Design / Branding

Inspirasi Desain Kolam Ikan Minimalis Batu Alam

Inspirasi Desain Kolam Ikan Minimalis Batu Alam
Written by Laeli Nur Azizah

Inspirasi Desain Kolam Ikan Minimalis Batu Alam – Semakin banyak waktu yang dihabiskan di rumah, membuat sebagian orang mempercantik rumah supaya lebih nyaman, dan indah. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan yaitu dengan membuat kolam ikan batu alam. Mempunyai kolam ikan di halaman rumah, tentunya membuat suasana tampilan rumah terasa sangat cantik, segar, dan enak untuk dipandangnya.

Nah, agar tampilan luar rumah kamu terlihat lebih menarik, kamu dapat mencontoh sejumlah inspirasi kolam ikan batu alam. Dengan kamu merawat ikan di kolam dipercaya bisa menghilangkan stress, dan menenangkan pikiran kamu setelah seharian sibuk bekerja maupun mendampingi anak dalam kegiatan pembelajaran jarak jauh. Tak hanya itu saja, memelihara ikan juga dipercaya bisa membawa keberuntungan bagi pemiliknya.

Selain itu, kehadiran kolam ikan dirumah juga dapat menyegarkan pemandangan di area terbuka rumah atau halaman rumah. Sehingga rumah terasa lebih cantik, dan enak untuk dipandangnya. Meskipun ada air, kolam ikan ini tidak membuat jentik nyamuk cepat berkembang biak. Dengan cara air pada kolam ikan kamu selalu mengalir, dan bergulir.

Cara tersebut dapat meminimalisir perkembangan biakan nyamuk. Agar tampilan luar rumah kamu terlihat lebih mempesona, dan menarik, tentunya kamu perlu membuat kolam ikan dengan estetik. Umumnya, kolam ikan yang berada di halaman rumah tampak menawan, bila dibuat menggunakan beberapa susunan batu alam guna memberikan kesan rumah yang natural.

Nah, untuk membuat kolam ikan kamu terasa cantik, indah, menarik, dan mempesona, kamu tentunya perlu melihat beberapa inspirasi kolam ikan batu alam. Namun, sebelum kamu melihat inspirasi kolam ikan batu alam tersebut, alangkah baiknya kamu perlu mengenali terlebih dahulu jenis-jenis batu alam kolam ikan.

 

Jenis Batu Alam Kolam Ikan

Batu alam kolam ikan memiliki jenis yang beraneka macam, dan masing-masing memiliki ciri-ciri tersendiri. Nah apa sajakah jenis batu alam kolam ikan itu? Yuk kenali, ulasan secara lengkap di bawah ini.

1. Batu Kali

Jenis batu alam pada kolam ikan yang pertama ini yaitu batu kali. Batu ini merupakan salah satu jenis batu yang seringkali dipakai oleh masyarakat untuk menghias kolam ikan. Batu kali berasal dari beberapa pecahan batu besar yang berada di sungai.

2. Batu Kali Lempengan

Jenis batu alam pada kolam ikan yang kedua ini bernama batu kali lempengan, disebut demikian karena batu ini berupa lempengan memanjang dengan panjang kira-kira 30 hingga 60 cm, dan lebar kira-kira 3 cm. Biasanya, jenis batu ini dipakai oleh masyarakat sebagai bahan untuk membuat lis dinding pada kolam ikan. Walaupun, tak banyak dari sebagian orang memakainya sebagai bahan pembuatan dinding kolam.

3. Batu Gunung

Jenis batu alam untuk kolam ikan yang selanjutnya, yaitu batu gunung, batu ini merupakan salah satu batu alam yang biasa digunakan pada kolam ikan yang memiliki kemiripan dengan batu kapur. Sebelum memakai jenis batu ini, batu gunung perlu untuk di pernis terlebih dahulu. Hal tersebut dilakukan supaya batu yang dihasilkan mempunyai warna yang terlihat lebih cerah.

4. Batu Candi

Jenis batu alam untuk kolam ikan yang terakhir ini bernama batu candi, jenis batu itu memiliki warna hitam, dan umumnya dipakai oleh orang untuk membuat dinding kolam ikan. Tak hanya itu saja, batu candi juga sering kali dipakai sebagai penghias untuk taman. Setelah kamu memahami mengenai jenis batu alam pada kolam ikan, kamu bisa memilih batu mana yang cocok kamu jadikan sebagai bahan penghias atau pembuatan kolam ikan. Sebelum menghias dan membuat kolam ikan batu alam dibutuhkan beberapa inspirasi yang tentunya bisa menambah referensi dalam mempercantik kolam ikan batu alam kamu.
Nah, apa sajakah itu? Simak pembahasan berikut ini ya.

Beli Buku di Gramedia

Inspirasi Desain Kolam Ikan Minimalis Batu Alam

Berikut adalah beberapa inspirasi desain kolam ikan batu alam yang bisa kamu jadikan referensi, diantaranya sebagai berikut:

1. Kombinasi Batu Alam dengan Bambu

Supaya tampilan pada rumah kamu memiliki nuansa alam pedesaan, kamu dapat mengkombinasikannya menggunakan elemen batu alam dengan dekorasi bambu. Cara itu dinilai bisa menjadikan kolam ikan kamu seperti di alam sungguhan. Terdapat beberapa cara yang bisa kamu lakukannya, pertama kamu perlu menumpukkan bebatuan pada sudut-sudut kolam. Setelah itu, kamu perlu untuk melapisi sisi-sisi kolam memakai bambu-bambu. Kemudian, kamu bisa menambahkan beberapa jenis tanaman hias di sekitar kolam ikan. Jadilah kolam ikan kombinasi batu alam dengan bambu.

2. Kombinasi Kaca dengan Batu Alam

Dengan adanya kombinasi antara kaca dengan batu alam, bisa membuat kolam ikan kamu menjadi kolam ikan semi aquarium. Konsep perpaduan yang satu ini dapat kamu buat tanpa perlu membongkar lantai, sebab kamu hanya perlu untuk meninggikan kolam lebih ke atas lagi. Langkah yang perlu kamu lakukan yaitu pertama memilih area kaca dengan cara mencari titik pandang utama, dan memposisikan lempeng kaca ke tempat itu. Sementara, sekitar kolam ikan tersebut kamu bisa meletakkan batu alam sesuai dengan yang kamu inginkan. Kamu tidak perlu membuat kolam yang cukup besar, kamu hanya perlu membuat nya dengan cara memanjang namun tetap bisa menarik bagi mata memandang.

3. Kolam Ikan Bersusun

Bagi kamu yang memiliki tempat yang terbatas, kamu dapat membuat konsep kolam ikan dengan cara bertumpuk. Caranya yaitu menyiapkan area yang cukup, kemudian membuat kolam secara bersusun atau bertingkat dengan cara menumpukkan beberapa batu alam tersebut. Cara itu membuat kolam ikan milikmu terlihat lebih estetik. Selain cara tersebut, kamu bisa membuat kolam ikan secara bersusun atau bertingkat memakai beberapa bongkahan batu yang diperjualbelikan.

Tak hanya itu, kolam ikan ini dapat juga kamu jadikan sebagai air terjun. Kolam ikan batu alam yang sekaligus mempunyai air terjun mini menjadikan pemandangan tampak lebih mempesona, dan indah di rumah. Jadi pilihlah batu alam yang sesuai dengan keinginan. Pada bagian ujung kolam, merupakan tempat bagi ikan-ikan berenang, kamu bisa membuat sebuah kubangan dangkal yang digunakan untuk menampung sedikit air sebelum air tersebut dialirkan ke arah kolam utama. Setelah itu, di bagian atas kolam kamu dapat meletakan pompa atau keran yang dapat difungsikan sebagai aliran air untuk kolam. Inspirasi ini bisa membuat kolam ikan yang ada di rumah kamu terlihat seperti air terjun mini yang berada di tengah hutan.

4. Kolam Ikan dengan Beragam Batu Alam

Bila kamu memiliki tempat kosong yang tersisa di bagian depan maupun belakang rumah, kamu dapat merubahnya dengan menjadikannya sebagai kolam ikan. Agar kolam memiliki kesan yang berbeda, kamu dapat memakai beberapa jenis batu alam. Pada bagian kolamnya, kamu bisa memakai batu granit dengan warna yang gelap.

Lalu, untuk bagian sekitarnya kamu dapat menambahkan beberapa batu koral dengan warna putih. Serta dapat juga menggabungkan batu lempung kecil berwarna krem, dan sejenisnya guna membuat kolah menjadi meriah. Akan tetapi, ketika kamu memakai batu koral, kamu perlu rajin untuk membersihkannya. Hal itu disebabkan terdapat beberapa debu, dan juga serangga yang bersembunyi di bawahnya.

5. Batu Alam dengan Aksen Kontras

Kolam ikan yang menarik, dan mempesona dapat kamu buat dengan bentuk memanjang, akan tetapi mempunyai tambahan aksen kontras. Aksen tersebut dapat berasal dari piring bermotif macam-macam, maupun tegel motif yang atraktif. Kamu bisa memposisikan aksen kontras dinding atas kolam supaya terlihat menarik, dan memukau siapa saja yang melihatnya.

6. Kolam Ikan Berlekuk

Kolam ikan batu alam pada halaman luar rumah, sebetulnya tidak membutuhkan beberapa dekorasi. Sejumlah batu yang berjejeran pada kolam membuat tampilan kolam terkesan cantik. Jika kamu hendak membuat tampilan kolam tersebut lebih estetik lagi, yaitu dengan membuat bentuk kolam menjadi berlekuk atau bagian sisi terlihat melengkung.

Kolam ikan berlekuk merupakan salah satu bentuk kolam ikan yang menjadi favorit masyarakat. Kamu dapat membuat kolam tersebut dengan paduan batu kali yang disusun secara bertumpuk dengan sedemikian rupa.

Agar dapat memperoleh kesan alam, kamu dapat membuat lekukan seperti masuk ke bagian balkon maupun teras. Bila balkon terbuat dari semen, maka kamu bisa membuatnya dengan tekstur yang sedikit kasar supaya dapat menyatu dengan batu kali. Namun, bila terbuat dari kayu maka kamu dapat memotong kayu itu menjadi sedemikian rupa dengan mengikuti lekuk pada kolam tersebut, supaya mendapatkan hasil yang mempesona.

Beli Buku di Gramedia

7. Kolam Ikan Batu Alam Mewah

Kolam ikan batu alam mewah dapat membuat eksterior rumah kamu yang tampak mewah. Caranya yaitu dengan memposisikan area batu alam dengan rapi, dan bentuknya yang estetik. Misalnya kolam ikan dengan bentuk danau dengan air terjun di bagian ujungnya, seakan menambah keeksotisan bagian luar rumah kamu. Serta penambahan tanaman di sekitar kolam membuat rumah kamu memiliki nuansa alam yang asri dan sejuk. Namun bila halaman luar rumah kamu kecil, kamu dapat menyesuaikan ukuran kolam ikan kamu dengan ukuran kecil tetapi tetap mempunyai bentuk yang sama

8. Kolam Ikan Melingkar

Jika kamu tak ingin membuat kolam ikan dengan bentuk yang cukup sulit, kamu perlu mencoba untuk membuat jenis kolam ikan yang satu ini. Cara yang perlu kamu lakukan untuk membuat jenis kolam ikan ini yaitu dengan menghiasi daerah sekitar kolam menggunakan batu alam, ikan dan beberapa bunga warna-warni yang mengelilinginya. Perpaduan antara batu alam, ikan, dan bunga tersebut menghasilkan tampilan yang cantik, dan enak untuk dipandangnya. Meskipun kolam ikan ini tampak sederhana namun kolam ikan tersebut membuat halaman luar rumah kamu menjadi menarik.

9. Kolam Ikan Batu Alam dengan Selang Bambu

Kolam ikan yang selanjutnya yaitu kolam ikan batu alam dengan selang bambunya. Sentuhan bambu pada kolam ikan dapat menghasilkan suasana dengan nuansa alam pedesaan yang sangat tradisional. Tentunya memakai selang air sebagai saluran air menuju kolam tersebut terkesan tidak estetik. Namun jika kamu memakai sentuhan selang itu dengan menggunakan bambu. Maka akan memunculkan suasana kolam tampak berbeda, tapi terasa sekali alamnya. Sehingga inspirasi satu ini dapat menjadi referensi kamu ketika hendak membuat kolam ikan. Inspirasi kolam ikan seperti itu, umumnya bisa kamu jumpai di beberapa rumah tradisional yang ada di jepang maupun rumah makan sunda.

10. Kolam Ikan Batu Alam dengan Menambahkan Jembatan kayu

Memberikan elemen kayu pada kolam ikan merupakan salah satu inspirasi yang cukup bagus. Meskipun belum adanya dekorasi, jembatan kayu ini hadir sebagai kesan positif pemilik, seperti nuansa alam pedesaan yang tradisional, sehingga bisa memukau, dan mempesona siapa saja yang memandangnya. Bagi kamu yang hendak membuatnya, kamu perlu menyesuaikan ukuran jembatan kayu dengan memakai ukuran kolam ikan yang ada di rumahmu.

11. Kolam Ikan dengan Memakai Batu Putih dan Hitam

Inspirasi selanjutnya yang bisa kamu jadikan referensi dalam membuat kolam ikan dengan cara yang simple tanpa perlu untuk ribet, namun tetap menghasilkan kolam ikan yang terlihat menarik. Cara yang perlu kamu lakukan untuk membuat kolam seperti itu dengan cara membuat 2 (dua) lapisan dekorasi pada bagian sisi kolammu. Pada bagian lapisan pertama, kamu perlu untuk menjajarkan batu dengan warna putih. Setelah itu, pada lapisan keduanya, kamu dapat menjajarkan batu itu dengan warna hitam. Cukup simple bukan? Tanpa perlu harus ribet.

12. Kolam Ikan dengan Menggunakan Deck Kayu

Inspirasi desain kolam ikan yang satu ini, biasanya cocok buat kamu yang senang menyukai nuansa tradisional dengan ala Jepang. Salah satu cara yang dapat kamu lakukan untuk menghasilkan kolam ikan dengan nuansa tradisional Jepang yaitu dengan cara membuat deck kayu pada bagian satu sisi kolam. Sedangkan pada bagian sisi lainnya, nantinya terdapat beberapa jenis batu yang beragam. Serta akan membuat rumah kamu terasa lebih menyenangkan.

13. Kolam Ikan Mungil dari Bahan Batu Alam

Bila, kamu hanya mempunyai halaman yang berasal dari halaman depan maupun belakang dengan memakai berupa beberapa bongkahan batu yang cukup besar adalah elemen utama dalam kolam ikan satu ini. Sehingga kolam tersebut memiliki cekungan batu supaya seolah-seolah. Hal itu dikarenakan supaya siapa saja yang bisa menghasilkan bentuk kolam itu, tentunya agar bisa terlihat menarik. Serta dapat memberikan nuansa hijau pada kolam, namun tidak melupakan unsur tanaman hijau yang ada di sekitar kolam.

14. Kolam Ikan di Tanaman Kering

Inspirasi kolam ikan yang selanjutnya yaitu kolam ikan di tanaman kering. Pada referensi satu ini, biasanya sangat cocok digunakan untuk halaman luar rumah dengan memakai konsep taman yang kering. Kolam mungil yang mempunyai sentuhan berupa beberapa batuan kerikil yang memiliki warna putih terlihat sangat estetik. Jika kamu ingin menambah sentuhan hijau pada kolam, kamu bisa menaruh beberapa tanaman hias di sekitar kolam, dan sejumlah teratai yang ada di kolam. Meskipun cukup kecil, namun kolam ini membuat siapa saja yang menyaksikan takjub akan keindahan, kecantikan, dan ketertarikan kolam ikan mu.

Beli Buku di Gramedia

15. Kolam Ikan Nuansa Pedesaan di pojok halaman

Inspirasi kolam ikan dengan pedesaan biasanya cocok dipakai sesuai dengan apa yang kamu inginkan, dan biasa diletakkan di bagian pojok halaman rumah. Cara membuat kolam ikan ini tidak sulit, sebab kamu hanya membuat dengan memanjang dari sudut ke sudut lainnya. Kemudian menambahkan beberapa aksen air terjun agar dapat tampak estetik.

Itulah beberapa hal mengenai kolam ikan batu alam. Semoga pembahasan diatas dapat menambah wawasan bagi kita semua.

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien