekonomis.

Hanel juga mengemukakan bahwa organisasi koperasi dapat disebut sebagai sistem sosioekonomi. Dengan begitu, koperasi harus memenuhi kriteria sebagai berikut menurut definisi nominalis.

  1. Kelompok koperasi : kelompok ini memiliki sekurang-kurangnya kepentingan atau tujuan yang sama. Kalau kamu bekerja sama menurut tujuan yang sama, prosesnya akan menjadi lebih ringan, bukan?
  2. Swadaya kelompok koperasi : Kalau swadaya kelompok koperasi merupakan kegiatan yang dilakukan bersama melalui suatu kegiatan.
  3. Perusahaan koperasi : Saat melakukan kegiatan bersama, diperlukan adanya suatu wadah untuk menyokong kegiatan tersebut. Perusahaan akan dikelola bersama-sama guna mewujudkan tujuan serupa.
  4. Promosi anggota : Ketika bekerja di suatu perusahaan, karyawan pastinya ingin mendapatkan promosi atau naik jabatan. Tugas yang dilaksanakan sebagai penunjang pun akan berjalan sesuai rencana untuk kegiatan ekonomi.

BACA JUGA: Pengertian dan Teori Perdagangan Internasional Menurut Para Ahli

Dari beberapa rumusan pengertian koperasi yang sudah disebutkan, kira-kira kamu sudah punya gambaran belum mengenai ciri-ciri koperasi? Intinya, koperasi akan terwujud jika memiliki beberapa hal berikut.

  1. Adanya sekelompok orang yang melakukan kegiatan ekonomi bersama karena tujuan yang sama.
  2. Sekelompok orang tersebut akan membangun dan memajukan usahanya bersama.
  3. Kegiatan didasarkan oleh motivasi yang kuat untuk berdikari, sehingga kelompok memiliki suatu kekuatan utama untuk maju.
  4. Kepentingan bersama itu juga merupakan bagian dari kepentingan individu atau memiliki tujuan utama untuk menyukseskan mereka.
MANAJEMEN KOPERASI

MANAJEMEN KOPERASI

Beli Buku di Gramedia

Landasan Koperasi

Landasan koperasiNah, sekarang kita akan beranjak menuju landasan koperasi. Mengapa koperasi yang didirikan harus memiliki landasan? Tentu saja supaya lebih kokoh dan tidak mudah runtuh. Dengan begitu, koperasi dapat terus berkembang untuk mewujudkan cita-cita maupun tujuannya. Terkait dengan landasan koperasi, terbagi atas :

1. Landasan Idiil Koperasi Indonesia

Landasan Idiil merupakan pendukung yang dapat menguatkan cita-cita dan kemampuan dari kegiatan masyarakat tersebut. Kamu pastinya pernah mendengar landasan yang satu ini, bukan? Jadi, siapapun yang akan bergabung dalam koperasi tidak perlu ragu lagi sebab hak hidupnya sudah terjamin oleh UUD 1945.

gramedia digital

gramedia digital

Berlangganan Gramedia Digital

Baca SEMUA koleksi buku, novel terbaru, majalah dan koran yang ada di Gramedia Digital SEPUASNYA. Konten dapat diakses melalui 2 perangkat yang berbeda.

Rp. 89.000 / Bulan

gramedia digital

Bagaimana Undang-Undang Dasar 1945 dapat menjamin kesejahteraan masyarakat? Sesuai dengan isinya, landasan tersebut memang dibuat dengan tujuan untuk mewujudkan keadilan dan kemakmuran dalam masyarakat.

2. Landasan Strukturil dan Gerakan Koperasi Indonesia

Landasan struktural dapat kamu anggap sebagai tempat berpijaknya koperasi karena ada dalam susunan hidup masyarakat. Tata kehidupan suatu negara memang diatur dalam Undang-Undang Dasar. Di Indonesia, berlakunya Undang-Undang Dasar berarti menjadi ketentuan untuk mengatur tata tertib masyarakat.

Masyarakat Indonesia tentunya melakukan kegiatan ekonomi sebagai aktivitas sehari-harinya. Bagian terpenting tersebut dapat diyakini sebagai segala kegiatan usaha untuk mengatur atau memenuhi segala kebutuhan dalam kehidupan.

3. Landasan Mental Koperasi Indonesia

Landasan mental adalah kesadaran pribadi atau setia kawan yang ada dalam diri masyarakat Indonesia. Sifat setia kawan memang sudah tercermin dalam diri bangsa Indonesia sebagai wujud dari kegiatan gotong royong. Namun, landasan setia kawan hanya dapat memelihara persekutuan dalam masyarakat yang statis dan dinamis.

Jadi, perkembangan atau kemajuan dari landasan tersebut akan semakin sulit untuk direalisasikan. Oleh sebab itu, rasa setia kawan pun harus didukung dengan harga diri pribadi atau keinsafan terhadap harga diri dan kemakmuran. Koperasi harus tergabung atas dua landasan mental di atas, yakni setia kawan dan harga diri sebagai unsur dorong-mendorong, serta awas-mengawasi.

Prinsip-Prinsip Koperasi

prinsip-prinsip koperasiLandasan koperasi saja bisa saling melengkapi, sehingga kamu sebagai individu yang memiliki sikap bersahaja dan baik dalam kehidupan bermasyarakat juga harus mau bekerja sama. Itulah mengapa koperasi juga membawa banyak dampak positif untuk menjamin kesejahteraan hidup penduduk Indonesia.

Dari tahun 2001, ada Sitio dan Tamba yang akan mengungkapkan berbagai prinsip dari koperasi atau cooperative principles. Jadi, prinsip koperasi bisa kamu anggap sebagai ketentuan-ketentuan pokok yang dijadikan pedoman untuk menjalankan kegiatan tersebut.

banner-promo-gramedia-ilana-tan

Prinsip-prinsip tersebut juga bisa dijuluki sebagai rules of game. Kalau kamu memainkan sebuah game, pastinya akan ada beberapa peraturan yang harus ditaati supaya bisa menang. Kalau tidak, petualangan dalam dunia game tentunya tidak akan berhasil dan berjalan seru, bukan?

Prinsip koperasi juga dapat dijadikan sebagai jati diri maupun ciri khas dari koperasi. Adanya prinsip tersebut dapat menjadikan koperasi berbeda dan istimewa, dibandingkan dengan kegiatan ekonomi yang lainnya.

Nah, prinsip koperasi dapat kamu lihat berdasarkan pendapat dari Lancashire yang memiliki hubungan terhadap koperasi pertama di tahun 1844.

Siapa sangka bahwa prinsipnya ternyata dapat menjadi penggerak dari koperasi internasional atau penyelenggaraannya di dunia. Berikut adalah list-nya.

  1. Keanggotaan terbuka (open membership).
  2. Satu anggota dengan satu suara atau one member one vote.
  3. Bunga tidaklah merugikan anggota, seperti pada kegiatan lainnya yang kerap kali membebani anggota dengan suku bunga tinggi. Koperasi memberikan keterbatasan atas pengembalian modal, bisa juga disebut sebagai limited return on capital.
  4. Alokasi sisa hasil uang haruslah seimbang atau sebanding dengan transaksi.
  5. Penjualan tunai (cash trading) yang juga berguna untuk mendatangkan keuntungan.
  6. Penekanan pada unsur pendidikan atau stress on education. Pendidikan menjadi hal yang paling penting untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia.
  7. Netral dalam perihal politik maupun agama.

Fungsi dan Peran dari Koperasi

fungsi dan peran koperasiMengenai penjelasan peran dan juga fungsi koperasi untuk masyarakat, landasan yang mengaturnya adalah UU nomor 25 tahun 1992 pasal 4. Beberapa fungsi dan perannya adalah sebagai berikut.

  1. Berfungsi untuk mengembangkan potensi ekonomi menurut kemampuan para anggotanya yang dikhususkan pada masyarakat. Kesejahteraan ekonomi maupun sosialnya ditingkatkan untuk menjamin kesejahteraan masyarakat.
  2. Kegiatan tersebut nyatanya selalu menunjukkan perannya secara aktif untuk meningkatkan kualitas kehidupan di masyarakat.
  3. Karena koperasi adalah kegiatan ekonomi, berarti perannya juga sangat penting bagi perekonomian rakyat. Ketahanan dan kekuatan perekonomian nasional dengan koperasi sebagai soko gurunya akan selalu diperhatikan sebagai bagian yang paling terpenting.
  4. Mengembangkan, serta mewujudkan perekonomian sosial yang sukses bukan lagi sesuatu yang tidak mungkin. Perekonomian tersebut adalah usaha bersama, di mana asas kekeluargaan dan demonstrasi selalu diutamakan.
Koperasi Kita

Koperasi Kita

Beli Buku di GramediaPerangkat Organisasi Koperasi

perangkan organisasi koperasiKalau di kelas kamu punya struktur pengurus kelas yang berisi ketua kelas, wakil ketua, bendara, hingga sekretaris, koperasi juga ada. Sebutannya memang sedikit berbeda, yakni perangkat organisasi koperasi yang diatur dalam UU nomor 25 tahun 1992 pasal 21 dengan rapat anggota, pengurus, atau pengawas.

1. Rapat Anggota

Rapat Anggota yang disingkat sebagai RAT secara normal akan diselenggarakan satu tahun sekali atau paling lambat tiga bulan sebelum tutup buku. Rapat anggota menjadi kekuasaan tertinggi yang dimiliki oleh anggota koperasi untuk mewujudkannya dengan hal berikut.

  1. Dalam rapat anggota, akan ditentukan atau diberhentikan jabatan pengurus serta pengawasnya.
  2. Dalam rapat tersebut, akan diadakan laporan pengurus serta pengesahannya pertanggung jawaban dari pengurus. Berbagai pendapat usul atau saran dari anggota akan diterima dan diproses secara adil sesuai haknya, yakni kembali lagi pada anggota satu suara.
  3. Dalam rapat, akan diputuskan rencana yang akan dilaksanakan untuk waktu ke depan. Semua pendapatan maupun anggaran sudah disusun untuk mengesahkan persetujuan anggota.

2. Pengurus Koperasi

Guna mengoptimalkan jalannya kegiatan, akan ada pengurus yang dapat memaksimalkan kegiatan koperasi. Pengurus koperasi juga sama layaknya pengurus kelas yang terdiri atas ketua, sekretaris, dan juga bendahara. Anggota yang dipilih dalam rapat anggota akan disesuaikan dengan kebutuhan dan anggaran dasar koperasi.

Pengurus juga menjadi wakil para anggota untuk memenuhi ketentuan maupun syarat tertentu, serta mereka akan dipilih pada rapat tersebut. Pengurus bertugas untuk mewakili anggota organisasi di dalamnya dan di luar pengadilan, apabila terjadi sebuah masalah yang dapat memberikan dampak negatif.

3. Pengawas

Pengawas menjadi badan yang akan ditentukan oleh anggota dalam dan disesuaikan oleh pasal 38 UU nomor 25 tahun 1992. Tugas dari seorang pengawas adalah melakukan pemeriksaan terhadap kehidupan koperasi termasuk organisasi usaha maupun pelaksanaan kebijakan pengurus.

Dalam melakukan peran atau tugasnya, pengawas akan menyusun laporan tertulis dan menyerahkannya kepada RAT. Badan tersebut berperan untuk menguji kebenaran akan kewajiban, hak, dan kewajiban yang dimiliki oleh koperasi.

Tujuan Koperasi Menurut UU

tujuan koperasi untuk diwujudkanTujuan koperasi yang harus kamu jadikan sebagai sumber semangat dalam melakukan kegiatan tersebut dapat dilihat dari Undang-Undang nomor 25 tahun 1992 tentang pengkoperasian. Pasal tiga menyebutkan bahwa koperasi memiliki tujuan untuk memajukan kesejahteraan para anggotanya.

Koperasi Indonesia yang dilandaskan oleh pancasila tidak bertujuan untuk mengadakan persaingan, tetapi harus mengerjakan kerjasama pada pihak lainnya. Sitio dan Tamba juga berpendapat tujuan tersebut termasuk dalam maksud mengapa koperasi dibentuk.

Artinya, koperasi memang ditujukan untuk mensejahterakan anggotanya. Jadi, pelayanan anggota akan lebih diprioritaskan ketimbang untuk masyarakat umum. Nah, kamu akan lebih mudah memahami tujuan dari koperasi melalui beberapa poin berikut ini.

Koperasi berguna untuk meningkatkan taraf hidup anggota koperasi, serta masyarakat yang hidup di sekitarnya. Jadi, siapapun yang memiliki kaitan terhadap koperasi akan terjamin kehidupan maupun kebutuhannya.

Kehidupan anggota koperasi dalam perihal ekonomi akan sangat terbantu dan dapat berkembang. Mereka tidak akan lagi merasa stuck atau tidak memiliki jalan keluar dalam mendapatkan penghasilan kembali.

Koperasi benar-benar membantu pemerintah dalam mewujudkan keinginan masyarakat yang ingin hidup dengan adil dan makmur. Koperasi akan sangat berperan penting dalam mewujudkan tatanan perekonomian nasional yang baik.

Jadi, kamu harus lebih menghargai keberadaan koperasi mulai sekarang dan mencoba memahami tujuannya.

Menawarkan barang dan jasa dalam harga yang lebih rendah.

Kenyataannya memang seperti itu karena koperasi menawarkan harga yang lebih murah dibandingkan pada toko-toko tertentu di pasar swalayan. Tujuannya adalah supaya setiap orang dapat membeli barang tersebut, tanpa harus mengalami kendala dengan pembayarannya.

Motif berusaha yang berkemanusiaan dapat semakin ditumbuhkan. Dengan begitu, kegiatan koperasi tidak semata-mata untuk mencari keuntungan saja, melainkan dapat melayani dengan baik kebutuhan seluruh anggotanya.

Menumbuhkan sikap jujur untuk setiap anggota maupun pengelola koperasi supaya mereka juga berhak mengetahui laporan keuangan. Dengan begitu, tidak akan ada lagi yang namanya kecurangan atau merasa dirugikan dari satu pihak.

Masyarakat akan semakin terlatih untuk menggunakan pendapatannya secara efektif dan efisien. Pendapatan yang diperoleh setiap hari, hingga setiap bulannya juga bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan dan hal-hal berguna. Membuat kehidupan masyarakat menjadi lebih tentram dan damai, tanpa harus mengkhawatirkan tentang perkara ekonomi.

Penjelasan terkait koperasi yang sudah kamu kenali sejak Sekolah Dasar (SD) ternyata memang memiliki banyak tujuan, lho. Kalau kamu sudah mengerti dan memahaminya, dukungan akan berjalannya kegiatan koperasi bisa terus dilestarikan, serta sangat penting untuk membantu perekonomian masyarakat Indonesia.

Jihad Ekonomi Kaum Sarungan: Sukses Koperasi Syariah di Sidogiri

Jihad Ekonomi Kaum Sarungan: Sukses Koperasi Syariah di Sidogiri

Beli Buku di GramediaBACA JUGA:

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien