Geografi

Letak Astronomis Benua Australia, Iklim, dan Pembagian Wilayahnya

Letak Astronomis Benua Australia
Written by ziaggi

 Letak astronomis benua Australia – Halo sobat Grameds, Tahukah Anda? Australia adalah benua terkecil di antara lima benua lainnya, lho. Benua Australia hanya terdiri dari satu negara. Satu-satunya negara di benua yang terletak di bagian selatan wilayah Indonesia ini adalah Australia. Selain benua yang besar, Australia juga memiliki beberapa pulau seperti Pulau Cocos, Pulau Christmas, Macquarie dan Tasmania.

Mengutip dari buku Modul IPS terbitan Kemdikbud (2018), benua Australia memiliki fauna yang unik. Kebanyakan kanguru berkantung tinggal di daerah ini. Sejumlah kecil kanguru juga dapat hidup di pulau New Guinea, karena pulau tersebut dulunya terhubung dengan daratan utama Australia.

Di peta dunia, Australia adalah satu-satunya benua di selatan Indonesia. Benua ini juga merupakan satu-satunya benua yang terdiri dari satu negara yaitu Australia yang beribukota di Canberra. Meski berada di selatan Asia, populasi benua ini sebagian besar adalah Ras Kaukasoid an memiliki asal yang sama dengan populasi benua Eropa.

Benua Australia adalah negara “Dunia Baru” yang ditemukan agak terlambat oleh penjelajah Barat. Benua Australia, seperti dicatat J. Siboro di dalam Sejarah Australia (1989), menarik perhatian VOC yang saat itu bermarkas di Batavia. Atas permintaan VOC, pelaut berpengalaman Abel Janszoon Tasman berangkat dari Batavia pada tahun 1642 untuk menemukan benua Australia.

Pencarian daratan didasarkan pada teori Pythagoras tentang keseimbangan bumi, yang meyakini adanya benua di Kutub Selatan dan menyebutnya Terra Australis Incognito. Teori ini juga didukung oleh Claudius Ptolemy, seorang astronom dan ahli geografi dari Aleksandria (Mesir) yang hidup pada abad kedua Masehi.

Ptolemaeus (Ptolemy) juga percaya bahwa ada area tanah yang luas di selatan khatulistiwa, yang berfungsi untuk menyeimbangkan berat bumi bagian utara.

Abel Janszoon Tasman sebenarnya berhasil menemukan dan mengunjungi beberapa pantai di daratan Australia dan Selandia Baru. Namun, dia tidak menyadari bahwa daerah tersebut adalah tanah yang dia cari.

Itu sebabnya dia tidak meneliti negara yang dia kunjungi. Barulah, sekitar tahun 1688, seorang perompak bernama William Dampier, yang juga seorang penjelajah ilmiah dari Inggris, mencapai daratan Australia dan menulis catatan yang lebih rinci tentang wilayah tersebut. Setelah itu, teka-teki keberadaan Terra Australis Incognito juga bisa terjawab.

James Cook seorang pelaut terampil dan astronom yang memulai pelayaran atas nama pemerintah Inggris antara tahun 1768 dan 1971 adalah orang yang membuat peta detail tempat-tempat di daratan Australia dan Selandia Baru dan melakukan penelitian mengamati penduduk asli di wilayah benua Australia.

Letak Astronomis Benua Australia

Letak Astronomis Benua Australia

Sumber: Tata Ruang Nasional

Letak astronomis dari Benua Australia yaitu berada di antara 113º Bujur Timur (BT) sampai 115º Bujur Timur (BT) dan 10º Lintang Selatan (LS) sampai 43º Lintang Selatan (LS).

Jika melihat secara geografis, benua Australia terletak di bagian selatan Indonesia. Letaknya sendirian di belahan bumi bagian selatan dan memiliki topografi paling datar dibandingkan benua lain.

Sebagian besar benua Australia terdiri dari dataran rendah. Batas benua Australia adalah sebagai berikut:

  • Perbatasan utara: Laut Timor, Laut Arafuru dan Selat Flores
  • Perbatasan timur: Samudra Pasifik, Laut Tasman, dan Laut Coral
  • Perbatasan selatan: Samudera Hindia
  • Perbatasan barat: Samudera Hindia.

Luas benua Australia kurang lebih 8.945.000 km persegi. Wilayah benua memiliki lebar sekitar 3.200 km dan panjang 3.700 km.

Iklim Benua Australia

Zona iklim Australia dapat dikelompokkan menurut sejumlah faktor bentuk, termasuk faktor garis lintang dan angin.Berdasarkan garis lintang, Australia memiliki iklim tropis dan iklim sedang. Karena pengaruh angin, Australia memiliki zona iklim tersendiri yaitu sebagai berikut:

1) Iklim muson, iklim yang terjadi pada bulan-bulan musim panas, angin yang bertiup adalah angin barat laut yang melintasi lautan membawa hujan ke Australia bagian utara.

Letak Astronomis Benua Australia

2) Iklim gurun, iklim ini mempengaruhi wilayah Australia Barat dan Australia Tengah. Rata-rata curah hujan kurang dari 250 mm per tahun. Perbedaan suhu antara musim panas dan musim dingin sangat besar. Begitu pula antara siang dan malam.

3) Iklim hujan, iklim ini terdapat di daerah tropis dan mempengaruhi pantai timur Australia. Angin tenggara yang membawa banyak uap air mengurangi curah hujan di daerah ini. Daerah sebelah barat pegunungan menerima lebih sedikit hujan karena merupakan daerah bayangan hujan.

4) Iklim subtropis, iklim ini terletak di barat daya Australia di pantai selatan. Musim tenggara mempengaruhi wilayah ini. Di musim dingin, angin barat membawa banyak air.

5) Iklim laut sedang, Iklim ini dialami di bagian selatan Victoria dan Tasmania. Di wilayah ini banyak hujan sepanjang tahun karena pengaruh angin barat.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, jenis iklim yang berbeda di Australia disebabkan oleh garis lintang, arus laut, jarak dari pantai, suhu dan kondisi angin, serta bentang alam. Berdasarkan garis lintang iklim Australia bervariasi antara utara dan selatan.

Bagian utara memiliki iklim tropis dengan suhu rata-rata 21-27 derajat, sedangkan selatan memiliki iklim subtropis dan sedang dengan suhu musim dingin sekitar 5 derajat dan suhu rata-rata tahunan 16-21 derajat. C

Di wilayah tengah, udaranya lebih kering dan terdapat gurun serta sedikit hujan. Hujan paling banyak terjadi di timur dan utara. Bagian selatan Victoria dan Tasmania memiliki iklim laut yang udaranya sejuk dan turun hujan di musim dingin.

Bagian atas Sungai Murray dan Australia Barat Daya beriklim Mediterania, panas dan kering di musim panas, tetapi dingin dan basah di musim dingin.

Negara Bagian dan Teritorial

Australia memiliki 6 negara bagian dan 2 wilayah benua. Ini adalah New South Wales (NSW), Queensland (QLD), Australia Selatan (SA), Tasmania (TAS), Victoria (VIC), Australia Barat (WA), Northern Territory (NT) dan Australian Capital Territory (ACT).

Dalam banyak hal, kedua wilayah itu seperti negara bagian, tetapi Parlemen Persemakmuran dapat mencabut undang-undang di wilayah parlemen mana pun. Sebaliknya, undang-undang federal mengesampingkan undang-undang negara bagian hanya di wilayah yang ditentukan dalam Bagian 51 Konstitusi Australia.

Parlemen Negara Bagian memiliki semua kekuasaan legislatif yang tidak diatur secara tegas dalam Bagian 51 Konstitusi Australia, seperti: urusan sekolah, polisi negara bagian, pengadilan negara bagian, jalan raya, angkutan umum, dan pemerintahan lokal.

Setiap negara bagian dan teritori daratan memiliki parlemennya sendiri – unikameral di Northern Territory, Capital Territory, dan Queensland, negara bagian lainnya berbentuk bikameral. Negara adalah unit berdaulat meskipun memiliki Kekuatan Persemakmuran tertentu yang ditentukan dalam Konstitusi.

Kepala negara bagian adalah Perdana Menteri sedangkan kepala pemerintahan daerah adalah Ketua Menteri. Ratu diwakili di setiap negara bagian oleh seorang gubernur dan di Teritorial Utara, administrator. Di dalam Persemakmuran, perwakilan Ratu adalah Gubernur-Jenderal.

Selain dua teritori yang tercantum di atas, Australia juga memiliki teritori terluar yang diperintah langsung oleh Parlemen Federal, mereka adalah:

  • Jervis Bay Territory, pangkalan angkatan laut dan kota pelabuhan yang melayani ibu kota negara bagian di daratan, area ini pernah menjadi bagian dari New South Wales.
  • Pulau Natal dan Pulau Cocos (Keeling).
  • Kepulauan Ashmore dan Cartier
  • Pulau-pulau di Laut Koral
  • Heard Island dan Kepulauan McDonald
  • Wilayah Antartika Australia

Pulau Norfolk secara teknis juga merupakan wilayah luar; namun, pulau tersebut diberikan otonomi yang lebih besar di bawah Undang-Undang Kepulauan Norfolk 1979 dan diperintah secara lokal oleh parlemennya sendiri. Ratu diwakili oleh administrator, sekarang dipegang oleh Owen Walsh.

Pembagian Wilayah Benua Australia

Letak Astronomis Benua Australia

Sumber: Dosenpendidikan.com

Di bawah ini adalah berbagai pembagian wilayah di Benua Australia yang terdiri dari:

Canberra

Ibu kota Australia terletak di Australian Capital Territory, 300 km barat daya Sydney dan 650 km timur laut Melbourne. Canberra adalah kota terbesar ketujuh di Australia dan kota pedalaman terbesar.

New South Wales

New South Wales adalah salah satu negara bagian Australia, negara bagian tertua yang didirikan pada tahun 1788. Ibukota negara bagiannya adalah Sydney. Negara bagian ini juga merupakan negara bagian terpadat. Pada Maret 2006, populasinya adalah 6.817.100.

Victoria

Negara bagian daratan terkecil Australia (Tasmania tidak termasuk) dan negara bagian Australia terbesar kedua dengan Melbourne sebagai ibu kotanya.

Queensland

Negara bagian terbesar kedua di Australia setelah Australia Barat terletak di timur laut benua. Negara bagian ini adalah negara bagian terpadat ketiga setelah New South Wales dan Victoria. Ibukotanya adalah Brisbane.

Australia Selatan

Ibukota negara bagian adalah Adelaide dan memiliki luas 983.482 km². Sebelum bergabung dengan Persemakmuran Australia pada tahun 1901, ia berstatus provinsi Britania Raya.

Australia Barat

Negara bagian terbesar di Australia. Negara bagian itu meliputi sepertiga luas daratan Australia dan berbatasan dengan Australia Selatan dan Teritorial Utara. Ibukotanya adalah Perth. Australia Barat adalah unit subnasional terbesar kedua di dunia setelah Sakha di Rusia.

Tasmania

Negara bagian yang beribukota di Hobart memiliki luas daratan 22.357 km² dan populasi 484.700 (2005). Terletak 200 km selatan daratan Australia dan dipisahkan oleh Selat Bass. Pulau Macquarie juga dikelola oleh negara.

Australia Wilayah Utara

Wilayah Federal Australia terletak di bagian utara Australia Tengah. Wilayah ini berbatasan dengan Australia Barat di sebelah barat, Australia Selatan di sebelah selatan, dan Queensland di sebelah timur. Di utara wilayah tersebut terdapat Laut Timor, Laut Arafura, dan Teluk Carpentaria. Northern Territory adalah yang paling jarang penduduknya dengan kurang dari setengah penduduk Tasmania. Sejarah arkeologi Northern Territory sudah ada sejak lebih dari 40.000 tahun yang lalu.

Ibu kota dan kota terbesarnya adalah Darwin. Populasi tidak terkonsentrasi di daerah pesisir tetapi di sepanjang Stuart Highway. Daerah pemukiman utama lainnya termasuk (dalam urutan populasi) Palmerston, Alice Springs, Katherine, Nhulunbuy dan Tennant Creek.

Bentang Alam Benua Australia

Secara garis besar, bentang alam Australia dapat dibagi menjadi tiga bagian, sebagai berikut:

Plato Barat

Dataran wilayah itu terdiri dari gurun, termasuk Gurun Besar di utara dan Gurun Besar Victoria di selatan. Beberapa batuan di kawasan itu termasuk yang tertua di dunia dan mengandung kandungan mineral penting seperti bijih besi, intan, dan nikel.

Dataran Rendah Pedalaman

Kawasan ini meliputi Great Artesian Basin, sebuah lembah berlumpur yang terkenal dengan cadangan air tanahnya yang luas, terbentang dari Teluk Carpentaria di utara hingga Teluk Spencer dan Cape Nelson di pantai selatan Australia. Kawasan ini meliputi Danau Eyre, titik terendah di Australia.

Daerah Pegunungan Timur (The Great Dividing Range)

Gunung-gunung di sepanjang pantai timur disebut dividing range, karena pegunungan ini membentuk batas pemisah air antara perairan yang beraliran timur dan berarus barat. Dari pesisir timur laut Australia, di Laut Koral, terdapat terumbu karang (The Great Barrier Reef) yang memanjang searah dengan pesisir Queensland.

Kegiatan Ekonomi

Berikut ini adalah beberapa kegiatan ekonomi di Australia antara lain:

Pertanian

Di Australia, lahan pertanian dapat diklasifikasikan menjadi lahan hutan, lahan penggembalaan, lahan pertanian dan penggunaan lainnya. Berdasarkan data tahun 1983, 58,4% lahan Australia digunakan untuk padang rumput, 6,13% untuk budidaya pertanian dan tanaman semusim, 13,9% untuk lahan hutan, dan 21,6% untuk tujuan lain.

Meskipun 70% daratan Australia adalah lahan kering, namun dengan peralatan pertanian yang modern, Australia dapat menjadi penghasil gandum terbesar ketiga di dunia. Produk ekspor terpenting negara ini adalah wol. Gandum berasal dari daerah aliran sungai Murray, Darling dan Swan. Tebu diproduksi di Queensland; pisang di utara; Apel, anggur, dan sayuran ditanam di selatan.

Peternakan

Ada banyak peternakan domba di Australia. Wol domba digunakan untuk membuat sebuah kain wol. Jepang adalah importir wol Australia terbesar sampai saat ini. Ada juga peternakan sapi di Australia yang dagingnya diekspor ke Amerika. Sapi ini berasal dari Queensland, New South Wales, Victoria, dan Australia Selatan.

Perikanan

Penangkapan ikan dilakukan di pesisir. Produk perikanan utama adalah udang, kerang, dan kepiting. Produk lainnya adalah budidaya tiram, remis dan kerang mutiara.

Pertambangan

Tambang emas tersebut terletak di Kalgoorlie, Australia Barat. Tambang besi terletak di Australia Barat, Australia Selatan, dan Victoria. Tambang batu bara terletak di Queensland, Australia Barat, dan New South Wales.

Perdagangan

Australia mengekspor gandum, wol, aluminium, kapas, dan baja ke Indonesia. Impor Australia dari Indonesia adalah minyak bumi, benang dan pakaian.

Perindustrian

Industri berkembang di Australia termasuk mesin industri, tekstil, alas kaki, elektronik, mobil, kapal dan produk plastik. Pusat industri berada di kota Sydney dan Newcastle. Pusat industri pertanian kini berada di Adelaide, Brisbane, Hobart dan Perth.

Parawisata

  • Sydney, kota tertua di Australia, juga merupakan kota seni dan pelabuhan dengan pantai berpasir yang indah.
  • Hobart adalah kota tertua kedua dengan bangunan bergaya terbaru.
  • Melbourne, sebuah kota pada dasarnya Inggris, memiliki kebun raya. Selain itu, sebagai kota pacuan kuda dan golf.
  • Dijuluki Kota Cahaya, Perth terkenal dengan taman keramatnya yang disebut King Park.

Penduduk Benua Australia

Menurut perhitungan, penduduk benua Australia adalah sekitar 20,1 juta orang pada pertengahan tahun 2004. Pertumbuhan penduduk Australia rata-rata 0,6% per tahun dan kepadatan penduduk 2,5 orang/km². Angka kelahiran adalah 13, dan angka kematian adalah 7. Berdasarkan hasil perhitungan, jumlah penduduk Australia pada tahun 2025 diperkirakan menjadi 24,2 juta orang. Susunan etnis yang terdapat di Australia adalah sebagai berikut.

  • Orang-Orang Kulit Putih (94,4%)
  • Orang-Orang Asia (2,1%)
  • Orang Aborigin (1,1%)
  • Lainnya (2,4%)

Secara umum, gaya hidup orang Australia mirip dengan masyarakat Eropa dan Amerika Utara. Gejala ini adalah tanda bahwa sebagian besar orang Australia berasal dari luar atau imigran. Penduduk asli (indigenous) cenderung memiliki tingkat pendidikan, kesehatan, pekerjaan dan perumahan yang lebih rendah.

Tingkat kesejahteraan penduduk Australia relatif tinggi. Pada tahun 1983 dilaporkan bahwa 86% penduduk memiliki mobil, 85% memiliki telepon, 99,6% memiliki pendingin dan kulkas, 91,7% memiliki mesin cuci dan 98.7% memiliki ruang air panas. Layanan kesehatan Australia juga cukup berkembang. Seorang dokter hanya merawat 552 penduduk.

Australia adalah anggota Persemakmuran dan secara resmi berada di bawah Kerajaan Inggris. Penguasa Inggris diwakili oleh gubernur jenderal. Kepala pemerintahan dipimpin oleh perdana menteri.

Penutup

Sobat Grameds, demikianlah ulasan mengenai Letak astronomis benua Australia serta iklim, pembagian wilayah, bentang alam, teritorial dan kegiatan ekonomi benua Australia. Semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua.

Bagi kalian yang ingin banyak belajar mengenai Letak Astronomis Benua Australia atau hal yang lainnya, kalian bisa membaca dan membeli buku yang disediakan oleh Gramedia. Gramedia sebagai #SahabatTanpaBatas menyediakan buku-buku berkualitas yang dapat kamu manfaatkan sebaik mungkin. Yuk Grameds, beli bukunya sekarang juga di Gramedia.com!

Penulis: Ziaggi Fadhil Zahran

Sumber: dari berbagai sumber

Baca juga terkait Letak Astronomis Benua Australia:

Letak Geografis Benua Afika dan Profilnya

Karakteristik Benua Asia: Sejarah dan Letak Astronomis Geografis

Letak Geografis & Astronomis Indonesia Serta Pengaruhnya Bagi Indonesia

Mengenal Benua Australia dan Penyebab Terjadinya Gurun di Australia

Penemu Benua Australia dan Sejarah Singkatnya



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien