Profesi

Jenis Pekerjaan Terpopuler di Indonesia Lengkap

Jenis Pekerjaan Terpopuler
Written by Ananda

Jenis Pekerjaan Terpopuler – Bagi sebagian orang, profesi adalah sesuatu yang sangat penting dalam kehidupan. Itu lah sebabnya seseorang berusaha sebaik mungkin untuk memperoleh jenis pekerjaan yang mereka inginkan.

Aktivitas pekerjaan yang dilakukan ini bertujuan untuk memiliki pendapatan agar bisa bertahan hidup dalam sosial. Seseorang bahkan cenderung hidup untuk bekerja, bukan bekerja untuk hidup. Istilah tersebut populer karena dunia pekerjaan saat ini dinilai sangat kompetitif.

Perkembangan zaman rupanya juga mempengaruhi banyaknya jenis pekerjaan dari beberapa profesi yang berkembang pula. Jadi jangan heran jika saat ini banyak jenis pekerjaan yang populer karena perkembangan teknologi dan budaya di Indonesia.

Sebenarnya setiap jenis pekerjaan memiliki tanggung jawab dan resikonya masing-masing. Hal ini bisa berpengaruh terhadap besarnya gaji dan jaminan yang diperoleh para pekerja.

Sebelum memilih profesi tertentu, alangkah baiknya mengenal terlebih dahulu jenis pekerjaan apa yang harus dilakukan, resiko, dan tanggung jawab apa saja dalam profesi tersebut. Bahkan untuk beberapa profesi tertentu seseorang harus memiliki keahlian khusus untuk melakukannya.

Apakah kamu punya cita-cita untuk suatu pekerjaan tertentu? Berikut ini adalah beberapa profesi dari berbagai jenis pekerjaan yang paling populer dan diminati di Indonesia, lengkap dengan cara bagaimana kamu bisa mendapatkan pekerjaan tersebut.

Jenis Pekerjaan Terpopuler Yang Bisa Kamu Geluti

1. Guru

Jenis Pekerjaan Terpopuler

Pixabay.com

Profesi guru menjadi populer karena banyaknya kebutuhan guru atau tenaga pengajar di sekolah-sekolah Indonesia. Saat ini pemerintahan Indonesia sedang fokus tentang pemerataan pendidikan dan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) masyarakatnya.

Itulah sebabnya banyak sekolah yang membutuhkan tenaga pengajar yang berkualitas. Bahkan pemerintah mengalokasikan 70 persen dari dana pendidikan untuk gaji guru, itulah sebabnya banyak orang yang ingin menjadi guru.

Tanggung jawab menjadi seorang guru tentu sangat besar karena merekalah yang akan mendidik generasi bangsa untuk lebih baik. Guru memiliki peran penting terhadap kualitas SDM Indonesia di masa depan.

Untuk menjadi seorang guru, tentu harus memiliki kemampuan mengajar yang baik dan pengetahuan luas untuk keahlian tertentu yang akan diajarkan. Seorang guru juga harus memiliki kesabaran dan keuletan ketika mendidik anak-anaknya agar mereka memahami pelajaran dan merasa senang saat belajar.

Jika ingin menjadi guru, kamu bisa kuliah mengambil jurusan pendidikan atau keguruan terkait pelajaran yang ingin diajarkan. Misalnya kamu masuk jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia jika ingin menjadi guru Bahasa Indonesia.

2. PNS

Jenis Pekerjaan Terpopuler

Pixabay.com

Pegawai Negeri Sipil (PNS) menjadi salah satu profesi yang paling diminati di Indonesia. Profesi ini memberi gaji pokok dan banyak tunjangan, sehingga banyak orang yang menginginkan jenis pekerjaan ini.

Bahkan PNS juga akan memperoleh dana pensiunan yang lumayan banyak jika mereka sudah tidak produktif lagi dalam pekerjaannya. Banyaknya orang yang mendaftar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) ini menjadi bukti bahwa profesi ini banyak diminati orang.

Tanggung jawab yang diemban oleh seorang PNS biasanya tergantung dari instansi tempat mereka bekerja. Karena mereka adalah pegawai negeri tentu banyak hal yang harus mereka jaga agar tidak merusak reputasinya sebagai orang sipil negara.

Banyak pengangkatan PNS di beberapa instansi. Jika kamu ingin menjadi PNS, persiapkan diri untuk mengikuti seleksi CPNS yang selalu diadakan oleh pemerintah. Agar lolos CPNS kamu harus banyak berlatih soal-soal yang sering keluar dalam seleksi CPNS.

Di www.gramedia.com kamu bisa menemukan banyak buku latihan soal-soal CPNS yang lengkap. Contoh instansi yang mengangkat PNS adalah Kementerian, pemerintah provinsi maupun daerah, dan lembaga negara lainnya.

Jenis Pekerjaan Terpopuler

3. Pegawai BUMN

Jenis Pekerjaan Terpopuler

Pixabay.com

Badan Usaha Milik Negara (BUMN) adalah salah satu lembaga yang membutuhkan banyak tenaga kerja berkualitas. Indonesia bahkan memiliki lebih dari 120 BUMN yang harus dikelola.

Menjadi karyawan BUMN tentu harus memiliki integritas yang tinggi dan keahlian yang mumpuni. Untuk menjadi pegawai BUMN tidaklah mudah, mereka memiliki standar yang tinggi terhadap keahlian pegawainya. Besarnya gaji masih menjadi salah satu faktor profesi ini banyak diincar orang.

Hal yang perlu disiapkan ketika mendaftar menjadi pegawai BUMN adalah keahlian yang mumpuni di bidang tertentu. Sertifikasi bisa menjadi bukti fisik untuk menunjukan keahlianmu. Jika ingin menjadi pegawai BUMN, kamu harus mengikuti seleksi CPNS yang diselenggarakan pemerintah atau mendaftar langsung saat instansi BUMN sedang membuka recruitment.

4. IT

Jenis Pekerjaan Terpopuler

Pixabay.com

Pekerjaan yang berkaitan dengan teknologi informasi memang sangat menjanjikan. Hal ini karena keahlian ini banyak dibutuhkan di setiap perusahaan. Profesi ini adalah salah satu profesi yang populer karena pengaruh zaman yang kian berkembang dalam hal kecanggihan teknologi informasi.

Menjadi seorang IT tentu membutuhkan keahlian khusus. Jika kamu memiliki keahlian ini, contoh pekerjaan berkaitan dengan IT yang bisa dicoba adalah Software Developer, Programmer, System Engineer, dan Software QA.

Profesi ini tentu menawarkan gaji yang sangat menggiurkan dan fantastis. Apalagi potensi teknologi di masa datang akan semakin berkembang. Profesi ini pasti akan semakin populer dicari orang.

Saat ini banyak perguruan tinggi yang membuka jurusan untuk memperdalam tentang Teknologi Informasi. Agar kamu mudah diterima sebagai IT di perusahaan, buatlah banyak karya dan tingkatkan keahlianmu agar kamu memiliki portofolio yang baik saat mendaftar pekerjaan.

5. Pegawai Bank

Jenis Pekerjaan Terpopuler

Pixabay.com

Pegawai Bank adalah salah satu jenis pekerjaan populer karena banyak masyarakat Indonesia yang menggunakan jasa bank untuk menyimpan uang mereka. Hampir semua orang menggunakan jasa Bank, itulah sebabnya instansi keuangan ini membutuhkan banyak tenaga kerja pula.

Berprofesi sebagai pegawai bank dituntut teliti dan ulet dalam melayani dan mengelola uang. Soal keuangan, jika salah sedikit saja akan sangat berakibat fatal. Contohnya jika kamu salah menulis satu nol saja itu bisa sangat merugikan.

Untuk beberapa jabatan di bank, ada bagian pekerjaan yang tidak memerlukan spesifikasi pendidikan tertentu. Misalnya menjadi teller di bank tidak harus dari jurusan akuntansi, ekonomi atau bisnis saja.

Namun jika jabatan yang lebih tinggi tentu harus memiliki sertifikasi pendidikan yang mumpuni soal keuangan dan bisnis. Hal ini berkaitan dengan resiko dan tanggung jawab sebagai seorang pimpinan.

6. Akuntan

Jenis Pekerjaan Terpopuler

Pixabay.com

Hampir semua perusahaan atau lembaga organisasi sekalipun pasti membutuhkan akuntan karena pada dasarnya semua kepentingan akan ada kaitannya dengan keuangan. Akuntan ini lah yang akan mengatur keuangan dan mengurusnya secara transparan dalam laporan pembukuan.

Menjadi seorang akuntan tentu memiliki resiko dan tanggung jawab yang besar. Hampir sama dengan pegawai bank, akuntan juga memerlukan ketelitian dan keuletan dalam mengerjakan laporannya. Kecerobohan seorang akuntan akan sangat berakibat fatal. Selain itu seorang akuntan juga harus jujur dan transparan.

Karena resiko dan tanggung jawabnya yang besar membuat jenis pekerjaan ini juga memiliki gaji yang besar. Itulah sebabnya banyak orang yang bercita-cita menjadi seorang akuntan. Bahkan jurusan akuntansi di beberapa perguruan tinggi selalu jadi jurusan favorit yang banyak pendaftarnya.

Jika ingin mudah menjadi seorang akuntan di perusahaan atau instansi tertentu, kamu harus menyiapkan sertifikasi yang menunjukan bahwa kamu memiliki kemampuan dibidang ekonomi dan bisnis.

Jenis Pekerjaan Terpopuler

7. Tenaga Medis

Jenis Pekerjaan Terpopuler

Pixabay.com

Dunia medis atau kesehatan memang selalu terlihat luas dan menarik. Jika bicara soal kesehatan seolah-olah tidak ada habisnya. Setiap orang pasti akan memiliki masalah kesehatannya masing-masing, baik ringan atau berat. Itulah sebabnya tenaga medis sangat dibutuhkan di tengah-tengah masyarakat.

Bidang kesehatan tampak istimewa karena tidak semua orang bisa ahli dalam bidang kesehatan. Bahkan untuk memperoleh sertifikasi menjadi tenaga medis tidak mudah dan tidak murah. Meski demikian, jenis pekerjaan ini masih menjadi primadona di Indonesia.

Untuk menjadi tenaga medis misalnya dokter, bidan, perawat, dan sebagainya perlu kecerdasan dan keberanian. Mengapa demikian? Karena tenaga medis harus memiliki pengetahuan yang lengkap tentang kesehatan.

Jika mereka salah mengambil tindakan maka akan sangat membahayakan sang pasien. Bahkan ada istilah populer yang menyebutkan hidup sang pasien ada ditangan sang dokter. Rasanya istilah tersebut tidak salah karena seorang dokter atau tenaga medis memang harus dituntut pintar, cerdas, dan berani.

8. Marketing

Jenis Pekerjaan Terpopuler

Pixabay.com

Jenis Pekerjaan sebagai marketing masih menjadi favorit karena dunia bisnis di Indonesia yang semakin berkembang. Pekerjaan marketing adalah salah satu kunci kesuksesan sebuah bisnis. Itu lah sebabnya banyak perusahaan yang mencari orang marketing yang bagus untuk bisnisnya.

Menjadi orang marketing harus percaya diri, tekun, ulet, dan tidak mudah menyerah. Pekerjaan ini bisa dibilang susah-susah gampang karena tidak semua orang memiliki keahlian menarik pelanggan untuk membeli sesuatu. Perannya yang penting dalam perusahan ini lah yang membuat seorang marketing bisa memiliki pendapatan yang besar.

Agar berhasil menjadi marketing yang sukses, seseorang perlu berlatih dan turun lapangan untuk menghadapi pasar. Hal ini juga akan memacu kamu untuk mengerti strategi marketing apa yang perlu dilakukan pada target bisnis.

9. Desain Grafis

Jenis Pekerjaan Terpopuler

Pixabay.com

Saat ini jenis pekerjaan desainer grafis sedang digandrungi banyak orang, terutama anak-anak muda. Pekerjaan di bidang industri kreatif ini banyak diminati karena perkembangan teknologi yang membuat dunia visual menjadi menarik.

Sekarang visual menjadi hal penting yang perlu diperhatikan. Banyak perusahaan yang mencari desainer grafis untuk merancang dan mendesain produk, promosi, dan sebagainya. Bahkan hampir semua jenis bisnis membutuhkan keahlian ini.

Gaji yang ditawarkan sebagai design grafis tentu tidak sedikit karena tidak semua orang punya kemampuan visual yang baik. Bahkan resiko menjadi seorang designer bisa dibilang tidak besar, hanya saja kamu mungkin dituntut deadline dan tekanan client yang mungkin tidak sesuai dengan selera visual. Jika kamu ingin menjadi seorang design grafis, banyak-banyaklah membuat karya dan berlatih untuk membuat portofoliomu semakin menarik perhatian client.

10. Data Analyst

Jenis Pekerjaan Terpopuler

Pixabay.com

Data Analyst adalah salah satu jenis pekerjaan yang sangat dibutuhkan oleh banyak perusahaan. Mereka membutuhkan seorang Data Analyst untuk membaca, memahami, sampai menerjemahkan data untuk keperluan laporan perusahaan tertentu.

Hampir semua jenis bisnis maupun instansi non profit membutuhkan keahlian seorang data Analyst. Kemampuan Data Analyst yang mumpuni akan sangat mempengaruhi perkembangan suatu perusahaan karena jenis pekerjaan ini berkaitan dengan perencanaan dan perkembangan apa yang harus dilakukan oleh perusahaan.

Seorang Data Analyst harus memiliki kemampuan analisis yang baik, pemikiran yang kritis, rasa ingin tahu, suka bereksperimen, dan kemampuan komunikasi yang baik. Jenis pekerjaan ini juga menuntut seseorang harus bisa memahami bahasa pemrograman seperti SQL, Oracle, dan bahasa pemrograman lainnya.

Selain itu, seorang data Analyst juga harus paham tentang Software Adobe Campaign serta menguasai matematika dan statistik. Hal ini sangat berpengaruh terhadap hasil pekerjaan mereka. Keahlian yang tidak mudah ini tentu akan membuat jenis pekerjaan yang satu ini memiliki gaji yang besar.

Jenis Pekerjaan Terpopuler

11. Jurnalis

Jenis Pekerjaan Terpopuler

Pixabay.com

Jurnalis adalah salah satu jenis pekerjaan yang banyak diminati orang Indonesia. Banyaknya media bermunculan di Indonesia membuat kebutuhan seorang jurnalis juga bertambah.

Apalagi saat ini teknologi sudah sangat mendukung untuk banyak mendapatkan informasi, misalnya banyaknya media online yang bermunculan. Jurnalis menjadi salah satu pekerjaan yang menjanjikan karena banyak orang yang membutuhkan informasi.

Untuk menjadi seorang jurnalis, kamu harus memiliki ketekunan, keuletan, dan rasa ingin tahu yang besar. Hal ini tentu sangat berkaitan dengan pekerjaan yang dilakukan jurnalis. Mereka dituntut untuk tepat waktu dengan deadline dan memiliki banyak pengetahuan isu.

Agar mudah mendapat jenis pekerjaan ini kamu bisa mulai membuat karya tulisan atau berlatih siaran jika ingin menjadi jurnalis televisi. Seorang jurnalis juga harus memiliki keberanian untuk menyampaikan sesuatu kepada publik.

Jenis Pekerjaan Terpopuler

Nah, itu lah beberapa jenis pekerjaan yang populer dan banyak diminati di Indonesia. Untuk memilih sebuah pekerjaan tentu perlu disesuaikan dengan minat, keahlian, dan bakat yang kita miliki. Hal ini akan berpengaruh pada hasil pekerjaan yang kita lakukan.

Jangan sampai kita justru tidak nyaman dengan pekerjaan yang setiap hari harus dilakukan. Itulah sebabnya penting untuk mengenali terlebih dahulu resiko dan tanggung jawab dari satu jenis pekerjaan tertentu.

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa setiap pekerjaan itu tentu memerlukan keahlian khusus yang harus dilatih. Tak khayal banyak jika perusahaan atau instansi tertentu memiliki standar yang tinggi terhadap para pegawainya.

Kondisi persaingan ini lah kadang membuat orang sulit mencari pekerjaan. Berikut ini ada rekomendasi buku yang bisa dibaca untuk mempersiapkan diri mendaftarkan sebuah pekerjaan. Buku-buku ini akan membantu kamu mengenal medan dan potensi kamu dalam pekerjaan tertentu. Bahkan dalam buku-buku ini juga akan menemukan trik strategi agar mudah mendapatkan pekerjaan.

BACA JUGA:

  1. 6 Pekerjaan dengan Gaji Tertinggi, Puluhan Juta Perbulannya 
  2. 10 Peluang Bisnis Usaha yang Cocok untuk Anak Muda
  3. Pertanyaan Interview Kerja & Jawabannya, Serta Tips Interview Kerja
  4. Tips Mengikuti Job Fair Agar Sukses Mendapatkan Pekerjaan 

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien