Tips dan Trik

Contoh-contoh Landasan Teori Untuk Karya Ilmiah

landasan teori
Written by Wida Kurniasih

Contoh-contoh Landasan Teori Untuk Karya Ilmiah – Ketika akan membuat sebuah karya ilmiah, baik berupa skripsi maupun artikel ilmiah maka Grameds akan perlu membuat landasan teori. Landasan teori sendiri ialah teori yang memiliki keterkaitan dengan penelitian yang dilakukan oleh Grameds. Sehingga, landasan teori tersebut nantinya dapat menjadi dasar analisis untuk dapat menjelaskan fakta yang ada.

[algolia_carousel]

Landasan teori dalam penelitian atau karya tulis ilmiah ini digunakan untuk menguatkan penelitian yang dilakukan oleh Grameds. Selain itu, landasan teori juga berfungsi untuk memperjelas masalah yang akan diteliti oleh penulis karya ilmiah tersebut. Berikut beberapa contoh dari landasan teori untuk karya ilmiah.

Contoh-contoh Landasan Teori dalam Karya Ilmiah

contoh landasan teoriBerikut adalah beberapa contoh dari landasan teori dalam sebuah karya ilmiah berupa skripsi maupun makalah.

A. Contoh Landasan Teori Makalah

Makalah adalah karya tulis ilmiah yang mewajibkan penulisnya untuk menyertakan teori dalam pengembangan pemikiran penulis dalam karya tulis ilmiah tersebut. Menurut karya tulis ilmiah, makalah, landasan teori berada dalam Bab II. Berikut adalah contoh dari landasan teori untuk karya tulis ilmiah makalah.

Beberapa konsep yang menjadi landasan teori dalam penelitian ini, yaitu pengertian pendidikan dan pengertian karakter. Penjelasan mengenai konsep-konsep tersebut antara lain sebagai berikut.

1. Pengertian Pendidikan

Pendidikan telah didefinisikan oleh beberapa ahli sebagai suatu hal yang memiliki nilai tinggi. Beberapa ahli yang berpendapat mengenai pendidikan antara lain adalah John Dewy, serta Mansur. Berikut adalah pengertian pendidikan menurut kedua ahli tersebut.

John Dewey berpendapat bahwa pendidikan merupakan sebuah proses dari pembentukan kecakapan secara fundamental yang secara intelektual maupun emosional untuk dapat menuju ke arah alam serta sesama manusia. Lebih lanjut, John Dewey turut mengungkapkan tujuan dari pembentukan kecakapan yaitu adalah agar generasi muda dapat mengamalkan nilai moral demi keberlangsungan hidup serta kehidupan dalam masyarakat.

Mansur Muslich (2014) berpendapat, bahawa pendidikan merupakan sebuah proses dari internalisasi budaya ke dalam diri seseorang serta masyarakat, sehingga dapat membuat manusia menjadi sosok yang lebih beradab.

2. Pengertian Karakter

Simon Phillips (2008) mengemukakan bahwa karakter merupakan sebuah kumpulan dari tata nilai yang arahnya adalah menuju pada suatu sistem, dilandasi oleh suatu pemikiran, sikap serta perilaku yang ditampilkan.

Sedangkan, Koesoema A (2007) berpendapat bahwa karakter memiliki arti yang sama dengan kepribadian seseorang. Sedangkan, Prof. Suyanto berpendapat bahwa karakter adalah suatu cara berpikir serta cara berperilaku yang kemudian menjadi sebuah ciri khas dari setiap individu untuk dapat hidup serta bekerja sama dengan baik.

Berdasarkan pemaparan teori di atas, maka dapat disimpulkan bahwa pendidikan karakter adalah sebuah proses yang mampu membuat manusia menjadi sosok yang lebih beradab serta berkualitas.

Pedoman Penulis Karya Ilmiah(Proposal,Skripsi Dan Tesis)

Pedoman Penulis Karya Ilmiah(Proposal,Skripsi Dan Tesis)

Beli Buku di GramediaGrameds dapat ahli menjadi seorang penulis karya ilmiah dengan mempelajari pedoman dari penulisan karya ilmiah dengan membaca buku yang ditulis oleh H. Bahdin Nur Tanjung, S.E., M.M dengan judul “Pedoman Penulis Karya Ilmiah (Proposal,Skripsi dan Tesis)” Buku ini berisi mengenai panduan komplit dari penulisan karya ilmiah yang baik dan benar. Grameds dapat membeli buku ini di Gramedia, beli dan baca bukunya sekarang juga!

B. Contoh Landasan Teori Skripsi 

Seperti halnya, skripsi adalah sebuah karya ilmiah yang mewajibkan penulisnya untuk menyelesaikan karya ilmiah tersebut sebagai tugas akhir untuk mendapatkan gelar sarjana yang akan ia peroleh.

Sehingga, apabila ada seorang mahasiswa yang tidak menyelesaikan skripsinya maka mahasiswa tersebut pun tidak akan mendapatkan gelar dari program S1 yang ia dalami selama berkuliah. Dalam skripsi, landasan teori masuk dalam Bab II. Berikut adalah contoh dari landasan teori dari karya ilmiah skripsi.

Beberapa konsep yang menjadi landasan teori dalam penelitian ini, adalah sebagai berikut, pengertian kedisiplinan dan unsur-unsur disiplin. Penjelasan mengenai konsep-konsep tersebut antara lain sebagai berikut.

1. Pengertian Kedisiplinan 

Beberapa ahli mengemukakan pendapatnya mengenai pengertian dari kedisiplinan salah satunya adalah Rasiyanah serta Aritonang dan Semiawan. Berikut pengertian kedisiplinan menurut para ahli.

Aritonang dalam Arifin dan Barnawi (2012: 110) mengatakan, bahwa kedisiplinan merupakan kemampuan untuk dapat mengendalikan diri untuk tidak melakukan suatu tindakan yang tidak sesuai maupun bertentangan dengan suatu hal yang telah ditetapkan.

Sedangkan Rasdiyanah dalam Amri (2013: 168) berpendapat bahwa kedisiplinan merupakan sebuah kepatuhan untuk dapat menghormati serta dapat melaksanakan suatu sistem yang mengharuskan seseorang untuk dapat tunduk pada keputusan, perintah serta peraturan yang berlaku.

Semiawan (2002: 89) menyatakan, bahwa kedisiplinan adalah segala macam pengaruh yang memiliki pengaruh dan bertujuan untuk membantu menghadapi tuntutan dari lingkungan. Disiplin juga diartikan sebagai sebuah pengaruh yang dirancang untuk dapat membantu seseorang menghadapi tuntutan dari tempatnya berada maupun lingkungannya.

BACA JUGA: Langkah yang Harus Dilakukan Ketika Kamu Merasa Salah Jurusan

Berdasarkan uraian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa disiplin merupakan sebuah sikap atau kepribadian seseorang yang dapat menunjukan bahwa orang tersebut patuh terhadap peraturan yang telah dibuat di dalam suatu lingkungan, di mana orang tersebut berada. Kepatuhan tersebut juga dilakukan dengan senang hati, tanpa ada paksaan serta dilakukan dengan penuh kesadaran diri.

Membuat Skripsi, Tesis, Dan Disertasi Dengan Partial Least Square SEM (PLS- SEM)

Membuat Skripsi, Tesis, Dan Disertasi Dengan Partial Least Square SEM (PLS- SEM)

Beli Buku di Gramedia2. Unsur-unsur Disiplin

Unsur-unsur disiplin menurut Hurlock dalam Amri (2013: 165) meliput beberapa hal sebagai berikut.

  1. Peraturan sebagai sebuah pedoman maupun perilaku.
  2. Konsistensi yang diterapkan dalam sebuah peraturan.
  3. Hukuman yang diberlakukan terhadap suatu pelanggaran.
  4. Penghargaan untuk suatu perilaku yang baik.

Menurut Harlock, disiplin dapat lahir serta berkembang dalam setiap diri seseorang mulai dari sikap seseorang dalam nila serta budaya yang telah hadir di masyarakat.

C. Contoh Landasan Teori dalam Penelitian 

Penelitian mengharuskan peneliti mencantumkan landasan teori yang ia jadikan dasar sebagai pengembangan pemikiran dalam penelitian tersebut. Apapun jenis, topik penelitian yang dibuat landasan teori harus dicantumkan dalam bab IV yaitu landasan teori. Berikut adalah contoh dari landasan teori dalam sebuah penelitian.

Beberapa konsep yang menjadi landasan teori dalam penelitian ini, yaitu kode etik profesi dan fungsi serta tujuan dari kode etik profesi. Penjelasan mengenai konsep-konsep tersebut antara lain sebagai berikut.

a. Kode Etik Profesi

Kode etik profesi dijelaskan oleh beberapa ahli, termasuk Kosasih dan Soetjipto dan Wiyani. Berikut penjelasan dari kode etik profesi.

Kosasih dan Soetjipto (2009: 30) mengatakan bahwa kode etik adalah sebuah pedoman sikap, tingkah laku maupun perbuatan di dalam melaksanakan tugas serta dalam kehidupan sehari-hari.

Sedangkan, Wiyani (2015: 25) berpendapat bahwa kode etik adalah sebuah asas serta nilai yang dapat dijadikan sebagai sebuah pedoman oleh organisasi dalam bertingkah laku maupun berbuat.

Sehingga, dapat disimpulkan bahwa kode etik profesi merupakan sebuah pedoman yang digunakan untuk bersikap ketika melakukan suatu hal.

b. Fungsi dan Tujuan dari Kode Etik Profesi

Kode etik profesi hadir agar suatu profesi dapat berjalan dengan baik serta semestinya. Sehingga apabila suatu profesi dapat berjalan dengan baik, maka artinya bahwa kode etik profesi tersebut memiliki fungsi yang baik pula. Suherman dan Sandi (2021: 97) berpendapat, bahwa kode etik profesi dapat menjadi sebuah alat yang mampu menyeimbangkan sisi negatif dari sebuah profesi. Sehingga dapat dikatakan bahwa kode etik profesi yang dibuat tersebut, dapat menjadi sebuah petunjuk dari arah moral bagi sebuah profesi maupun menjamin dari suatu mutu moral profesi di mata masyarakat.

banner-promo-gramedia

1. Contoh Landasan Teori Laporan PKL 

Laporan dari Praktik Kerja Lapangan atau PKL adalah suatu kewajiban yang harus dibuat oleh seseorang apabila telah menyelesaikan tugas PKL yang ia jalani. Para peserta didik perlu menyerahkan laporan PKL sebagai sebuah bentuk tanggung jawab dalam menjalankan tugas PKL tersebut. Perlu diingat, bahwa landasan teori dari laporan PKL masuk dalam Bab III yaitu landasan teori. Agar lebih jelas, berikut adalah contoh dari landasan teori PKL yang dapat Grameds jadikan referensi.

Beberapa konsep yang menjadi landasan teori dalam penelitian ini, yaitu pengertian food bank dan bentuk dari food bank. Penjelasan mengenai konsep-konsep tersebut antara lain sebagai berikut.

Say No To Galau Skripsi, Cara Cepat Dan Fokus Menyelesaikan Skripsi Dan T.A dengan Mudah

Say No To Galau Skripsi, Cara Cepat Dan Fokus Menyelesaikan Skripsi Dan T.A dengan Mudah

Beli Buku di Gramediaa. Pengertian Food Bank

Food bank adalah suatu badan amal yang memiliki beberapa program pangan untuk menjalankan kegiatan organisasi badan amal tersebut. Dalam beberapa lembaga yang bersangkutan dengan food bank, program pangan menjadi salah satu misi utama dalam menjalankan organisasi tersebut.

Contoh dari lembaga yang menjadikan pangan sebagai misi utamanya adalah sebuah organisasi keagamaan. Sedangkan untuk lembaga lainnya, menjadikan program pangan hanya sebagai salah satu misi pelengkap organisasi tersebut saja dan bukan sebagai misi utama (Walters 2010).

b. Bentuk Food Bank

Food bank memiliki sebuah bentuk yang beragam sesuai dengan keperluan organisasi masing-masing. Pada umumnya, organisasi food bank memiliki bentuk sebagai berikut.

  • Sebagai sebuah pusat pengumpulan pangan yang memiliki ukuran besar.
  • Food bank berbentuk sebagai pusat distribusi pangan yang memiliki ukuran besar.
  • Food bank dapat berbentuk sebagai sebuah penyedia pangan dalam suatu situasi darurat yang memiliki ukuran kecil

Hadirnya food bank menjadi salah satu dari organisasi yang layak serta patut mendapatkan perhatian, karena misi sosial yang dibawa oleh organisasi food bank.

2. Contoh Landasan Teori dari Karya Ilmiah

Karya ilmiah adalah sebuah karya tulis yang dibuat untuk dapat mencari solusi dari suatu permasalahan yang terjadi. Dalam karya ilmiah tersebut, ada bab yang menjelaskan mengenai landasan teori sebagai sebuah dasar untuk membuat solusi dari suatu permasalahan. Dalam karya ilmiah, landasan teori masuk dalam Bab II yaitu landasan teori. Berikut adalah contoh dari landasan teori untuk karya ilmiah.

Beberapa konsep yang menjadi landasan teori dalam penelitian ini, yaitu pengertian sampah dan pengelolaan sampah. Penjelasan mengenai konsep-konsep tersebut antara lain sebagai berikut.

a. Sampah

Sampah dijelaskan oleh US Environmental Protection Agency (2001) menjadi beberapa bentuk. Sampah padat diartikan sebagai seluruh sampah, limbah maupun polusi udara serta seluruh material yang dibuang dalam bentuk padat, cair, semi solid maupun sampah yang mengandung gas.

Sampah berasal dari suatu aktivitas pertambangan, industri, rumah tangga hingga pertanian. Kota besar yang ada di Indonesia memiliki tingkat kesibukan tinggi untuk memproduksi sampah sebesar sepuluh juta ton per tahunnya dengan rata-rata kenaikan sebesar dua persen hingga empat persen per tahunnya. Data meningkatnya sampah tersebut disampaikan oleh Kementerian Lingkungan Hidup RI pada tahun 2008.

banner-promo-gramedia

b. Pengelolaan Sampah

Pengelolaan sampah dapat dilakukan menjadi beberapa model untuk dapat mengatasi permasalahan sampah yang ada di Indonesia. Salah satu model dari pengelolaan sampah ialah dikelola dengan cara yang konvensional. Ada beberapa hal yang masuk dalam metode konvensional dalam pengelolaan sampah, berikut beberapa contohnya: insinerasi, composting, gasifikasi, pirolis, anaerobic digestion serta refuse derived fuel.

3. Contoh Landasan Teori dari Jurnal

Jurnal adalah sebuah karya ilmiah yang harus menyertakan landasan teori dalam penulisannya. Landasan teori dalam jurnal ini berasal dari rujukan yang kredibilitasnya sudah terjamin. Contohnya seperti buku serta jurnal-jurnal lainnya. Berikut adalah contoh dari landasan teori dalam sebuah jurnal.

a. Pengertian Profesi

De George dalam Suherman dan Saonadi (2012: 94) berpendapat bahwa profesi merupakan suatu pekerjaan yang dilakukan oleh seseorang sebagai sebuah kegiatan pokok untuk dapat menghasilkan nafkah hidup dengan cara mengandalkan suatu keahlian yang dimiliki oleh orang tersebut.

Sedangkan, Vollmer dan Mills dalam Danim dan Khairil (2010: 8) berpendapat bahwa profesi merupakan sebuah jabatan yang memerlukan suatu kemampuan intelektual khusus dan diperoleh melalui beberapa kegiatan belajar maupun pelatihan dengan tujuan untuk dapat menguasai suatu keterampilan maupun keahlian dalam melayani maupun memberikan saran kepada orang lain dan memperoleh sebuah upah maupun gaji dalam jumlah-jumlah tertentu sesuai dengan jabatan atau keahlian yang dimiliki.

Saud (2009:4) berpendapat bahwa profesi adalah sebuah pekerjaan tertentu yang sesuai dengan syarat khusus dan istimewa. Sehingga dapat meyakinkan serta memeroleh kepercayaan dari beberapa pihak yang memerlukannya.

Dari beberapa pengertian profesi menurut para ahli tersebut maka dapat disimpulkan bahwa profesi merupakan sebuah pekerjaan yang membutuhkan suatu keterampilan khusus untuk dalam menjalankannya.

b. Ciri-ciri dari Profesi

Profesi memiliki beberapa ciri umum  atau sifat yang melekat, menurut Suherman dan Saondi (2021: 94) berikut adalah ciri dari profesi.

  • Profesi membutuhkan suatu pengetahuan khusus serta keahlian serta keterampilan yang diperoleh melalui pendidikan, pengalaman bertahun-tahun maupun pelatihan.
  • Profesi memiliki kaidah serta standar moral yang tinggi.
  • Profesi mengabdi kepada kepentingan yang ada dalam masyarakat.
  • Profesi membutuhkan suatu izin khusus.

Dari uraian di atas mengenai ciri atau sifat profesi, maka dapat dikatakan bahwa ciri yang khusus dari profesi adalah keahlian khusus untuk dapat melibatkan kegiatan intelektual di dalam suatu profesi. Keahlian yang dikuasai tersebut dapat diperoleh melalui pendidikan serta cara memerolehnya dibutuhkan suatu proses yang panjang serta tidak instan.

Itulah beberapa contoh dari landasan teori dalam suatu karya ilmiah yang wajib dicantumkan.

Fungsi Landasan Teori

Contoh-contoh Landasan Teori Untuk Karya Ilmiah 1Setelah mengetahui contoh-contoh dari landasan teori, Grameds juga perlu mengetahui fungsi dari landasan teori. Sehingga, landasan teori ini wajib dicantumkan dalam karya ilmiah yang dibuat oleh penulis dalam suatu penelitian. Berikut penjelasan dari fungsi-fungsi landasan teori.

  1. Explanation atau penjelasan merupakan fungsi dari landasan teori yang dapat memperjelas suatu masalah yang akan diteliti.
  2. Prediction atau prediksi, artinya landasan teori dapat digunakan untuk menjadi dasar dari perumusan sebuah hipotesis dalam suatu penelitian.
  3. Control maksudnya adalah landasan teori dapat digunakan untuk memberikan sebuah saran serta suatu upaya dari pemecahan masalah.

Itulah penjelasan mengenai landasan teori serta contoh-contoh landasan teori. Grameds dapat mengetahui lebih lanjut mengenai pedoman penulisan karya ilmiah dengan membaca dan membeli buku yang tersedia di Gramedia, karena sebagai #SahabatTanpaBatas, Gramedia selalu menyediakan buku berkualitas. Beli dan baca bukunya sekarang juga!

BACA JUGA: 

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien