Pendidikan

Sandi Rumput dalam Pramuka Lengkap dengan Panduan Belajar-Nya!

Sandi Rumput
Written by Ananda

Sandi Rumput – Sandi dalam kegiatan kepramukaan merupakan media pembelajaran yang baik karena bisa mengasah daya ingat, konsentrasi, kecerdasan, serta ketelitian anggota pramuka. Buat Grameds yang aktif di ekstrakulikuler ini, pasti sudah tidak asing lagi dengan berbagai macam sandi yang sering digunakan, termasuk sandi rumput.

Sandi rumput sendiri adalah sebuah sistem komunikasi yang mewakili angka, huruf, maupun tanda baca dan menggunakan prinsip kode morse sebagai dasarnya. Jika morse ditulis dengan titik-titik, sandi ini menggunakan “rumput besar dan kecil”.

Akibat bentuk rumput yang khas, sandi rumput dikenal sebagai sandi yang mudah dikenali oleh anggota pramuka. Maka dari itu, dia termasuk ke dalam sandi paling dasar bagi anggota pramuka.

Mudah dikenali bukan berarti mudah dipahami, apalagi buat kamu yang tidak menguasai sandi morse. Tanpa kemampuan morse yang baik, sandi rumput akan sangat sulit dipelajari.

Nah, dalam artikel ini kita akan mengenal cara membaca dan membuat sandi rumput agar Grameds dapat menggunakannya untuk berkomunikasi. Simak sampai tuntas, ya!

Sejarah Penggunaan Sandi Rumput dalam Kehidupan Manusia

Sejak zaman dulu, sandi selalu digunakan untuk mengirim pesan rahasia kepada orang-orang tertentu. Itulah sebabnya sandi rumput tidak diciptakan begitu saja, apalagi teknologi dulu tidak secanggih sekarang.

Orang-orang di masa lalu mamakai berbagai media saat akan berkomunikasi dengan sandi rumput. Nah, berikut ini sejarah penggunaan sandi rumput:

1. Media komunikasi

Komunikasi, dalam beberapa kondisi, bisa dilakukan dengan menggunakan isyarat seperti kode-kode tertentu. Tujuannya supaya pesan yang dikirimkan tetap terjaga kerahasiaan serta keamanannya.

Sandi rumput–seperti sandi pramuka yang lain–tentu hanya bisa dimengerti oleh sesama anggota pramuka. Orang-orang yang belum pernah melakukan kegiatan pramuka pasti tidak akan mengetahuinya. Jadi di mata orang lain, sandi rumput mungkin terlihat seperti coretan-coretan tak beraturan.

2. Dipakai dalam telegraf

Sandi rumput dikembangkan dari sandi morse–yang diciptakan ketika sistem telegraf sedang dikembangkan. Dengan kata lain, sandi rumput juga bisa dipakai dalam telegraf itu sendiri. Asal, pengirim dan penerima pesan sudah memahami sandi ini.

3. Dilestarikan dalam kegiatan kepramukaan

Sebagai organisasi yang kerap menggunakan berbagai jenis sandi, pramuka merupakan tempat yang pas untuk melestarikan sandi rumput. Pasalnya di dalam kegiatan kepramukaan, sandi rumput akan terus dipakai untuk mengirim pesan saat tidak ada alat komunikasi yang berfungsi.

Penjelasan lain yang berkaitan dengan sandi-sandi dalam pramuka dapat kamu temukan dalam Buku Panduan Resmi Terlengkap Gerakan Pramuka karangan Herdi Bangkit Pandu Puri P. S.Pd.

Sandi Rumput

Bagaimana Membaca dan Membuat Sandi Rumput?

Pada dasarnya, sandi ini ditulis menggunakan kombinasi antara garis tinggi dan pendek yang disusun agar mirip seperti rumput yang berjejer. Garis tinggi dan pendek tersebut merupakan pengganti titik serta strip dalam kode morse. Jadi setiap strip (-) dalam kode morse adalah “garis tinggi” dalam sandi rumput, dan setiap titik (.) merupakan “garis pendek”.

Dengan demikian, untuk bisa membacanya, kamu harus mengubahnya menjadi kode morse terlebih dulu kemudian membacanya. Di awal masa belajar, kamu harus mengandalkan catatan sebagai “contekan”, lambat laun, kamu pasti bisa membaca sandi rumput secara langsung.

Berikut ini rumus kode morse untuk 26 huruf alfabet yang bisa kamu gunakan:

Sandi RumputRumus kode morse di atas harus kamu hafal dengan baik untuk dapat membaca maupun menulis sandi rumput. Pasalnya ketika kamu hafal kombinasi garis dan strip-nya, menuliskan sandi rumput bukan hal yang sulit lagi. Ini adalah kunci utama dalam sandi rumput yang mesti kamu kuasai lebih dulu:

Sandi Rumput

Berdasarkan rumus ini, saat Grameds ingin menulis huruf “A” maka harus diubah dulu ke dalam kode morse. Huruf “A” dalam kode morse ditulis dengan “.-” (titik dan strip). Setelah itu ubah titik menjadi satu “rumput pendek” dan yang strip ubah menjadi satu “rumput tinggi”, dan seterusnya.

Untuk percobaan awal, Grameds bisa berlatih menggunakan kata PRAMUKA yang jika ditulis dengan kode morse akan menjadi seperti ini:

. – – . / . – . / .- / – – / – . – / . –

Catatan, garis miring dalam kode morse di atas ditulis dengan “_” pada sandi rumput, ya! Setelah menyelesaikan latihan awal ini, kamu bisa menggunakan metode latihan yang ada di bawah ini.

Metode Menghafal Sandi Rumput dengan Kata

Sandi rumput, idealnya diajarkan kepada anggota pramuka tingkat siaga atau Sekolah Dasar (SD) sebab rumusnya cukup sulit dimengerti. Jadi kalau Grameds sudah pernah belajar sandi ini waktu SD dulu, selamat ya. Tapi kalau belum, kamu bisa belajar mulai dari sekarang.

Tenang saja, sandi rumput bisa kamu gunakan sampai kapanpun. Bahkan kalau kamu cukup aktif di pramuka, sandi ini akan bermanfaat ketika kamu menjadi pembina gugus.

Kunci untuk menguasai sandi rumput sebenarnya ada pada daya ingat kamu sendiri. Kamu harus mengingat setiap huruf alfabet dalam sandi morse dan sandi rumput sekaligus. Ya, memang, ini bukan tugas yang mudah. Tapi seorang anggota pramuka sejati akan selalu menemukan solusi untuk setiap masalah yang dihadapi.

Agar kamu tidak perlu menghafal dua kali, kamu bisa menggunakan metode khusus untuk menghafal bentuk sandi rumput untuk 26 alfabet yang ada. Di bawah ini ada 26 kata yang mewakili setiap huruf alfabet, dari A sampai Z. Kamu bisa memanfaatkannya untuk menghafal atau melatih daya ingat bentuk sandi rumput bagi kedua puluh enam alfabet.

A: ANO J: JAGOLORO S: SAHARA
B: BONAPARTE K: KOMANDO T: TON
C: COBA-COBA L: LIMONADE U: UNESCO
D: DOMINAN M: MOTOR V: VERSIKARO
E: EGG N: NOTES W: WINOTO
F: FATERJONAN O: OMONO X: YOSIMONO
G: GOLONGAN P: PERTOLONGAN Y: XOSENDERO
H: HIMALAYA Q: QONOKARO Z: ZOROASTER
I: ISLAM R: RASOHE

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menghafal setiap kata di atas. Setelah benar-benar hafal, selanjutnya kamu tinggal mengubah setiap huruf vokal (A, I, U, E, O) yang ada di setiap katanya menjadi sandi rumput.

Rumusnya begini:

  • Huruf A, I, U, dan E ubah menjadi “rumput pendek”
  • Huruf O ubah menjadi “rumput tinggi”

Jadi kalau Grameds mau menulis huruf “A”, maka kamu harus ingat bahwa perwakilannya adalah kata ANO. Nah, dalam kata ANO, ada dua huruf vokal yaitu A dan O. Huruf A diganti menjadi “rumput pendek” sementara huruf O menjadi “rumput tinggi”.

Cukup mudah kan? Sekarang Grameds bisa coba mengubah semua kata di atas menjadi sandi rumput, lalu bandingkan dengan gambar berikut ini. Jika tidak ada yang berbeda, berarti kamu sudah memahami rumus dan kunci untuk belajar sandi rumput.

Sandi RumputFungsi Sandi Rumput

1. Sarana komunikasi dalam keadaan tertentu

Sandi rumput, sebagai sarana komunikasi, dapat digunakan ketika Grameds berada pada situasi tertentu. Misalnya tidak ada gawai, menyampaikan pesan rahasia, maupun saat komunikasi harus disampaikan tidak lewat suara. Sandi rumput akan menjaga keamanan pesan yang kamu sampaikan.

2. Menyampaikan pesan rahasia

Bagi orang yang tidak mengerti sandi rumput, bentuknya yang khas terlihat seperti coretan asal tanpa makna apapun. Sebaliknya, bagi yang mengerti, sandi rumput merupakan pesan khusus yang sifatnya sangat rahasia.

3. Meningkatkan daya ingat dan kecerdasan

Sebagai anggota pramuka, grameds tentu harus menghafal semua bentuk dan rumus yang digunakan dalam sandi rumput. Kegiatan ini, secara tidak langsung, akan meningkatkan daya ingat kamu.

Di samping itu, ketika kamu banyak berlatih menulis dan memecahkan sandi rumput, kemampuan otak kamu akan meningkat sehingga Grameds jadi lebih cerdas.

4. Sebagai permainan

Pramuka bukan sekadar baris berbaris, survival, atau penanaman nilai-nilai kepribadian. Seringkali anggota pramuka diajak melakukan permainan yang bermanfaat dan dapat mengasah kemampuan diri.

Nah, salah satu permainan yang sering dipakai adalah sandiri rumput. Cara bermainnya berbagai macam, tergantung arahan dari pembina. Misalnya memecahkan penunjuk arah yang ditulis menggunakan sandi.

Buat Grameds yang bertugas menjadi pembina pramuka, ada baiknya membaca Buku Panduan Pramuka Ed Senior yang ditulis oleh Nursanti Riandini untuk mencari ide permainan sandi yang lainnya.

Latihan Membuat Sendiri di Rumah

Seperti kata pepatah “bisa karena terbiasa”, untuk menguasai sesuatu kamu harus membuat tubuhmu terbiasa melakukannya. Hal ini juga berlaku pada proses pembelajaran sandi dalam pramuka. Setelah mengetahui cara membaca, menulis, dan menghafal, kamu harus berlatih sesering mungkin.

Kamu bisa berlatih sendiri di rumah dengan kata-kata yang kamu tentukan sendiri. Caranya mulai dari satu kata dulu sampai kamu merasa cukup mahir, kemudian lanjut menjadi dua kata, tiga kata, hingga satu kalimat. Bila perlu satu paragraf!

Sebagai latihan awal kamu bisa coba menguraikan sandi yang ada pada gambar di bawah ini:

  1. Sandi RumputHuruf pertama dalam soal di atas ditulis dengan satu “rumput pendek” dan satu “rumput tinggi”. Jika diubah ke dalam sandi morse maka akan menjadi “.-” (titik dan strip) yang berarti huruf A.
  2. Huruf yang kedua ditulis dengan satu “rumput panjang”, satu “rumput pendek”, dan satu “rumput panjang”. Dalam kode morse akan menjadi -.- (strip titik strip) yang berarti huruf K.
  3. Huruf ketiganya ditulis dengan dua “rumput pendek” dan satu “rumput panjang” atau dalam kode morse menjadi ..- (titik titik strip) yang berarti huruf U.
  4. Yang keempat merupakan dua “rumput tinggi” yang merupakan – – (strip strip) dalam kode morse. Berarti huruf keempat adalah M.
  5. Huruf kelima bentuknya sama seperti huruf yang pertama atau A.
  6. Huruf keenam ditulis dengan tiga “rumput pendek” yang dalam kode morse menjadi … (titik titik titik) atau huruf S.
  7. Yang ketujuh sama seperti huruf ketiga yang merupakan huruf U.
  8. Yang kedelapan sama dengan huruf kedua, yaitu huruf K.
  9. Huruf kesembilan yang ada di garis kedua pada gambar ditulis dengan satu “rumput pendek”, dua “rumput panjang” lalu satu “rumput pendek” lagi. Dalam kode morse menjadi .–. (titik strip strip titik) yang berarti huruf P.
  10. Dalam huruf kesepuluh ada satu “rumput pendek”, satu “rumput panjang”, dan satu “rumput pendek”. Jika diubah ke dalam kode morse maka menjadi .-. (titik strip titik) yang merupakan huruf R.
  11. Huruf kesebelas sama dengan huruf kelima dan huruf pertama, yaitu A.
  12. Yang kedua belas bentuknya sama seperti huruf keempat atau M.
  13. Huruf ketiga belas sama seperti huruf ketujuh dan ketiga, yang berarti merupakan huruf U.
  14. Yang keempat belas sama dengan huruf kedelapan dan kedua atau huruf K.
  15. Huruf yang terakhir ditulis dengan satu “rumput pendek” dan satu “rumput panjang” yang sama seperti huruf kesebelas, yaitu A.

Dari proses memecahkan sandi ini, kamu mendapatkan sebuah pesan rahasia yang terdiri dari tiga kata, yaitu “AKU MASUK PRAMUKA”. Cukup mudah bukan? Sekarang kamu tinggal memilih kata lain yang ingin kamu gunakan.

Sandi Lain yang Sering Digunakan dalam Kegiatan Pramuka

1. Sandi Ular

Sandi ular terdiri atas sekelompok huruf yang disusun menjadi segi empat atau persegi panjang–tergantung jumlah hurufnya–sehingga kelompok hurufnya memiliki jumlah yang sama. Untuk dapat memecahkannya, kamu dapat membaca huruf tersebut dari kiri ke kanan, seperti bentuk tubuh ular.

Contohnya:

Sandi RumputHuruf-huruf dalam gambar tersebut berjumlah 39 huruf, agar bisa dibagi tiga maka harus ditambah tiga huruf “X” lagi. Dengan begitu jumlahnya jadi 42 huruf, 42 : 3 = 14. Grameds bisa menggunakan huruf apa saja sebagai tambahan agar jumlahnya genap. Jadi tidak harus selalu menggunakan huruf “X” ya!

2. Sandi Koordinat

Sandi koordinat adalah sandi yang ditulis dengan menggunakan tabel. Untuk menggunakannya, kamu harus menentukan kata kunci yang akan menjadi “koordinat” nya. Kata kunci ini harus terdiri dari dua kata yang masing-masing memiliki 5 huruf. Jadi totalnya ada 10 huruf. Misalnya SINGA KABUR atau MERAH PUTIH.

Setelah menentukan koordinatnya, kamu bisa langsung meletakkannya ke dalam tabel. kata SINGA untuk baris dan KABUR untuk kolom. Kemudian, isi tabel yang tersisa dengan huruf alfabet dari a sampai z.

Setelah semua tabel terisi, kamu sudah bisa membaca sandi tersebut dengan melihat titik koordinatnya. Seperti yang ada di gambar berikut ini:

Dalam gambar tersebut, huruf A berada di baris S dan kolom K, maka ditulis dengan SK. Untuk berlatih, kamu bisa menggunakan kata PRAMUKA yang diubah menjadi SU, NU, SK, NB, SR, SB, dan SK

3. Sandi Angka

Sandi angka adalah sandi yang ditulis dengan memberikan penomoran untuk setiap alfabet dengan menggunakan angka. Contohnya angka 1 untuk huruf A, 2 untuk huruf B, dan seterusnya sampai ke huruf Z.

Jadi untuk menulis kata DASA DHARMA dalam sandi angka, kamu bisa menggunakan angka 4.1.19.1. 4.8.1.18.13.1

4. Sandi Kotak

Sandi kotak merupakan sandi yang memakai bahasa sansekerta dan bersifat rahasia. Dengan kata lain, setiap kode yang ada di dalam sandi kotak hanya diketahui oleh setiap regu, jadi regu satu dan yang lainnya pasti memiliki kode yang berbeda.

Dalam sandi kotak, biasanya kata sandi akan diganti dengan garis lurus, garis tegak lurus, dan kotak. Tanda garis yang ada seringkali dilengkapi dengan tanda titik yang menjadi pembeda setiap huruf dalam kotak tersebut. Dengan demikian, ketika dikombinasikan dengan huruf yang lain akan membentuk huruf yang bisa dibaca.

5. Sandi Napoleon

Sandi napoleon diambil dari nama seorang kaisar Perancis, yaitu Napoleon Bonaparte. Tidak ada kunci khusus untuk sandi ini, namun setiap huruf dirangkai dengan cara khusus.

Sebagai contoh, kita akan menggunakan kalimat SELAMATKAN JIWA KAMI. Nah, untuk menulis kalimat tersebut, pertama-tama kamu harus menghitung dulu jumlah hurufnya. Setelah itu, dibagi ke dalam beberapa bagian dengan jumlah yang sama.

Dalam kalimat SELAMATKAN JIWA KAMI ada 18 huruf, agar jumlahnya sama, kamu bisa membaginya menjadi 3 bagian. Jadi masing-masing bagian terdiri dari 6 huruf. Ketika diubah menjadi sandi napoleon, maka kalimat tersebut akan ditulis menjadi “SELAMA IJNAKT WAKAMI.”

Cara membacanya bisa mengikuti tanda panah, seperti pada contoh berikut ini:

Agar semakin mahir, kamu dapat menggunakan soal latihan yang ada di buku Seri Keterampilan Pramuka : Sandi karangan Israr Ardiansyah. Dalam buku ini ada banyak contoh soal sandi rumput dan sandi lainnya.

Sandi Rumput

Begitulah panduan lengkap belajar sandi rumput dalam pramuka, Grameds. Semoga dengan membaca panduan ini, kamu bisa semakin cepat menguasai sandi rumput, ya. Sampai jumpa di artikel berikutnya!

Grameds bisa mendapatkan buku-buku terkait sandi rumput dan sandi dalam pramuka lainnya dengan mengunjungi gramedia.com. Gramedia selalu memberikan produk-produk terbaik agar kamu memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Gilang

BACA JUGA:

  1. Mengenal Sandi Angka Pramuka, Serta Manfaatnya dalam Kehidupan 
  2. Penemu Sandi Morse dan Sejarah Singkat Sandi Morse 
  3. Asal-Usul Gerakan Kepanduan dan Sejarah Pramuka di Indonesia
  4. Sejarah Bapak Pramuka Dunia 
  5. Penemu Sandi Morse, Siapakah Dia? 


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien