Ekonomi

Pengertian Perusahaan Manufaktur: Karakter, Sistem, Proses dan Contohnya

pengertian perusahaan manufactur
Written by Rafi Wijaya

Pengertian Perusahaan Manufaktur – Di negara Indonesia ini sudah dikenal dengan banyak nya jenis perusahaan, seperti contohnya adalah perusahaan manufaktur. Dipandang dari sudut ekonomi, perusahaan manufaktur di Indonesia ini sudah menarik banyak sekali tenaga kerja hingga membantu menumbuhkan mutu kesejahteraan hidup masyarakat.

Banyak yang sudah memahami bahwa pada perekonomian Indonesia dibagi dalam tiga sektor menurut kegiatannya, yaitu sektor primer, sekunder, serta tersier. Sektor-sektor ini tentunya sangat berkaitan satu sama lain.

Perusahaan manufaktur seringkali dikenal dengan perusahaan yang menyediakan sebuah produk dibutuhkan pasar. Semakin besar permintaan pasar, banyak pula proses produksi yang harus dijalankan oleh pihak tersebut.

Proses produksi oleh sebuah perusahaan tersebut melibatkan banyak faktor. Mulai dari SDM, SDA, hingga peralatan mesin besar. Karena bersifat yang menjual sebuah produk, kegiatan bisnis ini dikategorikan ke dalam perusahaan dagang.

Pengertian Perusahaan Manufaktur

Dari sudut pandang teknis, kata manufacturing sendiri adalah kegiatan pengolahan bahan mentah dengan melewati proses kimia serta fisika yang memiliki tujuan untuk merubah sifat, bentuk, serta tampilan sebuah produk. Kegiatan dari manufaktur melingkupi proses peracikan dari beberapa komponen hingga menjadi sebuah produk utuh.

Pengertian manufaktur dalam sudut pandang bidang ekonomi merupakan sebuah proses perubahan sebuah bahan mentah menjadi bentuk yang memiliki nilai tambah melalui satu atau lebih dari proses perakitan. Maka hasil akhir dari yang diharapkan adalah terciptanya produk yang memiliki daya nilai jual.

Manufaktur sendiri terdapat beberapa tahap pengerjaan dan setiap tahapan operasi tersebut membuat bahan mentah lebih dekat ke arah bentuk akhir.

Pengertian perusahaan manufaktur merupakan sebuah badan usaha yang mengubah dari mentah menjadi barang setengah jadi maupun barang jadi yang memiliki tingkat nilai jual. Dalam proses penggarapannya, perusahaan manufaktur mengelola peralatan, mesin, serta tenaga kerja dalam satu medium.

Seluruh proses juga tahapan yang dilakukan dalam kegiatan manufaktur ini mengarah pada Standar Operasional Prosedur atau dikenal dengan SOP yang dimiliki oleh masing-masing satuan kerja. Di Indonesia sendiri, perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur sudah biasa disebut dengan pabrik.

Dalam istilah bahasa inggris, pabrik berarti dengan factory yang merujuk pada keterangan lokasi atau tempat. Pabrik atau factory ini digunakan sebagai penyebutan tempat yang digunakan untuk sebuah proses pabrikasi atau manufacturing.

Ada beberapa wilayah di Indonesia yang ditetapkan sebagai lokasi industri, seperti daerah Cibitung, Cikarang dan lain sebagainya. Namun, tak menutup kemungkinan juga bahwa di wilayah lain Indonesia tersedia pula lokasi industri.

 

Kamu bisa mempelajari tentang Akuntansi Biaya (KONSEP DAN IMPLEMENTASI DI INDUSTRI MANUFAKTUR)
karya Dadan Ramdhani, Merida, Ai Hendrani, Suheri

Akuntansi Biaya (KONSEP DAN IMPLEMENTASI DI INDUSTRI MANUFAKTUR)

Akuntansi Biaya (KONSEP DAN IMPLEMENTASI DI INDUSTRI MANUFAKTUR)

banner-promo-gramedia

tombol beli buku

 

 

Perkembangan Industri Manufaktur di Indonesia

Perusahaan manufaktur Indonesia telah berhasil mencapai peringkat ke sepuluh besar internasional. Posisi ini sangat diharapkan untuk bisa terus meningkat seiring dengan penetapan proses kebijakan prioritas pada industri nasional.

Indonesia menjadi basis industri manufaktur terbesar se-ASEAN dengan peran serta mencapai 20,27 persen pada perekonomian skala nasional. Perkembangan perusahaan manufaktur di Indonesia berhasil merubah peran commodity based ke arah manufacture based. Pemerintah berupaya untuk harus terus melakukan perubahan serta adaptasi perekonomian supaya lebih fokus pada proses perkembangan perusahaan non migas.

Dikutip dari laman Badan Koordinasi Penanaman Modal disingkat dengan BKPM bahwa industri manufaktur dapat dinilai lebih produktif serta bisa memberikan efek yang berantai secara luas maka dapat meningkatkan nilai tambah bahan baku, memperbanyak tenaga kerja, serta penyumbang pajak dan bea cukai terbesar.

Tercatat oleh Kementerian Perindustrian, bahwa banyak sektor yang memiliki angka persentase kinerja di atas PDB nasional, diantaranya adalah industri tekstil dan pakaian jadi sebesar 7,53 persen, industri logam dasar sebesar 9,94 persen, serta industri alat angkutan berada di angka 6,33 persen. Hal ini dikarenakan oleh jumlah beli masyarakat yang seiring kali meningkat, maka proses produksi juga akan meningkat sesuai dengan permintaan.

Berbagai sektor manufaktur di Indonesia juga dikembangkan di negara ASEAN lainnya, selayaknya di Vietnam dan Filipina. Hal seperti ini akan mendorong pertumbuhan ekonomi hingga meningkatkan daya persaingan dalam lingkup domestik, regional, serta global. Perbedaan lain yang sudah dimiliki oleh perekonomian Indonesia adalah kekuatannya pada pasar dalam negeri dengan persentase angkat sebesar 80% dan sisanya adalah pasar ekspor, lain dengan dengan Singapura dan juga negara Vietnam yang memiliki sistem perekonomiannya dominan masih berorientasi pada kegiatan ekspor.

belajar investasi saham

Karakter Perusahaan Manufaktur

Perusahaan manufaktur memiliki karakteristik yang berbeda dengan perusahaan jenis lainnya. Hal tersebut dapat dilihat dari karakter perusahaan yang memiliki perbedaan menonjol. karakter-karakter yang dimaksud ialah:

1. Proses Produksi

Karakter dari sebuah perusahaan manufaktur pertama adalah proses produksi, yang artinya sebuah usaha yang bisa disebut dengan perusahaan manufaktur jika di dalamnya ada sebuah proses penggarapan bahan baku mentah menjadi bahan jadi.

Dalam perusahaan manufaktur ini juga perlu ada produk yang dijual. Karena hal tersebut yang menjadi keuntungan utama dalam bisnis didapatkan. Hubungan karakter ini, tentu belum disebut perusahaan manufaktur jika tidak ada sebuah proses produksi.

2. Jenis Persediaan

Menurut para ahli, untuk jenis persediaan di perusahaan manufaktur ada tiga, yaitu bahan mentah, produk setengah jadi serta produk jadi.

Karakter ini yang menjadi pembeda antara perusahaan manufaktur dengan perusahaan dagang. Karena dalam perusahaan dagang hanya bertugas untuk memasarkan dan tidak berfungsi sebagai penyedia stok atau bahan-bahan pembuat produk.

Dari karakter ini, tentu dalam sebuah perusahaan dapat disebut perusahaan manufaktur jika di dalamnya terdapat bahan-bahan pembuat produk dan untuk produk itu sendiri.

3. Biaya Produksi

Maksud adalah suatu usaha disebut perusahaan manufaktur apabila ada biaya produksi di dalamnya.

Untuk setiap proses perakitan bahan mentah menjadi barang jadi tentu membutuhkan biaya. Layaknya biaya untuk pengolahan pada bahan, pengadaan mesin, dan lain sebagianya. Biaya-biaya tersebutlah  yang disebut dengan biaya produksi.

 

Kiat-Kiat Mengembangkan Perusahaan Manufaktur

Ketika kita terjun dalam sebuah bisnis manufaktur menjadi hal yang sangat beresiko, karena diperlukan pemahaman juga perlu mengerti target pasar dalam skala tinggi. Perusahaan dalam jenis ini memang berfokus ke arah jumlah produksi yang terbilang besar. Ada beberapa faktor yang menjadi kunci untuk perlu diperhatikan jika ingin terjun di dalam bisnis ini.

Produktivitas

Untuk stok produk yang sedikit akan membuat cost atau biaya produksi atau modal yang dibutuhkan semakin besar. Maka dari itu alasan kenapa kita sebelum berencana membuat bisnis manufaktur perlu pikirkan kembali strategi pasar yang harus dijalani. Hal ini bertujuan adalah agar keuntungan yang dicapai juga semakin maksimal.

banner-promo-gramedia

Quality Control

Jika produk atau barang dalam sebuah bisnis tidak diciptakan secara berkualitas, maka sebuah perusahaan bisa dibilang tidak akan mampu bertahan. Terlebih lagi ketika sudah ada banyak perusahaan yang mampu bersaing untuk menciptakan produk dengan harga yang lebih murah serta dapat mampu menjaga kualitas barangnya. Hal tersebut yang tengah dikembangkan banyak perusahaan-perusahaan di negara China.

Desain Terbaik

Dalam sebuah perusahaan yang bergerak di dalam bidang manufaktur perlu bersaing dengan para lawan saingnya. Desain terbaik merupakan keunggulan mutlak pada barang agar perusahaan bisa memenangkan lawan saingan. Sebagai contohnya adalah Apple pernah menciptakan handsfree berwarna putih padahal sebuah kabel tersebut dianggap sangatlah mengganggu.

Sehingga, handsfree yang unik dengan warna putih mampu merajai pasar dunia dan Apple mendapatkan untung yang besar karena keberanian mengeluarkan skema desain yang berbeda dengan para pesaing lainnya.

Pengelolaan Keuangan yang Baik

Keuangan bisnis menjadi salah satu bagian paling penting dalam mempengaruhi keberhasilan dalam sebuah usaha. Perusahaan harus memikirkan tentang bagaimana cara mengelola modal, pemasukan, serta pengeluaran produksi sehingga bisa menghasilkan keuntungan yang maksimal.

Dalam pencatatan keuangan industri manufaktur memang sedikit memiliki perbedaan dalam perusahaan dagang dan juga jasa. Hal tersebut dikarenakan didalamnya memiliki laporan Harga Pokok Produksi. Harga pokok produksi atau HPP ini menjadi sebuah laporan keuangan utama bagi para perusahaan manufaktur.

 

Kamu bisa mempelajari tentang Akuntansi Perusahaan Jasa, Dagang, Dan Manufaktur
karya SIGIT HERMAWAN, DKK

Akuntansi Perusahaan Jasa, Dagang, Dan Manufaktur SIGIT HERMAWAN, DKK

Akuntansi Perusahaan Jasa, Dagang, Dan Manufaktur

tombol beli buku

 

Sistem Perusahaan Manufaktur

Ada beberapa sistem dalam sebuah perusahaan manufaktur yang harus diketahui serta bisa diterapkan dalam perusahaan Anda, berikut ini penjelasannya:

1. Menerapkan Pull System

Strategi Pull system artinya adalah dimana dalam sebuah penarikan material yang dilakukan pada saat ketika dibutuhkan saja. Hal ini harus dilakukan karena bertujuan agar dapat meningkatkan fleksibilitas, serta dapat merespon dengan lebih cepat terhadap apa yang menjadi kebutuhan pelanggan, dan juga menghindari terjadinya pemborosan.

2. Fokus Terhadap Kualitas

Kita perlu fokus menjaga kualitas agar produk yang diproduksi yang memiliki kualitas terbaik. Dalam metode ini dalam pembentukan kualitas terjadi dalam proses produksinya.

Maka dari itu, proses produksi adalah menjadi sebuah kunci utama dalam penjaminan kualitas sebuah produk. Terdapat beberapa metodologi yang bisa diaplikasikan atau digunakan dalam menjaga sebuah kualitas produksi, yang diantaranya adalah metode six sigma Serta konsep dasar dari kualitas yaitu memproduksi barang atau jasa yang bersifat zero defect.

3. Planning dan eksekusi

banner-promo-gramedia

Planning menjadi sebuah strategi penting yang mana tidak bisa kita dilewatkan. Karena tujuannya yaitu adalah agar perusahaan dapat meminimalisir terjadinya sebuah pemborosan ataupun kemungkinan terjadinya produksi yang ‘cacat’ atau rusak, juga agar setiap tugas yang diberikan bisa berjalan dengan jelas dan baik pada saat proses tersebut berlangsung.

4. Kemampuan pengambilan keputusan

Strategi pengambilan keputusan atau decision making merupakan salah satu poin yang cukup penting untuk bisa meningkatkan kinerja dalam perusahaan manufaktur. Dalam sistem ini, pengambilan keputusan yang cepat tepat serta akurat bisa jadi salah satu cara efektif yang dibutuhkan pada saat sebuah proses produksi itu berlangsung.

5. Kerjasama yang baik dengan pemasok

Dalam kerja sama adalah hal yang paling berpengaruh, karena bisa memberikan dampak dukungan untuk perusahaan yang menggunakan sebuah sistem lean manufacturing yang mana adalah pemasok atau biasa disebut supplier.

Berbagai macam dukungan yang diberikan oleh sebuah pemasok, layaknya penyediaan material berkualitas unggul dan tanpa cacat serta pengiriman barang tepat waktu merupakan hal yang penting untuk kepentingan pertumbuhan perusahaan manufaktur.

Oleh sebab itu, sebuah pemasok atau supplier wajib menjadi bagian penting dari sebuah perusahaan manufaktur dengan sistem lean manufacturing, sehingga sebuah perusahaan juga akan dapat melakukan training kepada supplier, bukan hanya diberikan pada para karyawannya.

Baca juga : Sistem Akuntansi Perusahaan Manufaktur

Proses Bisnis Perusahaan Manufaktur

Dalam bisnis perusahaan manufaktur ada beberapa proses yang terjadi. Di antaranya macam-macam proses bisnis adalah:

1. Proses Procurement

Proses procurement adalah sebuah proses dimana dalam bisnis perusahaan manufaktur yang terkait dengan pengadaan barang. sehingga proses ini selalu diperlukan untuk membantu kelangsungan sebuah usaha.

2. In Out Inventory

Dalam prosesi sebuah bisnis yang kedua adalah proses In Out Inventory. Maksudnya adalah proses bisnis perusahaan manufaktur yang bisa berupa aktivitas pengolahan bahan-bahan mentah menjadi produk jadi.

3. Proses Produksi

Proses produksi merupakan sebuah proses yang terkait dengan sebuah penjualan atau marketing dalam produk sebuah perusahaan. Tentu tujuan dari sebuah proses produksi ini adalah untuk mendapatkan keuntungan besar dari produk yang telah dibuat.

4. Akuntansi dan Keuangan

Proses sebuah bisnis perusahaan manufaktur yang selanjutnya adalah akuntansi serta keuangan. Proses bisnis ini berjalan semata dalam menjaga finansial perusahaan tetap sehat dan mulus.

5. Administrasi Umum

Proses bisnis perusahaan manufaktur yang kelima  merupakan administrasi umum, yang mana didalamnya terdapat unsur kebijakan, pencatatan, penarikan keputusan, kontrol, hukuman dan selainnya.

Namun dalam sebuah proses akuntansi itu sendiri, pada perusahaan manufaktur berbeda dengan perusahaan manufaktur lain pada umumnya. Dikarenakan pada bisnis manufaktur itu sendiri terdapat proses pengelolaan bahan baku, penghitungan harga pokok produksi, dan juga biaya overhead. Pada sebuah perusahaan manufakturing tentu bukan menjadi sebuah pilihan yang tepat jika Anda menggunakan proses pembukuan secara manual karena hal tersebut akan sangat memakan waktu.

 

Kamu bisa mempelajari tentang Akuntansi Biaya: Aplikasi Perusahaan Manufaktur
karya Dr.Mulyanto Nugroho,M.M.,C.M.A., C.P.A.I.

Akuntansi Biaya: Aplikasi Perusahaan Manufaktur

Akuntansi Biaya: Aplikasi Perusahaan Manufaktur

tombol beli buku

 

Contoh Perusahaan Manufaktur

Ada banyak contoh perusahaan manufaktur di Indonesia. Di bawah ini ada beberapa contoh perusahaan manufaktur pilihan yang perlu diketahui. Berikut penjelasannya:

1. ASII atau ASTRA International Tbk.

Perusahaan ASII atau ASTRA International Tbk merupakan perusahaan manufaktur yang sudah terkenal dan besar dari Indonesia. Perusahaan ini lahir pada tahun 1957 yang didirikan oleh Astra International INC dan untuk tanggal pencatatanya sendiri berada pada 4 april 1990.

ASII atau ASTRA International Tbk ini berkembang dengan sangat pesat. Ini dapat dibuktikan dengan jumlah diversifikasi bisnis yang telah mencapai 7 unit. Selayaknya bisnis otomotif,  pertambangan, agribisnis,  jasa keuangan, properti, dan logistik.

2. IKBI atau Sumi Indo Kabel Tbk

Perusahaan IKBI atau Sumi Indo Kabel Tbk juga perusahaan manufakturing yang terkenal di Indonesia. Unit usaha ini berdiri pada tanggal 1981 di kota Tangerang, tanggal pencatatanya berada pada 21 januari 1991.

IKBI atau Sumi Indo Kabel Tbk merupakan sebuah perusahaan yang bergerak pada jasa kabel. Salah satunya adalah produksi kabel telekomunikasi, kabel serat optik, tembaga dan kabel konduktor.

3. FPNI atau Titan Kimia Nusantara

Contoh perusahaan manufaktur dari Indonesia adalah FPNI atau Titan Kimia Nusantara. Ini badan usaha yang baru berdiri yaitu pada tahun 1990 dan tanggal pencatatannya pada 21 maret 2002. Sedangkan untuk pendirinya terdiri dari 4 perusahaan yang tergabung pada PT Petrokimia Nusantara Interindo.

Empat perusahaan yang mempelopori pendirian FPNI atau perusahaan Titan Kimia Nusantara adalah Mitsui Co Ltd, BP Chemicals Investment Limited PT Arseto petrokimia Nusantara Interindo, dan Sumitomo Corporation. Karena fondasi perusahaan ini kuat dalam hal finansial sehingga perusahaan tumbuh pesat.

Perusahaan IKBI atau perusahaan Sumi Indo Kabel Tbk ini terdaftar pada PMA baru pada tahun 1994. Tak disangka untuk hingga saat ini perkembangan perusahaan sangatlah pesat dan progresif.

4. Ades atau Akasha Wira International Tbk

Perusahaan bernama Ades atau Akasha Wira International Tbk ini menjadi salah satu perusahaan manufaktur yang juga cukup besar di Indonesia. Kabarnya perusahaan ini sudah berdiri sejak tahun 1985 yang di kala itu masih bernama PT Alfindo Putrasetia. Perusahaan ini tanggal pencatatannya pada 13 juli 1994.

Pada tahun 2010 silam, perusahaan PT Alfindo Putrasetia ini meningkatkan angka produksinya dengan mengerjakan perlengkapan kosmetik. Bahkan untuk pihak perusahaan juga berani membeli aset berharga dari PT Damai Sejahtera Mulia yang berupa alat-alat teknologi untuk perawatan rambut.

Perkembangan pesat yang terjadi pada perusahaan PT Alfindo Putrasetia terjadi pasca perusahaan diambil alih oleh WPB. Sebuah asosiasi jadi pada perusahaan yang diberdirikan dengan cara pembelian gabungan antara Refreshment Product Services serta Nestle S.A di tahun 1994. Karena itu perusahaan ini kini menjadi besar dan berkembang.

5. MAIN atau PT Malindo Feedmill Tbk

MAIN atau PT Malindo Feedmill Tbk adalah perusahaan manufakturing Indonesia yang berdiri pada tahun 1997 dan tanggal pencatatannya ada pada tanggal 10 februari 2006 lalu. Unit usaha dalam perusahaan ini bergerak pada bidang peternakan seperti  pengolahan pakan ayam, pembibitan ayam ternak, serta usaha ayam pedaging.

Perusahaan MAIN atau PT Malindo Feedmill Tbk juga merupakan perusahaan yang berkembang dengan sangat pesat. Bahkan sudah memiliki cabang di antaranya yaitu PT Bibit Indonesia, Pt Leong Ayamsatu Primadona, PT Prima Fajar dan PT Quality Indonesia.

Demikian beberapa penjelasan lengkap mengenai perusahaan manufaktur. Dapat dipahami untuk menciptakan sebuah perusahaan manufaktur bukan hal mudah . ada banyak sekali hal hal yang perlu diperhatikan. Terutama untuk anda yang tertarik untuk menekuni usaha-usaha semacam ini.

Baca juga artikel terkait “Pengertian Perusahaan Manufactur” :

Kamu bisa mempelajari tentang Making Indonesia 4.0, Transformasi Industri Manufaktur Nasional ke Industri 4.0
karya Ngakan Timur Antara

Making Indonesia 4.0: Transformasi Industri Manufaktur Nasional ke Industri 4.0

Making Indonesia 4.0: Transformasi Industri Manufaktur Nasional ke Industri 4.0

tombol beli buku

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien