Universitas Airlangga (UNAIR)

Profile
  

Universitas Airlangga (UNAIR)

Universitas Airlangga (Unair) merupakan perguruan tinggi pertama di kawasan timur Indonesia yang didirikan pada tahun 1954. Perguruan Tinggi yang terletak di Surabaya, Jawa Timur ini diresmikan langsung oleh Presiden Soekarno bertepatan dengan hari pahlawan ke-9 yang jatuh pada tanggal 10 November 1954. Universitas Airlangga diresmikan setelah dua perguruan tinggi lainnya, yaitu Universitas Indonesia dan Universitas Gadjah Mada.

Nederlands Indische Artsen School (NIAS) dan School Tot Opleiding van Indische Tandartsen (STOVIT) merupakan awal atau cikal-bakal berdirinya Universitas Airlangga. Kedua lembaga tersebut dibentuk langsung oleh pemerintah Hindia Belanda di tahun 1913 dan 1918.

Pada awal pendiriannya, Universitas Airlangga hanya memiliki 5 Fakultas, yaitu Fakultas Kedokteran (FK), Fakultas Kedokteran Gigi (FKg), Fakultas Hukum (FH), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), dan Fakultas Sastra (FS). Fakultas yang berdiri pada awal peresmian Unair memiliki sejarahnya masing-masing. Fakultas Kedokteran Gigi (FKg) Unair semula merupakan cabang dari Universitas Indonesia. Sementara Fakultas Hukum (FH) pada mulanya merupakan cabang dari Universitas Gadjah Mada. Kemudian Fakultas Sastra (FS) yang berlokasi di Denpasar ini memisahkan diri dengan Universitas Airlangga pada tahun 1962 dan bergabung dengan Universitas Udayana. Lalu ada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) yang terletak di Malang ini memisahkan diri dengan Universitas Airlangga pada tahun 1963 dan bergabung dengan Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Malang yang saat ini terlah berganti nama menjadi Universitas Negeri Malang (UNM).

Universitas Airlangga yang kian berkembang seiring berjalannya waktu terus melahirkan fakultas-fakultas baru, antara lain sebagai berikut.

  1. Fakultas Ekonomi Bisnis (FEB) yang berdiri pada tahun 1961;
  2. Fakultas Farmasi yang didirikan di tahun 1963;
  3. Fakultas Kedokteran Hewan yang berasal dari Universitas Brawijaya berdiri pada tahun 1972;
  4. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) yang berdiri tahun 1977 (lima tahun setelah berdirinya Fakultas Kedokteran Hewan);
  5. Fakultas Sains dan Teknologi di tahun 1982 (fakultas ini awalnya bernama Fakultas Matematika dan Ilmu Pengatahuan);
  6. Fakultas Non Gelar Kesehatan (Fakultas ini adalah hasil pengembangan dari lembaga Pendidikan Ahli Laboratorium);
  7. Fakultas Pascasarjana yang resmi berdiri tahun 1982 (berubah menjadi Program Pascasarjana di tahun 1991);
  8. Fakultas Psikologi yang didirikan tahun 1993 (Fakultas ini lahir sebagai hasil pengembangan Prodi Psikologi yang sebelumnya bernaung di FISIP);
  9. Fakultas Ilmu Kesehatan Masyarakat di tahun 1993 (sebagai hasil pengembangan Prodi Ilmu Kesehatan Masyarakat di Fakultas Kedokteran);
  10. Fakultas Sastra berdiri di tahun 1998 (kemudian berganti nama menjadi Fakultas Ilmu Budaya pada tahun 2008);
  11. Fakultas Keperawatan resmi lahir tahun 2008 (sebagai hasil pengembangan Prodi Ilmu Keperawatan di Fakultas Kedokteran); dan
  12. Fakultas Perikanan dan Kelautan hadir pada tahun 2008 (hasil pengembangan Prodi Budidaya Perikanan di Fakultas Kedokteran Hewan).

Perjalanan Universitas Airlangga tak berhenti sampai di situ. Unair resmi ditetapkan statusnya menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum berdasarkan peraturan pemerintah pada tahun 2006.

Kehadiran Universitas Airlangga mendapatkan apresiasi dari masyarakat karena kiprahnya yang terus terpancar. Perkembangan yang berlangsung membuat Universitas Airlangga kini memiliki 13 fakultas dengan 127 program studi dan satu program pascasarjana. Unair mampu melayani lebih dari 20.000 mahasiswa dari berbagai jenjang, meliputi program akademik, vokasi, dan spesialis.

Nama-nama Rektor yang pernah dan sedang memimpin Universitas Airlangga adalah :

  1. Prof. Mr. A.G. Pringgodigdo (Tahun 1954-1961)
  2. Prof. Dr. Moh. Toha (Tahun 1961-1965)
  3. Kol. CKH. Chasan Durjat, S.H. (Tahun 1965-1966)
  4. Prof. Dr. Dr. Eri Sudewo (Tahun 1966-1974)
  5. Prof. Dr. Kwari Setjadibrata (Tahun 1974-1975)
  6. Prof. Abdul Gani, SH., MS. (Tahun 1976-1980)
  7. Prof. Dr. dr. Marsetio Donosepoetro (Tahun 1980-1984)
  8. Prof. Dr. Soedarso Djojonegoro (Tahun 1984-1993)
  9. Prof. Dr. H. Bambang Rahino S (Tahun 1993-1997)
  10. Prof. Dr. H. Soedarto, DTM&H., Ph.D. (Tahun 1997-2001)
  11. Prof. Dr. Med. Dr. H. Puruhito (Tahun 2001-2006)
  12. Prof. Dr. H. Fasich, Apt. [(ahun 2006-2015)
  13. Prof. Dr. Mohammad Nasih, SE., Mt., Ak., CMA (Tahun 2015-sekarang)

Visi, Misi dan Tujuan

Visi

Menjadi universitas yang mandiri, inovatif, terkemuka di tingkat nasional dan
internasional, pelopor pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, humaniora, dan seni berdasarkan moral agama.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan akademik, vokasional dan profesi;
  2. Menyelenggarakan penelitian dasar, terapan, dan penelitian kebijakan yang inovatif untuk menunjang pengembangan pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat;
  3. Mendharmabaktikan keahlian dalam bidang ilmu, teknologi, humaniora dan seni kepada masyarakat;
  4. Mengupayakan kemandirian dalam pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi melalui pengembangan kelembagaan manejemen modern yang berorientasi pada mutu dan kemampuan bersaing secara internasional.

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan berkualitas yang mampu mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, humaniora dan seni, serta dapat bersaing di pasar internasional berdasarkan moral agama;
  2. Menghasilkan penelitian inovatif yang mendorong pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, humaniora, dan seni dalam skala nasional maupun internasional;
  3. Menghasilkan pengabdian kepada masyarakat untuk memberdayakan masyarakat agar mampu menyelesaikan masalah secara mandiri dan berkelanjutan;
  4. Mewujudkan kemandirian universitas yang adaptif, kreatif, proaktif terhadap tuntutan perkembangan lingkungan yang strategis.

Akreditasi Universitas Airlangga (UNAIR) : A

Akreditasi sebagai salah satu indikator penting dalam menentukan jalan melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi. Universitas Airlangga saat ini telah Terakreditasi “A” berdasarkan surat keputusan nomor 362/SK/BAN-PT/Akred/PT/XII/2018.

Video Profil Universitas Airlangga

Profil Universitas Airlangga dapat disaksikan di sini.

Fakultas dan Jurusan di Universitas Airlangga (UNAIR)

Biaya Kuliah di Universitas Airlangga (UNAIR)

Rincian biaya kuliah di Universitas Airlangga dapat disimak di sini.

Jurusan Saintek di UNAIR

Jurusan Soshum di UNAIR

Fasilitas

Berdiri di atas lahan seluas 66,94 hektar, Universitas Airlangga memiliki berbagai fasilitas sebagai berikut.

1. Gedung Pertemuan atau Auditorium

Universitas Airlangga menyediakan berbagai fasilitas demi mendukung kegiatan mahasiswa. Gedung Auditorium Unair penting untuk menunjang kegiatan kampus, seperti upacara wisuda, perayaan dies natalis, pameran, dan kegiatan lainnya yang dilaksanakan dalam skala besar. Tak hanya digunakan oleh keluarga Unair, gedung ini juga dapat digunakan oleh masyarakat umum.

2. Fasilitas Olahraga dan Seni

Olahraga memegang peranan penting untuk menunjang kesehatan. Fasilitas olahraga yang disediakan Unair diharapkan dapat membantu mahasiswa menjaga kesehatan dan kemampuan berolahraga. Fasilitas olahraga yang disediakan, antara lain Gelanggang Olahraga (GOR), lapangan tenis, bola basker, dan bulu tangkis. Selain fasilitas olahraga, Unair juga menyediakan fasilitas seni yang berguna untuk menyalurkan minat bakat mahasiswanya, seperti gedung teater untuk paduan suara, karawitan, band, dan tari.

3. Sarana Ibadah

Universitas Airlangga mampu mewujudkan suasana religius di lingkungan kampus. Terdapat dua masjid yang berdiri megah di Universitas Airlangga, yaitu Masjid utama Ulul’ Azmi yang terletak di Kampus C Mulyosari dam Masjid Nuruzzaman yang terletak Kampus B. Kedua masjid ini kerap digunakan Unit Kegiatan Mahasiswa Kerohanian Islam.

4. Transportasi

Universitas Airlangga bekerja sama dengan pihak bank BRI untuk mempermudah perjalanan dari kampus ke kampus yang lokasinya terbilang cukup jauh. Melalui kerja sama tersebut, Unair mendapatkan sumbangan mini bus yang diberi nama Fast Lokal Area Shuttle (FLASH).

5. Asrama Mahasiswa

Asrama mahasiswa menjadi salah satu fasilitas pendukung kegiatan akademik di lingkungan kampus Unair. Fasilitas asrama tersedia untuk mahasiswa putra dan putri yang terletak di kampus C. Lokasinya yang terbilang dekat mampu memberikan kemudahan mahasiswa dalam proses belajar. Asrama yang disediakan Unair dilengkapi berbagai fasilitas, seperti Wi-Fi, dapur umum, kamar mandi, kantin maupun kafe.

6. Study Center

Universitas Airlangga juga menyediakan fasilitas Study Center yang bermanfaat bagi mahasiswa dalam melakukan pembelajaran dan mengasah minat bakat dalam olahraga, seni, dan lain sebagainya.

7. Poli Klinik UNAIR

Infrastruktur penunjang diperlukan mahasiswa dalam menjalani aktivitas sehari-hari untuk dapat menuntaskan studi di Unair dengan baik dan lancar. Unair menyediakan fasilitas berupa layanan kesehatan yang diberi nama Poli Klinik Unair. Unit layanan kesehatan ini diperuntukkan bagi keluarga Unair dan masyarakat umum.

8. Koperasi Mahasiswa

Universitas Airlangga membuka fasilitas koperasi khusus untuk mahasiswa dengan tujuan untuk mendukung kegiatan belajar mahasiswa.

9. Perpustakaan

Fasilitas Perpustakaan menjadi sarana penunjang yang dapat menambahkan sumber ilmu pengetahuan. Keberadaan perpustakaan membantu perkembangan dan kemajuan institusi. Universitas Airlangga menyediakan fasilitas perpustakaan unntuk memberikan layanan kepada mahasiswa dalam mencari referensi bacaan.

Beasiswa

Sebagai kampus favorit dengan ribuan mahasiswa, Unair menghadirkan banyak beasiswa, mulai dari beasiswa pemerintah daerah dan perusahaan BUMN/Swasta. Informasi lengkap seputar beasiswa dapat dilihat di sini

1. Beasiswa Pemerintah Daerah

Pemerintah daerah menawarkan beragam jenis beasiswa yang dapat diikuti, seperti Beasiswa Bidikmisi, Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA), Beasiswa Unggulan Kemendikbud, Beasiswa Banuan Belajar Mahasiswa (BBM), Beasiswa Afirmasi Pentitikan Tinggi, Beasiswa Pemkot Surabaya yang berasal dari Dinas Sosial dan Dinas Pendidikan).

2. Beasiswa Perusahaan BUMN/Swasta

Unair bekerja sama dengan perusahaan BUMN/Swasta memberikan beasiswa kepada mahasiswanya. Program beasiswa yang ditawarkan BUMN dan instansi swasta, meliputi Beasiswa Unggulan CIMB-NIAGA DIKTI (BUTIK), Beasiswa Unggulan DIKTI-BNC BRI, Beasiswa Unggulan BI Surabaya, Beasiswa Pelayanan Kasi A & A rahmat, Beasiswa Marga Jaya Sejahtera, Beasiswa Yayasan Karya Salemba Sejahtera, Beasiswa PT.Indocement Tunggal Prakarsa, Beasiswa VDMS, Beasiswa Bakti BCA (PT BCA Tbk), Beasiswa Sumitomo, Beasiswa Pokhpand, dan Beasiswa Santri Prestasi.

Berlangganan Gramedia Digital

Baca majalah, buku, dan koran dengan mudah di perangkat Anda di mana saja dan kapan saja. Unduh sekarang di platform iOS dan Android

  • Tersedia 10000++ buku & majalah
  • Koran terbaru
  • Buku Best Seller
  • Buku Pelajaran SD, SMP, SMA
  • Buku SBMPTN
  • Buku Persiapan Ujian
  • Buku Uji Kompetensi
  • Buku Tes Masuk TNI & Polri
  • Berbagai macam kategori buku seperti buku novel, hobi, motivasi, dan lainnya
  • Baca tanpa koneksi internet

Rp. 89.000 / Bulan

Berlangganan Gramedia Digital

Baca majalah, buku, dan koran dengan mudah di perangkat Anda di mana saja dan kapan saja. Unduh sekarang di platform iOS dan Android

  • Tersedia 10000++ buku & majalah
  • Koran terbaru
  • Buku Best Seller
  • Buku Pelajaran SD, SMP, SMA
  • Buku SBMPTN
  • Buku Persiapan Ujian
  • Buku Uji Kompetensi
  • Buku Tes Masuk TNI & Polri
  • Berbagai macam kategori buku seperti buku novel, hobi, motivasi, dan lainnya
  • Baca tanpa koneksi internet

Rp. 89.000 / Bulan

Biaya Hidup Di Surabaya

Biaya Hidup / Bulan

Terendah (Rp. 720.000)
Rata-rata (Rp. 900.000)
Tertinggi (Rp.1.350.000)

Sewa Kos

Terendah (Rp. 300.000)
Rata-rata (Rp. 600.000)
Tertinggi (Rp.1.000.000)

Pertanyaan Umum Yang Sering Ditanyakan

Dimana lokasi UNAIR?

Di Jl. airlangga no 4-6, Airlangga, Kec.gubeng, Surabaya, Jawa Timur

Apakah ada biaya lain selain UKT?

Ada. Biaya hidup selama di surabaya dan biaya kosan.

Apa fakultas favorit di UNAIR?

Fakultas Sains dan Teknologi, dan Fakultas Ekonomi Bisnis.

Spesialisasi
  • Teaching skills
Video

Event
Basic Course of Plastic Surgical Skill (BSPS)
Sabtu, 5 September 2020 Airlangga Medical Education Center Faculty of Medicine Universitas Airlangga Surabaya