IPA

Pengertian Hibernasi dan Contoh Hewan Yang Hibernasi

apa itu hibernasi
Written by Wida Kurniasih

Apa itu hibernasi? Hibernasi adalah sesuatu yang tidak asing lagi. Hibernasi ini adalah proses seekor hewan dalam bertahan hidup.

Hewan yang melakukan hibernasi akan terlihat seperti mereka telah mati. Padahal mereka hanyalah tidur. Hibernasi dilakukan dalam beberapa waktu.

Semua itu tergantung pada bagaimana kondisi cuaca di daerah sekitar hewan itu tinggal. Meskipun tidur, hibernasi tentu berbeda dengan tidur secara umum. Apa perbedaannya?

Artikel ini akan membahas mengenai apa itu hibernasi. Mulai dari pengertian, proses sampai contoh hewan yang melakukan hibernasi.

Apa Itu Hibernasi?

apa itu hibernasiApa itu hibernasi? Hibernasi adalah salah satu cara yang dilakukan oleh makhluk hidup tertentu. Hibernasi dilakukan untuk bertahan hidup pada musim dingin.

Tujuan lain dari hibernasi ini adalah supaya tidak harus mencari makanan pada saat musim dingin. Selain itu, supaya tidak harus melakukan migrasi ke tempat yang lebih hangat juga menjadi salah satu alasan dalam melakukan hibernasi.

Melalui hibernasi, makhluk hidup tidak akan menggunakan metabolisme mereka dalam menghemat energi. Selama proses hibernasi, beberapa bagian tubuh akan turun ke tingkat yang lebih rendah. Seperti detak jantung, suhu tubuh dan laju pernapasan.

Hal-hal tersebut akan turun ke tingkat yang jauh lebih rendah. Umumnya, hibernasi dilakukan oleh para hewan. Hewan yang melakukan hibernasi ini hidup pada musim dingin, karena cuaca yang dingin dan langkanya makanan.

Hibernasi adalah cara yang terbilang menguntungkan. Pasalnya, hewan-hewan tersebut dapat benar-benar menutup diri. Hal tersebut dilakukan selama berminggu-minggu.

Daripada mencoba untuk hidup serta bertahan hidup pada kondisi cuaca yang ekstrim, mereka akan lebih memilih untuk melakukan hibernasi. Hewan-hewan atau tumbuhan yang melakukan hibernasi disebut dengan hibernator.

Fungsi Hibernasi

Fungsi dari hibernasi salah satunya adalah untuk menghemat energi. Energi yang ada di dalam untuk akan dihemat selama periode tertentu. Khususnya ketika tidak lagi tersedia makanan yang cukup untuk bertahan hidup.

Untuk mencapai sebuah penghematan energi tersebut, terjadilah proses endoterm. Endoterm adalah binatang atau hewan yang memiliki suhu badan yang tinggi, dan tetap serta tidak terpengaruh oleh suhu udara yang ada di sekitar lingkungannya. Pada mulanya, proses endoterm ini akan menurunkan tingkat metabolisme terlebih dahulu.

Hal itu kemudian akan menghasilkan sebuah penurunan suhu tubuh. Proses hibernasi dapat terjadi dalam waktu tertentu. Seperti dalam beberapa hari, beberapa minggu bahkan beberapa bulan.

Lamanya proses hibernasi tergantung pada beberapa hal. Seperti apa spesiesnya, bagaimana suhu lingkungannya, bagaimana waktu tahun dan bagaimana kondisi tubuh dari hibernator itu sendiri.

Proses Hibernasi

proses hibernasiSebelum memasuki waktu hibernasi, pada hewan tersebut biasanya akan mengonsumsi makanan sebanyak-banyaknya. Mereka akan menyimpan makanan tersebut selama hibernasi. Contohnya seperti yang dilakukan oleh beruang.

Hewan tersebut akan melakukan fase hibernasi untuk menyimpan cadangan lemak. Cadangan lemak tersebut akan disimpan di dalam tubuh mereka. Hal itu akan membuat mereka dapat beradaptasi dalam menghadapi musim dingin, atau musim yang suhu iklimnya lebih rendah dari biasanya.

Dalam memperlambat metabolisme tubuh mereka, hewan akan mendinginkan tubuh menjadi rata-rata 5°C sampai 10°C. Para hibernator menyukai rumah musim dingin yang tenang dan gelap. Beberapa lainnya akan pergi ke dalam gua atau ke bawah tanah.

Mereka mungkin akan melapisi tempat mereka melakukan hibernasi dengan beberapa hal. Seperti menggunakan rumput, rambut, atau bahan lainnya yang akan membuat mereka merasa nyaman. Tubuh para hibernator akan merespons kondisi cuaca.

Jika cuaca disekitar menjadi lebih dingin dari sebelumnya, maka para hewan akan bergerak untuk menaikkan suhu tubuhnya. Sedangkan hewan yang tidak melakukan hal tersebut terancam mati. Suhu yang lebih hangat akan memberi tahu para hewan supaya keluar dari hibernasi.

Ada beberapa hewan yang muncul untuk makan ketika proses hibernasi berlangsung. Kemudian mereka akan lanjut melakukan hibernasi sampai cuaca di sekitar kembali normal.

Bahkan, setelah bangun dari hibernasi hewan-hewan tersebut akan membutuhkan beberapa waktu beradaptasi pada lingkungannya. Hal itu dilakukan sebelum mereka melanjutkan kegiatan normal mereka.

gramedia digital

gramedia digital

Berlangganan Gramedia Digital

Baca SEMUA koleksi buku, novel terbaru, majalah dan koran yang ada di Gramedia Digital SEPUASNYA. Konten dapat diakses melalui 2 perangkat yang berbeda.

Rp. 89.000 / Bulan

gramedia digital

Sebagian berpendapat, bahwa hibernasi adalah tidur yang menyerupai kematian. Pasalnya, selama hibernasi denyut jantung akan melambat. Serta beberapa organ non vital yang menjadi tidak aktif sepenuhnya. Saat-saat seperti itu adalah kondisi dimana tubuh akan menggunakan energi yang minimal.

Lalu, apa perbedaan hibernasi dan tidur? Simak penjelasannya di bawah ini.

Perbedaan Hibernasi dan Tidur

Hibernasi adalah hal yang berbeda dengan tidur. Banyak hewan yang menghemat energi di musim dingin. Mereka memilih untuk lebih banyak tidur.

Akan tetapi, hewan-hewan tersebut tidak benar-benar melakukan hibernasi. Ketika seekor hewan pergi tidur, suhu tubuhnya tidak turun terlalu banyak. Selain itu, adanya kebisingan atau gangguan lainnya juga dapat membangunkan hewan yang sedang tidur.

Metabolisme hewan yang melakukan hibernasi akan melambat. Selain itu, suhu tubuh mereka akan menurun.

Hewan yang tergolong mamalia akan banyak makan di musim gugur dan musim panas. Mereka akan menyimpan lemak yang digunakan pada sepanjang musim dingin. Meskipun hibernasi berbeda dengan tidur pada umumnya, hibernasi hanyalah salah satu dari banyaknya cara bagi hewan untuk tidur, istirahat dan bertahan hidup dari lingkungan sekitar.

Bagaimana Cara Hewan Makan Saat Hibernasi?

Para hibernator sejati akan mampu secara drastis dalam mengurangi detak jantung. Tidak hanya itu, suhu tubuh juga akan berkurang ketika mereka memutuskan untuk hibernasi. Contohnya seperti tupai.

banner-promo-gramedia-ilana-tan

Tupai dapat mengurangi detak jantung mereka. Ketika hibernasi, detak jantung mereka akan berkurang dari 350 detak per menit, menjadi hanya sekitar 4 detak per menit. Hal itu dilakukan para tupai saat sedang berhibernasi.

Para hibernator sejati hanya bangun secara sepenuhnya setiap beberapa minggu saja. Mereka akan makan sedikit makanan yang disimpan. Kemudian mereka akan membuang kotoran.

Hewan-hewan tersebut dapat secara drastis menurunkan suhu tubuh mereka. Penurunan suhu tubuh bahkan sampai di bawah titik beku, atau cairan tubuh yang asin dapat bekerja untuk mencegah terjadinya kristalisasi jaringan pada suhu yang terbilang sangat dingin.

Contoh Hewan yang Hibernasi

Ada beberapa contoh hewan yang melakukan hibernasi. Di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Tupai Tanah Golden Mantled (Citellus lateralis)

tupaiHewan ini banyak ditemukan di bagian barat Amerika Utara. Tepatnya pada lintang 1500 m sampai 3600 m. Di antara bagian selatan California dan bagian utara British Columbia.

Secara normal, mereka melakukan hibernasi mulai dari 3 bulan sampai 4 bulan. Mereka akan mengkonsumsi makan secara cepat. Hal itu akan membuat berat badan mereka meningkat. pada saat menjelang hibernasi dimulai, bulan Oktober.

2. Beberapa Serangga

seranggaBeberapa spesies serangga akan memperlihatkan pula inaktif selama masa perkembangan dan pertumbuhan berhenti. Serta metabolisme yang berkurang cukup banyak. Pada keadaan tersebut, umumnya akan disebut dengan diapause. Meskipun ketika dikorelasikan dengan bulan-bulan pada musim dingin, maka hal itu dapat dikategorikan sebagai hibernasi.

3. Kelelawar

kelelawarHewan yang melakukan hibernasi selanjutnya adalah kelelawar. Beberapa kelelawar adalah seorang hibernator. Contohnya seperti kelelawar coklat besar atau Big Brown Bat.

Mereka akan hidup berkelompok dalam jumlah yang cukup besar ketika musim dingin tiba. Para kelelawar tersebut akan menggantung turun dan naik dengan sayap dan ekornya. Mereka akan menutupi tubuhnya.

Tujuannya adalah untuk menjaga agar tubuh tetap terasa hangat. Temperature tubuh mereka akan turun. Hal itu akan membuat mereka terlihat seperti sudah mati.

Kelelawar akan melakukan hibernasi selama 7 bulan. Tepatnya pada bulan Oktober, sampai bulan April. Mereka hanya akan bangun satu kali saja dalam sebulan.

Kelelawar akan membangun semua kehangatan selama proses hibernasi. Caranya adalah dengan membuat lubang tiruang yang ukurannya sebesar ibu jari mereka.

Cerita Anak Binatang : Kelelawar

Cerita Anak Binatang : Kelelawar

tombol beli buku

Buku ini akan menampilkan cerita menarik terkait binatang kelelawar. Seperti apa binatang kelelawar itu? Bagaimana bentuk nya? Apa fakta uniknya? Simak di dalam buku ini!

4. Katak

katakKatak adalah salah satu hewan yang melakukan hibernasi. Mereka akan melakukan hibernasi di sekitar dasar sungai. Selain itu, mereka akan hibernasi di kolam, dimana airnya tidak dingin dan tidak membeku.

Katak woodland ditemukan di bawah kotoran dan di bawah daun-daun. Selama musim dingin, mereka akan membeku. Akan tetapi, jika musim semi datang mereka akan kembali cair dan bangun.

5. Ular

ULARHewan yang melakukan hibernasi selanjutnya adalah ular. Ular akan melakukan hibernasi secara bersama ke dalam sebuah lubang. Tujuannya adalah agar dapat menjaga mereka tetap hangat.

Lubang-lubang yang dibuat oleh ular dapat ditemukan pada sekitar bebatuan. Selain itu, dapat juga ditemukan di lubang tersembunyi dan dasar-dasar sumur yang sudah  tua.

6. Kumbang

kumbangPara kumbang akan menghabiskan musim dingin mereka dengan melakukan hibernasi. Hal itu dikenal dengan nama diapause. Mereka akan menjadi gemuk, menjelas musim dingin.

Hal itu karena mereka akan banyak makan aphid dan pollen. Kemudian, mereka akan bersembunyi di dalam sebuah bangunan. Selain itu, tempat persembunyian mereka adalah di bawah batang-batang kayu, gundukan daun-daunan dan batu-batuan.

7. Beruang

beruangHewan yang hibernasi selanjutnya adalah beruang. Sebagian orang akan mengira bahwa beruang adalah hewan klasik yang akan selalu melakukan hibernasi. Padahal, fakta yang sebenarnya adalah mereka hanya tidur dengan nyenyak saja.

Hal tersebut dikarenakan, para beruang tidak menunjukkan penurunan metabolisme secara signifikan. Temperature dari tubuhnya juga terbilang normal. Beruang tidak melakukan hibernasi sebenarnya.

Mereka hanyalah masuk ke dalam lubang. Lubang tersebut bisa bermacam-macam. Seperti tepi sungai, gua dan cekungan kayu. Mereka hanya sedikit menurunkan temperatur tubuh dan detak jantung yang menjadi lambat.

Namun, dapat dikatakan bahwa beruang tidak melakukan hibernasi sebenarnya. Beruang hanya memasuki masa torpor. Hal itu bisa dikatakan dengan tidur sementara, dan dapat bangun dan berjalan-jalan di tempat sekitarnya.

Anak beruang kecil yang umurnya masih muda juga berada di dalam lubang selama musim dingin berlangsung. Beruang akan makan pada akhir musim hujan dan panas. Hal itu dilakukan sebagai upaya dalam menyimpan lemak.

Dilakukan sebelum mereka masuk ke dalam lubang tersebut. Ketika musim semi kembali datang, beruang menjadi sangat lapar dan kurus. Pada beruang betina, ia akan menghabiskan musim dinginnya di dalam lubang jika mereka akan segera melahirkan.

Hibernasi yang dilakukan oleh beruang ini berlangsung secara unik. Pelaksanaannya berlangsung dari 3 bulan sampai 7 bulan. Hal itu ditandai dengan temperatur tubuh yang mendekati normal.

BACA JUGA: 14 Hewan Langka Di Indonesia Yang Dilindungi

Sebagian lainnya mengungkapkan bahwa beruang benar melakukan hibernasi. Saat musim semi sampai musim gugur berakhir, beruang akan makan jauh lebih banyak daripada biasanya. Hal itu bertujuan agar mereka memiliki timbunan lemak.

Kebiasaan makan tersebut, disebut dengan hyperphagia. Beruang dapat makan segala hal. Mulai dari buah, ikan, serangga, rumput, akar, bahkan hewan kecil lainnya. Mereka dapat makan sebanyak 45 kg makanan dalam sehari.

Hal itu membuat berat badan yang ditambah per minggunya mencapai 15 kg atau 30 pound. Beruang akan membuat sarang di bawah pohon-pohon yang ukurannya besar. Selain itu, tempat ia membuat sarang lainnya adalah seperti di lubang pohon, di bawah air terjun dan di lubang gua.

Pembuatan sarang beruang tersebut terbilang rumit. Prosesnya bisa berlangsung dari 3 hari sampai 7 hari. Kemudian mereka akan menutupi sarang tersebut dengan dahan dari pohon cemara. Kantong udara yang ada di dasar sarang juga ditujukan untuk menjebak energi panas.

Beruang Kecil Yang Suka Memeluk

Beruang Kecil Yang Suka Memeluk

tombol beli buku

Buku ini adalah satu dari sembilan buku yang termasuk dalam Seri Kisah Moral Tiongkok. Seri ini membangun karakter baik hati, rajin, dan berani. Seri ini juga dapat digunakan untuk belajar bahasa Mandarin. Diceritakan dengan dua bahasa (Indonesia dan Mandarin), seri ini dilengkapi dengan daftar kosakata, soal latihan dan aktivitas (mencocokkan kata, menjawab pertanyaan, menceritakan kembali), juga audio bahasa Mandarin.

Itulah penjelasan mengenai apa itu hibernasi. Temukan informasi menarik seputar hewan lainnya di www.gramedia.com. Gramedia sebagai #SahabatTanpaBatas akan selalu menampilkan artikel menarik dan rekomendasi buku-buku terbaik untuk para Grameds.

Saat Musim Dingin Memanggil

Saat Musim Dingin Memanggil

tombol beli buku

Penulis: Wida Kurniasih

Sumber: dari berbagai sumber

BACA JUGA:

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien