IPA

5 Manfaat Pertambangan Dan Cara Mengelola Sumber Daya Alam

manfaat pertambangan
Written by Umam

Manfaat Pertambahan – Pertambangan di Indonesia kerap kali menyisakan kesan buruk, misalnya pencemaran lingkungan, maupun eksploitasi alam. Akan tetapi disisi lain terdapat juga manfaat yang didapatkan dari dunia pertambangan terutamanya bagi negara. Bagi sebagian orang tak tahu bahwa pertambangan memiliki manfaat yang cukup banyak, dan tentunya mampu untuk meningkatkan perekonomian negara.

Mengingat negara Indonesia merupakan salah satu negara yang kaya akan hasil tambangnya. Hal itu dikarenakan letak wilayah Indonesia secara geografis berada di antara lempeng Eurasia, dan juga lempeng Pasifik. Lempeng-lempeng itu terbentuk dari lempengan muda yang letaknya berada di daerah cincin atau biasa dikenal masyarakat sebagai Pacific Ring of Fire. Adanya beberapa tumbukan lempeng tersebut membuat kandungan minyak bumi, gas, serta logam-logam berharga melimpah di dalamnya.

Lalu, tahukah kamu apa saja manfaat pertambangan bagi negara Indonesia yang sangat besar ini? Meskipun tidak bisa dipungkiri bahwa terdapat juga dampak negatif yang timbul dari adanya aktivitas pertambangan. Namun pada kenyataannya Industri Pertambangan adalah salah satu sumber pemasukan terbesar.

Hasil tambang di wilayah Indonesia telah tersebar hingga ke segala penjuru daerah di Indonesia. Terdapat beraneka macam hasil tambang di negara Indonesia yang dapat kamu jumpainya. Contohnya, Minyak Bumi, Timah, Batu Bara, Gas, Emas, Aluminium, Besi, Baja, Pasir, dan masih banyak lainnya. Tentunya dibalik semua dampak negatif setelah pertambangan yang kerap kali ditemukan masyarakat, terdapat manfaat yang bisa diberikan dari adanya aktivitas pertambangan. Lantas, apa sajakah manfaat pertambangan itu? Berikut ulasan tentang manfaat pertambangan bagi perekonomian Indonesia. Mari simak pembahasan selengkapnya dibawah ini.

A. Bebas Biaya Impor

Manfaat yang pertama ini yaitu bebas biaya impor, manfaat itu merupakan salah satu manfaat yang cukup penting dalam perekonomian Indonesia. Dengan memakai hasil tambang sendiri, negara Indonesia tidak membutuhkan impor bahan tambang dari negara lain. Hal itu bisa memberikan keuntungan guna menghemat biaya impor.

Beli Buku di Gramedia

Berdasarkan jenisnya sumber daya alam bisa dibedakan menjadi dua macam, dengan salah satunya yakni sumber daya alam yang tidak bisa untuk diperbaharui. Contoh dari sumber daya alam tersebut yaitu tambang. Dilansir dari sebuah situs resmi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, mengatakan bahwasanya bahan tambang dapat dibedakan menjadi tiga macam, diantaranya:

– Jenis bahan tambang yang pertama ini berasal dari sumber energi atau bahan tambang bukan dari logam, jenis itu antara lain gas alam, minyak bumi, dan juga batu bara.

– Jenis bahan tambang yang kedua ini berasal dari logam, jenis itu antara lain perak, emas, tembaga, nikel, timah, bauksit, mangan, dan juga besi.

– Jenis bahan tambang yang ketiga ini berasal dari Industri, jenis itu antara lain kapur, dan juga asbes.

Dengan adanya bahan tambang yang sangatlah bervariasi membuat Indonesia menggunakan hasil tambang miliknya sendiri. Bila negara Indonesia memakai hasil tambang milik sendiri, maka Indonesia tidak membutuhkan impor barang datu negara lain. Hal itulah bisa memberikan keuntungan bagi negara supaya bisa menghemat biaya impor batang. Barang-barang tambang tersebut mempunyai berat, dan juga proses pengiriman yang cukup besar untuk suatu nrgara yang tidak mempunyai hasil pertambangan sendiri. Selain membutuhkan pengeluaran biaya guna membeli hasil tambang juga dibutuhkan biaya yang cukup besar guna melakukan pengiriman barang. Karena itulah, negara Indonesia tidak melakukan impor barang dari negara lain.

Selain itu, dengan adanya industri pertambangan ini, masyarakat atau warga sekitar bisa memnuhi kebutuhan hidup dengan cara membeli bahan baku secara langsung di dalam negerinya sendiri. Hal itu tak cuma bisa menstabilkan presentase kegiatan ekspor, dan juga impor saja, namun sekaligus juga dapat menekan biaya impot hasil tambang, serta juga membiasakan warga negara Indonesia untuk selalu mencintai produk dalam negeri.

B. Sumber Lapangan Pekerjaan

Manfaat yang kedua ini yaitu sumber lapangan pekerjaan, manfaat itu merupakan salah satu manfaat yang cukup penting bagi perekonomian di negara Indonesia. Industri pertambangan adalah salah satu industri yang sangat besar dalam menyerap banyak tenaga kerja dengan berbagai kualifikasinya. Terdiri dari tingkatan dasar, menengah, sampai ahli. Secara tak langsung, industri pertambangan ini bisa membantu Indonesia untuk mengurangi angka pengangguran yang selalu meningkat pada setiap tahunnya.

Tak cuma itu saja, dari industri pertambangan, pengetahuan seseorang yang bertempat tinggal di daerah aekitar kawasan pertambangan pun menjadi bertambah secara luas. Bahkan, banyak dari mereka berani untuk memulai usaha, misalnya usaha toko kelontong, usaha laundry, konter pulsa, warung makan, dan lain sebagainya. Tersedianya lapangan kerja itu pula turut menekan angka kejahatan yang diakibatkan oleh faktor ekonomi, atau ketidakmampuan seseorang dalam memenuhi kebutuhan, atau sulitnya dalam mencari pekerjaan.

Selain itu, aktivitas pertambangan yang membutuhkan tenaga manusia yang tidak sedikit atau sangat besar ini, membuat dibutuhkannya jumlah pekerja yang besar guna mencukupinya. Hasil tambang yang telah tersebar hampir di semua wilayah negara Indonesia membuat banyak perusahaan pertambangan berdiri. Hal itulah membuat aktivitas pertambangan menjadi sumber lapangan pekerjaan untuk banyak orang. Dengan begitulah dapat membantu kegiatan pertambangan berjalan dengan cepat, dan lancar. Serta terutamanya bisa mengurangi jumlah pengangguran yang ada di negara Indonesia.

C. Meningkatkan Pendapatan Negara Maupun Daerah

Manfaat yang ketiga ini yaitu mampu meningkatkan pendapatan negara maupun daerah, manfaat itu merupakan salah satu manfaat yang amat penting dan berguna bagi perekonomian Indonesia. Sebab dari hasil pertambangan itulah bisa memberikan devisa yang sangat besar bagi negara, dan daerah. Tak hanya itu saja, pengolahan hasil kekayaan alam berupa bahan tambang juga dapat membawa dampak positif bagi perekonomian di wilayah sekitar lokasi pertambangan menjadi lebih maju. Masyarakat juga bisa mendirikan berbagai usaha disekitar daerah pertambangan, misalnya warung atau usaha lain sebagainya.

Industri pertambangan adalah salah satu industri besar yang memanfaatkan bahan galian tambang, antara lain emas, timah, batu bara, bijih besi, aspal, dan juga bahan galian lainnya guna dijual maulun dipakai sebagai bahan baku untuk produksi.

Beli Buku di Gramedia

Dengan adanya industri pertambangan inilah, kawasan yang dipakai guna mendirikan perusahaan tambang atau kawasan dekat dengan galian tambang berubah menjadi lebih maju. Bahkan perekonomian wilayah sekitar kawasan secara lambat laun akan mengalami peningkatan secara bertahap. Sedangkan untuk negara, industri pertambangan yang antara lain bijih besi, batu bara, timah, emas, dan lainnya menjadi salah satu penyumbang devisa terbesar yang mampu untuk mendorong pertumbuhan, dan perkembangan ekonomi negara Indonesia ke tingkat yang lebih baik lagi.

gramedia digital

gramedia digital

Berlangganan Gramedia Digital

Baca SEMUA koleksi buku, novel terbaru, majalah dan koran yang ada di Gramedia Digital SEPUASNYA. Konten dapat diakses melalui 2 perangkat yang berbeda.

Rp. 89.000 / Bulan

gramedia digital

D. Transportasi, dan Komunikasi Menjadi Semakin Maju

Manfaat yang keempat ini yaitu transportasi, dan komunikasi menjadi semakin maju, manfaat itu merupakan salah satu manfaat yang sangat penting, dan berguna bagi perekonomian di negara Indonesia. Pada umumnya, pertambangan dilakukan pada tempat yang letaknya berada di daerah terpencil. Lokasi yang berada di daerah terpencil itulah, umumnya sangat minim adanya akses transportasi, dan juga komunikasi.

Mengapa, kawasan di daerah sekitar pertambangan menjadi lebih maju? Sebab akses pertambangan tak cuma satu saja. Dibutuhkan jalan yang bercabang supaya proses hasil tambang bisa berjalan secara lancar.

Dengan adanya aktivitas pertambangan inilah menjadikan akses transportasi dapat berubah menjadi lebih maju, sebab jalanan yang dibutuhkan guna akses menambang ini diperlukan lebih dari satu jalan, agar kegiatan bisa berjalan secara cepat, dan lancar. Sehingga dengan adanya banyak jalan yang akan dibuka tersebut menjadikan masyarakat yang ada di wilayah sekitar pertambangan ini mempunyai banyak akses jalan menuju ke daerah kota atau pusat. Serta dengan adanya aktivitas pertambangan ini pula, secara otomatis jalur transportasi ke berbagai daerah pun menjadi terbuka. Sehingga bisa membawa dampak yaitu akses jalan dari pusat pertambangan akan menjadi mudah.

Hal ini tak cuma dapat memberikan kelancaran bagi distribusi barang saja, namun melainkan juga bisa memberikan kemudahan untuk penduduk yang berada di sekitar untuk mencapai daerah lain, tanpa perlu memerlukan atau menghabiskan waktu yang cukup banyak.

Selain bisa melancarkan transportasi, aktivitas pertambangan atau industri pertambangan ini juga mampu untuk membuka akses komunikasi, dan juga bisa meningkatkan komunikasi di wilayah terpencil tersebut.

Banyaknya para pekerja dan aktivitas untuk berkomunikasi di daerah pertambangan itu juga mendorong pemilik dari perusahaan tambang maupun operator untuk mendirikan sebuah tower sinyal di wilayah sekitar lokasi supaya komunikasi dapat berjalan dengan lancar. Hal itulah membawa dampak positif bagi seluruh masyarakat yang ada di sekitar pertambangan tersebut.

Berkat industri pertambangan inilah kawasan yang dahulunya terisolasi, sulit mendapatkan sinyal, dan tidak bisa terhubung dengan internet, kini menjadi kawasan yang mulai terbuka, dan dipenuhi oleh pemancar telekomunikasi, sehingga bisa mengakses internet dan mendapatkan sinyal dengan cukup baik.

banner-promo-gramedia-ilana-tan

Bila disimpulkan, pertambangan yang umumnya dilakukan di wilayah daerah terpencil, tentunya sangat membutuhkan akses transportasi dan juga komunikasi. Adanya aktivitas pertambangan inilah menjadikan akses transportasi dan juga komunikasi menjadi lebih maju dibandingkan yang sebelumnya.

E. Meningkatkan Kesadaran Guna Menjaga Lingkungan

Manfaat yang keempat ini yaitu meningkatkan kesadaran guna menjaga lingkungan, manfaat yang satu ini merupakan manfaat yang cukup penting guna berlangsung lingkungan yang hijau, dan berpengaruh kedepan nantinya. Pasca aktivitas pertambangan umumnya menjadikan lingkungan di sekitar pertambangan menjadi tercemar. Pencemaran itu membuat para warga yang tinggal di sekitar daerah pertambangan menjadi lebih peduli, dan terdorong guna melakukan pengembalian lingkungan menjadi lingkungan yang hijau. Masyarakat akan merasa lebih sensitif, dan juga peka pada aksi pencemaran lingkungan, hal itulah yang dapat membawa dampak positif bagi kedepannya.

Beli Buku di Gramedia

Industri pertambangan dapat memberikan banyak dampak positif pada masyarakat. Para warga yang mulanya tidak peduli akan lingkungan sekitarnya, kini justru mulai menyadari akan pentingnya dalam menjaga lingkungan.

Mengingat bahwasanya industri pertambangan juga membawa pengaruh buruk bagi lingkungan sekitar. Oleh karena masyarakat sekitar kini mulai melakukan sebuah pengawasan guna meminimalisasi adanya pencemaran lingkungan. Bahkan, penduduk di sekitar secara sadar melakukan sebuah penghijauan guna menyeimbangkan pengaruh buruk yang diakibatkan karena adanya proses penambangan.

Berdasarkan data yang di dapatkan dari Agincourt Resource, mengatakan bahwasanya perusahaan tambang yang bergerak dalam aktivitas ekplorasi, penambangan, dan juga pengolahan mineral menjadi barang perak batangan maupun emas, menuturkan bahwa ada lima manfaat sumber daya alam tambang yang dikelola secara baik. Rinciannya antara lain dapat meningkatkan pendapatan negara maupun daerah, bisa meningkatkan kesadaran akan pentingnya dalam menjaga lingkungan, sumber lapangan pekerjaan, adanya kemajuan teknologi komunikasi dan juga transportasi, serta adanya bebas biaya impor.

Pada umumnya, pertambangan dilakukan menggunakan cara mengeboran tanah sampai kedalam lapisan mantel bumi. Aktivitas tersebut tentunya dapat membawa dampak buruk bagi masyarakat yang tinggal di sekitar daerah pertambangan itu. Akan tetapi, hal itu juga banyak memberikan manfaat untuk kebutuhan masyarakat serta negara. Pastinya dalam proses aktivitas pertambangan itu diperlukan adanya sebuah upaya dalam mengurangi pencemaran lingkungan, dan dampak buruk yang lainnya.

F. Cara Mengelola Sumber Daya Alam Tidak Dapat Diperbarui

Setelah kamu mengetahui manfaat yang bisa kamu dapatkan dalam aktivitas pertambangan, alangkah baiknya kamu juga perlu memahami bagaimana cara mengelola sumber daya alam tidak dapat diperbarui, terutamanya merupakan bahan tambang?

Beli Buku di Gramedia

Bila diartikan bahwa sumber daya alam tidak dapat diperbarui adalah sumber daya alam yang akan habis, jika penggunaannya dilakukan secara terus menerus. Guna melakukan pemulihan tersebut diperlukan nya waktu yang sangat lama sekali supaya sumber daya alam tersebut bisa terbentuk kembali seperti sediakala. Contoh sumber daya alam tidak dapat diperbarui, khususnya merupakan bahan tambang antara lain minyak bumi, batu bara, gas alam, emas, besi, perak, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Hal itu, tentunya dilakukan oleh industri pertambangan, dan para pendukung lainnya secara terus menerus. Akan tetapi, jika sumber daya alam itu dimanfaatkan secara terus menerus tanpa mengenal batasan, dan lain sebagainya. Maka kemungkinan besar sumber daya alam tersebut dapat cepat habis. Dengan begitu, pastinya bisa berdampak bagi generasi selanjutnya atau dimasa mendatang. Oleh sebab itulah diperlukannya sebuah upaya maupun cara untuk mengelola sumber daya alam tidak dapat diperbarui ini. Sehingga tidak heran, jika menjaga sumber daya alam tersebut sangat penting, dan pentingnya kamu untuk mengelola sumber daya alam ini secara tepat dan berguna. Nah, apa sajakah itu? Berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan guna mengelola sumber daya alam yang tidak bisa diperbarui, dengan terutamanya yaitu bahan tambang, diantaranya sebagai berikut:

– Cara pertama yang bisa kamu lakukan yaitu melakukan sebuah upaya berupa suatu penghematan dalam segala pemakaiannya.

– Lalu, cara kedua yang dapat kamu lakukan yakni melakukan kegiatan ekspor tambang, namun tidak sebagai bahan mentah, tetapi sebagai bahan yang sudah menjadi barang jadi atau bahan baku.

– Kemudian, cara ketiga yang bisa kamu lakukan yaitu membuat sebuah inovasi bahan pengganti supaya tidak terlalu bergantung kepada satu sumber daya saja.

Ketiga cara itu, dinilai dapat membantu kamu dalam mengelola sumber daya alam tidak bisa diperbarui yang khususnya yakni bahan tambang. Semoga cara diatas bisa kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Demikian pembahasan secara lengkap mengenai pentingnya manfaat pertambangan bagi negara, daerah maupun masyarakat. Dengan kamu mengetahui, dan memahami mengenai apa saja manfaat yang bisa berguna bagi perekonomian, dan cara mengelola sumber daya alam tidak dapat diperbarui, bisa membantu kamu dalam memakai sumber daya alam secara bijak dan cermat. Semoga ulasan diatas dapat menambah wawasan pengetahuan bagi para pembacanya.

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait

 

 

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien