Pkn

10 Manfaat Musyawarah dalam Masyarakat

10 Manfaat Musyawarah dalam Masyarakat
Written by Wida Kurniasih

10 Manfaat Musyawarah dalam Masyarakat – Manfaat musyawarah di dalam masyarakat sangat banyak. Bisa dikatakan, bahwa musyawarah adalah jalan tengah bagi berbagai perbedaan pendapat dari masyarakat. Musyawarah dapat menyelesaikan masalah secara adil.

Indonesia adalah negara dengan banyak adat dan budaya. Oleh karena itu, masyarakatnya juga berbeda. Hal ini yang membuat banyaknya perbedaan pada masyarakat.

Untuk mencapai sebuah kesepakatan yang adil, masyarakat sering kali menggunakan musyawarah. Akan tetapi, manfaat musyawarah tidak hanya itu. Artikel ini akan membahas 10 manfaat musyawarah di dalam masyarakat.

Apa itu Musyawarah?

Apa itu Musyawarah?

Protestors raising fists high above heads. Concept of protest, human rights, fighting.

Musyawarah adalah sebuah upaya yang dilakukan bersama untuk menyelesaikan suatu permasalahan atau persoalan. Musyawarah dapat dilakukan oleh kelompok masyarakat, organisasi atau sebuah lembaga.

Musyawarah menurut KBBI adalah pembahasan bersama dengan maksud mencapai keputusan atas penyelesaian masalah. Musyawarah dilakukan melalui sebuah perundingan. Selain itu, musyawarah juga dapat dilakukan melalui proses pembukaan.

Musyawarah adalah bagian dari demokrasi. Oleh karena itu, musyawarah masih sering dilakukan di tengah masyarakat. Mulai dari golongan muda sampai golongan tua.

Musyawarah dalam bahasa Arab berasal dari kata “syawara-tasy’uru-musyawarah” atau “syura”. Kata itu mengandung arti petunjuk, tanda, nasihat dan pertimbangan.

Secara etimologi, musyawarah adalah sebuah kata kerja yang dibendakan atau masdar. Musyawarah berarti saling memberi sebuah petunjuk, isyarat, pertimbangan. Musyawarah memiliki makna timbal balik dan mutual.

Sistem Demokrasi Pancasila Edisi Kedua

Sistem Demokrasi Pancasila Edisi Kedua

Beli Buku di GramediaBuku Sistem Demokrasi Pancasila (SDP) ini berusaha merekonstruksi pemikiran para pendiri Negara tentang sistem ketatanegaraan NKRI yang berdasarkan Pancasila. Melalui buku ini penulis mencoba mengikuti jalan pikiran para pendiri Negara terhadap ditetapkannya Pancasila sebagai Dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dengan penalaran ilmiah. Dengan Pancasila sebagai dasar Negara itu pula para pendiri Negara dengan genius menyiapkan sistem ketatanegaraan NKRI sebagai “sistem sendiri”.

Ciri-ciri Musyawarah

Ciri-ciri Musyawarah

People raise their hands up for protest and uprising in demonstration event for unity and unanimous vote concept

Ada beberapa ciri-ciri musyawarah, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Musyawarah dilakukan berdasarkan sebuah kepentingan banyak orang atau bersama.
  2. Hasil dari keputusan musyawarah dapat diterima dengan akal sehat.
  3. Hasil dari keputusan musyawarah sesuai dengan hati Nurani.
  4. Semua pendapat yang diberikan ketika musyawarah dapat dipahami.
  5. Semua pendapat yang diberikan ketika musyawarah tidak akan memberatkan setiap anggota musyawarah.
  6. Musyawarah harus mengutamakan pertimbangan moral.
  7. Musyawarah bersumber dari sebuah hati nurani yang luhur.
Manfaat Musyawarah

International group of unrecognizable protestors standing together holding hands in protest picket on the street. Male and female activists protesting silently, expressing unity and strength, cropped

1. Melatih Mengemukakan Pendapat

Musyawarah adalah suatu hal yang dilakukan secara bersama. Umumnya, musyawarah dilakukan oleh suatu kelompok. Baik di dalam suatu keluarga, maupun di dalam sebuah masyarakat.

Setiap orang yang berada di dalam musyawarah itu pasti memiliki ide dan gagasan. Bisa jadi antar satu orang dengan orang lainnya memiliki ide yang berbeda-beda. Ide yang dimiliki setiap orang nantinya akan diutarakan ketika memiliki kesempatan berbicara.

Manfaat musyawarah salah satunya adalah untuk melatih mengemukakan pendapat. Contohnya seperti musyawarah yang dilakukan oleh keluarga. Di dalam pembicaraan, anggota keluarga akan mendapat giliran berbicara.

Pada saat inilah anak dilatih untuk mengemukakan pendapatnya. Pendapat yang diutarakan oleh anak akan menjadi bahan pertimbangan dari tujuan musyawarah ini. Melalui hal ini, anak akan terlatih untuk berani berbicara.

Contoh lain juga bisa digambarkan ketika musyawarah organisasi sekolah. Para siswa yang melakukan musyawarah juga akan berlatih berbicara. Umumnya, jika melakukan musyawarah organisasi maka setiap orang diminta berbicara.

Situasi seperti ini yang akan melatih siswa berbicara. Dimulai dari sesame teman organisasinya. Siswa akan mampu mengemukakan pendapatnya dengan baik di depan umum.

2. Nilai Kebersamaan

Manfaat musyawarah selanjutnya juga memiliki nilai kebersamaan. Musyawarah tidak hanya kegiatan diskusi. Akan tetapi, sekaligus kegiatan bersilaturahmi.

gramedia digital

gramedia digital

Berlangganan Gramedia Digital

Baca SEMUA koleksi buku, novel terbaru, majalah dan koran yang ada di Gramedia Digital SEPUASNYA. Konten dapat diakses melalui 2 perangkat yang berbeda.

Rp. 89.000 / Bulan

gramedia digital

Melalui musyawarah, hubungan persaudaraan antar sesama anggota akan menjadi erat. Perbedaan-perbedaan yang ada akan disatukan di dalam musyawarah. Hal ini karena di dalam sebuah musyawarah dianjurkan para anggota saling terbuka.

Melalui sikap saling terbuka ini, akan tumbuh rasa kebersamaan. Musyawarah adalah sebuah kegiatan yang memiliki sebuah tujuan. Ini akan membuat setiap anggota memiliki kesadaran bahwa apa yang diputuskan adalah tujuan bersama.

3. Masalah Bisa Cepat Terpecahkan

Manfaat musyawarah selanjutnya adalah dapat memecahkan masalah dengan cepat. Ketika terjadi suatu masalah yang besar, akan sulit terpecahkan jika hanya satu atau dua orang. Akan tetapi, jika melakukannya dengan banyak orang akan terasa lebih ringan.

Ini adalah salah satu manfaat dari musyawarah. Setiap orang yang tergabung di dalam musyawarah tersebut akan ikut andil dalam memecahkan masalah. Hal ini yang membuat masalah dapat cepat terselesaikan.

Jika menyelesaikan sebuah masalah dengan banyak orang akan mendapat sudut pandang yang berbeda. Setiap orang pasti memiliki ide yang berbeda. Hal ini akan membuat lebih banyak pertimbangan dalam memecahkan masalah.

4. Hasil Keputusan Menguntungkan Semua Pihak

Sebelum mengambil keputusan akhir, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Hal tersebut di antaranya adalah harus sesuai keputusan bersama. Seluruh anggota juga tidak boleh terpaksa pada hasil keputusan akhir.

Selain itu, ada hal lain yang tidak kalah penting. Hasil keputusan musyawarah harus menguntungkan semua pihak. Tidak ada pihak yang boleh dirugikan dari hasil akhir musyawarah.

banner-promo-gramedia-ilana-tan

Menguntungkan semua pihak dilakukan agar hasil akhir dapat diterima semua. Sehingga hasilnya dapat dilaksanakan oleh seluruh anggota musyawarah. Jika ada salah satu anggota yang merasa tidak diuntungkan, maka musyawarah tidak berjalan semestinya.

Seseorang yang memimpin musyawarah harus orang yang tegas. Tidak boleh membela siapapun atau netral. Hal ini dimaksudkan supaya tidak ada pihak yang dirugikan.

Perkembangan Akad Musyarakah

Perkembangan Akad Musyarakah

Beli Buku di Gramedia5. Hasil Keputusan Memiliki Nilai Keadilan

Musyawarah dapat dikatakan sebagai suatu proses audiensi. Ketika melakukan musyawarah, setiap anggota harus mendengarkan pendapat dari anggota lain. Keputusan yang diambil harus berdasarkan kesepakatan bersama.

Kesepakatan yang dicapai tersebut tidak boleh memiliki unsur paksaan. Sebelum menentukan keputusan, harus dipastikan terlebih dahulu apakah semua anggota sudah sepakat. Jika sudah sepakat, maka keputusan boleh diambil.

Keputusan di dalam musyawarah adalah keputusan yang diambil bersama. Maka dari itu, semua anggota harus ikut bertanggung jawab. Itu adalah konsekuensi dari adanya musyawarah.

Manfaat Musyawarah

6. Menyatukan Pendapat yang Berbeda

Manfaat musyawarah selanjutnya adalah dapat menyatukan pendapat yang berbeda. Ketika melakukan musyawarah, pasti pendapat atau ide setiap orang berbeda. Setiap orang memiliki pendapatnya sendiri.

Terkadang, untuk menyatukannya butuh usaha yang cukup sulit. Hal itu karena setiap orang berpikir bahwa pendapatnya sudah sesuai. Setiap orang akan berpikir bahwa pendapatnya yang paling baik.

Untuk menyatukan setiap perbedaan pendapat, dilakukanlah musyawarah. Di dalam musyawarah, bukan dicari siapa yang memiliki ide yang bagus. Akan tetapi, akan dirundingkan mengenai hal terbaik yang harus dilakukan.

Melalui musyawarah inilah setiap perbedaan dapat menyatu. Ini adalah keindahan dari musyawarah. Setiap perbedaan akan diterima, dikumpulkan kemudian ditinjau bersama. Setelah itu akan mencapai keputusan akhir.

7. Mengambil Kesimpulan yang Benar

Hasil atau keputusan akhir yang diambil setelah musyawarah adalah keputusan yang sudah ditimbang. Keputusan ini dianggap benar dan sah. Sehingga setiap anggota harus melaksanakan keputusan akhir yang sudah dicapai.

8. Mencegah Kekeliruan

Manfaat musyawarah juga dapat mencari atau mengambil kesimpulan yang dianggap benar. Melalui musyawarah, suatu kelompok dapat mendengarkan pendapat dari setiap anggotanya. Ini akan mencegah dari terjadinya sebuah kekeliruan.

Baca Juga: Mengenal Makna Pancasila Sebagai Dasar Negara, Fungsi & Lambangnya

9. Menghindari Celaan

Musyawarah adalah hal yang dilakukan secara bersama-sama. Melalui musyawarah, maka setiap anggota akan terhindari dari berbagai kritik dan tanggapan yang salah dari orang lain. Hal ini karena proses dan hasil dari musyawarah tersebut merupakan hal yang sudah dibahas dan ditinjau secara bersama oleh semua anggota musyawarah.

10. Menciptakan Stabilitas Emosi

Musyawarah bukanlah kegiatan untuk adu pendapat. Akan tetapi, musyawarah adalah kegiatan yang mengharuskan anggotanya saling terbuka. Melalui keterbukaan itu, para anggota diminta menyampaikan pendapatnya.

Hal ini akan membuat emosi menjadi terlatih. Setiap anggota akan diminta untuk saling menghargai pendapat anggota lain. Ini akan membuat tingkat emosi antar sesama anggota tetap stabil.

Itulah 10 manfaat musyawarah di dalam masyarakat. Hingga kini, musyawarah masih menjadi bagian yang melekat pada masyarakat.

Temukan hal-hal menarik lainnya dalam www.gramedia.com. Gramedia sebagai #SahabatTanpaBatas akan selalu menampilkan artikel menarik dan rekomendasi buku-buku terbaik untuk para Grameds.

Pancasila

Pancasila

Beli Buku di GramediaBuku ini merupakan potret dari proses panjang Pancasila dari awal perumusan, penafsiran-penafsiran filosofis dan ideologis hingga menjadi salah satu mata kuliah yang diajarkan kepada mahasiswa. Buku ini disusun berdasarkan kumpulan bahan ajar selama penulis menjadi asisten dosen di beberapa perguruan tinggi baik negeri maupun swasta hingga menjadi guru besar. Pemilihan-pemilihan materi beserta analisis sejarah dan filsafat menjadikan buku ini berbeda dengan buku-buku lain yang sudah beredar, terutama buku yang ditulis berdasarkan kurikulum.

Penulis: Wida Kurniasih

Sumber: dari berbagai sumber

Baca Juga:

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien