Bahasa Inggris

200 Kata Benda Bahasa Inggris Beserta Definisi dan Jenisnya!

Kata benda bahasa Inggris
Written by ziaggi

Kata benda bahasa Inggris – Ada banyak elemen untuk belajar bahasa Inggris yang perlu Anda pahami satu per satu. Dari kata sifat, kata kerja hingga kata benda, alias noun. Setelah Anda memahami penggunaan dan definisi dari masing-masing elemen ini, Anda akan lebih mudah memahami tata bahasanya nanti.

Kata benda dalam bahasa Inggris lebih dikenal dengan istilah noun. Noun adalah kata yang digunakan untuk merujuk ke benda dengan namanya. Itu bisa berupa nama orang, nama tempat atau kata benda yang ditemukan.

Menurut Cambridge Dictionary, kata benda dalam bahasa Inggris adalah kata yang merujuk pada seseorang, tempat, benda, peristiwa, substansi atau kualitas.

Ketika Anda belajar bahasa Inggris, Anda perlu mengetahui kata benda. Mengetahui banyak kosakata dalam bahasa Inggris, terutama kata benda, membuat belajar bahasa Inggris akan menjadi lebih mudah.

Ada begitu banyak kata benda bahasa Inggris di sekitar kita. Anda dapat menyebutkan semua hal yang ada di kamar, ruang tamu, ruang makan, dapur, dan kamar mandi dalam bahasa Inggris. Inilah cara Anda dapat menghafal berbagai kata benda bahasa Inggris untuk mendukung keterampilan bahasa Anda.

Jika Anda dapat mengenali berbagai kosakata yang biasa digunakan saat berbicara bahasa Inggris, setidaknya Anda dapat mempelajarinya dengan lebih mudah dan menggunakannya dalam aktivitas berbicara sehari-hari. Dalam pembahasan kali ini, Gramedia akan mengulas mengenai noun alias kata benda mulai dari Definisi, jenis, dan contohnya. Simak penjelasannya!

Definisi Noun (Kata Benda Bahasa Inggris)

Kata benda bahasa Inggris

Sumber: Bola.com

Noun adalah kata yang dapat menamai sesuatu, seperti manusia, tempat, benda, sampai ide atau gagasan. Dalam sebuah kalimat, kata benda dapat berfungsi sebagai subjek, objek langsung, dan objek tidak langsung dari sebuah klausa, serta memungkinkan menjadi sebuah pelengkap subjek atau pelengkap objek.

Noun juga berperan untuk menamai semua benda dan konsep di dunia, entah itu yang terlihat secara fisik atau bersifat abstrak. Jika kamu masih ingat, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia,  noun adalah kata nomina.

Salah satu ciri khas dari noun yaitu tidak dapat digabungkan dengan kata “tidak”. ayo kita simak  contoh di bawah ini:

Person (orang): Ziaggi, uncle, lawyer, teacher

Place (tempat): Jakarta, bedroom, class, country

Thing (benda): Book, pencil, laptop, fan

Idea (gagasan): Kindness, faith, joy, success

Ayo Grameds, kita ambil salah satu contoh kata benda di atas lalu gabungkan dengan kata “tidak”. Misalnya class, apakah ia dapat berubah menjadi “tidak class” alias “tidak kelas?” Yap, “tidak kelas nggak memiliki makna, sehingga kita tidak bisa menggabungkan noun dengan kata “tidak.”

Jenis-Jenis Kata Benda Bahasa Inggris 

1. Common Noun and Proper Noun

Anda harus tahu bahwa ada hal-hal di dunia ini yang bersifat biasa dan bersifat istimewa. Nah, kedua jenis noun ini dibedakan dengan jenis common noun dan proper noun. Mari kita bahas satu per satu:

Common Noun

Kalau kita terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, common berarti “umum” atau general, atau bisa juga disebut kata benda generik. Kata benda generik (common noun) adalah nama atau benda yang masih dikenal atau bersifat umum dari suatu kelompok atau kategori. Jenis kata benda ini secara alami tidak dapat dikapitalisasi kecuali disebutkan di awal kalimat atau dimasukkan di dalam judul. Contoh common noun sebagai berikut (example common noun):

City (kota)

Month (bulan)

Girl (gadis)

Jika Anda perhatikan tiga contoh di atas, apakah ada informasi lain yang kalian dapat? Yap, betul sekali, tidak ada. Kita tidak akan tahu kota apa yang dimaksud, bulan apa yang dipilih, etc. Berikut, contoh kalimat common noun:

The girl crossed the river.

(Gadis itu menyeberangi sungai.)

Nah, dalam penjelasan di atas, kalian tidak akan mengerti, gadis seperti apa sih, yang menyeberangi sungai tersebut? Lalu, apa nama sungainya? Bagaimana kondisi sungainya? Dalam kalimat diatas tidak dijelaskan secara rinci. Maka dari itu dapat kita simpulkan bahwa, girl dan river di atas termasuk common nouns.

Kata benda bahasa Inggris

Proper Noun

Proper Noun

Sobat Grameds, sangat benar. Jenis noun ini adalah hiponim dari common noun. Apa yang dimaksud proper noun? Jadi, proper noun adalah nama yang rinci dari orang, benda, tempat, dll. Saat sobat Grameds menggunakan proper noun, biasanya kita dapat menggunakan huruf kapital pada kata benda yang ditulis. Berikut, merupakan contoh dari proper noun (proper noun example):

  • Pandu
  • Spain
  • November

Berikut, merupakan contoh kalimat proper noun (proper noun example):

I would like to visit Bandung.

(Saya ingin berkunjung ke Bandung.)

Betul sekali sobat Grameds, Bandung adalah spesifikasi dari kota atau city yang bersifat general.

2. Abstract Noun and Concrete Noun

Abstract Noun

Abstract noun adalah kata benda yang tidak dapat dirasakan oleh panca indera. Jadi kata benda ini bersifat abstrak atau hanya memiliki konsep “benda”. Umumnya, kualitas kata benda abstrak diakhiri dengan ace, age, ance, ancy, ion, sion, tion, dom, hood, ice, ism, ment, ness, ship, ity, ty. Berikut adalah contoh kata benda abstrak (example abstract noun)

  • Freedom
  • Courage
  • Happiness
  • Motivation
  • Affection
  • Age
  • Communism
  • Falsehood
  • Emergency
  • Kingdom

Contoh kalimat abstract noun:

We can’t imagine the courage it took to do that.

(Kami tidak bisa membayangkan keberanian yang dibutuhkan untuk melakukan itu.)

Concrete Noun

Hmm, kamu pasti sudah bisa menebak apa itu concrete noun. Ya, concrete nouns adalah kata benda yang dapat dirasakan dengan panca indera (dapat dilihat, diraba, diraba, dicium dan didengar). Jadi, kata benda ini mengacu pada benda yang memiliki sifat berwujud.

Contoh kata concrete noun:

  • Pen
  • Eraser
  • Computer
  • Classroom
  • Star
  • Moon
  • Wallet
  • Paper
  • Wind
  • Fire

Contoh frasa concret noun:

The thief tried to steal my wallet.

(Pencuri mencoba mencuri dompet saya.)

3. Countable and Uncountable Noun, plus Mixed Noun

Jenis berikut adalah kata benda berbasis angka, terdapat countable dan uncountable. Count artinya menghitung. Yuk, simak penjelasannya:

Countable Noun

Countable noun adalah noun atau kata benda yang dapat dihitung atau diukur, meskipun jumlahnya bisa sangat banyak. Ciri-ciri countable nouns adalah:

Bisa diawali dengan menghitung angka one, two, three, dst. Itu bisa dimulai dengan huruf a (kata benda dimulai dengan huruf konsonan) atau dengan an (digunakan saat kata benda dimulai dengan vokal). Akhiran kata benda jamak (plural) -s dan -es.

Kata benda bahasa Inggris

Contoh countable noun:

  • A cat (seekor kucing), an apple (sebuah apel)
  • One table (satu meja)
  • Three chairs (tiga kursi)
  • Some clothes (beberapa baju)

Karena jumlah kursinya lebih banyak, maka pada bagian akhir ditambahkan -s. Artinya, kursi tersebut bersifat plural.

Contoh kalimat countable noun:

This is a cat. (Ini adalah seekor kucing.)

I need some clothes. (Saya membutuhkan beberapa baju.)

I’m not going to buy any tables. (Saya tidak akan membeli meja apa pun.)

Uncountable Noun

Jadi, uncountable noun adalah kata benda yang tidak bisa dihitung. Meskipun jumlahnya banyak, jenis kata benda ini selalu dianggap tunggal, mereka juga tidak memiliki bentuk jamak seperti kata benda yang dapat dihitung. Kata benda ini biasanya dimulai dengan dengan some, any, a little, dan much.

Contoh uncountable noun adalah:

  • A little sand
  • Some water
  • Any milk

Dalam aturan tata bahasa Inggris, any and all berlaku untuk countable maupun uncountable noun. Namun jangan salah paham, ada perbedaan antara beberapa dan lainnya yang mungkin jarang Anda perhatikan. Meskipun keduanya dapat digunakan sebagai awalan untuk countable noun dan uncountable noun, kita tidak dapat menggunakannya dalam semua jenis kalimat.

Alasannya adalah beberapa di antaranya tidak digunakan dalam kalimat negatif atau interogatif. Beberapa lebih sering digunakan dalam kalimat positif, menawarkan sesuatu dan membuat permintaan. Kita juga bisa mengetahui permintaan sebagai kalimat tanya dengan arti positif (misalkan jawabannya adalah “ya/bisa” atau jawaban positif lainnya).

Pada saat yang sama, apapun hanya berlaku untuk kalimat negatif dan kalimat tanya. Dalam hal ini, kalimat tanya yang dimaksud adalah kalimat tanya dengan makna negatif (dengan asumsi bahwa jawaban orang lain adalah “tidak” atau jawaban negatif lainnya). Berikut adalah contoh penggunaan ekspresi yang menggunakan some:

Need a little sand. (Saya memerlukan sedikit pasir)

Would you like some water? (Apakah kamu mau air?)

Can you give me some water? (Dapatkah kamu memberikan saya air?)

Asumsi jawaban dari pertanyaan ini yaitu dia bisa memberikan air.

Contoh penggunaan any dalam kalimat:

I’m not going to buy any milk. (Saya tidak akan membeli susu apa pun.)

Is there any milk in the fridge? (Apakah ada susu di kulkas?)

Kamu dapat gunakan contoh seperti ini jika asumsi jawabannya adalah tidak ada susu di kulkas.

Mixed Noun

Seperti yang Anda ketahui, Mix adalah campuran. Padahal, menurut kaidah tata bahasa Inggris, nomina jenis ini jarang sekali termasuk dalam jenis nomina. Mixed noun adalah kata benda yang dapat dihitung atau tidak dapat dihitung tergantung pada konteks, situasi atau keadaan. Misalnya a hair (sebuah rambut).

Pada dasarnya, rambut tidak lazim untuk dihitung. Namun, itu bisa menjadi countable noun yang dapat dihitung dalam situasi tertentu.

Contoh kalimatnya:

I see a hair on the floor. (Aku melihat sehelai rambut di lantai.) Tetapi, hair di sana tidak akan bisa diawali dengan huruf a ketika situasinya sudah berbeda.

4. Singular dan Plural Noun, serta Collective Noun

Sebenarnya di nomor tiga kita bahas sedikit tentang jenis-jenis kata benda berdasarkan kuantitas atau jumlahnya.

Singular Noun

Apa itu kata benda singular noun? Jadi, singular noun adalah kata benda yang hanya memiliki jumlah satu . Kata benda tunggal atau singular noun  juga bisa disebut kata benda tunggal, biasanya diawali dengan kata sandang “a, an, dan la”. Contohnya seperti a dog, an owl, a pen.

Plural Noun

Kata benda jamak atau plural noun adalah kata benda yang memiliki lebih dari satu angka tetapi dapat dihitung. Kalau kamu lupa, kamu bisa cek ulang penjelasan tentang countable noun dan uncountable noun, ya guys.

Collective Noun

Kata benda kolektif atau collective noun adalah kata benda kolektif yang menunjukkan sekelompok / kombinasi orang, tempat atau benda. Selain bentuk tunggal, istilah kolektif dapat ditempatkan dalam bentuk jamak atau jamak. Perhatikan contoh-contoh berikut:

Kata benda bahasa Inggris

  • Committee
  • Congress
  • Crowd
  • Family
  • Pair 

Berikut, contoh frasa dalam kata benda collective noun:

The committee is getting ready to start the international conference event today.

(Panitia sedang bersiap-siap untuk memulai acara konferensi internasional hari ini.)

Contoh Kata Benda Bahasa Inggris

  1. Action = Tindakan
  2. Advice = Nasehat
  3. Afternoon = Sore
  4. Airplane = Pesawat Terbang
  5. Airport = Bandara
  6. Animal = Hewan
  7. Answer =Jawaban
  8. Aunt = Bibi
  9. Ball = Bola
  10. Banana = Pisang
  11. Bed = Tempat Tidur
  12. Bird = Burung
  13. Brother = Saudara
  14. Cat = Kucing
  15. Chicken = Ayam
  16. Child = Anak
  17. Cigarette = Rokok
  18. Circle = Lingkaran
  19. Coach = Pelatih
  20. College = Perguruan Tinggi
  21. Conversation = Percakapan
  22. Country = Negara
  23. Cow = Sapi
  24. Day = Hari
  25. Desk = Meja Tulis
  26. Device = Alat
  27. Dinner = Makan Malam
  28. Direction = Arah
  29. Disaster = Bencana
  30. Disease = Penyakit
  31. Doll = Boneka
  32. Driver = Sopir
  33. Earthquake = Gempa Bumi
  34. Education = Pendidikan
  35. Engine = Mesin
  36. Entertainment = Hiburan
  37. Family = Keluarga
  38. Farmer = Petani
  39. Father = Ayah
  40. Field = Lapangan
  41. Flag = Bendera
  42. Flower = Bunga
  43. Kite = Layang-Layang
  44. Knowledge = Pengetahuan
  45. Lake = Danau
  46. Lamp = Lampu
  47. Language = Bahasa
  48. Law = Hukum
  49. Lawyer = Pengacara
  50. Library = Perpustakaan
  51. Magazine = Majalah
  52. Man = Manusia
  53. Math = Matematika
  54. Milk = Susu
  55. Month = Bulan
  56. Morning = Pagi
  57. Mother = Ibu
  58. Movie = Film
  59. Nature = Alam
  60. News = Berita
  61. Newspaper = Koran
  62. Night = Malam
  63. North = Utara
  64. Ocean = Lautan
  65. Office = Kantor
  66. Paper = Kertas
  67. Passenger = Penumpang
  68. Pleasure = Kesenangan
  69. Rabbit = Kelinci
  70. River = Sungai
  71. Road = Jalan
  72. Science = Ilmu
  73. Snake = Ular
  74. Society = Masyarakat
  75. Song = Lagu
  76. Station = Stasiun
  77. Sugar = Gula
  78. Summer = Musim Panas
  79. Sun = Matahari
  80. Table = Meja
  81. Tiger = Harimau
  82. Tree = Pohon
  83. Underwear = Pakaian Dalam
  84. Vegetable = Sayur
  85. Village = Desa
  86. Warning = Peringatan
  87. Weather = Cuaca
  88. Week = Minggu
  89. Wife = Istri
  90. World = Dunia
  91. Writer = Penulis
  92. Year = Tahun
  93. account – rekening, akun
  94. achiever – yang berprestasi
  95. acoustics – akustik
  96. action – tindakan
  97. activity – aktivitas
  98. actor – aktor, bintang film untuk laki
  99. addition – tambahan
  100. adjustment – pengaturan
  101. advertisement – iklan
  102. advice – nasehat
  103. aftermath – buntut
  104. afternoon – sore
  105. afterthought – renungan
  106. agreement – perjanjian
  107. air – udara
  108. airplane – pesawat terbang
  109. airport – bandara
  110. alarm – alarm
  111. alley – gang
  112. amount – jumlah
  113. amusement – hiburan
  114. anger – kemarahan
  115. angle – sudut
  116. animal – hewan
  117. answer – jawaban
  118. bait – umpan
  119. balance – keseimbangan
  120. ball – bola
  121. balloon – balon
  122. balls – bola
  123. banana – pisang
  124. band – pita
  125. base – dasar
  126. baseball – baseball
  127. basin – cekungan
  128. basket – keranjang
  129. basketball – bola basket
  130. bat – kelelawar
  131. bath – mandi
  132. battle – pertempuran
  133. bead – titis
  134. beam – balok
  135. bean – kacang
  136. bear – beruang
  137. bears – beruang
  138. beast – binatang
  139. bed – tempat tidur
  140. bedroom – kamar tidur
  141. beds – ranjang
  142. bee – lebah
  143. beef – daging sapi
  144. beetle – kumbang
  145. beggar – pengemis
  146. beginner – pemula
  147. behavior – tingkah laku
  148. belief – keyakinan
  149. believe – percaya
  150. bell – bel
  151. bells – lonceng
  152. berry – petikan
  153. bike – sepeda
  154. bikes – sepeda
  155. bird – burung
  156. birds – burung
  157. birth – kelahiran
  158. birthday – ulang tahun
  159. bit – sedikit
  160. bite – gigitan
  161. blade – pisau
  162. blood – darah
  163. blow – tiupan
  164. board – papan
  165. boat – perahu
  166. boats – perahu
  167. body – tubuh
  168. bomb – bom
  169. bone – tulang
  170. book – buku
  171. boot – sepatu
  172. border – batas
  173. bottle – botol
  174. boundary – batas
  175. box – kotak
  176. boy – lelaki
  177. Armchair: kursi berlengan
  178. Bedsheet: sprei
  179. Bedside Table: meja samping tempat tidur
  180. Blanket: selimut
  181. Bookshelf: rak buku
  182. Bunk Bed: tempat tidur susun
  183. Carpet: karpet
  184. Chair: kursi
  185. Clothes Valet: rak baju
  186. Cot: tempat tidur bayi
  187. Curtains: tirai
  188. Double Bed: tempat tidur ganda
  189. Duvet: selimut tebal
  190. Duvet Cover: penutup selimut tebal
  191. Hanger: penggantung
  192. Hat Stand: tempat menyimpan topi
  193. Ironing board: papan setrika
  194. Mirror: cermin
  195. Nightstand: meja nakas
  196. Picture: foto
  197. Pillow: bantal
  198. Rug: carpet
  199. Shutters: daun jendela
  200. Single Bed: tempat tidur tunggal

Penutup

Sobat Grameds, demikianlah artikel mengenai kata benda dalam bahasa Inggris, yang pembahasannya mengenai definisi, jenis dan contohnya. Dengan adanya artikel ini diharapkan kalian dapat mengetahui tentang kata benda dalam bahasa Inggris.

Jika kalian ingin belajar lebih dalam mengenai kata benda dalam bahasa Inggris, kalian dapat membeli buku yang tersedia di Gramedia. Gramedia sebagai #SahabatTanpaBatas telah menyediakan berbagai buku berkualitas yang bisa kalian miliki. Yuk Grameds, beli bukunya sekarang juga!

Penulis: Ziaggi Fadhil Zahran

Baca juga:

Memahami Penggunaan Kalimat Pasif dalam Bahasa Inggris

Rumus dan Contoh Passive Voice yang Sering Digunakan Di Percakapan!

Kosakata Bahasa Inggris yang Wajib Dihafal

Pengertian Superlative Degree, Bentuk, dan Contoh Penggunaan-Nya!

Noun (Part Of Speech) : Pengertian, Fungsi, Tujuan



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien